Budidaya Bonsai Kimeng : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat & Membonsai Pohon Kimeng

Tanaman Bonsai Kimeng – Bonsai kimeng adalah jenis tanaman bonsai yang lebih dikenal dengan bonsai beringin. Bahasa latinnya adalah Ficus Microcarpa, di mana salah satu ciri bonsai kimeng ini adalah daunnya rimbun dan berwarna hijau. Daunnya yang begitu memukau sangat cocok sekali dijadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah anda.

Maka tak jarang kita lihat, banyak orang yang ingin menjadikan pohon beringin atau kimeng sebagai tanaman bonsai. Karena keindahan yang dimilikinya terletak dari daun yang rimbun dan juga akar dan batang yang begitu kokoh.

Cara Menanam Bibit Pohon Kimeng

pengertian dan jenis bonsai kimeng
gambar bonsai kimeng

Apabila anda sudah memutuskan ingin membuat bonsai kimeng, maka terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara menanam kimeng tersebut. Di mana anda harus melalui berbagai tahap dalam proses penanamnya seperti berikut ini:

  • Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan

Menanam pohon kimeng yang akan dibentuk dalam tanaman bonsai yang bagus adalah tidak terlalu sulit dan tidak mudah juga. Hanya saja diperlukan kesabaran dan kreativitas anda dalam membuatnya. 

Anda sebaiknya menyiapkan berbagai alat dan bahan. Untuk bahan utamanya adalah bakal atau bonggol kimeng. Dalam pemilihan bonggol tersebut, disarankan untuk memilih ukuran bonggol bonsai kimeng jumbo supaya pada saat proses membentuk bonsai lebih mudah.

Menyediakan media tanam juga sangat diperlukan di mana nantinya anda akan menanam bonggol tersebut ke dalam pot. Ukuran pot harus disesuaikan dengan ukuran dari bonggol kimeng yang sudah anda pilih. Setelah itu siapkan tanah dan juga kompos yang akan dibutuhkan pada saat menanam bonggol tersebut.

Cek : Budidaya Bonsai Sisir : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat, dan Membuat Bonsai Sisir Kaliage Terbaik

  • Membuat media tanam dan mengisinya

Apabila alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam pohon kimeng selesai, maka langkah selanjutnya adalah membuat media tanam dan mengisinya. Media tanam yang berupa pot haruslah di isi dengan padat dan mengandung unsur hara yang cukup dan tidak berlebihan.

Pertama-tama masukkan tanah dan kompos yang sudah dicampur ke dalam pot tetapi hanya ¼ pot saja. Lalu masukkan bonggol tersebut lalu tuangkan sisa campuran tanah dan kompos tersebut sampai memenuhi ukuran pot. Sebaiknya campurkan batu-batu kerikil atau pun pasir agar unsur hara semakin lengkap.

Setelah itu diamkan bonggol sampai beberapa hari dan tunggu sampai tunas baru tumbuh. Barulah anda dapat membonsai tanaman kimeng sesuai keinginan anda.

Cara Merawat Bonsai Kimeng Agar Tumbuh dengan Baik

cara merawat bonsai kimeng
merawat bonsai kimeng

Jika proses penanam sudah berjalan lancar, maka saatnya untuk melakukan perawatan yang sangat dibutuhkan pohon kimeng tersebut. Macam-macam perawatan dapat anda lakukan tetapi harus sesuai dengan kebutuhan pohon kimeng tersebut.  di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Lakukan penyiraman

Tumbuhan itu sifatnya sama dengan makhluk lainnya, di mana tetap membutuhkan cairan seperti air agar bisa tumbuh dengan baik. Begitu juga dengan tanaman kimeng ini, apabila sudah anda tanam maka haruslah diberi air. 

Penyiraman dilakukan sekali dalam sehari. Pastikan tanaman tersebut cukup air, sehingga akar, batang dan juga daun bonsai kimeng dapat tumbuh dengan begitu baiknya.

  • Lakukan pemupukan

Tumbuhan juga membutuhkan asupan makanan di mana bentuknya adalah pupuk. Pupuk diberikan paling maksimal 1 kali dalam sebulan. Terlalu sering memberi pupuk juga tidak terlalu baik, tetapi jika sama sekali tidak memberi pupuk, maka jangan harap tumbuhan tersebut menjadi salah satu bonsai kimeng terbaik.

Selain itu anda juga harus rajin melakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida dan insektisida, agar terhindar dari penyakit dan serangan hama. Penyemprotan dilakukan disesuaikan saja dengan pemupukan.

