jenis jenis mangga

9 Jenis Mangga Paling Enak Rekomendasi Untuk Ditanam

Jenis Jenis Mangga -Mangga adalah satu satu buah yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang menyegarkan menjadi keunggulan tersendiri bagi buah ini. Dan jika anda tertarik untuk menanam buah mangga ini maka terlebih dahulu anda harus tahu 9 jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam.

Mangga adalah sejenis buah yang namanya sama seperti nama pohonnya dan diyakimi merupakan tanaman asli dataran India dan Burma, mulai menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia sejak 1500 tahun silam.

Karena termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dengan cuaca tropis seperti di Indonesia, maka tanaman ini pun tumbuh dengan baik di tanah air.

Sampai saat ini terdapat 9 jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam dihalaman rumah anda sebagai sebuah investasi untuk masa depan. Dan sebelum mulai menanam dan menentukan jenis mangga yang diinginkan, berikut ciri-ciri dari jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanamn untuk anda:

Ciri-ciri Mangga Enak dan Berkualitas

jenis jenis mangga

jenis jenis mangga

Walaupun terdapat 9 jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam tetap saja terdapat ciri-ciri mangga enak dan berkualitas. Pohon mangga yang berkualitas ternyata tidak selalu menghasilkan buah yang berkualitas pula jadi mengetahui ciri-ciri dari mangga enak dan berkualitas itu seperti menjadi kewajiban bagi anda agar tidak terkecoh oleh penampilan buah. Dan beberapa ciri mangga enak dan berkualitas tersebut adalah:

  • Penampakan Kulit Buah

Seperti disebutkan diawal, jangan terkecoh dengan penampilan dari buah mangga. Karena penampilan ternyata tidak menjamin buah mangga enak dan berkualitas. Seperti misalnya tingkat kekuningan buah mangga.

Mangga yang sudah matang memang biasanya berwarna kuning tapi warna kuning tidak selalu mengindikasikan buah mangga sudah matang. Mangga yang belum matang juga terkadang memiliki warna yang kuning. Warna ini berasal dari banyaknya sinar matahari yang diserap oleh buah sehingga menjadikannya berwarna kuning.

Selain warna, jangan juga tertipu oleh bercak hitam di permukaan kulit buah. Bercak hitam yang muncul secara alami pada buah mangga menandakan bahwa buah mangga sudah mencapai tingkat kematangan yang sempurna sehingga rasa manisnya akan maksimal. Berbeda dengan buah mangga yang mulus tanpa adanya bercak hitam yang menandakan buah mangga belum matang dengan sempurna walaupun sudah berwarna kuning.

  • Aroma Harum

Dari semua 9 jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam memiliki ciri khas aroma sendiri-sendiri. Hanya saja aroma ini baru bisa tercium dengan nyata pada saat mangga sudah sampai pada tingkat kematangan yang sempurna.

Biasanya mangga yang matang memiliki rasa yang manis, segar, serta harum  disaat yang bersamaan berbeda dengan mangga yang belum matang atau setengah matang yang aromanya hanya beraroma tipis.

  • Tekstur Buah Lembut

Salah satu ciri-ciri mangga enak dan berkualitas dapat dirasakan dari tingkat kelembutan buahnya. Jika buah masih keras itu menandakan buah mangga masih belum matang. Tapi jika buah sudah lembut seperti buah persik atau alpukat yang sudah matang itu menandakan buah mangga sudah enak dan berkualitas karena sudah matang.

Selain dilihat dari tingkat kelembutannya, buah mangga yang sudah matang, enak dan berkualitas juga bisa dilihat dari beratnya. Buah mangga yang berat menandakan buah mangga yang sudah matang. Makin berat semakin pas tingkat kematangannya.

Jenis Buah Mangga Enak

jenis mangga yang enak

jenis mangga yang enak

Seperti dijelaskan diawal sebelum masuk proses penanaman, setidaknya anda harus mengenal 9 jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam itu apa saja. Dan mempersingkat waktu, berikut 9 jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam tersebut:

  • Mangga Irwin

jenis mangga irwin

jenis mangga irwin

Mangga pertama dari 9 jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam adalah mangga Irwin. Salah satu alasannya adalah karena mangga ini memiliki warna yang sangat cantik: warna ungu.

Menurut kabar, mangga Irwin adalah jenis mangga yang berasal dari Australia dengan rasa yang manis dan kaya akan vitamin C.

