Bonsai Kemuning : Jenis Jenis, Cara Menanam, Merawat & Membuat Bonsai Kemuning

| |

Tanaman Bonsai Kemuning – Tanaman kemuning atau dikenal dengan nama latin Murraya Paniculata merupakan jenis tumbuhan yang sangat banyak sekali dijumpai di Indonesia. Tanaman kemuning dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. bahkan tingginya bisa mencapai 7 meter. Tanaman ini mempunyai ciri pada bagian daunnya seperti jeruk namun ukurannya lebih kecil dan cocok dijadikan bonsai kemuning

Selain itu tumbuhan ini memiliki bunga yang berbentuk petal, panjang dan warna putih. Pohon ini jika dikaitkan dengan tanaman lainnya sangat mirip sekali dengan anting putri. Hanya saja struktur anatominya yang berbeda.

Cara Menanam Kemuning yang Mudah dengan Berbagai Media

bonsai kemuning
cara menanam bonsai kemuning

Apabila anda ingin memiliki bonsai kemuning untuk dijadikan tanaman hias atau lain sebagainya. Maka anda bisa memulai untuk menanamnya. Cara menanam sama seperti tanaman lain pada umumnya. Hanya saja untuk caranya dibagi menjadi dua macam yaitu dengan pot dan dengan cangkok.

  • Cara menanam kemuning dengan pot

Untuk cara menanam dengan menggunakan pot anda bisa memulainya dengan memanfaatkan bibit dari biji buah tumbuhan kemuning. Pilihlah yang berwarna merah gelap lalu jemur terlebih dahulu sampai mengering. Dan jangan lupa untuk disimpan di plastik atau pun toples agar tetap kering.

Anda harus menyiapkan campuran tanah dan pupuk kompas. Campurlah dengan perbandingan 1:1 lalu aduk rata dan masukkan ke dalam pot tersebut tetapi jangan terlalu banyak. Setelah itu masukkan biji yang sudah kering barulah anda menambahkan sisa campuran tanah dan kompos, untuk menutupi biji tersebut.

Pada saat bibit belum tumbuh, maka sebaiknya lakukan penyiraman sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. Atau penyiraman bisa dilakukan saat tanah mulai mengering.

  • Cara menanam kemuning dengan cangkok

Apabila anda ingin menanam kemuning dengan cangkok, maka anda harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Memilih batang setidaknya sudah berukuran satu jari telunjuk manusia dewasa,
  • Memilih batang yang tumbuhnya ke atas,
  • Mengerat kulitnya kira-kira 3 cm,
  • Mengerok bagian kayunya sampai kasar dan anda harus memastikan bagian kambium sudah terbuang tanpa sisa. Dan biarkanlah selama 1 sampai dengan 2 hari,
  • Menyiapkan media tanam dan juga plastik,
  • Bungkuslah bagian batang yang sudah dipilih tadi dan keratkan lah,
  • Anda harus mempertahankan kelembaban media tanam dengan menyiramnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh bibit tersebut, untuk tumbuh dengan baik.

Jika anda ingin mendapatkan tanaman kemuning terbaik untuk bonsai anda, maka pilihlah cara menanamnya dengan cangkok. Karena tidak membutuhkan waktu yang lama seperti menanam dengan bibit pada pot.

Cek : Bonsai Kimeng : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat & Cara Membuat Bonsai Pohon Kimeng

Cara Merawat Tanaman Kemuning agar Tumbuh Bagus

bonsai kemuning
cara merawat bonsai kemuning

Tanaman kemuning yang bagus pasti tidak terlepas dari perawatan yang baik juga. Maka dari itu apabila anda menginginkan tanaman hias berupa bonsai kemuning yang indah, maka rawatlah tanaman tersebut sebaik mungkin. 

Anda bisa memulai perawatan dengan cara menyiramnya secara rutin.  Karena tanaman ini hidup di daerah tropis maka tidak boleh terlalu kering dan juga basah. Sehingga anda harus menyiramnya sesuai dengan takaran yang dibutuhkannya.

Jangan lupa pula untuk memberikan pupuk baik itu pupuk kandang atau kompos. Tanaman juga membutuhkan asupan makanan yang diperoleh dari pupuk tersebut. Fungsi dari pemberian pupuk adalah agar tanaman cepat besar dan bunganya cepat mekar. Pemberian pupuk juga harus sesuai yang dibutuhkan, kira-kira sebulan sekali agar menghasilkan tanaman yang bagus.

