cara beternak dan merawat kelinci

10+ Cara Beternak dan Merawat Kelinci Terbaik

Untuk anda yang memiliki hobi untuk memelihara kelinci, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu, tentang cara beternak dan merawat kelinci yang baik dan benar. Dengan demikian anda bisa mendapatkan peranakan kelinci yang lebih baik.

Atau untuk sekedar merawatnya, demi mendapatkan hasil yang lebih optimal. Saat ini ada berbagai cara untuk pemula, yang memang belum begitu mengerti tentang beberapa cara ini, akan ada berbagai penjelasan tentang bagaimana cara merawat kelincinya.

Cara Merawat Kelinci Agar Selalu Sehat

cara beternak dan merawat kelinci

8villages.com

1. Bahan Kandang Kelinci yang Tepat

Pembuatan kandang kelinci, menjadi kunci sukses jika anda ingin merawat kelinci, dengan demikian kelinci anda bisa nyaman untuk tinggal didalamnya. Mungkin anda bisa mencoba untuk membuat kandang, dengan beberapa bahan, akan tetapi pastikan jika kandangnya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Karena hal ini bisa menyebabkan kelinci anda, menjadi tidak betah untuk tinggal di dalamnya. Anda bisa membuat lop pada beberapa material kandang, akan tetapi pastikan jika bahan yang anda gunakan memang bisa dipastikan nyaman untuk kelinci anda, seperti penggunaan kawat besi yang tepat.

2. Sirkulasi Udara pada Kandang untuk Kelinci

Untuk cara beternak dan merawat kelinci selanjutnya, adalah dengan memastikan bahwa sirkulasi udara pada kandang kelinci lancar. Anda harus memastikan, jika kelinci anda nantinya bisa bernafas dengan baik, atau mungkin bisa terkena udara dengan lancar agar tidak terkena penyakit.

3. Disediakan Tempat untuk Kotoran Kelinci

Biasanya untuk kelinci yang anda pelihara, pastinya anda ingin membuatnya menjadi lebih nyaman untuk tinggal di kandangnya. Maka dari itu saat ini anda diharuskan untuk menempatkan sesuatu, yang bisa membuatnya merasa nyaman seperti di alamnya, salah satunya adalah menaruh tempat kotoran.

4. Memberi Makanan yang Sehat Tiap Hari

Saat ini untuk kelinci jenis apapun, rata-rata memiliki cara perawatan yang sama salah satunya adalah, dengan pemberian makanan kelinci yang tepat dan sehat. Untuk berbagai jenis kelinci seperti anggora, pedaging, lokal, atau rex, pastinya akan membutuhkan makanan yang sehat untuk keberlangsungannya.

5. Wajib Memberikan Jenis Sayuran dalam Satu Minggu

Sebenarnya ketika anda sudah memikirkan mengenai makanan yang sehat, mungkin anda bisa mencoba untuk mulai memberikan makanan berjenis sayuran, sebagai salah satu hal yang wajib. Dengan memberikan sayuran, anda sudah bisa memberikan apa yang memang dibutuhkan oleh kelinci anda.

6. Pemberian Air Minum Bersih

Hewan ini memang terkesan sangat unik, bahwa kelinci bisa dengan mudah terkena dehidrasi, yang semua ini dikarenakan oleh kegemarannya memakan sayuran. Sehingga kebutuhan untuk asupan mineral, merupakan hal yang penting ketika membicarakan cara beternak dan merawat kelinci.

7. Berikan Sedikit Mainan dalam Kandangnya

Seperti makhluk lainnya, kelinci juga termasuk kedalam salah satu jenis hewan yang memiliki bulu karpet, atau bisa dikatakan bulunya tebal dan halus. Sehingga membuat beberapa orang tidak pernah ragu, untuk menyiapkan beberapa tempat hias, agar kelincinya menjadi nyaman untuk tinggal seperti mainan mini. Lihat gambar kelinci disini.

Cara Beternak Kelinci yang Benar agar Beranak Banyak

cara beternak dan merawat kelinci

kediripedia.com

1. Kondisi Kandang yang Memadai

Setelah anda merawatnya dengan baik dan benar, pastinya anda ingin kelinci anda agar bisa memiliki keturunan, sehingga anda bisa menernaknya dengan baik. Dimana anda pastinya ingin melihat anak kelinci yang lucu, dengan harapan ternak sendiri setelah memastikan jika kondisi kandang kelincinya baik. Saya sudah terangkan tentang cara membuat kandang kelinci pada artikel sebelumnya.

2. Sirkulasi Udara Menjadi yang Terpenting

Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya, pada beberapa cara untuk merawat kelinci, maka anda harus tahu jika ingin kelinci anda hamil. Maka anda harus perhatikan terlebih dahulu kesehatannya, dengan menjamin bahwa sirkulasi udara pada kandangnya lancar, supaya kelinci ingin untuk berkembang.

3. Jangan Buat Kelinci Anda Stress

Tentunya ketika anda ingin mengawinkan kelinci anda, anda ingin memastikan jika kelinci anda bisa mematuhi apa yang anda inginkan. Agar nurut, anda diharuskan untuk tidak membuat kelinci anda menjadi stress. Karena rasa stress inilah nantinya kelinci anda tidak akan mau untuk berkembangbiak.

Dengan demikian biasanya, seseorang yang ingin merawat kelinci pastinya akan memastikan, apakah kelincinya bisa nyaman serta tidak stress. Hal ini yang nantinya akan menjadi jaminan, bahwa kelinci anda sudah siap untuk melanjut ke tahap selanjutnya yakni proses kawin.

4. Pemberian Asupan Makanan yang Tepat

Sebenarnya cara beternak dan merawat yang tepat, memang dengan memberikan asupan makanan yang tepat, dimana anda harus memastikan jika kelinci anda juga diberikan palet. Hal ini memang jangan diberikan terlalu banyak, akan tetapi juga sangat dibutuhkan oleh kelinci sebagai asupan tepat.

Pemberian makanan palet, memang tidak setara dengan pemberian makanan lain yang berjenis sayuran. Sehingga ketika anda memang ingin memberikannya, anda harus mengatur kembali porsi yang akan anda berikan, jika terlalu banyak nantinya kelinci anda bisa saja mengalami masalah pencernaan.

5. Mengawinkan Secara Perlahan

Sama seperti manusia, kelinci memang tidak akan begitu saja melakukan perkawinan, yang harus membuat mereka mengenal lebih dalam tentang pasangannya. Dengan demikian, anda tidak bisa dengan langsung memilih pejantan kemudian memaksakan kelinci anda untuk kawin dengan pejantannya.

Pada proses inilah anda memang harus berhati-hati, tidak jarang pada beberapa kasus beberapa orang gagal menjalankannya. Semua itu terjadi karena kelinci yang dikembangbiakan, mengalami suatu kendala dengan mengalami stress semasa proses ini.

Jika dilihat dari cara beternak dan merawat kelinci yang baik juga benar, pastinya semua cara yang harus anda lalui merupakan cara yang mudah. Sehingga ketika anda ingin mengembangbiakan-nya, anda bisa mengira ada potensi sukses untuk anda dalam melakukannya.

Leave a Reply