Budidaya Bonsai Sisir Kaliage : Cara Menanam Merawat & Membonsai Terbaik

Budidaya Bonsai Sisir – Tanaman bonsai dari dahulu hingga sekarang menjadi tanaman untuk hiasan berbagai rumah masyarakat. Walaupun asal dari bonsai tersebut adalah pohon biasa, namun jika ditanam, dirawat dan juga dibentuk dengan baik akan menjadi bonsai yang sangat indah. Salah satunya adalah pohon kaliage yang dapat diubah menjadi bonsai sisir atau bonsai kaliage.

Tanaman sisir ini sangat mudah tumbuh, baik itu di tempat cuacanya panas maupun dingin. Sehingga tidak ada tempat yang tidak bisa ditumbuhi oleh tanaman sisir ini. Pohon yang memiliki nama latin Cudrania Chochinsinensis ini, memiliki ciri bonsai sisir dengan struktur kulit batangnya yang menjadi andalan dibandingkan lainnya.

Jenis Jenis Bonsai Sisir

bonsai sisir kaliage
bonsai sisir kaliage

Untuk jenis dari bonsai sisir ini sangat bervariasi. Ada namanya bonsai kaliage dongkelan yang pohonnya dapat ditemukan dengan menelusuri aliran air sungai di dalam hutan. Lalu juga ada bonsai sisir kampiun yang begitu terkenal karena memiliki bunga. Biasanya bunga berwarna merah, namun untuk bonsai ini bunganya berwarna putih. Salah satunya adalah seperti gambar bonsai sisir di atas.

Untuk ukuran juga sangat bervariasi, ada ukuran bonsai sisir mame yaitu ukuran yang paling terkecil. Tetapi gaya dan harganya begitu eksotis dan fantastis. Walaupun kecil tetap sangat berharga. Ada juga yang berukuran medium atau sedang. Biasanya diletakkan di halaman depan rumah atau di teras.

Pada ukuran bonsai sisir yang besar, bahkan para pemiliknya yang tidak ingin menjual tanaman tersebut. Ditanam langsung di tanah tanpa adanya pot lagi. Seakan-akan tanaman itu seperti dasar tanaman sebelumnya. Yang difungsikan untuk membuat sejuk sekitar lingkungan tersebut. walaupun demikian, semua tergantung oleh pemilik bonsai sisir masing-masing.

Cek : Budidaya Bonsai Sancang : Cara Menanam, Merawat dan Membuat Bonsai Sancang .

Cara Menanam Bakal Bonsai Sisir Kaliage Terbaik

belajar membuat bonsai sisir
belajar membuat bonsai sisir

Sebelum anda membuat bentuk bonsai dari tanaman sisir tersebut, maka tanamlah bakal dari pohon sisir terlebih dahulu. Sebaiknya anda menyeleksi juga bakal bonsai yang bagus dan bebas dari hama penyakitnya. Jika sudah menemukan bakal bonsai yang cocok maka anda perlu melakukan berbagai langkah, seperti berikut ini:

  • Menyediakan tanah dan kompos

Awal menanam bakal bonsai sisir dimulai dari menyiapkan tanah dan kompos. Pilihlah tanah dan kompos yang baik agar tanaman ini tumbuh dengan bagus. Tanah dan kompos harus dicampurkan menjadi satu dengan takaran perbandingan tanah dan kompos yaitu 2 banding 1. 

Jika sudah dicampurkan maka masukkanlah ke dalam pot dengan takaran ¼ bagian pot berisi campuran tanah dan kompos. Jangan memasukan semua campuran ke pot tersebut, karena nanti sisanya akan dimasukkan setelah bakal pohon sisir dimasukkan.

  • Menanam bakal bonsai sisir

Setelah tanah dan kompos dimasukkan ke dalam pot, maka langkah selanjutnya adalah masukkan bakal bonsai ke dalam pot tersebut. Cara selanjutnya adalah timbun bakal tersebut dengan media tanam sampai pot tadi terisi penuh. Jangan sampai ada ruang yang kosong pada pot tersebut. anda juga harus memastikan bahwa bakal sudah tertanam dengan benar.

  • Diamkan tanaman bakal bonsai sisir

Bakal bonsai yang sudah anda tanam, lebih baik dibiarkan selama lebih kurang 10 hari. Hal itu dilakukan agar bakal bisa tumbuh dengan baik. Berikan pestisida dan pupuk untuk menghindari bonsai dari berbagai penyakit tanaman.

