contoh surat izin usaha perdagangan

√ Contoh Surat Izin Usaha Dagang Mikro, Kecil, Sedang dan Besar [Lengkap]

Contoh Surat Izin Usaha Dagang- Sesuai data yang disebutkan oleh jawapos.com bahwa pemkot benar-benar menyegel toko yang tidak ada surat izin usaha dagang dan tempat. Tepatnya, mulai 30 Maret lalu, pemkot menemukan banyak toko yang tidak mendapatkan surat izin usaha dagang/tempat. Hasilnya, Ada 25 toko modern ditutup paksa atau disegel.

Itulah data yang memang benar valid. Angka di atas hanya sebagian kecilnya saja dan ada yang lebih besar. Pemkot masih selalu mengawasi tentang hal ini. Sudah ditemukan 343 titik toko yang belum punya surat izin usaha dagang.

Nah oleh karena itu, sangat penting anda mengetahui dan mendapatkan contoh surat izin usaha dagang dan membuatnya agar usaha anda tidak berhenti di tengah jalan. Sudah mengeluarkan banyak biaya tapi usaha ditutup secara paksa, Rugi Bukan? Untuk menghindari itu semua, silahkan lanjut baca-nya di artikel bawah ini.

Usaha Apa Saja yang Memerlukan Surat Usaha Dagang?

contoh surat izin usaha perdagangan

Sebuah pertanyaan yang sangat bagus sebab pertanyaan seperti ini menjadikan lebih efektif bagi semua pengusaha. Sebelum lanjut pada pembahasan inti (Contoh Surat Izin Usaha Dagang), maka perlu tahu apa itu Surat Usaha Dagang atau Perdagangan.

Surat Izin Usaha Perdagangan biasa disingkat dengan SIUP. Ia merupakan sebuah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Jadi ketika sudah mendapatkan surat ini, maka anda pada zona aman untuk menjalankan bisnis atau perdagangan anda. Untuk tahu contoh surat izin usaha dagang lebih lanjut teruskan membacanya.

ya, begitu.

Oke, sekarang kita bahas apa saja yang harus mendapatkan surat izin usaha perdagangan. Tidak semua perdagangan atau bisnis harus mendapatkan surat izin ini. Contohnya ketika kita membuka warung hek dan warung pedagang kaki lima.

Beberapa usaha dan perdagangan yang harus mempunyai surat izin usaha adalah usaha yang memenuhi ketentuan yang ada.

Berdasarkan Permendag No. 46/2009, ada 4 macam jenis SIUP, yaitu:

1. SIUP Mikro, yaitu memiliki modal disetor paling banyak Rp. 50 juta

2. SIUP Kecil, yaitu memiliki modal disetor > Rp. 50 juta sd Rp. 500 juta

3. SIUP Menengah, yaitu memiliki modal disetor > Rp. 500 juta sd Rp. 10 miliar

4. SIUP Besar, yaitu memiliki modal disetor > 10 miliar

Dengan ketentuan umum yang ada di atas, kita harus mengukur usaha yang akan dijalani. Namun menurut simple saya, ada beberapa usaha yang kelihatan dan harus menggunakan surat izin usaha seperti perkebunan, perikanan, kehutanan, pertambangan, industri, salon, kontruksi, jasa keuangan, cafe, bengkel besar,  dan usaha makro atau mikro lainnya.

Dalam usaha dagang Anda Harus 4 Hal yang berkaitan dengan  surat perizinan.

 Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) & Penjelasannya

contoh surat izin usaha perdagangan

dodirullyandapgsd.blogspot.com

Sebagaimana yang disebutkan di atas bahwa surat izin usaha perdagangan (SIUP) merupakan tanda bukti sah dan dapatnya seseorang dan perusahaan atas izin mendirikan usaha. SIUP mempunyai 3 kegunaan:

  1. Alat pengesahan yang di berikan oleh pemerintah, sehingga kegiatan usaha sudah lepas dari  masalah perizinan.
  2. Dengan memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan akan  memperlancar perdagangan ekspor dan impor seseorang atau perusahaan
  3. Menjadi salah satu syarat agar dapat mengikuti kegiatan lelang yang diselenggarakan  pemerintah.

>> Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja 

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Untuk Perdagangan

contoh surat izin tempat usaha

dodirullyandapgsd.blogspot.com

Selain pada Contoh Surat Izin Usaha Dagang, ada juga yang berkaitan sekali dengannya, yaitu Surat Izin Tempat Usaha yang disingkat SITU. Sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Gunanya untuk memperoleh ijin atas pendirian perusahaan atau kantor, sehingga efeknya akan lebih terhindar dari gangguan dari pihak lain dan kerugian yang kadang bisa saja terjadi.

Kedua Surat Izin di atas (lihat contoh surat izin usaha dagang dan tempat) harus dimiliki oleh seorang pengusaha agar terhindar dari berbagai masalah perizinan. Jika anda Sudah memiliki kedua surat tersebut maka anda bisa melihat di data pemerintah, seperti yang akan saya bahas selanjutnya.

Baca juga : contoh surat izin kerja yang baik dan benar

Tanda Daftar Perusahaan

contoh data perusahaan terdaftar

dodirullyandapgsd.blogspot.com

Jika kita mendapatkan 2 surat sebelum ini (Contoh Surat Izin Usaha Dagang dan Tempat) maka kita seharusnya juga mendapatkan surat ini, yaitu Tanda Daftar Perusahaan.  Tanda Daftar Perusahaan disingkat dengan TDP. Sebuah daftar catatan resmi yang dibuat berdasarkan ketentuan undang-undang pelaksanaannya. Surat ini memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat pemerintah. Jadi ,TDP bertujuan untuk mendaftarkan perusahaan agar tercatat dalam dokumen pemerintah.

Baca juga : Contoh Surat izin karena Sakit yang baik dan benar

 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Contoh Nomor Pokok Wajib Pajak untuk Usaha Perdagangan

dodirullyandapgsd.blogspot.com

Salah satu yang berkaitan  dengan Contoh Surat Izin Usaha Dagang adalah Nomor Pokok Wajib Pajak disingkat dengan NPWP. Ia merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. NPWP digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya (wikipedia).

Nah itulah beberapa hal atau Contoh Surat Izin Dagang dan yang berkaitan serta harus diketahui, semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Reply