Handbrake, aplikasi convert video

6+ Aplikasi Convert Video Terbaik Untuk PC

Aplikasi Convert Video- Banyak alasan yang ada pada diri seseorang ketika ingin melakukan convert video. Mungkin ada yang ingin memutar video di perangkat yang hanya memiliki penyimpanan terbatas sehingga dia perlu mengurangi ukuran video tadi.

Atau bisa jadi, dia ingin menyimpan koleksi videonya dengan format yang sama, namun ada video yang mempunyai format yang berbeda.

Selain itu, ada kemungkinan dia ingin mengubah video yang direkam dengan format hp yang tidak terkenal. Pekerjaan convert video lebih jauh mudah bila dibandingkan dengan mengedit video.

Namun, banyak yang menundanya karena banyak faktor. Salah satunya, banyak yang beranggapan bahwa dalam hal ini dibutuhkan editor video yang mahal. Padahal secara realita, seseorang bisa melakukannya secara gratis baik online atau pun offline. Aplikasinya pun dapat didownload secara gratis dan jugaada yang berbayar. Any video converter nya sebagai berikut ya:

Aplikasi Convert Video #1 Freemake Video Converter

aplikasi convert video

americanrascals.us

Freemake video converter- Bagi anda yang akan melakukan convert video, pasti butuh dengan aplikasi atau software convert video (converter video). Mungkin aplikasi yang satu ini bisa menjadi solusi untuk anda. Aplikasi convert video ini bisa didapatkan secara gratis.

Salah satu tugas pokok aplikasi freemake video converter ini membantu anda untuk convert file dari komputer ke semua format populer, format video, ripping DVD, burn DVD dan membuat poto sildeshow.

Selain itu, aplikasi convert video (freemake video converter) juga menyediakan layanan lain. Misalnya, memberi layanan mendownload dan mengconvert video secara online. Kerenanya, aplikasi ini cukup memenuhi keinginan keseharian anda. Sebab, tersedia di dalamnya pemotong video, penambah subtitel dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, aplikasi ini bisa dianggap cepat kerjanya, fleksibel dan mudah dioperasikan serta gratis lagi.

Menu utama aplikasi ini ada 4, yaitu :

  • file
  • edit
  • convert
  • & help.

Program ini dilengkapi dengan icon pada bagian atas dan bawah. Bagian atas halaman terdiri dari:

  • video,
  • audio,
  • DVD,
  • & poto.

Pada bagian bawah halaman utama ada beberapa untuk convert ke:

  • AVI
  • MP4
  • WMV
  • 3GP
  • DVD
  • MP3
  • YouTube

Klik Untuk Download Aplikasi Freemake Video Converter pada web resminya atau unduh langsung di sini: uduh langsung

#2 Any Video Converter Free

aplikasi convert video

youtube.com

Any Video Converter Free (aplikasi convert video ini) cukup membantu untuk format file yang didukung. Misalnya aplikasi yang satu ini juga menangani file online dan offline. Hal itu berarti bahwa ketika anda sedang suka beberapa video online, maka anda dengan mudah bisa mengubahnya menjadi format yang sesuai dalam penayangan offline.

Selain itu, aplikasi convert video ini dilengkapi dengan pilihan dalam ripping audio dari DVD atau CD. Anda juga akan mendapati bahwa ada dukungan lain yang terdapat pada aplikasi ini. Misal, ada profil yang siap pakai walau di perangkat yang berbeda dan mengedit video.

Selanjutnya, aplikasi ini hampir menangani semua format video dari DivX, XviD, MOV, RM, RMVB, MPEG, VOB, DVD, AVI, MWV, PSP dan lain sebagainya.

Selain itu itu juga, aplikasi ini (converter video ini) bisa digunakan sebagai extractor audio sederhana. Namun, terbatas dalam format yang bisa diekstraksi, yaitu ke MP3, WMA, M4A, OGG, AAC dan WAVE  . Ada beberapa alat lain yang ada pada aplikasi ini, yaitu DVD burner, Blu-ray disc burner dan editor video dasar. Bagi yang menggunakan daya, ada kontrol pengubah bitrate, frame rate, codec, dll.