Karena tujuan anda adalah membuat bonsai kemuning, maka sangat disarankan untuk memilih tanaman yang ditanam secara di cangkok. Karena hasilnya akan lebih bagus dan sesuai dengan keinginan anda. Selain itu tanaman yang berasal dari hasil pencangkokkan akan menghasilkan tanaman dengan ukuran yang besar sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk membentuknya.

Cara Membonsai Kemuning, Tentukan Seleramu!

bonsai kemuning
cara membuat bonsai kemuning

Cara bonsai kemuning sangatlah perlu ketelitian dan juga kesabaran, agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Semua itu pada intinya adalah membentuk bonsai itu sendiri. Namun tak jarang ditemui masalah dalam pembentukan bonsai kemuning tersebut. seperti pertumbuhan yang lama karena di pindah ke dalam pot atau lain sebagainya.

Jika anda menemui masalah yang seperti itu maka solusinya adalah melakukan pembentukan bonsai di dalam tanah. Apabila tumbuhan bonsai tersebut sudah mencapai bentuk proporsional, maka anda bisa memindahkannya ke pot.

Setelah itu lakukan pemangkasan daun dan ranting, agar terbentuk sesuai dengan keinginan anda. Untuk pemangkasan jangan sampai salah, dan jangan juga merusak cabang lain yang diperlukan. Setelah itu gunakan kawat agar ranting dan daun tertahan pertumbuhannya.

Pada saat mengikat kawat, anda juga harus berhati-hati. Agar tidak merusak komponen lainnya pada bonsai tersebut. Anda kan mengidam-idamkan bonsai kemuning yang indah dan menjadi juara dari bonsai kemuning yang dimiliki orang lain pada umumnya, bukan?. Maka dari itu pembentukkan dan pemangkasan bonsai tersebut sangatlah mendominasi untuk mencapai keinginan anda tersebut.

Cek : Bonsai Bougenville : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat & Cara Membuat Bonsai Bougenville

Harga Bonsai Kemuning

Bonsai kemuning jika dijual juga memiliki harga yang tinggi sama seperti bonsai-bonsai lain pada umumnya. Setiap ukuran memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk harga bonsai kemuning mini atau micro dan bahkan disebut dengan mame dibandrol dengan harga ratusan ribu.

Bahkan untuk tanamannya saja yang belum dijadikan bonsai bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bagaimana tanaman bonsai itu sendiri. Jika ada tanaman bonsai kemuning termahal memang sangat wajar kan sesuai seperti proses penanaman, perawatan dan pembentukkan bonsai itu sendiri. 

Karena harganya yang tinggi, membuat banyak orang lebih senang berburu bonsai kemuning tersebut. Selain bisa dijadikan untuk menghias halaman rumah, maka bisa dijadikan ladang investasi juga. Hal itu begitu menguntungkan pemiliknya dan bikin siapa saja tergiur.

Terlebih lagi, banyak diadakan beragam kontes untuk menunjukkan berbagai contoh bonsai kemuning. Dan tak hanya jenis bonsai itu saja melainkan banyak bonsai lainnya. Semua itu dilakukan agar harga bonsai tersebut semakin tinggi dan berkelas.

Jenis-Jenis Bonsai Kemuning

Berbicara mengenai jenis dari kemuning itu sendiri terdiri dari dua jenis. Di antaranya jenis tanaman bonsai kemuning lokal atau jenar dan tanaman bonsai kemuning Jepang. Jenis-jenis tersebut memiliki ciri tersendiri dan keunikan tersendiri juga.

Seperti yang kita tahu ada berbagai jenis bonsai dengan keunikan tersendiri yang dipunyai seperti ada bonsai yang berbentuk air terjun yaitu bonsai sancang dan berbagai jenis lainnya. Setiap bonsai memiliki ciri masing-masing dan kelebihannya.

Untuk jenis bonsai kemuning terlihat dari daunnya yang seperti jeruk, karakter kulit yang berkerak seakan menimbulkan kesan bahwa tanaman ini sudah tua. Tetapi ranting yang dimilikinya sangat banyak sehingga akan terlihat lebih rimbun dan sejuk.

Jenis tanaman ini juga memiliki buah yang matang warnanya merah dan orange. Sangat berbeda jika dibandingkan tanaman bonsai lainnya yang jarang memiliki buah dan bunga. Satu hal yang lebih penting dari keberadaan bonsai kemuning ini, di mana bisa dijumpai di berbagai daerah di Indonesia.

Previous

Bonsai Bougenville : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat & Membuat Bonsai Bougenville

3 Model Cara Membuat Kandang Kelinci Menggunakan Berbagai Bahan

Next

Leave a Comment