Bonsai Sancang : Cara Membuat Bonsai Sancang Mulai dari Menanam – Merawatnya

Mengenal Jenis Tanaman Bonsai Sancang – Jika tanaman kaktus yang bisa bertahan di tempat kering karena menyimpan air di batangnya, maka tanaman sancang pun demikian. Sancang adalah jenis tanaman yang memiliki banyak kandungan air. Bahkan jenis tanaman sancang banyak ditemui pada daerah persawahan atau di dekat laut. Walaupun demikian, tanaman itu bisa dijadikan salah satu tanaman bonsai yaitu bonsai sancang.

Sancang berasal dari kata ilmiah yaitu Premna Microphylla adalah jenis tanaman yang memiliki daun hijau begitu tebal dan lebar. Oleh sebab itu, jenis tanaman ini ketika diubah menjadi bentuk bonsai sancang, maka akan begitu indah untuk dijadikan hiasan atau koleksi tanaman di rumah anda.

Cara Menanam Tanaman Sancang di Pot

Bonsai Sancang
google.com

Apabila anda ingin menanam bonsai sancang, maka bisa memulainya dengan cara menyediakan atau memilih bakal sancang terlebih dahulu. Pilihlah bakal yang bagus dan terbaik agar nantinya bisa tumbuh sesuai dengan bonsai yang anda inginkan.

Bakal bonsai sancang yang baik jelas akan menghasilkan jenis bonsai sancang terbaik seperti bonsai lain pada umumnya. Setelah memilih bakal selesai maka lakukan proses cangkok atau pun stek. Setelah itu sediakanlah media tanam seperti pot, tanah, kompos, pupuk.

Penyediaan media tanam sudah selesai, maka barulah anda bisa memulai menanam bakal bonsai sancang. Caranya adalah masukkan bakal ke dalam pot yang sudah diisi dengan tanah dan campuran lainnya. Setelah selesai dimasukkan, maka sisa campuran tanah tadi masukkan lagi ke dalam pot sampai penuh setidaknya batas pot tersebut.

Cek Artikel : Bonsai Kelapa, Pengertian, Jenis dan Cara Membuat Bonsai Kelapa Serta Cara Merawatnya.

Cara Merawat Tanaman Sancang Agar Tumbuh Subur

Bonsai Sancang
google.com

Langkah selanjutnya apabila anda ingin memulai menanam dengan cara belajar bonsai sancang, maka beri tanaman tersebut perawatan yang baik. Cara merawat tanaman ini yang baik dan benar pertama kali harus diperhatikan hama yang sering menyerang tanaman. Bibit bonsai sancang sering kali dihinggapi serangan hama atau kutu.

Sangat jelas sekali bahwa perlunya pembasmian serangan hama tersebut agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Caranya adalah dengan membuang kulit arinya yang telah mati dari akar hingga batang. Membuang kulit ari yang mati dapat dilakukan dengan cara mengamplas. Cara ini jelas akan menghambat penumpukan kutu yang akan melancarkan penyerapan air oleh tanaman itu.

Tak lupa pula untuk selalu menyiramnya 2 kali dalam sehari. Yaitu pagi dan sore, karena jenis bonsai sancang sangat memerlukan banyak air. Berbeda dengan bonsai seperti anting putri misalnya yang mampu bertahan di daerah kering atau panas. 

Agar daun bonsai sancang terlihat segar dan tidak layu, maka manfaatkanlah sinar matahari secara langsung. Tempatkan bonsai tersebut di tempat-tempat yang mudah mendapatkan sinar matahari. Lalu pada bagian pupuknya, berilah pupuk yang mengandung nitrogen, kalium, phospor dan yang terpenting terkandung magnesium, kapur, besi, tembaga dan juga belerang.

Mengganti media tanam juga salah satu contoh perawatan yang tidak boleh dilupakan. Media tanam yang sudah lama dipakai jelas saja sudah tidak ada lagi kandungan zat unsur hara. Sehingga sangat dianjurkan sekali untuk mengganti media tanam sebuah pohon bonsai sancang yang sudah lama digunakan.