Yang keren juga, jika anda ingin mengunduh sebuah video di youtube maka hanya dengan memotong url video youtube tersebut lalu menempelkan-nya dan tekan oke. Video pun akan langsung diunduh,

Dalam mengedit video, aplikasi mempunyai beberapa pilihan dari memotong, crop, memutar dan pembersihan dasar serta memberi efek. Sehingga, anda dapat merasakan eksperimen yang lumayan banyak di dalam aplikasi ini. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Membuat Video Literasi Yang Mudah

Aplikasi Convert Video #3 Handbrake

aplikasi convert video

linuxandubuntu.com

Aplikasi convert video handbrake sudah dikenal oleh banyak pengguna Mac sebagai convert video gratis, tapi tidak terkenal bagi pengguna windows. Namun, bukan karena tidak terkenal itu jelek dan tak layak dipakai.

Perlu diingat, Handbrake sebuah aplikasi yang masih digunakan untuk experimen dan belum mencapai versi 1.0 untuk versi windows.

Sukurnya, aplikasi convert video ini sudah tersedia untuk windows, linux dan Mac. Sangat tepat jika memilih hangbrake menjadi salah satu alat bantu dalam bekerja atau untuk kegiatan keseharian. Pengontrolan dari handbrake untuk convert video lumayan ketat atau bagus.

Selain itu, aplikasi convert video ini memepunyai beragam fitur, misalnya:  cropping, filtering, penyesaian frame rate, preset untuk mendapatkan hasil dengan cepat.

Namun, jika anda pemula maka perlu waktu sedikit  agar terbiasa dengan aplikasi convert video ini. Jika anda sudah bisa menguasai aplikasi ini, anda akan mendapatkan hasil yang sangat luar biasa.

Dengan aplikasi convert video ini anda dapat melakukan transcode pada setiap DVD, video MP4, MKVformat file dengan MPEg-4, H.264/Theora dikodekan.

 #4 MediaCoder Sebagai Aplikasi Convert Video

aplikasi convert video

youtube.com

Sebagaimana yang sudah lewat, bahwa banyak aplikasi convert video yang didownload secara gratis, tapi tetap keren. Untuk aplikasi yang satu ini, aplikasi ini sangat menonjol pada kecepatan dan jumlah format video dan audio yang didukungnya.

Misalnya, jika format video yang kamu simpan di hardisk itu sudah tua dan jadul, maka tak ada yang perlu dipermasalahkan. Sebab, aplikasi mediacoder ini bisa mengconvert video tersebut dengan media modern yang cepat.

Selain itu, tampilan aplikasi convert video yang satu ini bisa dibilang sedikit telalu canggih dan menakutkan bagi para pengguna pemula. Sebab, ia memiliki banyak fitur tambahan seperti, sinkronisasi suara, penggabung video, penyesuaian rasio dan lain sebagainya.

#5 Aplikasi Toolwiz Player and Converter

aplikasi convert video

techphylum.com

Jika kita lihat dari namanya saja, aplikasi convert video ini merupakan satu setup yang mempunyai dua aplikasi, yaitu media player dan media converter. Aplikasi ini dirilis oleh Toolwiz. Ukuran file keduanya sangat kecil dan interface yang sederhana. Ukuran file setup aplikasi ini cuman 5.7 MB.

Apabila sudah melalui proses instalasi, keseluruhan aplikasi ini memerlukan ruangan sekitar 17.4MB di media penyimpanan PC atau laptop Anda.

Ketika dijalankan, aplikasi convert video ini hanya menyita 2 MB RAM saat idle.  Akan meningkat menjadi 30 MB ketika file yang akan diconvert ditambahkan, dan juga akan meningkat menjadi 50 MB ketika proses konversi.

Format output video dan audio yang bisa dihasilkan oleh aplikasi ini cukup beragam dan ekstensinya juga standar, yaitu: 3GP, AVI, FLV, MKV, MOV, MP4, RM10, RM20, SWF, WMV, WebM, MIV, M2V, AAC AC3, MP2, MP3, WAV, dan  WMA. Formatnya  juga mendukung untuk VCD, DVD, iPod, dan PSP.

