ciri ciri kelinci hamil

9+ Cara Mengenali Ciri Ciri Kelinci Hamil Dengan Mudah

Pastinya ketika anda memelihara seekor kelinci, anda harus siap untuk mempersiapkan masa dimana kelinci anda sedang hamil, yang kemudian nantinya akan melahirkan. Disanalah anda harus mulai mengenal beberapa ciri ciri kelinci hamil

Demi memudahkan anda, dalam rangka merawat kelinci anda. Dalam hal ini juga, ketika anda sudah mulai mengetahui ciri yang terjadi ketika kelinci anda sedang hamil, maka anda haruslah mempersiapkan hal lainnya yang juga tidak kalah penting dalam perawatan kelinci itu sendiri.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil Muda

ciri ciri kelinci hamil

arenahewan.com

1. Galak dan agresif : Salah Satu Ciri ciri Kelinci Hamil

Ketika kelinci anda sedang dalam keadaan hamil, pastinya anda harus tahu bahwa kelinci anda akan mengalami suatu sifat yang berubah, sebagai salah satu gambaran dari ciri ciri kelinci hamil. Salah satunya adalah perubahan pada sifat yang dialami oleh kelinci anda, dengan sifat yang menjadi galak.

Jangan salah bahwa, keadaan ini memang sering terjadi ketika kelinci anda hamil muda, misalkan pada usia kehamilan baru mencapai seminggu. Sehingga ketika kelinci anda memang sudah mengalami hal yang serupa, anda sudah harus mengerti mungkin saja kelinci anda memang sedang hamil saat ini.

2. Mudah untuk merasa stress

Sebenarnya keadaan stress yang dialami oleh kelinci anda, bisa saja disebabkan oleh beberapa kondisi, yang mana semua itu bergantung pada bagaimana anda merawat kelinci anda. Disini biasanya keadaan stress memang tidak selalu terjadi pada kelinci yang hamil, bisa saja terjadi pada beberapa kelinci biasa. 

Yang mungkin keadaan mudah stress ini terjadi, karena kelinci anda kelamaan didiamkan di dalam kandang, yang menyebabkan anda tertipu dengan perkiraan hamil palsu. Maka dari inilah, anda harus lebih mengerti lagi beberapa ciri lainnya ketika kelinci anda memang sedang dalam keadaan hamil. 

3. Nafsu makan yang meningkat

Perlu untuk anda pahami bahwa, sebenarnya ketika kelinci anda memang akan mengalami masa kehamilan, biasanya semua itu diawali dengan beberapa ciri yang nampak jelas. Salah satunya adalah peningkatan nafsu makan yang tinggi, karena memang akan sangat dibutuhkan oleh kelinci anda nantinya.

Peningkatan pada nafsu makan ini, bukan tidak mungkin terjadi karena nutrisi yang dimilikinya. Ketika sedang hamil, pastinya nutrisi untuk kelinci yang diberikan oleh makanan yang diasupkan pada dirinya, akan dibagi kembali dengan anaknya. Sehingga sering kali, sang induk akan merasakan kelaparan ketika hamil.

4. Sering terjadi dehidrasi

Salah satu ciri dari terjadinya masa kehamilan, adalah dengan melihat sebuah perubahan yang terjadi kepada kelinci anda, salah satunya adalah dengan melihat dari pola makan dan minumnya. Bukan hanya pada hewan, hal ini juga sering terjadi pada manusia yang memang sedang dalam proses kehamilan.

Biasanya kelinci yang memang sedang dalam masa kehamilan, akan memiliki nafsu makan dan nafsu untuk minum yang sangat tinggi. Dengan demikian ketika kelinci anda sudah mulai banyak minum, maka anda harus tahu bahwa kelinci anda sedang dalam proses kehamilan, dalam hal ini anda juga harus peka. 

5. Ada benjolan pada bagian perut

Bukan hanya satu jenis saja, pada berbagai jenis kelinci seperti lop, anggora, dan jenis lainnya akan mengalami ciri yang sama. Yakni dengan memiliki ciri untuk memiliki benjolan pada perutnya, yang membuat itu semua menjadi ciri jika kelinci anda memang sedang hamil, atau baru saja akan melahirkan. 

Selain itu juga, anda haruslah selalu khawatir karena, ketika kelinci anda mengalami benjolan pada bagian perutnya. Sering kali hal ini bukan disebabkan oleh faktor hamil saja, anda harus segera melakukan pengecekan ke dokter hewan terdekat, bisa saja ketika ada benjolan kelinci anda memang sedang sakit.

Lihat : Jenis Jenis Kelinci Beserta Gambarnya yang Unik 

6. Tidak akan mau untuk dikawinkan lagi

Pastinya ketika anda memiliki kelinci yang sedang hamil, kelinci anda tidak akan mau untuk dikawinkan kembali dengan pejantan yang lain. Beberapa orang memang sering memaksakan hal ini, padahal sebenarnya hal ini juga tidak baik dilakukan, karena akan merusak kepada kondisi kandungan kelincinya. 

7. Mulut yang berwarna kemerahan

Sebenarnya ketika kelinci anda sedang hamil dan mau melahirkan pastinya, pada bagian mulut kelinci akan muncul warna kemerahan. Yang menjadi ciri khas dari seekor kelinci, yang mungkin saja dalam waktu dekat ini akan melangsungkan proses melahirkan, yang akan membutuhkan perhatian khusus dari anda. 

8. Menggali pada kandang

Untuk ciri ciri kelinci hamil yang paling jelas, adalah dengan keadaan kandang kelinci, yang mungkin akan sedikit berantakan dibandingkan sebelumnya. Sebenarnya kelinci yang sedang hamil tua, akan membuat sebuah lubang yang memang berfungsi untuk melahirkan anaknya tepat pada kandang kelinci.

9. Sensitif terhadap penyakit

Bukan tidak mungkin jika anda memang memiliki seekor kelinci yang sedang hamil, maka anda diharuskan untuk memberikan perawatan khusus pada kelinci anda. Dimana kelinci yang sedang hamil, imunitasnya memang cenderung akan menurun, hal ini bisa membuat kelinci anda mudah untuk terkena penyakit. 

10. Sensitif dalam memilih makanan

Jangan salah untuk memberikan perhatian yang tepat, ketika kelinci anda sedang dalam keadaan hamil, maka dirinya juga akan sensitif untuk memilih makanan. Yang mana makanan yang akan dikonsumsinya ini, bisa mempengaruhi keadaan atau imunitas kelinci itu sendiri, yang akan membuatnya sensitif untuk makan. 

Jangan pernah anda salah untuk mengenali ciri ciri kelinci hamil, karena ketika anda salah mungkin anda akan merasa sedikit kebingungan, untuk membedakan mana kelinci yang hamil dan sakit. Dengan demikian mengetahui beberapa ciri, bisa menjadi salah satu pengetahuan untuk mengetahuinya. 

Leave a Reply