Bonsai Anting Putri : Cara Budidaya Bonsai Anting Putri Lengkap Cara Merawat Bonsai Anting

| |

Budidaya Tanaman Bonsai Anting Putri – Tanaman yang sangat indah dan juga memiliki nilai harga yang lumayan tinggi, salah satunya adalah bonsai. Pada dasarnya, bonsai adalah tanaman atau pohon biasa, namun karena dibentuk dan dirawat sedemikian rupa maka jadilah tanaman bonsai. Satu di antara jenis pohon lainnya yang bisa dibuat menjadi bonsai adalah bonsai anting putri.

Tanaman jenis pohon anting putri ini mulai dikenal di masyarakat sebagai tanaman hias, dikarenakan memiliki daun yang sangat unik. Daun yang dimilikinya terlihat seperti daun kuning walaupun dasarnya hijau. Hanya saja sebelum dibentuk sebagai bonsai, pohon ini akan terlihat biasa saja sama seperti pohon lain pada umumnya.

Cara Menanam Anting Putri

bosai anting putri
cara bikin bosai anting putri

Bagi anda yang sangat menyukai jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai dan mempunyai harga yang tinggi, maka pohon anting putri sangat direkomendasikan. Bahkan tanaman ini sering disebut dengan tanaman yang nakal. Jelas saja dikatakan seperti itu, karena begitu mudah untuk tumbuh di mana saja.

Cukup dengan menancapkan batangnya di sembarang tempat saja, maka pohon ini pasti tumbuh termasuk di dalam air juga. Tetapi jangan salah, pada tempat yang memiliki suhu atau cuaca dingin bahkan salju, pohon anting putri tidak akan tumbuh dengan baik. Maka dari itu, tumbuhan anting putri sangat cocok tumbuh di kawasan Asia seperti Indonesia. Malaysia, Vietnam dan lain sebagainya.

Untuk proses bibit bonsai anting putri, dapat dilakukan dengan sistem stek pucuk atau pun akarnya. Hanya dengan memilih batang ujungnya yang berukuran panjang, maka potong miringlah dengan menggunakan pisau tajam. Hal itu dilakukan agar batangnya tidak cepat rusak dan juga pecah. Setelah itu batang tersebut bisa langsung ditanam dan jadilah bibit.

Cara Merawat Anting Putri

Bonsai Anting Putri
Cara Merawat Bonsai Anting Putri

Sebelum tanaman ini berubah bentuk menjadi sebuah pohon bonsai yang cantik, maka diperlukan perawatan khusus agar menjadi bonsai seperti yang diinginkan. Salah satu contoh adalah dengan cara melakukan penyiraman sesuai dengan takarannya agar dapat tumbuh dengan baik. 

Di bagian batangnya agar terbentuk jaringan tunas yang rimbun, maka potonglah. Berikan potongan paralon pada tepi potongan karena tunas yang tumbuh akan mengarah ke atas. Pemberian pupuk juga harus dilakukan sekali selama dua bulan.

Cek : Pengertian , Jenis dan Cara Membuat Bonsai Serut Serta Cara Merawatnya .

Cara Membonsai Anting Putri

Budidaya Bonsai Anting Putri
Budidaya Bonsai Anting Putri

Apabila bibit anting putri sudah tumbuh dengan baik dan juga dipenuhi oleh daun yang rimbun, maka otomatis sudah bisa dibentuk menjadi bonsai yang indah. Caranya adalah dengan merawatnya seperti berikut ini:

  • Melakukan pemangkasan daun-daun yang menguning

Kita menginginkan tanaman bonsai anting putri yang indah, maka seringlah melakukan pemangkasan daun-daun yang mulai menguning. Lakukanlah pemangkasan sebaik mungkin, dan tidak boleh sembarangan. Hal itu dilakukan agar tidak merusak bentuk tajuknya.

Ada cara-cara tertentu untuk memangkas daun-daun bonsai anting putri. Biasanya seseorang yang terbiasa dengan bidang pertanian akan lebih mudah mengatasinya. Untuk teknik memangkas pun sudah terbiasa dilakukannya.

  • Melakukan penyiraman 

Lakukanlah proses siraman minimal 1 kali sehari dan pastikan air yang anda siramkan itu tidak mengendap di dasar pot. Karena pengendapan air akan membuat akar tanaman membusuk. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tanaman bonsai akan tumbuh dengan sempurna di tempat yang kering dan juga tidak basah.

