cara menanam tomat praktis

7+ Cara Menanam Tomat yang Praktis Untuk Umum

Cara Menanam Tomat- Setiap tumbuhan, mempunyai cara menanamnya sendiri-sendiri. Namun, tahap umumnya tidak jauh beda. Misalnya, cara menanam tomat dengan cara menanam cabe atau bawang merah.

Semuanya melalui tahap pemilihan bibit, lahan, penanaman, perawatan dan pemanenan. Tapi tetap ada bedanya.

Untuk kali ini, saya akan fokus bagaimana cara menanam tomat. Bagaimana cara menanam tomat itu? dan apa yang diperlukan? Artikel berikut ini, semoga menjadi jawaban untuk anda. Selamat membaca.

Cara Menanam Tomat Secara Umum di Tanah, Kebun, dan Rumah

Berikut ini ada beberapa langkah umum menanam tomat dari awal sampai akhir atau memanen. Sebagian besarnya bisa anda terapkan dimana pun, baik di lahan, sawah dan pot seperti beberapa sayuran lainnya. Untuk di pot anda bisa mengubahnya sedikit. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Pelajari Daerah Tempat Tinggal 

lahan tomat, cara menanam tomat

thl-tbppkabbatang.blogspot.com

Pertama kali yang wajib anda lakukan adalah mempelajari lingkungan tempat tinggal anda atau daerah yang akan ditanami pohon tomat. Sebab, tumbuhan tomat seperti halnya tumbuhan lainnya.

Tanaman tomat membutuhkan situasi lingkungan yang ideal untuk pertumbuhannya yang powerful dan menghasilkan buah yang besar dan enak. Beberapa jenis tomat ada yang harus ditanam di lokasi asalnya dan tidak bakal tumbuh dengan baik di lokasi lain.

Intinya, lakukan riset tentang jenis tumbuhan tomat yang sesuai dengan lingkungan dan tempat Anda. Caranya dengan menanyakan kepada tetangga atau menghubungi dinas pertanian setempat.

Bisa jadi anda mendapatkan informasi tentang jenis tumbuhan tomat yang dapat tumbuh dengan sempurna di lokasi Anda, yang mana anda belum mengetahui sebelumnya.

2. Pilih Benih Tomat Yang Berkualitas

 

Terbaik Benih Tomat Tora, cara menanam tomat

bukalapak.com

Setelah anda mengetahui lingkungan anda, anda akan pasti akan mengambil langkah berikutnya sesuai data yang ada. Jikalau lingkungan anda layak ditanami beberapa jenis tumbuhan tomat saatnya anda memilih yang terbaik.

Dalam pemilihan bibit yang baik, anda melaksanakannya dengan dua cara, yaitu membikin benih sendiri dari buah tomat atau dengan membelinya di toko pertanian yang resmi. Berikut ini sekilas cara membikin benih tomat dari buahnya:

  1. Pilih buah tomat yang besar dan segar serta terlihat sehat dan sesuai dengan lingkungan
  2. Belahlah tomat yang sudah anda pilih
  3. Keluarkan isinya yang ada di dalam
  4. Masukkan di botol dan tambahkan air lalu tutup dengan plastik dan berilah lubang kecil-kecil di plastik tersebut (proses fermentasi)
  5. Letakkan di samping jendela agar terkena sinar matahari
  6. Setelah tiga hari, ambil dan bilas biji-biji tersebut
  7. Keringkan lah biji tersebut
  8. Setelah itu rendam ke dalam air yang sudah dicampur dengan cuka ( air 964 ml + 1 sendok makan cuka) selama 15 menit agar steril
  9. Keringkan lagi dan pisah-pisahkan biji agar tidak lengket.
  10. Selesai, siap ditanam

3. Cara Pengolahan Tanah Tanaman Tomat

 

pengolahan tanah tomat, cara menanam tomat

youtube.com

Selain bibit, pengolahan tanah juga diperlukan oleh tanaman. Sebab pengolahan tanah berguna untuk menciptakan kondisi fisik, kimia, biologis tanaman menjadi yang lebih baik. Pengolahan tanah yang baik juga bisa membunuh gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

Pengolahan tanah lahan bisa dilaksanakan dengan mencangkul atau membajak dengan kedalaman kurang lebih 20 cm. Sedangkan di pot anda bisa mengolahnya dengan cetok.

Setelah itu, anda bisa menaburkan pupuk ke tanah lahan atau sawah yang ada secukupnya. Biasanya, untuk per hektar lahan ditaburi dengan 20 ton pupuk kandang dan NPK sebanyak 100g/m.

Apabila telah selesai, buatlah bendengan berbentuk melengkung dengan ketinggian 30cm, dan lebar 1 mete. Beri Jarak antar bedengan selebar 30-40 cm. Kocorlah dengan blac bos agar cepat komposiasi dalam tanah dan mencegah penyakit luar tanah. Perbandingannya : 100 liter air dicampur dengan 1 kg black bos. Setelah dikocor maka diamkan selama satu minggu.

4. Penanaman Bibit Tomat

penanaman bibit tomat, cara menanam tomat

youtube.com

Setelah mendapatkan bibit yang akan ditanam, maka pertama yang harus anda lakukan adalah merendamnya dalam satu gelas (200cc) POC GDM kurang lebih selama 2 jam. Tujuannya agar tumbuh sempurna dan terlindungi dari penyakit.

