gambar gelang dari tali, cara membuat gelang dari tali

Cara Mudah dan Prkatis Membuat Gelang dari Tali Kur, Prusik dan Lainnya

Cara membuat gelang dari tali kur, pursik dan tali yang lainnya hampir sama. Dengan kata lain, langkah-langkah pokoknya sangat mirip sekali. Sebab, semuanya dari jenis tali. Sedangkan membuat gelang adalah kreatifitas. Dengan begitu, hal yang paling menentukan hasil karya adalah kreatifitas seseorang dan bahan utamanya, yaitu tali.

Untuk membuat gelang yang bagus, seseorang harus pintar-pintar memilih bahan utama, mengetahui caranya dan mengembangkan kreatifitas-nya. Sebab, jika seseorang bisa memilih bahan utama yang bagus tapi tidak tahu caranya, maka hasilnya juga tidak ada.

Apabila seseorang bisa memilih bahan utama yang bagus dan tahu cara membuatnya tapi tidak bisa mengembangkan kreatifitas-nya, maka hasilnya cuman begitu-begitu aja, tidak menarik!

Begitu juga sebaliknya, Jika seseorang tahu cara membuatnya dan mempunyai ide & kreatifitas tinggi tapi dia tidak bisa memilih bahan yang bagus, maka hasil tidak maksimal. Oleh karena itu, tiga hal di atas sangat penting dan dibutuhkan.

Di dalam realita yang ada, terkadang seseorang tidak mendapatkan tali yang dia perlukan untuk membuat gelang. Tenang, itu tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, masih banyak tali yang bisa gunakan dan hasilnya tidak terlalu jauh beda, bahkan bisa lebih baik. Contohnya, seseorang bisa mengganti tali kur dengan tali pursik.

Di bawah ini, saya akan menjelaskan dari macam-macam tali, apa yang harus dipersiapkan, cara membuat gelang dari tali serta jenis-jenis gelang yang bisa dibuat dari tali. Berikut ini penjelasannya:

Macam-Macam Tali Untuk Membuat Gelang

Tali Prusik

tali prusik, cara membuat gelang dari tali

shunt-magetan.org

Banyak orang yang sudah mengenal tali prusik, apalagi para pendaki atau pemanjat tebing. Sebab, tali ini mempunyai kegunaan yang sangat banyak walaupun bentuknya kecil. Diameter ukuran tali ini kurang lebih 5 mm.

Tali prusik dibuat dari dua bahan dasar, yaitu nylon dan polyester. Berikut ini penjelasannya:

1. Tali prusik dari NYLON.

Tali ini biasa digunakan untuk kegiatan panjat tebing. Namun, tali prusik berbahan nilon ini mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Untuk mengetahui kualitas tali prusik yang berbahan nilon bisa dengan cara membakar ujungnya. Jika ujung tali itu menggupal, halus dan terlihat rapi setelah dibakar maka tali nylon tersebut bagus.

2. Tali prusik dari POLYESTER
Tali prusik ini tidak cocok digunakan sebagai tali bantu untuk kegiatan panjat tebing. Sebab, tidak mampu menahan beban yang berat.  Tali ini biasa digunakan untuk bahan dasar aksesories, seperti gelang, kalung, dan tali tenda.

Berikut ini beberapa fungsi dari tali prusik:

1. Berfungsi sebagai tali hammock.
2. Menjadi sebagai Sling Runner (penghubung antara karabiner satu dengan yang lainnya)
3. Alat untuk panjat biasanya dikaitkan dengan karmantel
4. Sebagai bahan dasar aksesoris, seperti gelang dan kalung

Benang Sulam

Benang Sulam, cara membuat gelang dari tali kur

tokopedia.com

Benang sulam merupakan benang yang sering digunakan untuk menyulam baju, kerudung dan lain sebagainya, sehingga baju , kerudung atau kain yang disulam terlihat lebih bagus dan indah. Macam sulaman nya pun sangat banyak tergantung dengan keinginan penyulamnya. Benang sulam mempunyai banyak warna dari hijau, kuning dan  lain sebagainya. Ada yang dijual dengan bentuk gulungan dan ada yang dijual dengan bentuk seperti gambar di atas.

Benang sulam juga menjadi bahan dasar gelang persahatan atau sering disebut dengan Friendship Bracelet

Tali Satin

Tali Satin, cara membuat gelang dari tali

Katalog.or.id

Tali satin biasa digunakan untuk berbagai macam kerajinan seperti mecrame tas, gelang, kepang jepang. Bentuk tali ini seperti tali kur, namun ia mempunyai ciri khas, yaitu permukaannya yang halus dan mengkilap. Nama lain dari tali satin adalah Rattail Cord, atau dikenal dengan nama tali Cina.

