Bonsai Serut : Pengertian, Cara Membuat Bonsai Serut Serta Perawatannya Terbaru

| |

Seputar Bonsai Serut – Salah satu pembahasan yang cukup diminati masyarakat adalah tentang bonsai. Bonsai sendiri banyak sekali macamnya. Namun pada kali ini pembahasan fokus kami tentang bonsai serut. Paling tidak dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang :

  1. Pengertian Bonsai Serut
  2. Cara Membuat Bonsai Serut
  3. Cara Merawat Bonsai Serut Secara Optimal
  4. Info Harga Bonsai Serut.

Khusus kamu pecinta bonsai, anda harus membaca ini secara tuntas. Dan dapatkan info terupdate disini. Untuk mendapatkan info secara total dan keseluruhan silahkan baca artikel di bawah ini.

Pengertian Bonsai Serut

bonsai serut
pengertian bonsai serut

Serut juga termasuk dalam pohon yang bisa dibuat untuk bonsai. Bonsai serut tak kalah menarik dan bagus dari bonsai kelapa dan lainnya. Terlebih pohon tersebut mempunyai bentuk dahan dan daun yang unik, sehingga mudah untuk dibentuk. 

Serut merupakan tanaman yang bisa menggugurkan daun sebagaimana pohon jati. Tujuannya adalah mengurangi kebutuhan air dalam dirinya, sehingga ia bisa hidup di tanah yang relatif kering sekalipun dan bahkan bisa hidup puluhan hingga ratusan tahun. Selain itu, serut juga berduri namun tidak cukup tajam layaknya mawar. Itulah yang menjadikan tanaman tropis ini sangat unik. 

Cara Membuat Bonsai Serut 

bonsai serut
cara membuat bonsai serut

Serut yang dibonsai tentu jauh lebih indah dari pada yang ditanam biasa. Karena itulah bonsai pohon serut mempunyai daya jual yang tinggi. Jika sudah menjadi tanaman hias, ia bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan termasuk taman untuk mempercantik rumah maupun halamannya. Tak heran jika banyak pencinta tanaman hias yang sering memburunya. 

Membuat bonsai serut adalah pekerjaan yang cukup mudah. Langkahnya hampir sama ketika Anda menanam serut biasa. Hanya saja Anda harus pandai membentuk dahannya supaya tercipta bonsai serut terbaik dan unik. 

Di bawah ini adalah langkah dan cara membuatnya:

Pemilihan Bibit Bonsai Serut

Seperti yang sering Anda ketahui bahwa setiap tanaman serut terdapat dahan yang berbentuk seperti bonggol. Itulah yang bisa digunakan sebagai bibit atau bakalan bonsai. Anda bisa langsung mengambilnya dari pohon yang sudah ada maupun membeli di toko tanaman khusus baik online maupun offline. 

Jika sudah mendapatkannya, segera potong setiap daun yang menempel pada batang atau bonggol tersebut menggunakan gunting khusus. Anda juga bisa memotong akar yang berlebihan pada bonggol supaya pertumbuhannya tidak terlalu besar. Lakukan hal demikian secara hati-hati agar tidak merusak bagian lainnya. 

Kemudian cuci bakalan bonsai tersebut dengan air mengalir hingga bersih dari bonggol sampai akar. Berilah obat atau pupuk khusus untuk mempercepat pertumbuhan akar dan oleskan pada semua bagian tanaman secukupnya. Anda bisa mendapatkannya di toko obat pertanian maupun tanaman hias khusus. 

Membuat Media Tanam 

Media tanam sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan serut yang dibonsai. Media yang tepat untuknya adalah tanah yang berupa humus, tanah pegunungan serta dicampur dengan pupuk kandang agar cepat tumbuh. Perbandingan ketiga bahan tersebut adalah 1:1:1 atau sama semua. 

Jangan lupa untuk menyiapkan tempat berupa pot dengan bentuk tertentu sesuai dengan selera. Apabila media tanam sudah siap, kemudian masukkan dalam pot tersebut hingga cukup penuh. Jika Anda menginginkan bonsai serut besar tidak ada salahnya menggunakan pot yang cukup besar pula. 

Penanaman Bibit Bonsai

Setelah semuanya siap segera tanam bonggol pada media yang sudah ada. Anda hanya tinggal memasukkan akar terbaik dalam tanah secara perlahan agar tidak putus. Biarkan bonggol tumbuh secara maksimal menyesuaikan dengan media tanam hingga tampak tumbuh akar yang banyak serta ukuran pohon yang panjang. 

Proses Pembentukan Bonsai Pohon Serut 

Pembentukan pohon bonsai sangat penting untuk menghasilkan bentuk yang unik, cantik, dan menarik. Bentuknya bisa keluar secara alami maupun buatan sesuai dengan selera. Hanya saja jika alami terkadang tidak sesuai dengan keinginan. 

