alat-musik-tradisional-jawa-tengah

7+ Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Alat musik tradisional Jawa Tengah- Selain terkenal dengan makanan yang sangat lezat, ternyata pulau jawa mempunyai ciri khas yang lain, yaitu alat musik tradisional. Rasanya ngenes bila anda berkunjung ke jawa, namun tidak mencoba bermain atau mengetahui banyak tentang alat musik tradisional jawa.

Nah, untuk pemabahasan kali ini, saya akan membahas tentang alat musik tradisional jawa tengah sebelum membahas tentang alat musik dari jawa timur, jawa barat, yogya karta dan lain sebagainya.

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Daerah pulau jawa sangat banyak sekali menghasilkan karya, seni dan budaya khas. Khususnya Jawa Tengah. Daerah Jawa tengah mempunyai lagu daerah yang dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional-nya. Alat musik tradisional Jawa Tengah sangat banyak sekali, namun disini saya akan membahas sebagiannya saja.

1. Demung

Demung merupakan salah satu alat musik gamelan yang termasuk keluarga balungan. Biasanya, dalam satu set gamelan terdapat 2 demung yang memiliki versi nada pelog dan slendro. Nada yang dihasilkan oleh demung pada oktaf terendah dalam keluarga balungan. Namun ukuran fisiknya cukup lebih besar.

Selain itu wildah yang dimilki demung relatif lebih tipis. Walaupun begitu, wilahannya lebih lebar daripada wilahan saron. Sehingga, hasil nadanya relatif lebih  rendah. Biasanya, tabuh demung dibuat dari kayu. Bentuknya, seperti palu, lebih besar dan berat daripada saron.

ricikan-demung-karawitan-jawa, alat musik tradisional jawa tengah

tempolagu.com

Untuk cara nabuhnya, biasanya sesuai dengan nada atau beragantian dengan demung satu dan dua. Adapun kecepatan dan lambatnya, keras dan lemahnya tabuhan tergantung dengan komando dari kendang dan jenis gendhingnya.

Dalam menabuh demung, tangan kanan digunakan untuk memukul wilahan / lembaran logam dengan tabuh, sedangkan tangan kiri digunakan untuk memencet wilahan yang dipukul sebelumnya, agar menghilangkan dengungan yang tersisa dari pemukulan nada sebelumnya. Hal ini disebut dengan teknik memathet.

 

Ada beberapa suasana nada yang dihasilkan oleh Demung:
– dalam kondisi peperangan
– bernuansa militer
– Ketika mengiringi lagu ditabuh pelan

2. Gambang

gambang, alat musik tradisional Jawa Tengah

dictio.id

Gambang adalah salah satu alat musik tradisional jawa. Sesaat kita mendengar nama alat musik ini, maka akan terlintas pada pikiran kita dengan kebudayaan gambang keromong yang berasal dari betawi yang terdiri dari 18 bilah bambu yang dimainkan dengan cara dipukul.

Memang, alat musik tradisional jawa yang ini biasa digunakan pada kebudayaan gambang kromong.

3. Gender

gender, alat musik tradisional jawa tengah

youtube.com

Pada asalnya, alat musik tradisional Jawa Tengah ini biasa dijumpai oleh banyak orang meskipun tidak di daerah Jateng. Gender adalah alat musik yang terbuat dari logam dan cara memainkannya  dengan cara dipukul. Alat musik ini memiliki 10 – 14 batang logam yang bernada dan diatas resonator atau seng.

Selain itu, Alat musik yang satu ini juga mempunyai nama lain, yaitu: gender barung dan gender panerus. Gamelan Jawa yang lengkap akan ada 3 jenis gender, yakni gender slendropelog pathet nem dan lima dan pelog pathet barang. Sebenarnya, cukup sulit untuk membedakannya dengan yang lain karena bentuk gender mirip dengan slenthem.

4. Kempul & Gong

# Kempul

kempul, alat musik tradisional Jawa tengah

omeka1.grinnell.edu

Salah satu dari perangkat gamelan yang dimainkan dengan cara ditabuh adalah kempul. Alat ini sangat mirip dengan gong. Sebab biasanya, kempul di gantung menjadi 1 dengan gong. Kempul juga bisa dibilang dengan anak dari gong. Hal itu dikarenakan bentuk fisiknya yang lebih kecil ketimbang gong.

Selain itu, kempul juga termasuk alat musik gamelan yang keras. Kempul dan alat musik yang semacam dengan ini, menarik warga asing sampai-sampai ada dari kalangan mereka yang membuat buku yang berjudul Knowing Music, Making Musuc: Javanese Gamelan and Theory of Musical.

# Gong

gong, alat musik tradisional jawa

jatengprov.go.id

Jika anda orang jawa, maka alat yang satu ini tidak asing lagi. Namun, jika anda bukan dari jawa bisa jadi anda tahu dan tidak tahu tentang alat yang satu ini, yaitu gong. Sebab, gong tidaklah asing untuk warga negara Indonesia.

