cara membuat tas dari kain flanel

Cara Mudah dan Praktis Membuat Tas dari Kain Flanel

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel – Kain flanel merupakan salah satu material yang dapat digunakan untuk membuat beberapa bentuk kerajinan tangan yang banyak disukai orang hingga saat ini.

Tekstur bahan kain flanel yang lembut dan bermacam-macam warna menariknya, membuat kain flanel jadi pilihan sebagai bahan utama kerajinan tangan. Buktinya, banyak pengrajin menjadikan kain flanel menjadi bahan dasarnya.

Selain itu, kain flanel juga sangat mudah ditemui di toko terdekat yang ada di dekat rumah kita. Kain flanel juga bisa disulap menjadi beberapa bentuk kerajinan. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan kain flanel dan menjadikannya sebagai usaha kerajinan sangat besar dan diminati oleh masyarakat, khususnya bagi kalangan ibu rumah tangga.

Sebagaimana yang ada, kain flanel dibentuk mejadi beberapa ragam bentuk kerajinan. Diantara contohnya: dompet, boneka, amplop, sarung hape, makanan imitasi, gantungan kunci, bros , tas dan banyak lagi macam contohnya.
Dari banyak ragam jenis dan macam kerajinan dari kain flanel yang diminati banyak orang adalah membuatnya menjadi bunga mawar, bros dan tas.
Ada beberapa alasan yang membuat orang suka dengan kerajinan tangan dari kain flanel ini, di antaranya: bentuknya yang unik, warnanya yang mencolok, tekstur kainnya lembut dan bisa dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan tangan serta mudah didapatkan.
Selain itu, membikin kerajinan tangan dari kain flanel juga termasuk memanfaatkan waktu luang dan mengasah kreatifitas seseorang. Itu semuanya tidak berujung sia-sia. Sebab, hasil kerajinan dari kain flanel ini dapat menghasilkan uang yang cukup sebagai tambahan uang jajan atau biaya kebutuhan.
Oleh karena itu, disini saya akan membahas cara membuat tas dari kain flanel. Mulai dari persiapan membuatnya sampai prosesnya. Disini juga saya memberikan beberapa gambar tas hasil karya dari kain flanel. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Perisapan Membuat Tas dari Kain Flanel

cara membuat tas dari kain flanel

id-harga.com

Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum membaut tas dari kain flanel guna mempermudah dalam pembuatannya. Jika tidak dipersiapkan akan menghambat dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut, seperti harus mencari barang yang akan dipakai.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum membuat tas dari kain flanel:

  1. Fikirkan tas berwarna apa yang akan anda buat. Hal ini akan mempermudah anda dalam membeli kain flanel yang akan digunakan.
  2. Belilah kain flanel yang sudah anda tentukan.
  3. Siapkan Gunting
  4. Kertas atau karton
  5. Pensil atau bolpoin
  6. Benang, jarum biasa, dan jarum pentul
  7. atau Lem pelekat
  8. penggaris
  9. Pita atau penghias lainnya
  10. dan Tali untuk tas, bisa anda menggunakan tali kur

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

cara membuat hiasan tas dari kain flanel

hidupsimpel.com

Ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti untuk membuat tas dari kain flanel. Berikut ini saya akan menerangkan cara dan langkah pembuatan tas dari kain flenel:

Langkah Pertama

 Silahkan anda buat pola tas yang akan anda buat dari tinggi dan lebarnya pad suatu kertas. Hal ini akan menentukan besar kecilnya ukuran tas. Anda bisa memberi ukuran tinggi badan tas 16 cm, lebar 12 cm, dan tinggi tutup tas 7 cm untuk bagan belakang tas. Adapun untuk bagian depan tas, anda bisa memberi ukuran 16 cm.

Langkah Kedua

 Jika anda ingin memberi kantong untuk tas, maka anda bisa menyiapkan gambar sesuai keinginan  anda atau bisa meniru langkah ini. Berikut langkahnya: gambar pada kertas polanya dengan tinggi 10 cm dan lebar 9 cm untuk depan saku. Adapun untuk ukuran tutup saku tinggi 6 cm dan lebar 9 cm.