  • Lakukan pemangkasan

Cara merawat tanaman agar menjadi bonsai kimeng unik selanjutnya adalah dengan melakukan pemangkasan daunnya. Pemangkasan harus dilakukan secara rutin, agar cabang daun dan akar yang akan merusak keindahan bonsai tersebut hilang.

Namun anda juga harus memperhatikan cara memangkas yang baik dan benar. Agar daun dan akar yang ada pada bonsai kimeng tidak rusak dan mati.

Cek: Budidaya Bonsai Sancang : Pengertian, Jenis, Cara Menanam, Merawat dan Membuat Bonsai Sancang yang Bagus.

  • Lakukan penggantian media tanam

Karena tanaman kimeng yang akan dijadikan bonsai ditanam dalam sebuah pot, maka hendaknya harus diganti jika sudah rusak dan hilang unsur haranya. Hal itu agar pertumbuhan kimeng tetap sehat dan selalu terjaga.

Dengan cara mengganti media tanam, akan menghindari kerusakan yang terjadi pada akar. Yang diakibatkan oleh kondisi pot yang lembab.

Cara Membuat Bonsai Kimeng

membuat bonsai kimeng
bonsai beringin kimeng

Tanaman kimeng sudah anda tanam dan juga rawat, sekarang saatnya lah anda untuk membonsai kimeng tersebut. Cara bonsai kimeng dimulai setelah anda penanaman dan perawatan dilakukan seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Hanya saja cara ini lebih fokus pada pembentukan pola bonsainya saja. Anda harus menyediakan alat berupa kawat untuk membentuk bonsai tersebut. Kegunaan dari kawat tersebut, untuk menahan pergerakan pertumbuhan pohon kimeng dan mengikuti bentuk yang anda inginkan.

Sebenarnya budidaya bonsai kimeng yang paling penting dan utama adalah pada saat pembentukkannya. Karena itu carilah kawat yang kuat dan cocok untuk bonsai yang akan dibentuk, agar menghasilkan bonsai kimeng yang bagus.

Pada penggunaan kawat, dimulai dengan melilitkan kawan secara memutar dari pangkal sampai ke ujung dahan. Jangan sampai daun yang ada juga ikut rusak. Sehingga anda harus terus memperhatikan pembentukkan bonsai dengan serius.

Berapa Harga Bonsai Kimeng ? Cek Disini

Kenyataannya bahwa harga dari sebuah bonsai tidaklah murah. Bahkan ciri-ciri dari bonsai tersebut adalah salah satunya harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan tanaman jenis lainnya. Sama hal nya seperti bonsai kimeng ini, di mana untuk harganya juga sangat bergengsi sekali.

Harga bonsai kimeng juga dilihat dari usianya. Jika usianya sudah sangat lama bahkan sampai ratusan tahun lamanya. Maka harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Sekali pun itu adalah bonsai kimeng mini, tetap sangat berharga.

Kita bisa melihat berbagai contoh bonsai kimeng yang ada di berbagai pertunjukkan, di mana jenis dan bentuknya yang berbeda-beda. Namun harganya begitu fantastis. Selain dilihat dari usianya, tanaman ini juga akan sangat mahal apabila bentuknya unik dan juga daunnya begitu rimbun. 

Harga yang dibandrol untuk setiap bonsai kimeng sangatlah wajar, karena sesuai dengan penanaman, perawatan dan pemeliharaan dari bonsainya tersebut. 

Macam Macam Bonsai Kimeng

Untuk jenis dari bonsai kimeng juga sangat bervariasi. Karena tanaman kimeng di kategorikan dalam tanaman beringin maka lebih dikenal dengan bonsai beringin. Bonsai ini terdiri dari berbagai jenis seperti bonsai beringin putih atau santigi karang.

Selain itu, jenis bonsai ini juga dilihat dari bentuk ukurannya, ada yang kecil atau mame, medium atau sedang dan juga cukup besar atau jumbo. Semua itu tergantung bagaimana pemiliknya membentuk bonsai tersebut sesuai keinginannya. 

Walaupun jenis dan ukurannya jelas berbeda, namun bonsai kimeng tetaplah mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan bonsai lain pada umumnya. Sehingga membuatnya sangat patut dihargai dengan harga yang tinggi dikarenakan keindahan daun yang rimbun seperti beringin yang dimilikinya itu.

Leave a Comment