Cara Mudah dan Praktis Membuat Tas dari Bungkus Kopi Luwak & Kapal Api

Cara Mudah dan Praktis Membuat Tas dari Bungkus Kopi Luwak & Kapal Api

Cara membuat tas dari bungkus kopi-Jika kita berbicara tentang kreatifitas, maka pembahasan ini sangat luas. Segala kreatifitas akan masuk dalam pikiran kita. Mungkin kita yang harus mendata ketika ingin tahu semua.Sebab, setiap tempat atau daerah ada bermacam-macam kreasi hasil dari kreatifitas penduduknya. Mulai dari barang yang besar ataupun yang kecil.Sebagai contoh, jika kita berkunjung ke kota Cirebon.Apabila berkunjung di Kota Cirebon, kita akan mendapatkan banyak kreasi hasil kreatifitas penduduknya.

Hasil kreasi yang ada di Cirebon berbahan dasar kayu rotan. Mulai dari yang besar seperti meja, kursi, sofa dan yang lainnya dan kreasi yang kecil, seperti mainan anak-anak, tutup meja makan, dan tasJika kita melihat kota lain, maka kita akan mendapatkan banyak kreasi yang baru.Dengan begitu, kalau kita membahas tentang kreasi maka seakan-akan tidak ada hentinya.Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang pembuatan.

Pembuatan tas yang ada sekarang banyak jenisnya.Ada yang terbuat dari tali kur, dari kardus, dari kain flanel, dari kemasan jajanan, dari bungkus kopi dan lain sebagainya.Namun, agar pembahasan tentang pembuatan tas tidak terlalu luas, maka kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tas dari bungkus.Maksudnya, bahan dasar yang kita gunakan untuk membuat tas adalah  bungkus kopi yang sudah tidak terpakai, bukan bungkus yang ada isinya, ya. Sebab kalo ada isinya kita akan ngopi, hehehehe.

Kreasi membuat tas dari bungkus kopi merupakan kreasi yang cukup ramah lingkungan. Sebab, yang seharusnya bungkus kopi menjadi sampah, maka kali ini bisa digunakan menjadi benda yang bermanfaat.Selain itu, tas dari bungkus kopi juga bisa menghasilkan nominal uang yang cukup untuk jajan.

Kalau saja kita biarkan bungkus kopi menjadi sampah, padahal bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat, maka seakan-akan kita belum bisa memanfaatkan keadaan sebaik mungkin. Dengan demikian, kreasi ini perlu diapresiasi dan dikembangkan.

Ide Cemerlang Bukan?

cara membuat tas dari bungkus kopi adalah ide cemerlang
pixabay.com

Ya, pastinya begitu. Ide cemerlang tentang membuat tas dari bungkus kopi ini banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Banyak pengrajin yang membuat tas dari bungkus kopi. Tak luput juga para santri.

Awal kali saya tahu tentang ide ini ketika saya ada di pondok pesantren. Ketika itu ada kakak kelas yang membuat tas dari bungkus kopi. Ternyata, banyak teman saya yang tertarik dan membuatnya juga. Dengan, begitu tas dari bungkus kopi sangat menarik untuk dibahas pada kali ini.

Selain itu, banyak pengrajin mengembangkan ide ini.  Mereka juga membuat banyak barang seperti, dompet berbahan dasar dari bungkus kopi. Keren bukan?

Untuk bisa membuat tas atau dompet dari bungkus kopi, itu semua ada langkah yang harus ditempuh, sebagaimana perjalanan, hehehehe. Bahkan inilah hal yang paling penting untuk mengasah kreatifitas dan mendapatkan tas dari bungkus kopi.

Secara realita banyak dari kita yang belum bisa, ingin mengetahui teknik pembuatan-nya. Dibawah ini, kita akan membahasnya dari bahan dasar sampai langkah terakhirnya. Untuk mengetahuinya, silahkan baca artikel di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tas dari Bungkus Kopi

cara membuat tas dari kain flanel
id-harga.com

Sebelum mengetahui cara membuat tas dari bungkus kopi, tentu penting sekali utnuk mengetahui dan menyiapkan bahan-bahannya. Memastikan bahan yang kita sediakan sesuai kebutuhannya.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita rencanakan dulu ukuran tas yang akan kita buat. Ukuran tas lah yang akan menentukan bahan yang diperlukan. Apakah banyak atau sedikit. Berikut ini bahan-bahan yang harus kita persiapkan sebelum melaksanakan kegiatan.