Langkah Ketiga

Siapkan pula tempat untuk menyambung antar badan tas dan tali tas. Anda bisa memberi ukuran sesuai selera anda atau bisa mengikuti langkah berikut ini: Gambarlah objek yang akan anda lakukan pada kertas dengan ukuran tinggi 2 cm dan lebar 4 cm.

Langkah Keempat

Untuk mempercantik dan memperindah tas kain flanel yang anda buat, maka anda bisa menggambar hiasan apa saja pada satu kertas, seperti gambar  boneka winny the pooh, kucing atau yang lainnya. Anda juga bisa menulis dengan ukuran tertentu dan bentuk tertentu.

Setelah anda mendapatkan atau menyelesaikan gambar dan tulisan, maka langkah selanjutnya potong gambar tersebut. Kemudian anda potong kain flanel sesuai dengan kertas yang sudah siap.

untuk lebih bagusnya anda memilih warna kain flanel yang bagus dan menarik, agar hasilnya juga baik dan bagus.

Langkah Kelima

Susunlah saatu persatu sesuai bagiannya. Kerjakan yang lebih mudah dulu. Misalnya, anda kerjakan gambar kucing dahulu. anda susu mata, kuping, kumis dan lain sebagainya. anda bisa menggunakan lem dalam menyusunnya.

Langkah Keenam

Susunlah bagian-bagian lain sebagaimana tas. Setiap sisi bisa anda jahit atau lem, kecuali sisi atas.

Langkah Ketujuh

Gabungkan semua bagian yang tadi sudah disusun. Letakkan semua pada tempatnya atau sesuai keinginan anda. Anda bisa meletakkan gambar dan tulisan di depan lengket dengan kantong dan tulisan pada bagian atas.

Langkah Kedelapan

Siapkan kain flanel dan tempelkan di sisi kanan dan kiri kain flanel yang sudah disusun menjadi sebuah kotak tas. Setelah itu,  pasang tali kur yang sudah disiapkan dengan kain flanel tas dengan cara menjahit-nya.

Langkah Kesembilan

Finishing. Lakukan finising agar hasil lebih maksimal. Anda bisa merapikan lagi bagian mana yang belum rapi dan menguatkan bagian yang belum kuat. Selesai

Catatan:

Agar hasil lebih maksimal, anda bisa menjahitnya dari dalam, jika jahitan anda kurang bagus. Sebaliknya, jika jahitan anda bagus, maka anda bisa menjahitnya dari luar agar menjadi hiasan bagi tas yang anda buat. Bahkan anda bisa menghiasi kain flanel anda dengan hiasan jahitan yang lain atau bisa menyulamnya.

Untuk lebih jelasnya pembuatan tas dari kain flanel, kurang lebih seperti video di bawah ini!

Baca Juga:

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi

Cara Membuat Tas dari Tali Kur yang Mudah

Cara Membuat Gelang dari Tali yang Mudah

Merawat Tas dari Kain Flanel

Ada dua kemungkinan yang bisa anda lakukan setelah membuat tas dari kain flanel. Anda bisa menjadikan tas dari kain flanel untuk pribadi dan untuk bisnis anda. Tas dari kain flanel yang anda buat bisa anda pakai untuk keseharian anda atau anak anda, baik itu sebagai tas sekolah atau tpa. Selain itu, anda bisa menggunakan untuk bisnis, bisa anda menjualnya atau menjadi agen tas dari kain flanel.

Ada beberapa tips untuk merawat tas kain flanel yang anda buat atau miliki. Berikut cara merawatnya:

  1. Jika anda merendam tas dari kain flanel ini, maka jangan terlalu lama dalam merendamnya karena warna kain flanel dapat menjadi pudar.
  2. Ketika anda ingin mencuci tas dari kain flanel yang anda miliki, maka jangan menyikat dengan sikat  yang bulunya kasar, karena nanti flanelnya cepat berbulu dan rusak.
  3. Jika anda mencuci tas dari kain flanel ini, maka sebisa mungkin hindarkan dari pemutih agar warna flanel tidak berbercak atau rusak.
  4. Ketika menjemur, maka usahakan kain flanel tidak dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Sebab, hal ini mengakibatkan warna flanel memudar dan rusak.

Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat. terimakasih.

Leave a Reply