Fitur- fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah:

  • Pemotongan video dan audio pada aplikasi ini berdasarkan per detik atau per frame
  • Flip bisa vertical dan horizontal
  • Bisa memberi efek negatif
  • Ada pengatur brightness, contrast, dan saturation
  • Mempunyai fitur crop

Baca juga: Cara Mengedit Video yang Mudah Anda Lakukan

 #6 Aplikasi SuperSimple Video Converter

aplikasi convert video

cdn.freewarefiles.com

SuperSimple Video Converter merupakan aplikasi convert video atau software yang dikelola dan dikembangkan oleh Gromada. Ukuran file setup adalah 10.6 MB ketika didownload. Kemudian menjadi 31.2 MB setelah diinstall pada pc/laptop. Adapun ketika dijalankan aplikasi ini membutuhkan RAM 9 MB saat idle, dan membutuhkan 20MB ketika proses konversi.

Walaupun begitu, Aplikasi ini bisa dibilang cukup praktis untuk digunakan. Sebab hanya membutuhkan tiga langkah saja, yaitu menambahkan file dengan drag and drop, memilih format output, dab melakukan proses konversi.

Pada aplikasi ini, semua orang bisa melakukan kostumisasi sesuai selera dalam merubah frame size, frame rate, bit rate, sample rate dan encodingnya.

Aplikasi ini dapat menghandle format output audio dan video dengan cukup lengkap, yaitu: MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, WebM, MKV, AVI, MOV, 3GP, OGV, WMV 7, FLV, AVI, MOV, MP3, OGG, AAC, WMA, MP2, AC3, RA, FLAC, WAV, H.264, DVD dan Youtube.

Aplikasi ini bisa didapat dengan harga yang lebih murah daripada gratis. Sebab, gratis selamanya jika belum ada perubahan dari pihak yang berwenang.

Baca juga: Cara Download Video di Line Mudah, Sekarang juga!!!

#7 Iwisoft Video Converter

aplikasi convert video

windows-cdn.softpedia.com

Aplikasi convert bvideo ini dikembangkan oleh Iwisoft. Ukuran file setupnya 8.65MB. Setelah diinstall akan menjadi 21.2MB dalam membutuhkan kapasitas media penyimpanan (HDD). Pada saat berproses, Aplikasi ini menyita 13-20MB saat idle dan 53MB saat mengkonversi.

Sebagaimana yang lain, proses konversinya cukup simple, yaitu memasukkan input dengan drag and drop, memilih output, dan eksekusi (start).

Format output yang bisa ditangani oleh aplikasi convert video ini sebagai berikut:

# Video: WMV, MP4, FLV, AVI, MPEG, H.264/MPEG-4, MOV, RMVB, ASF, 3GP, 3G2, DivX, XviD,  SWF, VOB, TS, DV, DPG H.264/MPEG-4 AVC (*.mp4), Audio-Video Interleaved HD Video (*.avi), dan lain sebagainya

# Audio : MP3, WMA, AAC, WAV, OGG,  AC3, MP2,FLAC, APE, M4A, RA, AIFF, AMR, dan SUN AU Format

# Image: Animated GIF, BMP, PNG, JPG, dan GIF.

Selain format output di atas, Iwisoft Video Converter juga mendukung konversi ke berbagai macam format yang digunakan digital.

Selain itu, pengoperasian konversi beserta fitur-fiturnya cukup mudah, sehingga cocok bagi pemula dan  yang sudah mahir. aplikasi ini bisa didownload secara gratis tanpa syarat yang aneh-aneh.

Walhasil, banyak aplikasi convert video yang sudah beredar dan dapat didapat dengan gratis. Tapi kalau ingin yang terbaik dan tercepat  biasanya berbayar. Tulisan saya di atas hanya sebagian aplikasi saja yang saya rangkum.

Akhirnya, saya berharap “semoga tulisan saya tentang aplikasi convert video ini bermanfaat bagi semua pembaca” dan saya ucapkan terimakasih.

Leave a Reply