Well, langsung saja masuk pada inti pembahasan. Gong merupakan salah satu alat musik tradisional yang dibuat dari leburan logam. Bentuknya seperti perunggu dari tembaga, yang permukaannya bundar (dengan atau tanpa Pencu). Jika kita menempa gong, maka belum dapat ditentukan nadanya. Sebab, nada gong bisa terbentuk apabila telah dibilas dan dibersihkan. Hal ini seperti kita mencuci pakaian yang harus dibilas dulu.

5. Kenong

kenong, alat musik jawa, tradisional

blogewongjawa – WordPress.com

Salah satu alat musik tradisional jawa yang menyusun instrumen gamelan adalah Kenong. Umumnya, Kenong dibunyikan dengan dipukul oleh satu alat pemukul. Fungsi kenong dalam instrumen musik jawa adalah sebagai penegas irama dan batas-batas gatr.

Kenong berukutan lebih besar daripada bonang. Pada waktu dulu, kenong dibunyikan dengan menggunakan alat pemukul kayu yang berlilitkan kain. Alat musik ini mempunyai jumlah lebih dari 6 buah per satu set instrumen gamelan.

Kenong yang mempunyai bentuk besar, menghasilkan suara yang rendah. Walaupun begitu, suaranya cukup nyaring untuk didengar dan emnimbulkan suara khasnya. Biasanya, kenong biasa dibunyikan dan suaranya mengisi sela-sela antara kempul.

Baca juga : Makanan Khas Jawa Barat yang Bikin Kamu Ketagihan

6. Saron

Selain demung, alat musik yang satu ini masih dalam lingkup keluarga balungan. Jika disebutkan nama “saron”, mungkin tidak banyak orang yang mengenalnya. Walaupun pada asalnya, ada sebagian dari anda sudah pernah melihat alat tersebut. Mungkin ketika melihat gambar dan nama yang ada langsung faham dan tahu.Di Jawa, alat musik tradisional Jawa Tengah yang satu ini sering disebut dengan sebutan “rindik atau ricik”.

saron, alat musik tradisional jawa

artculture567.blogspot.com

Dalam gamelan, saron mempunyai peran yang sangat besar. Buktinya, dalam satu set gamelan pasti lebih dari 2 buah saron yang digunakan dengan nada versi pelog dan slendro. Ukuran fisiknya kecil. Walaupun begitu, saron dapat menghasilknan nada satu oktaf lebih tinggi daripada demung.

Teknik-teknik yang biasa digunakan dalam memainkan saron sebagai berikut:

  • Mbalung
  • Tabuhan pinjalan
  • Tabuhan imbal
  • Pancer

Alat musik yang satu ini sudah cukup populer. Orang Indonesia dan Luar negeri tahu tentang alat musik tradisional jawa ini. Buktinya ada buku yang berjudul Grinnell College Musical Instrument Collection dan juga dibahas dalam buku “Traditions of Gamelan Music in Java: Musical Pluralism and Regional Identity” yang ditulis oleh R. Anderson Sutton.

7. Siter

siter, alat musik tradisional jawa

.kamerabudaya.com

Jika anda termasuk yang suka dengan alat-alat musik seperti ini, mungkin anda tahu berapa jumlah senar yang dimiliki oleh alat musik tradisional jawa tengah yang satu ini. Biasanya, Siter ditemukan berpasangan dengan celempung dalam sebuah set gamelan Jawa. Siter hanya memiliki 11 pasang senar. Cirinya yang mencolok adalah 1 senar dipasang dengan nada pelog dan senar lainnya menggunakan nada slendro. Alat musik tradisional yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik.

Ukuran siter mencapai 30 cm saja, lebih pendek daripada celempung.

8. Slenthem

slenthem, alat musik tradisional jawa

Ki-demang.com

Alat musik slenthem juga biasa disebut dengan penembung. Ia mempunyai peran dalam menyusun instrumen gamelan Jawa. Seperti instrumen yang lainnya, slenthem mempunyai versi slendro dan versi pelog. Ketika wilahan dipukul, maka alat musik ini akan bergetar dan menghasilkan suara seperti prinsip dari alat musik membranofon.

Dari bentuknya, slenthem tegolong anggota gender. Untuk mengetahui slenthem, anda bisa melihat bilahnya. Slenthem mempunyai bilah sebanyak bilah saron. Oktaf yang dimiliki oleh slenthem oktaf yang paling rendah dalam kelompok instrumen saron.

Selain alat musik khas Jawa Tengah di atas, masih ada alat-alat musik khas yang lainnya, yaitu : kendang,  bonang, kentongan, gembang, suling, rebab, dan gender.

Selain alat musik yang lantunannya yang enak didengar, anda akan ketagihan untuk menyantap makanan khas Jawa yang sangat lezat.

Cukup sekian saja, semoga bermanfaat. terimakasih.

Leave a Reply