Cara Membuat Bonsai Sancang yang Mudah

Bonsai Sancang
google.com

Untuk membonsai tanaman sancang yang bagus seperti yang anda inginkan, maka ada beberapa proses yang harus anda lakukan. Cara bonsai sancang yang akan anda lakukan adalah setelah pembibitan sudah dimulai dan masuk pada tahap selesai tanam. Maka proses berikutnya adalah sebagai berikut ini:

  • Mendesain bonsai sancang

Apabila bakal bonsai sancang yang di tanami sudah mengeluarkan tunas dan daun yang cukup rimbun, maka anda sudah bisa merancangan model yang anda mau. Dengan cara melilit kawat ke bagian batang dan juga ranting. Proses lilit haruslah diperhatikan, karena jika sampai salah akan melukai batang dan cabang. Jika hal itu terjadi tanaman akan rusak dan mati.

  • Memotong akar tanaman sancang

Untuk mendapatkan bonsai sancang terbaik maka anda juga perlu memperhatikan bagian akar tanaman ini. Akar yang bagus dan sehat, jelas akan membuat batang-batang bonsai tumbuh kokoh. Untuk menghindari pembusukan maka harus lebih sering dipotong akar tersebut. Akar adalah tonggak utama berdirinya sebuah tanaman, bukan?

  • Memperhatikan asupan gizi tanaman

Tunas yang sudah tumbuh dan dipotong, harus selalu diperhatikan asupan gizinya. Dengan cara memberikan bahan pupuk. Pupuk sangat berperan penting terhadap perkembangan tumbuhnya bonsai sancang tersebut.

Pupuk diberikan paling banyak sekali dalam 1 sampai 2 minggu. Jangan juga terlalu sering memberikan pupuk. Semua dilakukan dan diberikan sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam hal menanam bonsai sancang.

  • Mengatasi serangan hama

Tumbuhan bonsai sancang adalah yang paling rawan terserang hama, jadi anda harus mengatasi masalah tersebut agar tidak menimpa tumbuhan bonsai anda. Caranya adalah dengan memberi pestisida untuk menghilangkan hama yang menyerang tumbuhan bonsai sancang anda.

Keempat cara membonsai di atas jika dilakukan dengan sangat baik, maka anda akan mendapatkan bonsai sancang yang jadi juara jika dibandingkan dengan bonsai lainnya. Bahkan daun dan bunga bonsai sancang akan tumbuh dengan rimbunnya walaupun untuk bagian bunga tidak terlalu terlihat.

Harga Bonsai Sancang Terbaru

Kepopuleran tanaman bonsai sangat mempengaruhi harga jual tersebut. Sehingga apabila anda ingin budidaya bonsai sancang misalnya, jelas akan sangat menguntungkan untuk anda sendiri. Harganya di bandrol dari 800 ribu sampai dengan 1 juta. 

Untuk tanaman bonsai sancang mini atau meme biasanya sudah masuk angka ratusan ribu rupiah. Bagiamana dengan bonsai sancang besar, pastilah akan semakin mahal lagi. Bahkan kabar terbaru yang ada pada saat ini, di sejumlah website luar membandrol harga bonsai sancang ukuran medium dengan harga $120 atau setara dengan Rp. 1.800.000,-. 

Jika kita melihat harga jual dari bonsai sancang ini, maka sangatlah pantas sesuai dengan perawatannya selama ini. Di mana dibutuhkan ketelitian dan kewaspadaan, ditambah lagi tanaman tersebut sering diserang hama penyakit. Lantas untuk membasminya sangat dibutuhkan biaya untuk pembelian seperti pestisida.

Jenis-Jenis Bonsai Sancang

Pada umumnya bonsai sancang memiliki jenis dan macam sama seperti bonsai lainnya. Hanya saja khusus untuk bonsai sancang ini terdiri dari berbagai gaya. Contohnya ada bonsai sancang yang mirip seperti air terjun yang disebut dengan cascade. Di mana batangnya dari atas menjulang ke bawah sama persis dengan air terjun.

Lalu ada yang berbentuk roots over rock yang terlihat seakan-akan tanamannya menumpang hidup di batu sebagai parasit. Apabila anda menemui bonsai yang seperti itu maka langsunglah mengarah pada ciri bonsai sancang itu.

Apabila dilihat dari sisi ukuran maka bonsai sancang juga terdiri atas dua jenis. Di antaranya adalah bonsai sancang varigata kecil dan juga bonsai sancang varigata besar. Keduanya sama-sama bonsai yang jika dirawat akan tumbuh dengan baik. Hanya saja ukurannya yang berbeda, tergantung dari keinginan si pemilik tanaman bonsai sancang tersebut.

Leave a Comment