tas tali kur motif liris

Cara Membuat Tas dari Tali Kur Yang Praktis & Mudah

Cara Membuat Tas dari Tali Kur – Indonesia memang sangat kaya dengan budaya dan kerajinan. Hampir setiap daerah di negara Indonesia memiliki kerajinan khas daerah. Misalnya, sepatu kulit merupakan karya khas kota Magetan.

Warga Magetan membuatnya dengan ciri khas sendiri. Masih banyak contoh yang lainnya.  Dengan begitu, kita seharusnya bersyukur hidup di negara ini.

Ada kerajinan yang hanya bisa dilakukan oleh beberapa daerah saja, seperti sepatu kulit. Selain itu, ada kerajinan yang semua orang Indonesia bisa membuatnya, seperti kerajinan degan tali kur.

Sebab tali kur biasa digunakan oleh anggota pramuka dan paskibraka.   Tali kur juga dipakai pada pakaian polisi dan tentara Indonesia. Oleh karena itu, tali kur sangat dibutuhkan oleh orang Indonesia.

Selain itu, Banyak karya dan kerajinan anak bangsa yang menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Misalnya, sepatu kulit, tas dari tali kur, gelang dari tali kur, batik dan lain sebagainya.

Saya dapati karya anak bangsa Indonesia ada yang bernilai puluhan ribu, ratusan ribu dan jutaan. Contohnya, Tas tali kur dibandrol dengan harga seratus ribuan.

Oleh karena itu, saya akan membahas tentang cara membuat tas dari tali kur di sini. Yang mana tas tali kur sendiri adalah tas hasil rajutan dari tali atau benang kur. Sedangkan tali kur sendiri adalah sejenis benang atau tali yang sudah ada pada abad ke 13 dan biasa disebut dengan macrame.

Well, kata pepatah “siapa cepat dia dapat”. Oleh karena itu, agar segera dapat mengetahui cara membuat tas tali kur, maka kita percepat saja. Yuk, langsung simak pembahasan di bawah ini.

Cara Membuat Tas dari Tali Kur (Teknik Dasar untuk Pemula)

Membuat tas dari tali kur merupakan seni  yang menggunakan teknik anyaman. Karena membuat tas tali dengan menganyam, maka dipastikan Anda harus lebih teliti dan sabar. Jika Anda sudah terbiasa dalam menganyam, mungkin Anda bisa lebih  cepat dan kreatif dalam menentukan pola dan mengerjakannya.

Tali kur tidak hanya bisa dibuat menjadi bentuk tas, namun juga bisa berbentuk dompet, gelang dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa membuat tas tali kur tidak serta merta bisa dibuat. Namun, pembuatan tersebut membutuhkan keahlian dan cara khusus. Apalagi jika yang diinginkan adalah tas tali kur yang bermotif.

Nah, sebelum membuat tas dari tali kur, maka yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan barang yang akan digunakan dan mengetahui teknik dasar membuatnya serta memprakteknya dari yang sederhana. Yang kemudian anda bisa belajar mengembangkannya. Berikut ini langkah-langkah yang mungkin bisa anda lakukan:

Mempersiapkan Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tas talikur sebenarnya tidak banyak dan tidak sulit dicari. Namun yang cukup rumit adalah membuatnya. berikut ini beberapa bahan yang anda perlukan untuk membuat tas dari tali kur

  1. Tali kur  (pilih warna yang sesuai dengan selera anda)
  2. Gunting (Siapkan gunting yang tajam untuk memotong tali kur)
  3. Korek api (Akan digunakan untuk menyambung dan merapikan ujung tali kur)
  4. Retlesting (Pilih sesuai ukuran tas yang anda inginkan)
  5. Bahan (Akan digunakan untuk bagian dalam tas)
  6. Benang dan jarum ( yang akan dipakai untuk menyulam bahan pada bagian dalam tas)
  7. Pernak-pernik (Jika anda ingin tas bervariasi, sesuai selera)

Jika semua sudah disiapkan, maka langkah  berikutnya yang harus anda lakukan adalah langkah pembuatannya.

Tahap Merajut Tali Kur (Langsung Praktek)

Setelah anda membuat beberapa tali kur yang bersimpul, anda bisa melanjutkan tahap ke lima, yaitu menggabungkan beberapa tali  bersimpul yang sudah anda buat. Untuk menggabungkan tali kur-tali kur yang sudah anda buat, anda bisa meniru gambar yang sudah disediakan .