Salah satu keunikan dari mangga Irwin selain warnanya yang adalah rasanya yang manis daging yang tebal dan berbiji kecil dan tipis.  Satu buah mangga Irwin dikakabarkan bisa mencapai berat 500 gram.

  • Mangga Kiojay

Jenis Mangga Kiojay

Jenis Mangga Kiojay

Hampir sama dengan mangga Irwin, mangga Kiojay bukanlah mangga asli tanah air walaupun sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Mangga Kiojay adalah satu varietas tanaman yang berasa dari Thailand. Namun yang bikin buah mangga ini unik adalah ukurannya yang besar.

Satu buah mangga Kiojay memiliki ukuran buah yang sangat besar dengan berat berkisar antara 1,2kg sd 1,8kg. Tidak hanya itu karena pada beberapa pohon, mangga Kiojay yang dihasilkan bisa mencapai berat 2kg.

Walaupun memiliki ukuran dan berat yang super, uniknya mangga ini termasuk jenis mangga yang berdaging tebal, legit, dan memiliki rasa yang manis. Keunikannya inilah yang menjadikan mangga ini memiliki harga jual yang cukup mahal yaitu berkisar antara Rp30 ribu sampai dengan Rp50 ribu per kilo.

  • Mangga Red Ivory

Jenis Mangga Red Ivory

Jenis Mangga Red Ivory

Hampir sama dengan mangga Kiojay karena mangga Red Ivory termasuk jenis mangga yang memiliki ukuran besar dengan kisaran berat antara  1,5kg sampai dengan 2kg.

Salah satu keunikan dari mangga red ivory ini adalah warnanya yang merah menyala sehingga sangat cantik saat berada dipohonnya. Selain itu, pohon mangga ivory termasuk jenis pohon yang bisa ditanam didalam pot.

Mangga ivory ermasuk jenis mangga yang memiliki aroma yang harum, rasanya yang manis, berdaging tebal dan lembut, serta hampir tanpa serat.

Walaupun memiliki banyak keunggulan dibanding mangga jenis yang lain, mangga Red Ivory diketahui bukanlah mangga asli tanah air karena diperkirakan mangga ini merupakann varietas yang didatangkan dari Taiwan.

  • Mangga Agrimania

Jenis Mangga Agrimania

Jenis Mangga Agrimania

Jika tiga mangga sebelumnya berasal dari daerah lain maka berbeda dengan mangga Agrimania yang merupakan mangga lokal asli Indramayu. Bukan hanya itu, mangga Agrimania termasuk jenis mangga yang menjadi primadona dibanding mangga lokal lainnya.

Beberapa hal yang menjadikan mangga Agrimania ini menjadi primadona adalah karena rajinnya dalam berbuah dimana rata-rata berat buahnya mencapi 1kg.  Selain itu, mangga Agrimania adalah jenis mangga yang bisa ditanam dan tumbuh dengan baik walaupun ditanam didalam pot sehingga sangat cocok untuk tanaman penghias taman.

Dari segi bentuk, mangga Agrimania memiliki kemiripan dengan mangga Gedong Gincu yang ketika matang berwarna kekuningan dengan daging legit dan rasa yang manis.

  • Mangga Emperor

Jenis Mangga Emperor

Jenis Mangga Emperor

9 Jenis mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam di nomer selanjutnya adalah mangga dengan jenis emperor. Mangga Emperor termasuk jenis mangga yang berasal dari Taiwan dan sudah dikembangkan di Thailand.

Ukuran mangga Emperor tidak kalah besar dibandingkan ukuran mangga Kiojay dan yang lainnya hanya saja mangga Emperor mendapatkan julukan sebagai mangga jumbo unggulan.

Mangga Emperor adalah jenis mangga yang sangat eksotis karena memiliki kulit yang berwarna merah menyala.

Ketika sudah mencapai kematangan yang sempurna, mangga Emperor akan memiliki rasa yang manis segar, berdaging tebal dengan biji yang kecil dan tipis.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh mangga Emperor adalah perawatannya yang mudah serta tidak tergolong tanaman yang rewel serta bisa ditanam dengan media pot.