  • Memberikan cahaya yang cukup

Agar bonsai anting putri anda terlihat menawan dan menjadi juara dibandingkan bonsai milik tetangga lainnya, maka berikanlah pencahayaan yang cukup. Cahaya tersebut berasal dari sinar matahari. Cahaya sinar matahari akan membuat bentuk dan daun bonsai semakin bagus lagi.

Kita saja manusia yang kalau tidak terkena cahaya matahari sehari saja, kulit akan terlihat menguning dan tidak sehat. Begitu juga dengan tanaman bonsai ini, akan cenderung tidak segar karena proses fotosintesis memang membutuhkan peran dari sinar matahari tersebut.

  • Memperhatikan asupan gizi tanaman

Tanaman bonsai juga sama seperti manusia, di mana diperlukan asupan gizi agar tumbuh dengan baik. Caranya adalah dengan memberikan bahan yang mengandung gizi tanaman seperti pupuk misalnya.

Pemberian pupuk secara teratur, akan menjadikan bonsai anting putri yang anda tanam saat ini berubah menjadi tanaman yang indah dan juga cantik. Tetapi pemberian pupuk haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku untuk tanaman bonsai ini.

  • Mengganti media tanaman

Yang paling terpenting agar tanaman bonsai anda menjadi tanaman yang subur dan sehat, adalah dengan mengganti media tanamannya. Penggantian media dilakukan sekali dalam 3 tahun.

Cek : Cara Membuat Bonsai Santigi Beserta Pengertian, Jenis dan Cara Merawatnya

Harga Bonsai Anting Putri Terbaru

Jika tanaman anting putri dijual seperti tanaman yang ada, maka tidak akan berharga sama sekali. Namun apabila sudah dibentuk menjadi sebuah bonsai maka harganya akan sangat mahal. Untuk bonsai anting putri mini atau yang sering disebut dengan mame bonsai saja mencapai harga ratusan ribu rupiah. Bayangkan saja jika ada bonsai anting putri yang besar. Berapa harganya?

Di daerah Jambi pada tahun 2018 tepatnya, Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia atau disingkat dengan PPBI yang memiliki program untuk mengadakan pameran koleksi bonsai yang begitu bervariasi. Bahkan koleksi yang ditampilkan saat itu dibandrol dengan harga yang super tinggi.

Ada salah satu anggota yang ikut dalam kelompok tersebut mengatakan bahwa salah satu contoh koleksi bonsai anting putri miliknya dibandrol dengan harga 1 Milyar. Harga yang sangat fantastis, bukan?. Bahkan itu masuk kategori bonsai anting putri termahal yang ada pada saat itu.

Namun karena harganya tak sesuai dengan keinginan si pemilik, dan bahkan pemiliknya pun masih sangat menyayangi bonsainya tersebut, maka tidak jadi untuk dijual.

Jenis Tanaman Bonsai Anting Putri

Tanaman bonsai ating putri diklasifikasikan dalam ukuran dan bentuknya saja. Untuk jenisnya terdiri dari yang paling kecil dan juga besar. Bonsai dengan ukuran kecil sering disebut dengan mame bonsai yang berarti paling kecil. Ciri bonsai anting putri mame adalah ukurannya yang sangat kecil sekali bahkan seperti tanaman hiasan saja sekitar 10 sampai dengan 15 cm saja. 

Namun walaupun sangatlah kecil cara bikin bonsai anting putri ukuran mame ini ternyata lumayan sulit. Satu saja anda melakukan kesalahan, maka mame bonsai akan gagal tumbuhnya. Mame bonsai sering dijadikan hiasan untuk rumah baik di dalam maupun di luar rumah. Hanya saja suhu udara harus selalu diperhatikan jangan terlalu dingin dan basah.

Begitu juga dengan bonsai anting putri ukuran besar. Memiliki ukuran dan bentuk lebih besar pastinya mengharuskan pemiliknya untuk lebih intens menjaganya. Cara untuk merawatnya memanglah sangat harus berhati-hati seperti menjaga seorang anak bayi.

Tetapi walaupun anda harus rela menghabiskan banyak waktu untuk merawat bonsai anting putri, namun keuntungan yang diperoleh juga sangat menggiurkan. Selain bisa dijadikan hiasan, juga bisa menambah income karena dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Previous

Bonsai Santigi : Pengertian, Jenis & Cara Membuat Bonsai Santigi

Bonsai Sancang : Cara Membuat Bonsai Sancang Mulai dari Menanam – Merawatnya

Next

Leave a Comment