Setelah itu, semakin dulu di media semai yang terbuat dari tanah, arang dan pupuk kandang (perbandingannya 3:2:1). Tunggu sampai tumbuh bibit tomat dengan tinggi 10 cm, biasanya berumur 3 minggu.

Setelah itu, anda bisa anda pindahkan ke tempat yang sudah sediakan baik pot atau lahan atau sawah. Setelah bibit dipindahkan, sebaiknya anda mengocornya terlebih dahulu dengan POC GDM atau yang sejenisnya agar tanaman tetap normal dan bisa berkembang secara langsung.

Sebaiknya, anda memindahkannya di waktu sore hari supaya bibit tersebut tidak layu dan beri ajir sedini mungkin dengan jarak kurang lebih 10-20 cm dari batang agar akar tidak rusak.

5. Pemeliharaan dan Perawatan

Setelah proses di atas selesai, maka yang harus anda lakukan adalah perawatan-nya. Sebab tumbuhan tomat memerlukan perawatan yang intensif. Kenapa begitu? Tanaman tomat cukup rentan terkena penyakit. Untuk mencegah itu semua anda bisa melakukan perawatan sebagai berikut:

Penyulaman

Penyulaman adalah mengganti tanaman yang tidak bisa tumbuh, baik itu karena cuaca atau sakit. Sebaiknya, penyulaman dilakukan setelah seminggu dari waktu penanaman tomat. Jika anda melihat tanaman yang kurang sehat maka ganti lah segera mungkin dengan bibit cadangan.

Penyiangan

Proses ini adalah proses pembersihan gulma. ia dilakukan 3 sampai 4 kali selama musim tanam. Tujuannya adalah untuk mengangkat gulma yang terdapat pada area tanam agar tanaman tomat bisa menyerap nutrisi dengan baik. Proses ini dilakukan karena hama sangat mengganggu dan mengundang penyakit.

Pemangkasan

Setiap seminggu sekali hendaknya dilakukan pemangkasan tunas yang tumbuh pada ketiak daun. Sebab jika dibiarkan akan menjadi batang. Anda bisa melakukan proses ini dengan tangan atau dengan pisau atau gunting. Proses pemangkasan ini juga dilakukan untuk mengatur tinggi tanaman. Caranya dengan memotong ujung tanaman dan dilakukan setelah terlihat jumlah dompolan buah, sekitar 5-7 buah.

6. Cara Pemupukan yang Baik

pemupukan tanaman tomat, cara menanam tomat

lombokbaratkab.go.id

Pemupukan pohon tomat dilakukan pada hari ke-7 dan diulangi setiap seminggu sekali. Anda bisa menggunakan pupuk organik yang mengandung kalium tinggi pada saat tanaman akan berkembang dan berbuah.

Pupuk organik hendaknya sudah diencerkan terlebih dahulu. Satu liter pupuk cair dicampur dengan 100 liter air. Konsentrasi pupuk organik tidak boleh lebih dari 2%.

Selain itu, anda bisa menambahkan pupuk alami, baik pupuk kompos atau kandang. Penambahan pupuk ini dilakukan setelah tumuhan berumur 2-3 minggu. Dosisnya setiap tanaman hanya diberi satu genggam tangan.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Merah yang Menghasilkan

7. Pemasangan Lenjeran atau Ajir

lenjeran untuk tomat, cara menanam tomat

cyberspaceandtime.com

Jika pohon sudah mulai besar, maka diperlukan pemasangan lenjeran. Lenjeran berguna agar tanaman tidak roboh. Panjang lejeran kurang lebih 1,5 meter. Jarak antar lenjeran yang ditancapkan sekitar 20 cm dari tanaman.

Hendak pemasangan lenjeran sedini mungkin sebelum akar tumuhan kemana-mana. Jika sudah besar akan kemana-mana dan lenjeran sulit ditancapkan.

Setelah lenjeran ditancapkan, anda bisa menali tumbuhan dengan lenejeran tersebut dan jangan terlalu kencang agar tidak menghambat pembesaran batang.

8. Penyiraman Pohon Tomat

menyiram bibit tomat, cara menanam tomat

build-tips.com

Memang, pohon tomat tidak membutuhkan air yang banyak namun bukan berarti tidak perlu diberi air. Sebab, tumbuhan akan menjadi kurang baik kualitasnya jika kekurangan air.Bahkan bisa memyebabkan rontoknya bunga. Begitu juga kelebihan air. Kelebihan air membuat daun dan bartang subur namun menghambat fase generatif.

Oleh karena itu, pohon tomat perlu disiram dengan air. Anda bisa melakukannya setiap pagi hari di musim kemarau. Jagalah tanah agar tidak retak.

Jika di musim penghujan, maka anda tidak perlu menyiraminya, tapi yang harus anda lakukan memperbaiki saluran drainase agar air tidak menggenang  di area tumbuhan.

9.Tanaman Tomat Siap Panen

buah tomat siap panen, cara menanam tomat

merahputih.com 

Sebagaimana tanaman lain, tomat yang sudah matang mempunyai ciri-cirinya. Salah satu cirinya adalah jika tomat berumur 90 hari atau tiga bulan. Biasanya, kulit buah tomat berwarna kekuning-kuningan, batang juga menguning, dan tepi daun-nya mengering.

Jika ciri-ciri di atas sudah lengkap, maka tomat siap panen dan siap petik.

Walhasil, menanam tomat tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Cukup sekian, terimakasih.

Leave a Reply