  • Mangga Mahatir

Jenis Mangga Mahatir

Jenis Mangga Mahatir

Mangga Mahatir biasa juga dikenal dengan nama mangga Esmo merupakan jenis mangga yang berasal dari daerah Kinabalu, Malaysia. Mangga ini termasuk jenis buah mangga yang sangat genjah atau cepat berbuah.

Mangga Mahatir memiliki ukuran yang lebih besar dari mangga Kiojay karena pada saat matang buah mangga ini bisa mencapai berat 3kg perbuahnya.

Untuk membedakan mangga ini dengan jenis mangga lainnya bisa dilihat dari ujung buah dibagian bawahnya yang berbentuk seperti paruh burung. Tidak hanya itu, saat matang buah mangga Mahatir ini memiliki rasa yang sangat manis, lezat, serta tidak memiliki serat dibagian dagingnya.

  • Mangga Gedong Gincu

Jenis Mangga Gedong Gincu

Jenis Mangga Gedong Gincu

Mangga ini banyak dibudidayakan di daerah Indramayu dan Cirebon seperti misalnya di daerah dataran tinggi gunung panten.

Gedong Gincu sendiri merupakan sebuah nama yang teridiri atas dua suku kata: Gedong dan Gincu. Gedong berarti ukuran yang besar, dan Gincu yang berarti merah menawan. Walaupun bernama gedong, namun mangga ini hanya sebesar kepalan tangan pria dewasa dengan berat hanya berkisa antara 200 gram.

Yang menjadikan mangga Gedong Gincu ini sangat disukai oleh banyak orang adalah karena rasanya yang manis. Selain itu keunikan dari mangga ini adalah warna dagingnya yang sama sepeti warna kulitnya dan tidak hanya hanya dagingnya saja yang bisa dimakan karena bagian kulit dari mangga ini juga bisa dimakan tanpa ada kesan rasa pahit yang menyertainya.

  • Mangga Manalagi

Jenis Mangga Manalagi

Jenis Mangga Manalagi

Mangga Manalagi berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur merupakan jenis mangga yang sangat dikenal dan digemari masyarakat tanah air.

Mangga Manalagi memiliki rasa yang sangat manis dengan tekstur daging yang tebal khas mangga lokal walaupun memiliki ukuran yang lebih kecil dan kulit yang hijau tebal.

  • Mangga Harum Manis

Jenis Mangga Harum Manis

Jenis Mangga Harum Manis

Sama seperti mangga Indramayu, mangga Harum Manis juga berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya yang menjadi ciri khas mangga ini, daging mangga Harum Manis memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis.

Mangga Harum Manis termasuk jenis mangga viaretas unggul yang sudah disahkan oleh Kementrian Republik Indonesia beberapa tahun lalu.

Karakteristik Memilih Bibit Mangga Bagus

Jenis Bibit Mangga Bagus

Jenis Bibit Mangga Bagus

Salah satu hal yang paling penting dilakukan jika anda ingin mendapatkan buah mangga paling enak rekomendasi untuk ditanam. Karena jika salah memilih bibit, kemungkinan besar nantinya anda tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan saat tanaman sudah tumbuh besar.

  • Warna daun cerah

Pertama kali yang harus diperhatikan dari bibit pohon mangga adalah daunnya yang berwarna hijau cerah dengan bagian pucuk yang berwarna hijau kemerahan.

Selain warna, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah bentuk daun. Jangan sampai anda memilih bibit yang memiliki daun kering atau keriting apalagi yang sudah digigit ulat. Daun yang bentuknya seperti itu biasanya hanya dimiliki oleh kualitas bibit mangga yang tidak rekomendasi.

  • Ukuran batang proposional

Batang yang proposional adalah batang yang tegak lurus serta tidak memiliki bekas sambungan atau jamur.

Bibit yang memiliki batang bekas sambungan menandakan itu bukanlah bibit dengan kualitas yang baik karena bekas sambungan manandakan itu adalah upaya perkawinan silang dengan bibit yang lebih bagus.

Usahakan juga jangan memilih bibit yang memiliki batang yang terindikasi bekas jamur. Jamur menandakan bibit kurang sehat dan memiliki potensi untuk terkena penyakit diwaktu yang akan datang.

  • Pertumbuhan Cabang merata

Cabang yang tumbuh secara merata menandakan bahwa bibit tersebut tumbuh dengan sehat karena terkena cukup terkena sinar matahari sehingga kedepannya dapat tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan buah sesuai yang diharapkan.

Leave a Reply