cara membuat kandang kelinci

3 Cara Membuat Kandang Kelinci Mudah & Kuat

Tentunya ketika anda ingin memelihara kelinci, anda akan membutuhkan sebuah kandang yang menurut anda cocok untuk ditempati oleh kelinci anda. Saat ini terdapat berbagai cara membuat kandang kelinci, yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, tanpa harus membeli kandangnya. Tentunya ketika anda ingin memelihara atau ternak kelinci, anda akan membutuhkan banyak hal salah satunya adalah kandang yang tepat, sehingga nantinya ketika kelinci anda beranak, anda sudah menyiapkan kandang sederhana untuk anakan kelinci dan induknya, sebagai tempat tinggalnya.

Cara Membuat Kandang Kelinci Yang Mudah Tapi Kuat

cara membuat kandang kelinci yang mudah dan kuat

katabermakna.com

Tentunya anda bisa menemukan berbagai cara, untuk membuat sebuah kandang kelinci menggunakan berbagai bahan, ada yang dari bambu, dari kayu dan bahan lainnya. Pastinya ketika anda membuat kandang kelinci, anda ingin meletakannya di halaman rumah untuk mencegah bau. Tapi anda juga bisa menaruhkan di dalam (indoor) yang kalau pagi bisa mengeluarkannya.

Pastinya, ketika anda ingin membuat kandang, anda memang tidak bisa untuk meletakannya di dalam rumah, berikut karena anda harus memperhatikan kesehatan diri anda dan keluarga. Saat ini beragam bentuk kandang, memang sudah banyak dibuat oleh beberapa orang.

Pembuatan Kandang Kelinci Menggunakan Bambu Atau Kayu Yang Kuat

cara membuat kandang kelinci dari bambu atau kayu

antero.co

Pada bagian ini adalah, beberapa langkah untuk membuat kandang kelinci secara umum yang terbuat dari bambu. Sehingga, anda dapat membuatnya dengan berbagai model sesuai dengan desain gambar kandang kelinci yang anda minati, seperti kandang kelinci tingkat, indoor, out door dan lain sebagainya.

  • Mempersiapkan Bambu Berukuran Sedang

Ketika anda akan membuat sebuah kandang kelinci, pastinya anda akan membuatnya dengan bahan bambu, sebagai salah satu pilihan yang sederhana. Dengan demikian anda diharuskan untuk mempersiapkan bambu, yang memiliki ukuran sedang.

  • Persiapkan Alat Potong

Setelah anda memilih ukuran bambu yang pas, maka anda diharuskan untuk mempersiapkan alat potong. Sehingga anda bisa membuat ukuran bambu dengan panjang X tinggi, sesuai ukuran 2:1 agar nantinya kandang bisa terlihat cocok.

  • Membuat Bolongan Pada Bambu

Sebenarnya ketika anda akan menyambungkan antara kedua bambu, anda tidak perlu menggunakan lem atau paku. Anda bisa mencoba untuk membuat bolongan yang pas, untuk dijadikan sebagai sambungan yang menghubungkan beberapa bagian.

Biasanya bolongan pada bambu yang sesuai, adalah anda memotong bagian yang ingin disambungkan dengan sesuai. Sehingga tidak perlu membolonginya dengan sangat besar, karena nantinya bambu tidak akan mampu untuk berdiri tegak, sehingga anda harus mengira-ngira bolongan yang sesuai.

  • Buat Jarak Bambu yang Sesuai

Sebagai salah satu cara untuk menghemat, sekaligus untuk memastikan bahwa kelinci anda tidak kabur. Anda harus memasangkan bambu, dengan menggunakan jarak yang sesuai dan ukuran yang sesuai. Dengan kata lain tidak terlalu renggang dan tidak terlalu dekat, seperti 1-1,5 cm jaraknya. Jangan lupa juga untuk mengasih tempat khusus untuk minum dan makan kelinci di pojok kandang, agar tidak tumpah-tumpah airnya.

Anda Mau Lihat Berbagai Gambar Kelinci Terpopuler? Baca di : Gambar Kelinci dari Berbagai Jenisnya 

Membuat Kandang Kelinci Dari Kawat Yang Benar

cara membuat kandang kelinci dari kawat

pixabay.com

Beberapa langkah pembuatan kandang kelinci dari kawat secara umum adalah sebagai berikut. Cukup sebelumnya, anda memilih model yang sesuai dengan desain gambar kandang kelinci yang anda minati, seperti kandang kelinci tingkat, indoor, out door dan lain sebagainya.