Sebenarnya, pada tahap yang ke lima ini, anda masih menggunakan teknik  tahap pemula yang tidak terlalu rumit jika dilakukan dengan fokus dan paham step ke-1 hingga step ke lima. Setelah menggabungkan beberapa simpul menjadi satu bagian sebagaimana gambar di atas, maka langkah berikutnya menyatukan lagi dengan cara menyisipkan bagian kedua dari masing masing tali. Anda bisa mengamati dengan teliti gambar pada tahap ke-6 agar lebih jelas

TAHAP KE-6

tali kur, cara membuat tas dari tali kur

generasihijau.com

Setelah tahap ke-5 sudah anda lakukan, anda dapat melanjutkan tahap ke-6. Sebelum melaksanakan tahap ke enam, pastikan tali yang anda rajut baru saja sudah benar. Kemudian, anda bisa menarik setiap ujung tali yang sudah anda rajut. Pastikan tali yang sudah anda tarik ujungnya, sudah kencang tapi jangan terlalu kencang.  Anda bisa menimbang antara tali yang sudah anda rajut dengan tali rajutan yang ada pada gambar berikut ini. Pastikan sesuai atau tidak!

tali kur, cara membuat tas dari tali kur

generasihijau.com

Langsung saja kita menuju pada tahap ke-7.

TAHAP KE-7

tali kur, cara membuat tas dari tali kur

generasihijau.com

Pada tahap ke-7 ini, Anda tinggal membuat rajutan yang berulang hingga banyak dan gabungkan semuanya. Anda bisa menggabungkannya dan membandingkan rajutan anda dengan gambar yang ada pada tahap tujuh. Gabungkan semuanya hingga membentuk sebuah tas.

Mungkin sekali bagi anda sebagai pemula yang ingin membuat tas dari tali kur dengan cara merajut sendiri sudah faham. Namun, bisa jadi anda juga masih agak kebingungan dengan penjelasan di atas. Karena, langkah-langkah di atas perlu praktek langsung atau melihat orang yang sedang membuat atau praktek. Butuh contoh.

Untuk anda yang masih agak bingung dan masih dalam bayangan saja, anda bisa langsung melihat video bagaimana cara membuat tas dari tali kur  berikut ini:

Cara Membuat Tas dari Tali Kur Versi Sederhana

Bagaimana, anda sudah tahu teknik dasar merajut tali kur agar bisa menjelma sebuah tas? Saya berharap anda faham dan bisa mempraktekan dasar-dasar merajut di atas.

Sebagaimana yang saya nyatakan di atas, bahwa tahap membuat tas dari tali kur versi sederhana dapat anda lakukan setelah anda berhasil mempraktekkan tahap dasar merajut. Agar bisa membuat tali menjelma sebuah tas yang keren.

Selanjutnya, anda bisa mengembangkan sendiri bagaimana cara membuat tas dari tali kur. Hasil akan terlihat sesuai dengan kemampuan dan kreatifitas serta ketekunan atau kesabaran anda.

Kunci yang harus anda pegang adalah selalu berjuang dan jangan mudah menyerah &  selalu berusaha dan mengembangkan yang terbaik seta fokus. Semoga dengan begitu, anda bisa menghasilkan karya yang bisa menghasilkan nilai ekonomi.

Jika anda melihat kerajinan tas ini, maka anda mendapati bahwa model dan desain tas ini sangat banyak sekali. Disini, saya akan mencantumkan beberapa trik atau cara bagaimana membuat tas dari tali kur yang sering atau umum dibuat. Untuk bisa mengetahui cara-caranya anda bisa meneruskan membacanya pada artikel berikut ini.

Cara Membuat Tas Tali Kur dengan Motif Garis / Miring

Tas tali kur sangat banyak motifnya, sebagaimana disebutkan oleh pinterest.com . Pembuatan tas tali kur dengan motif garis lurus atau garis miring itu sangat mudah. Syaratnya, anda harus sudah menguasai teknik dasar cara membuat tas dari tali kur.

Kalau belum faham, maka saya sarankan untuk membaca artikel di atas. Jika sudah faham, ana bisa langsung mengamati teknik-teknik yang akan saya sampaikan berikut ini. Hanya ada 7 teknik untuk membuatnya.