Apabila anda mengikuti cara menanam sesuai dengan yang diarahkan, maka tanaman sisir akan menjadi tanaman bonsai sisir terbaik yang anda miliki. Namun untuk mendapatkan tanaman bonsai yang bagus, anda juga harus bersabar dalam proses penanaman dan juga perawatannya.

Cara Merawat Tanaman Bonsai Sisir yang Mudah

Bakal bonsai sisir yang sudah anda tanam, nantinya akan ditumbuhi daun yang rimbun. Namun semua itu tergantung dari perawatan yang anda berikan. Untuk menjaga warna daun agar tidak berwarna kuning yang akan menampilkan kesan layu ataupun sebagainya, ada baiknya anda lakukan penyiraman secara teratur.

Sebagai tambahan informasi bahwa bonsai sisir mempunyai bunga berwarna putih dan juga buah berwarna hijau. Tetapi semua itu tidak terlalu terlihat, karena buah dan bunganya sangat mini sekali. Selain itu pada batangnya agar tetap kokoh sampai ke akan, berikanlah pupuk untuk menambah gizi tanaman bonsai tersebut.

Tak hanya itu saja, anda pun harus mengganti media tanaman ini agar tetap terjaga keindahan bonsai tersebut. Lakukan penggantian media itu setidaknya 2 atau 3 tahun sekali. Karena biasanya, bentuk bonsai sisir akan berubah setiap tahunnya. Jika tidak diperhatikan, daunnya akan semakin rimbun dan tingginya akan bertambah. Sehingga bentuk bonsai sisir akan hilang.

Anda jangan berharap saja kalau bonsai sisir yang anda miliki indah, cantik dan lain sebagainya, jika tidak ada perawatan yang serius. Perawatan yang baik memang begitu dibutuhkan untuk menjadikan bonsai sisir anda juara dibandingkan bonsai lain pada umumnya,

Maka dari itu sangat diharuskan bagi anda yang suka menanam bonsai khususnya bonsai sisir jenis ini, untuk tahu dan merawat dengan cara belajar bonsai sisir yang baik dan benar.

Cara Membonsai Tanaman Sisir Kaliage

tanaman bonsai sisir
tanaman bonsai mahal

Tanaman bonsai sisir adalah jenis tanaman yang jika dibentuk, dirawat dan juga diperhatikan dengan benar maka akan memiliki harga jual yang tinggi. Karena itu tidak ada salahnya anda yang memang ingin berkecimpung di dunia pengembangan bonsai, harus lebih fokus. Terutama saat membentuk tanaman yang biasa saja menjadi sebuah bonsai. Seperti misalnya membonsai sisir ini.

Ada sejumlah cara yang harus anda lakukan dalam hal pembentukan bonsai sisir. Di antaranya adalah pangkas setiap bagian ranting daun tanaman sisir tersebut. Cara memangkasnya tidak boleh asal-asalan. Harus tepat sasaran dan jangan ada yang salah.

Setelah itu, bentuklah tanaman sesuai dengan apa yang anda inginkan. Pada umumnya tanaman bonsai memiliki bentuk yang hanya itu-itu saja. Jika anda memiliki pilihan lain tidak ada salahnya untuk dicoba, atau anda bisa mengambil contoh bentuk bonsai di internet atau lainnya.

Cara selanjutnya adalah lakukan pelilitan dengan memanfaatkan kawat yang sesuai dengan ukuran dan bentuk ranting pohon sisir. Dengan begitu bentuk yang anda inginkan akan tumbuh sesuai dengan yang diharapkan.

Harga Bonsai Sisir

Setiap tanaman bonsai pasti memiliki harga jual yang tidak murah, begitu juga dengan bonsai sisir ini. Bahkan tidak hanya pohon bonsai jadinya saja, untuk bibitnya yang masih kecil saja mencapai harga ratusan ribu rupiah. Ditambah lagi jika ada ukuran mame bonsai sisir, walaupun ukurannya sangat kecil sekali, namun harga tetaplah tinggi.

Untuk ukuran medium. Bonsai sisir biasanya dibandrol dengan harga 800 ribu, hampir mencapai angka 1 juta untuk sebuah pohon bonsai. Bahkan untuk bonsai sisir termahal dibandrol dengan harga puluhan juta rupiah. Bagaimana jika ukurannya besar dan tinggi, bisa anda hitung sendiri berapa harganya. 

Banyak para collector yang hobi mengoleksi bonsai berburu jenis bonsai sisir kaliage ini. Hal itu dikarenakan, memang tanamannya begitu indah dengan akar-akar yang unik dan juga kokoh.

Leave a Comment