Jadi, Anda bisa membentuknya sendiri dengan cara memasang kawat lilit stainles. Sebaiknya gunakan kawat yang kuat serta anti panas supaya tidak mengganggu tumbuh kembang serut. Pilih kawat dengan ukuran berdiameter 3 milimeter. 

Cara melakukannya cukup mudah yaitu melilitkannya di setiap bagian pohon mulai dari bonggol, dahan ataupun batang. Pastikan lilitan tersebut sangat kuat agar tidak mudah lepas dan bentuk sesuai dengan selera. Lakukan pula dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pohon serut.

Jika semuanya sudah terlilit kuat, tunggu pohon hingga membentuk bonsai serut antik dengan bentuk yang tidak biasa sesuai selera Anda. 

Selain itu, ada pula cara bonsai serut alami yaitu tanpa harus dibentuk dengan bantuan kawat stainles. Anda cukup membiarkan pertumbuhan serut hingga menghasilkan bentuk tertentu lalu merawatnya secara maksimal. Perawatan yang perlu Anda perhatikan lebih adalah pemotongan daun supaya membuat bentuk yang unik. 

Cek : Bonsai Kemuning : Jenis Jenis, Cara Menanam, Merawat & Cara Membuat Bonsai Kemuning

Proses Perawatan Bonsai Serut Agar Hasil Maksimal

bonsai serut
cara merawat bonsai serut

Tidak cukup sampai di situ, bonsai pohon serut yang sudah tumbuh juga membutuhkan perawatan khusus supaya tetap hidup lama dan tumbuh subur. Tidak sulit merawatnya, sebagaimana pada tanaman umumnya yaitu:

Penyiraman Secara Teratur

Siram serut minimal sekali sehari untuk memastikan media tanam tetap basah dan lembab. Dengan begitu, ia tidak mudah kering dan mati serta bisa tumbuh lebih baik lagi. Hanya saja jangan terlalu banyak air mengingat serut merupakan tanaman tropis yang tidak membutuhkan air berlebih. 

Selain itu juga tempatkan di alam terbuka yang terkena pancaran matahari agar ia bisa berfotosintesis dan tumbuh maksimal. Namun, jika masih tahap awal penanaman sebaiknya letakkan di dalam ruangan dengan udara dan sinar matahari tidak langsung. 

Pemupukan Pohon Bonsai Serut

Sebaiknya berikan pupuk secukupnya pada bonsai tanaman serut. Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau alami maupun bahan kimia untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk jenis pupuk bahan buatan Anda bisa membelinya di toko obat tanaman hias maupun pertanian. 

Selain itu juga penting untuk memberinya obat anti-hama seperti insektifida untuk melindungi berbagai gangguan serangga maupun tanaman lainnya semacam rumput. Sebab mereka akan merusak keindahan dan pertumbuhan bonsai pohon serut. 

Pemangkasan Daun dan Dahan 

Seringkali serut tumbuh dengan banyak daun serta dahan yang tidak beraturan bahkan berlebihan. Karena itu, Anda perlu untuk memangkas secukupnya atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Anda bisa mendesainnya dengan bentuk batang dua saja hingga lebih tergantung selera. 

Gunakan gunting khusus untuk memotong atau memangkas daunnya sambil mendesain bentuk yang baik. Begitu pula saat memangkas dahan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai bagian lainnya yang masih penting. 

Menghias Bonsai Pohon Serut 

Tidak ada salahnya Anda menghias bonsai serut dengan hal lain seperti memberinya alas berupa kerikil kecil setelah media tanah. Dengan begitu akan tampak tumbuh di atas batu alami dan sudah cocok digunakan sebagai tanaman hias baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Harga Bonsai Pohon Serut Terbaru

Bagi Anda yang kesulitan maupun enggan membuat bonsai sendiri, tidak perlu khawatir. Sebab bonsai tanaman serut maupun bibitnya sudah tersedia di berbagai toko tanaman hias baik online maupun offline. Anda tinggal memilih sesuai dengan selera dan budget harga. 

Harganya sangat bervariasi tergantung ukuran, bentuk, dan jenisnya. Bonsai serut mini rata-rata dibanderol dengan harga mulai dari 100 ribuan sedangkan bonsai serut termahal bisa mencapai jutaan rupiah, tentu ini sudah berukuran besar serta bentuknya tidak biasa. 

Serut memang juara dalam hal tanaman yang paling mudah dibonsai, pernah menjadi trend sekitar tahun 90-an dan kini mulai booming kembali. Bagi Anda yang menyukai dunia tanaman hias, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat bonsai serut merah maupun lainnya untuk menambah koleksi hingga pundi-pundi rupiah. 

Tanaman Bonsai Beringin : Cara Membuat Bonsai Beringin & Macam Macam Beringin

Next

Leave a Comment