Tali Suede

Tali Suede , cara membuat gelang dari tali

epalstore.com

Tali ini dinamakan dengan tali scuede. Sebab, teksturnya yang mirip dengan kulit scuede. Bentuk tali ini pipih. Kegunaan tal ini cukup banyak. Misalnya, tali biasa digunakan menjadi bahan dasar pembuatan kalung, gelang dan aksesoris souvenir tas.

Tali Sepatu

Tali Sepatu, cara membuat gelang dari tali

sites.google.com

Untuk tali yang satu ini, semua orang pasti tahu kegunaannya. Sebab, sekolahan di Indonesia mewajibkan muridnya untuk memakai sepatu. Hampir 90 % mereka menggunakan sepatu yang ada tali sepatu. Tali sepatu sendiri berguna untuk mengikat sepatu sewaktu di pakai agar katupnya tertutup. Selain itu, tali sepatu ini memepunyai banyak bentuk , ada yang pipih, ada yang agak bulat, ada yang tali sepatu sport dan lain sebagainya.

Walaupun tali sepatu biasa digunakan untuk mengatupkan sepatu, namun tali ini bisa digunakan untuk berbagai kerajinan, salah satunya untuk membuat gelang.

Tali Paracord

Tali Paracord, cara membuat gelang dari tali

jakartanotebook.com

tali ini biasa digunakan sebagai salah satu alat survival. Namun seiring nya waktu tali ini menjadi tali serbaguna. Misalnya, para militer sering menggunakan tali ini untuk tali perang atau tali untuk mempererat gip kaki yang terluka. Selain itu, tali ini juga digunakan oleh khalayak umum untuk membuat kerajinan dan lain sebagainya.

Persiapan Membuat Gelang dari Tali Kur, Prusik dan Lainnya

Untuk mempermudah dalam pembuatan gelang, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Berikut ini beberapa langkah untuk mempersiapkannya:

  1. Pilihlah tali yang akan digunakan untuk membuat gelang, baik dari segi warna, bentuknya dan panjang.
  2. Siapkan gunting sebagai alat pemotong tali yang akan dibuat gelang
  3. Selotip untuk mempermudah kerja anda dalam membuat gelang
  4. Korek api.
  5. Jepitan untuk mempermudah pembuatan gelang. bisa anda gunakan clipboard.

Cara Membuat Gelang dari Tali Kur dan Prusik Sederahana

Berikut ini langkah-langkah jika anda ingin membuat gelang dari tali, baik itu tali kur ataupun tali prusik.

Pertama, gunting tali yang akan digunakan dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Lalu cari titik tengah dengan cara menempelkan antara dua ujung.

Kedua, Setelah titik tengah ditemukan, lalu jepitlah titik tengah tersebut. Anda bisa gunakan clipboard untuk menjepitnya atau pakai selotip yang anda tempelkan di papan.

Ketiga, buatlah simpul dan rajutlah hingga selesai. Untuk mengetahui cara membuat simpul dan merajut anda bisa saksikan video dibawah ini.

Keempat, Rapikan ujung-ujung tali tersebut dengan cara membakarnya dengan korek api. Selesai

Anda juga bisa membuat berbagai jenis gelang dari tali kur dan prusik.

Baca juga:

Cara Membuat Tas Keren dari Tali Kur

Cara Membuat tas dari Kain Flanel yang Unik

Tas Wanita Kekinian yang Harus Kamu Ketahui

Cara Membuat Gelang dari Tali Sulam (Gelang Persahabatan dari Benang Sulam)

Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

Pertama, Ambil benang sulam degan berbagai warna yang anda pilih. Paling sedikit 3 helai benang, boleh lebih. Jika anda mengambil 4-6 maka gelangnya berbentuk kecil. Kalau anda ambil 8-10 maka gelangnya akan berbentuk besar.

Kedua, Ukuran benang kurang lebih sepanjang tangan. Setelah itu talilah semua tali yang saling berlainan warna agar menjadi satu simpul. seperti gambar dibawah!

tali simpul, cara membuat gelang dari tali

wikihow.com

Ketiga, cepitlah tali-tali tersebut dan ratakan atau pastikan tali-tali tersebut bersampingan. lihat gambar dibawah!

tali simpul, cara membuat gelang dari tali

wikihow.com

Keempat, beri tanda tiap tali agar mudah dalam merajut nya. beri huruf dari kiri mulai dari A, B, C, D, E, dan F. Lalu rajutlah seperti video dibawah ini!

Kelima, rajutlah hingga panjang, kira-kira cukup untuk dipakaiakan di pergelangan tangan. Lalu kepanglanglah dan tali. Selesai.

Cukup sekian yang bisa saya cantumkan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply