Bonsai Bougenville : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat & Membuat Bonsai Bougenville

| |

Mengenal Tanaman Bonsai Bougenville – Bonsai bougenville adalah salah satu tanaman bonsai yang begitu indah karena dilengkapi dengan bunga. Berasal dari tanaman bougenville atau lebih sering disebut dengan bunga kertas. Kepopuleran bonsai bougenville saat ini tengah berada pada bagiannya, dikarenakan bonsainya memiliki daun yang cerah dan juga bunga yang berwarna warni.

Apabila anda ingin memiliki tanaman bonsai ini, bisa membelinya atau budidaya bonsai itu sendiri dengan cara yang tidak begitu sulit. Asalkan ada kemauan, semua itu bisa anda peroleh dengan mudah dan harus penuh kesabaran.

Jenis-Jenis Tanaman Bonsai Bougenville

 Bonsai Bougenville
Jenis jenis Bonsai Bougenville

Bonsai bougenville itu dibuat dari tanaman bogenville itu sendiri. Di mana jenis-jenis bunga bougenville sangat beragam sekali. Dan semuanya itu bisa dijadikan tanaman bonsai. Di antaranya adalah california gold, sesuai dengan namanya jenis bougenville ini memiliki beragam warna dari emas pucat sampai jingga perunggu.

Lalu ada yang namanya gold rush di mana warnanya kuning emas namun lebih mencolok dan juga lebih cerah. After glow, jenis bougenville yang paling unik karena memiliki kemampuan untuk mekar berkali-kali selama sepanjang tahun.

Bambino baby lauren yang bisa mekar di setiap musim, baik itu musim semi, panas dan juga musim gugur. Tanaman jenis ini sangat kuat bahkan mampu untuk bertahan hidup walaupun kondisi tanah tetap kering dan juga kemarau.

Dilanjutkan dengan jenis cherry blossom adalah jenis bunga bougenville yang paling populer, karena memiliki warna bunga pink atau merah muda. Dan masih banyak jenis tanaman bougenville lainnya yang bisa dijadikan bonsai bougenville yang indah dan juga menawan. Bahkan memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Cara Menanam Bougenville

Bonsai Bougenville
Cara Membuat Bonsai Bougenville

Sebelum anda mulai membuat bonsai bougenville, maka tanamlah terlebih dahulu tanaman tersebut. cara menanamnya dapat anda mulai dengan cara sebagai berikut:

  • Mempersiapkan bibit tanaman bougenville

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah bibit tanaman bougenville. Pilihlah bibi yang bentuk dan teksturnya bagus untuk dibuat bonsai. Lalu juga pilih yang sehat dan subur dengan cara melihat dari warna daun dan kondisi batang tanaman tersebut.

Anda bisa memanfaatkan proses cangkok atau pun stek untuk mendapatkan bibit bonsai beougenville terbaik untuk tanaman hias anda tersebut.

  • Menyediakan media tanam berupa pot

Untuk menanam bibit bougenville, anda harus menyediakan media tanam berupa pot. Sebelum menggunakan pot tersebut, sangat disarankan untuk mensterilkannya dari berbagai hama penyakit.  anda juga bisa menggunakan insektisida yang langsung disiramkan ke pot secukupnya.

Lalu biarkanlah pot tersebut dijemur di bawah sinar matahari selama 7-10 hari lamanya. Karena anda harus memastikan bahwa pot nya sudah steril dan bisa langsung digunakan.

  • Siapkan campuran tanah 

Selain media tanam berupa pot, anda juga harus menyiapkan media tanam lainnya seperti tanah, pupuk, kompos dan juga pasir. Semua itu dicampur menjadi satu tetapi untuk porsi lebih banyak ke tanah disusul pupuk lalu kompos.

Macam-macam media tanam tersebut memang begitu diperlukan, agar tanaman bougenville dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Baca Juga :

Setelah anda menyiapkan berbagai media tanam baik itu pot, tanah, pupuk dan juga kompos. Maka anda harus memasukkan campuran tanah tersebut ke dalam pot sebanyak ¼ pot. Lalu masukkan bibit bougenville yang sudah dipilih. Selanjutnya masukkan lagi sisa campuran tanah sampai memenuhi pot tersebut.