  • Pilih Kawat yang Berkualitas

Ketika anda berfikir bahwa bahan kawat akan jauh lebih awet, maka sebelum membuatnya anda harus memastikan, jika anda menggunakan kawat yang berkualitas. Dengan demikian anda bisa memiliki kandang yang lebih awet, meskipun dengan harga yang murah.

  • Pentingkan Sirkulasi Udara

Tentunya anda akan membuat kandang kelinci outdoor, yang bisa membuat kelinci anda menjadi jauh lebih nyaman. Hal ini bisa anda pastikan dengan menjamin kelancaran sirkulasi udara, sehingga kelinci jenis apapun seperti kelinci pedaging, hias bahkan anggora bisa terbebas dari penyakit.

Sebenarnya ada beberapa jenis kelinci di dunia ini, baik lokal ataupun jenis dari luar negeri, yang memang gampang untuk terkena penyakit. Dengan demikian anda akan membutuhkan sirkulasi udara yang lancar, sehingga memberikan anda kemudahan untuk merawatnya. Bila lebih terjaga dari penyakit, kemungkinan besar kelinci akan cepat bertumbuh besar. 

  • Membuat Ukuran Kawat yang Sesuai

Pastinya anda sudah tahu bahwa, cara membuat kandang kelinci dari kawat besi, haruslah menyesuaikan dengan ukuran yang sesuai. Terkadang ada beberapa orang yang salah, dengan membuat lubang yang jaraknya terlalu dekat, sehingga sirkulasi udaranya tidak lancar.

  • Lapisi Beberapa Bagian dengan Lem Kayu

Cara membuat kandang untuk kelinci dari kawat yang baik, adalah dengan menjamin jika kawat yang anda gunakan bisa bertahan lama dengan tegak. Dengan demikian anda akan membutuhkan beberapa kayu, untuk memastikan jika kandangnya bisa berdiri dengan tegak. 

Membuat Kandang Kelinci Dari Kardus Luas & Kuat

cara membuat kandang kelinci dari kardus

sumbercenel.com

Kandang kelinci dari kardus sangat membantu si anakan kelinci. Untuk itu anda perlu tahu cara-cara berikut.

  • Pilihlah Bahan Kardus yang Tebal

Tentunya anda tahu, jika bahan yang sederhana lainnya adalah dengan membuat kandang menggunakan kardus. Bahan ini sering kali menjadi pilihan, untuk anda yang bingung dengan cara pembuatan menggunakan bahan lain, maka pilihlah kardus dengan kualitas yang lebih tebal.

  • Usahakan Tidak hanya Membuat Bentuk yang Kotak

Sebenarnya ketika anda membuat kandang untuk kelinci, anda bisa mencoba untuk menjamin dalam memastikan jika kandangnya akan nyaman untuk digunakan. Dengan demikian usahakan membuat kandang yang sedikit luas, dengan cara menyambungkan antar kardus dengan lem kayu yang kuat. 

  • Buatlah Petakan Kecil untuk Menaruh Makanan

Ketika anda membuat kandang, pastikan bahwa anda bisa membuat sebuah lokasi kecil, yang berukuran petakan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Misalkan anda akan membuatkan tempat untuk menaruh makan dan minumnya, atau mungkin untuk membuat sebuah lokasi untuk buang air kelinci anda. 

  • Potong Kardus Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Selain untuk membuat ukuran kandang yang lumayan luas, anda juga bisa memastikan bahwa anda memotong kardus sesuai dengan apa yang anda inginkan dan butuhkan. Tentunya anda akan memiliki kreatifitas tersendiri, yang bisa membantu anda dalam menemukan desain yang terbaik untuk kandangnya. 

  • Membuat Jendela yang Pas

Berberapa orang, ketika membuat kandang untuk kelinci yang pas, biasanya akan membuat sebuah tempat hias yang unik. Biasanya tempat ini memang berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara, dengan demikian jendela yang anda buat pada beberapa bagian kardus, memiliki peranan penting.

Karena cara membuat kandang kelinci yang benar, adalah dengan membuat kandang yang pas, sehingga sirkulasi udara pada kandang bisa lancar. Dengan menjamin kelancaran sirkulasi udara, anda bisa menjamin bahwa nantinya kelinci anda bisa terbebas dari berbagai serangan penyakit yang ada. Cukup sekian tentang cara membuat kandang kelinci dari berbagai bahan yang benar, semoga dapat bermanfat untuk anda semua. Sukses ternak kelinci semua teman-teman semoga dapat bermanfaat dan berkembang.

 

Leave a Reply