TEKNIK KE-1

Siapkan dua macam tali kur dengan warna yang berbeda namun sudah dirajut. Pilih warna yang anda sukai agar mengerjakannya terasa nyaman dan senang. Lalu perhatikan gambar di bawah ini, fikirkan dan tirukan. Sandingkan dua tali yang beda warnanya seperti di gambar.

tali kur, cara membuat tas dari tali kur sederhana

generasihijau.com

TEKNIK KE-2

Jika anda sudah melakukan teknik yang ke-1, Anda dapat mengambil 2 tali kur yang berbeda warnanya.Namun, pilih yang saling bersandingan. Untuk lebih jelasnya anda langsung perhatikan gambar berikut ini.

cara membuat tas dari tali kur sederhana

generasihijau.com

TEKNIK KE-3

Setelah anda selesai langkah ke-2, maka anda  tarik kedua tali yang berbeda warnanya dengan bentuk menyilang. Pastikan yang anda lakukan membentuk seperti gambar di bawah ini.

 cara membuat tas dari tali kur sederhana

generasihijau.com

TEKNIK KE-4

Setelah tahap ke-3 anda lakukan, anda bisa langsung memutarkan satu tali sehingga melilit tali yang lain. Lalu masukan tali tersebut di antara tali yang dililitkan, sehingga seakan-akan mengunci. Agar lebih jelas tentang apa yang saya maksud, maka anda bisa amati dan tiru gambar dibawah ini.

cara membuat tas dari tali kur sederhana

generasihijau.com

TEKNIK KE-5

Pada teknik ini, anda hanya mengulangi teknik ke empat. Sehingga tali tersebut membentuk seperti gambar dibawah ini. Perhatikan, amati dan Tiru!

cara membuat tas dari tali kur sederhana

generasihijau.com

TEKNIK KE-6

Dari teknik ke-5, anda bisa juga membentuk sesuai keinginan anda. Gambar dibawah ini merupakan simpul baru yang sudah dirangkai  miring dari kedua belah warna. Berikut ini contoh gambarnya.

tali kur, cara membuat tas dari tali kur sederhana

generasihijau.com

TEKNIK KE-7

Setelah anda sudah bisa membuat motif garis miring, maka hal yang harus anda lakukan adalah meratakan tali dengan merajutnya hingga terbentuk banyak anyaman hingga sisa 1 tali pada ujung garis miring yang anda buat. Sebagai contoh, anda bisa melihat gambar di bawah ini.

tali kur, cara membuat tas dari tali kur sederhana

generasihijau.com

Baca juga: Hanya dengan Langkah ini Anda bisa Membuat Tas dari kain Flanel dan Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi

Cara Membuat Tas Tali Kur Motif Bunga Versi Video

Setelah beberapa kata anda baca. jangan lupa juga dengan tutorial yang satu ini, yaitu cara membuat tas tali kur motif bunga dengan versi video. Salah satu motif yang sangat menarik dari tas tali kur adalah motif bunga.

Namun, pada kali ini saya akan memperlihatkan motif versi bunga mawar. Untuk mengetahui dan melihat cara membuat tas tali kur motif bunga (mawar) anda bisa melihatnya pada video yang saya ambil dari youtube.com di bawah ini. Selamat menyaksikan.

Selengkapnya!

Kerajinan tas dari tali kur memang sebuah kreasi yang bagus dan perlu diapresiasi. Sebab, selain melatih ketrampilan seseorang, hasil nya (tas) dari tali kur dapat menghasilkan finansial bagi masyarakat.

Masyarkat Indonesia selalu banyak berinovasi. Karena itu, mereka dapat mengembangkan seni menganyam tas dengan berbagai bentuk dan motif. Salah satunya seperti yang disebutkan di atas.

Selain itu, masih banyak motif kerajinan tas dari tali kur yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Mereka dapat menghasilkan berbagai motif. Misalnya,  tas tali kur dengan motif sisik, tas tali kur dengan motif kerang, tas tali kur motif panah, tas tali kur motif ketupat dan masih banyak lagi.

Sebagai pelengkap, saya akan memberikan beberapa contoh gambar sebagai perwakilan dari contoh tas tali kur dengan berbagai motif. Berikut ini contoh-contoh gambarnya:

Tas Tali Kur Motif Sisik

cara membuat tas tali kur motif sisik

generasihijau.com

Tas Tali Kur Motif Bunga 

cara membuat tas tali kur motif mawar

generasihijau.com

Tas Tali Kur Motif Bunga Mawar

cara membuat tas tali kur motif bunga mawar

generasihijau.com

Tas Tali Kur Motif Liris

cara membuat tas tali kur motif liris

generasihijau.com

Secuil informasi yang saya cantumkan tentang cara membuat tas dari tali kur beserta contoh-contoh gambarnya semoga bermanfaat bagi semua pembaca.

Ada beberapa Inti yang perlu diingat bahwa ketika anda mencoba membuat karya yang berupa tas dari tali kur, jangan cepat bosan, selalu optimalkan dalam berkarya dan selalu kembangkan karya anda setelah berhasil dari membuat tas tali kur yang dasar (tidak bermotif).

Mungkin cukup sekian, saya mohon pamit dan terimakasih.

Leave a Reply