Cara Merawat Tanaman Bonsai Bougenville

Cara Merawat Bonsai Bougenville
Cara Merawat Bonsai Bougenville

Apabila proses penanaman sudah selesai dengan baik dan sempurna, maka saatnya lah anda melakukan perawatan untuk tanaman tersebut. Contoh perawatan apa saja yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiram tanaman namun tidak boleh terlalu sering karena akan menyebabkan lembab yang akan membuat akar menjadi busuk. Terlebih lagi tanaman bougenville akan tumbuh sehat dan bagus, apabila di tempat tanah yang kering sehingga tidak memerlukan banyak air. Penyiraman cukup dilakukan sekali dalam sehari,
  • Memberikan pupuk pada tanaman bougenville 2 sampai 3 kali dalam setahun, sehingga kebutuhan nutrisi tanaman cukup,
  • Berikan semprotan air yang mengandung pestisida organik agar terhindar dari berbagai penyakit dan hama,
  • Apabila tanaman bougenville sudah berubah bentuk menjadi bonsai bougenville, maka lakukan pemangkasan daun dan rantingnya yang tidak diperlukan agar tanaman bonsai tetap pendek karena akan terlihat lebih indah jika tanaman bonsai bougenville mini,
  • Berikan tambahan bahan-bahan organik agar pertumbuhan bougenville terangsang dengan begitu baiknya.

Kalau perawatan tanaman bougenville anda lakukan sesuai dengan yang dijelaskan tadi, maka bersiaplah untuk menyambut tanaman bonsai bougenville yang sangat bagus.

Cara Membonsai Bougenville

Proses penanaman dan juga perawatan tanaman bougenville sudah anda lakukan. Maka anda bisa melanjutkannya dengan cara membonsai tanaman tersebut sesuai dengan keinginan. Caranya adalah dengan menggunakan kawat agar bisa membentuk tanaman seperti bentuk bonsai pada umumnya.

Pastikan anda mengikat kuat dan benar kawat tersebut pada bonsai bougenville. Karena nantinya bentuk akan mengikut bentuk kawat. Kawat tersebut fungsinya adalah untuk menahan pertumbuhan bonsai bougenville di luar bentuk yang tidak diinginkan oleh pemiliknya.

Makanya sering kita lihat berbagai tanaman bonsai terlihat berbeda-beda bentuk. Bahkan tanaman bonsai bougenville unik, jika dibentuk sedemikian bagusnya dan berbeda dengan bentuk bonsai lain pada umumnya.

Berbicara mengenai bentuk untuk bonsai bougenville yang indah dan menawan, semua itu tergantung dari cara dan trik yang dilakukan oleh si pemilik bonsai tersebut. Karena bentuk bonsai lah yang akan menjadi daya tarik tersendiri bonsai tersebut. Jangan sampai bentuknya malah terlihat aneh.

Bentuk juga akan mempengaruhi harga dan kualitas dari bonsai bougenville tersebut. Seperti yang kita tahu, tanaman bonsai sering sekali dijadikan sebuah kontes untuk melihat kualitas, kuantitas, bentuk dan keindahannya masing-masing. Cara tersebut juga akan membuat bonsai anda lebih berharga, bukan?

Harga Bonsai Bougenville

Untuk harga tanaman bougenville sendiri masih sekitaran di atas 50 ribu. Namun ketika sudah diubah menjadi sebuah bonsai maka harganya akan sangat bervariasi dan lebih tinggi. Bahkan untuk harga bonsai bougenville termahal saja hampir mencapai ratusan juta rupiah.

Tetapi bentuk, kualitas dan kuantitasnya nomor satu. Walaupun mahal, para pengkoleksi bonsai bougenville tidak akan menahan diri untuk tidak membeli bonsai tersebut. Bahkan tanaman bonsai dijadikan investasi bagi para pemiliknya. Terbukti sudah bertahun-tahun, tanaman bonsai tidak pernah turun harganya bahkan semakin tinggi.

Wajar sekali jika harga tanaman bonsai termasuk bougenville tinggi, karena prosesnya yang tidak mudah serta bahan bonsai bougenville itu sendiri juga harus lengkap dan teliti. Banyak kita lihat di berbagai toko online yang menawarkan bonsai ini. Contoh bonsai bougenville singapore dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah, itu untuk ukuran yang kecil saja. Bagaimana jika bonsai bougenville besar, pasti harganya lebih mahal lagi.

Previous

Budidaya Bonsai Kimeng : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat & Membonsai Pohon Kimeng

Bonsai Kemuning : Jenis Jenis, Cara Menanam, Merawat & Membuat Bonsai Kemuning

Next

Leave a Comment