Cara Membuat Video Literasi

Cara Membuat Video Literasi yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Video Literasi – Melihat banyaknya hal baru di media sosial seperti youtube, instagram, facebook, bahkan insta story whatsapp yang unik serta menarik. Bagi kamu pengguna instagram, faceebook, dan watsapp, tentunya akhir-akhir ini pasti sering melihat postingan teman-teman mu yang berupa video yang dapat menarik perhatian.

Postingan foto yang telah diedit menjadi video serta dapat bergerak seperti video pada umumnya, sering kali diunggah pada berbagai media sosial. Bagi kamu yang penasaran cara membuat video literasi seperti itu, simak terus uraian berikut.

Pengertian dan Macam-macam Video Literasi

Cara Membuat Video Literasi

geotimes.co.id

1. Video Literasi Dakwah

Merupakan video gabungan dari sebuah gambar maupun foto dengan objek berupa sesuatu yang dapat bergerak. Untuk video literasi dakwah dapat berupa kegiatan yang memiliki sifat untuk menyeru, memanggil, dan mengajak orang untuk beriman serta taat kepada Allah yang sesuai dengan garis akidah, syariat, serta akhlak islam.

2. Video Literasi Islami

Merupakan video literasi yang hampir sama dengan video literasi dakwah, yaitu berupa video gabungan antara gambar serta foto dengan disertai objek berupa sesuatu yang dapat bergerak. Video literasi tentang dunia islam, diharapkan dapat memperkaya keimanan serta rasa saling tenggang rasa antar sesama manusia yang dapat menjadi tonggak agama islam.

3. Video Literasi Story WA

Bagi kamu pengguna whatsapp, kamu dapat membuat video literasi untuk story whatsapp. Seperti yang kamu ketahui bahwa video literasi merupakan gabungan antara gambar ataupun foto dengan objek yang dapat bergerak, sehingga untuk membuatnya anda bisa mendownload aplikasi untuk membuat video literasi dari google playstore secara gratis.

4. Video Literasi Rindu

Rindu merupakan sesuatu yang sangat diharapkan ataupun diinginkan seperti keinginan untuk bertemu seseorang. Kamu dapat mengungkapkan rindu yang ada di hati dengan membuat video literasi rindu. Video tersebut dapat kamu kirim ke orang yang kamu rindukan atau dapat pula kamu unggah pada media sosial yang kamu punya supaya orang lain dapat mengetahui perasaanmu.

5. Video Literasi Muslimah

Merupakan salah satu video yang dibuat dengan menggabungkan gambar ataupun foto yang berkaitan dengan muslimah dan di padu dengan objek yang dapat bergerak. Dapat pula dilengkapi dengan musik ataupun suara-suara yang bertemakan muslimah.

6. Video Literasi Cinta Korea

Bagi kamu pencinta Korea, kamu dapat membuat video literasi bertemakan cinta Korea. Video ini dapat kamu buat dengan menggabungkan foto maupun gambar-gambar yang bertema Korea dengan di padu objek yang dapat bergerak dan dilengkapi dengan musik korea serta kata-kata yang bertema korea maupun yang lainnya sesuai keinginanmu.

7. Video Literasi Kartun

Merupakan video literasi yang dibuat dengan menggabungkan gambar ataupun foto kartun dengan objek yang dapat bergerak, lalu dapat kamu tambahkan kata-kata ataupun musik sesuai yang kamu inginkan. Video literasi kartun dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak.

Baca Juga:

  1. Aplikasi Convert Video Terbaik
  2. Aplikasi Edit Video Terbaik
  3. Cara Mengedit Video Praktis & Mudah

Cara Membuat Video Literasi 30 – 60 Menggunakan Aplikasi

cara membuat video literasi

youtube

Berbagai macam tools dan cara membuat video literasi tersebar. Baik itu video literasi bergerak yang dilakukan di Android, iphone, inshot, dan pc dalam 15 detik-30 detik atau bahkan lebih. Berikut ini beberapa panduan yang langsung mudah untuk dipraktikan.

1. Menggunakan Aplikasi Viva Video

  • Siapkan video beserta gambar ataupun gambar maupun foto saja
  • Siapkan konsep, karena dengan adanya persiapan konsep, maka video yang kamu buat akan lebih terlihat menarik. Apabila kamu belum menyiapkannya itupun tidak menjadi masalah
  • Pilih video ataupun foto, maka akan muncul pilihan video dan foto yang ada pada ponsel kamu, setelah selesai memilih kamu dapat menekan tombol done pada bagian kanan
  • Pilih tema untuk membuat tampilan video yang lebih menarik
  • Matikan suara pada video asli apabila kamu menggabungkan video pada pembuatan video literasi ini
  • Edit musik tema bawaan apabila dirasa kurang cocok
  • Klik “Tap to add music” untuk mengganti musik yang telah dihapus
  • Pilih satu lagu untuk video anda pada pilihan menu My Library
  • Edit dengan menggunakan clip edit, tentukan durasi sekitar 30 hingga 60 menit
  • Simpan dan bagikan video yang telah kamu buat.

2. Menggunakan Aplikasi Kinemaster

  • masukkan video yang akan diedit, atau dapat pula kamu memasukkan gambar yang akan dibuat
  • Pilih tab audia ataupun voice untuk menambahkan lagu maupun musik
  • Pilih layer yang ada di sebelah kanan untuk menambahkan text, icon, warna, serta memotong musik, video ataupun gambar dan dapat pula menambahkan efek.
  • Setelah video yang kamu buat telah selesai, kamu dapat menyimpannya ke dalam perangkat android kamu ataupun dapat kamu share ke youtube, facebook, dan yang lainnya.

Cara Membuat Video Literasi di Instagram & amp; di Unfold

cara membuat video literasi

hpgetar

Untuk bagian ini, anda tak perlu repot-repot dan memikirkan yang aneh-aneh. Karena di sini membahas tentang cara membuat video literasi yang mudah dilakukan di Instagram. Berikut konsep, teknis dan aplikasi yang bisa kamu gunakan:

1. Cara Membuat Video Literasi Mudah di Instagram

  • Konsep
    Dengan memahami konsep video yang akan kamu buat, ini merupakan ide bagus untuk mengembangkan konsep video 30-60 detikmu.
  • Teknis
    Teknis pembuatan video pendek pada instagram memang tidak serumit membuat video pada umumnya apabila kamu dapat mengerjakannya dengan maksimal.
  • Aplikasi
    Dalam membuat video di instagram membutuhkan beberapa aplikasi gratis yang disediakan oleh iOs maupun android untuk membantu pengeditan instan video sesuai dengan selera kamu.

2. Cara Membuat Video Literasi Mudah di Unfold

  1. Instal aplikasi Unfold di google play store dan buka aplikasinya,
  2. Pada halaman utama, kamu akan dihadapkan pada halaman hitam kosong dengan tulisan putih,
  3. Pilih menu yang berlambang tanda tambah di dalam lingkaran apabila kamu ingin menambah video ataupun foto,
  4. Kamu akan dihadapkan pada halaman putih kosong serta dapat langsung memilih menu berlambang tanda tambah di dalam lingkaran,
  5. Pilih desain layout yang paling menarik
  6. Tulis kata-kata yang menarik,
  7. Save pada bagian kanan atas aplikasi yang berlambang anak panah ke bawah.

Setelah kamu mengetahui pengertian dari video literasi, macam-macamnya, serta bagaimana cara membuat video literasi tersebut, diharapkan kamu tidak bingung lagi apabila hendak membuatnya.

Leave a Reply