  1. Pilihlah bungkus kopi. Dalam hal ini, kalau bisa bungkus kopi semuanya sama atau satu jenis. Misalnya, kita pilih bungkus kopi luwak semua.
  2. Ambil satu gunting saja. Nantinya, gunting ini akan digunakan untuk memotong bagian bungkus kopi.
  3. Jangan lupa untuk menyediakan satu buah penggaris. Penggaris akan digunakan untuk menentukan ukuran supaya tepat dan hasil yang bagus.
  4. Siapkan juga jarum jahit dan benangnya. Pilihlah benang jahit yang berwarna sesuai dengan warna bungkus atau netral yaitu putih atau hitam.
  5. Selain itu, siapkan juga satu lembar kain furing. Kain furing akan digunakan untuk alas dalam tas.
  6. Yang terakhir, siapkan sebuah buah risleting yang berukuran standar dan warnanya sesuai dengan bungkus kopi yang akan kita buat atau warna netral yaitu hitam.

Langkah dan Cara Membuat Tas Dari Bungkus Kopi Bekas

Setelah selesai menyiapkan bahan-bahan tas dari bungkus kopi, langkah selanjutnya adalah langkah dan cara membuat tas dari bungkus kopi. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pastikan semua bungkus kopi bersih dan siap guna sehingga tidak ada sisa kopi di dalamnya. Kita bisa membersihkan dengan cara mencucinya. Lalu kita keringkan dengan lap.
  2. Potong bagian bungkus atas dan bawah agar bungkus terbuka atas dan bawahnya.
  3. Setelah itu, guntinglah bungkus-bungkus kopi yang ada menjadi dua bagian. Jadi, satu bungkus kopi menjadi dua lembar.
  4. Lipatlah bungkus yang sudah digunting. Kita bisa melipat ke dalam atau ke luar. Sesuaikan dengan selera kita aja.
  5. Langkah selanjutnya, anyamlah bungkus kopi yang telah anda lipat satu persatu dengan anyaman sederhana, hingga selesai. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat gambar dibawah ini.
cara membuat tas dari bungkus kopi, ,anyaman sederhana bungkus kopi
youtube.com

Penggabungan Anyaman

  1. Langkah berikutnya adalah menggabungkan antara anyaman sederhana sehingga membentuk lembaran anyaman. Agar bentuknya bagus dan cantik anyamlah membentuk sudut vertikal ke bagian atas.
  2. Anyamlah bungkus kopi tadi hingga berbentuk tas.
  3. Setelah itu tambahkan resleting pada bagian atas. Kita bisa memodifikasi dengan keinginan kita.
  4. jika sudah pasangalah tali untuk tas tersebut. anda bisa menggunakan tali biasa atau anyaman dari bungkus kopi.
  5. Yang terakhir, masukkan kain furing pada bagian dalam tas agar menutupi fisik tas yang penuh lubang anyaman. Dengan begitu, tas bisa menyimpan barang dengan baik karena lubang-lubangnya sudah tertutup. Jangan lupa jahit kain tersebut agar tidak bergeser-geser ketika dipakai.

Untuk lebih jelasnya, Silahkan saksikan video di bawah ini!

Video Membuat Tas dari Bungkus Kopi Lengkap

Agar Tas dari Bungkus Kopi Terlihat Lebih Cantik

Ternyata, cara membuat tas dari bungkus kopi itu tidak sesulit yang kita bayangkan. Memang begitulah realitanya. Sebab kita sudah tahu triknya. Kalau belum, pasti kita merasa susah.

Ada beberapa hal yang  bisa kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dan cantik. Berikut ini beberapa hal yang harus kita lakukan.

  1. Pemberian kain furing
  2. Anyamlah dengan bnetuk yang cukup unik. Misalnya, gambar biji kopi yang menjadi garis.
  3. Tambahkanlah beberapa hiasan

gambar tas dari bungkus kopi

cara membuat tas dari bungkus kopi, gambar tas dari bungkus kopi
dewidew99.blogspot.com

Itulah turuorial cara membuat tas dari bungkus kopi bekas yang bisa saya cantumkan. Semoga turtorial di atas dapat bermanfaat bagi semua baik pemula atau pun bagi siapa saja yang ingin mengembangkan kreatifitasnya.

Baca Juga: Cara Membuat Tas dari Tali Kur dan

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel untuk Pemula

Kerajinan Tangan lainya Yang Harus Kamu Ketahui

Cukup sekian, terimakasih.

Tinggalkan komentar