Definisi Al-Quran & Fungsi-Fungsi Al-Qur`an

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Definisi Al-Quran & Fungsi-Fungsi Al-Qur`an – Bismillahirrahmanirrahim. Untuk pertama kali ini saya akan mulai menulis tentang definisi al-quran sebagaimana yang terdapat dalam kitab para ulama salafussholih. Kemudia akan lanjut membahas tentang fungsi-fungsi al-quran sebagaimana yang tercantum dalam al-quran. Ilmu tentang al-quran ini harus disadari oleh kita, bahwa mengetahui ilmu al-quran adalah wajib.

Sebagaimana yang saya tuliskan bahwa saya akan mencantumkan mulai tentang definisi alquran dan fungsi-fungsinya untuk di tulisan ini. Pada artikel selanjutnya semoga saya bisa menuliskan tentang ilmu seputar alquran , seperti keutamaan-keutamaan alquran, adab membaca al-quran, sebab-sebab bertambahnya iman karena al-quran, rukun qiraah al-quran, dan lain sebagainya.

Nah untuk sekarang ini, kita langsung saja masuk ke pembahasan definisi al-quran dan juga fungsi-fungsi al-quran.

Definisi (Pengertian) Al-Quran Menurut Para Ulama

definisi alquran

@alquran

Banyak sekali ulama yang telah mencantumkan tentang apa itu al-quran. Para menuliskan mulai dari pengertian definisi al-quran secara detail di dalam kitabnya. Itulah kenapa bila kita bahas disini maka sangat panjang pembahasannya. walaupun definisi antar ulama tentang alquran banyak kesamaannya. Agar pembahasan lebih ringkas dan padat maka definisi akan dibagi menjadi dua: definisi alquran secara bahasa dan  definisi alquran menurut para ahli atau ulama.

Definisi Al-quran Secara Bahasa

Untuk mengetahui pengertian al-quran secara bahasa kita perlu menilik kitab para ulama, salah satunya adalah syekh subhi shalih. Sebagaimana yang tertera dalam kitab Pandun Tahsin Tilawah Al-Quran dan Ilmu Tajwid , bahwa syeckh subhi shalih mendefinisikan sebagai berikut:

Al-Quran Berasal dari Kata Qira`ah yang Berarti Bacaaan.

Namun menurut syech Manna` al-qhaththan Alquran secara bahasa berasal dari qora`a yang bermakna pengumpulan dan penggabungan

Definisi Al-quran Secara Global Menurut Kesepakatan Ulama / Para Ahli Agama

Walaupun ada beberapa perbedaan dalam hal definisi secara bahasa di atas, yaitu asal kata al-quran, namun secara global para ulama sepakat dengan perngertian al-quran berikut ini :

كلام الله المنزل على محمد صلى الله عليه و سلم المتعبد بتلاوته

Firman Allah subhanahu wa taala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan membacanya merupakan ibadah.

كلام الله تعالى المعجز المنزل على خاتم الأنبياء و المرسلين سيدنا محمد صلى الله عليه و سلم بواسطة الامين جبريل عليه السلام المكتوب فى المصاحف المنقول الينا بالتواتر المتعبد بتلاوته المبدوء بسورة الفاتحة المختوم بسورة الناس

Kalamullah. sebagai mukjizat, yang diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul, Nabi Muhamad shallallahu alaihi wa sallam dengan perantara Jibril Alihis Salam yang termaktub dalam mushaf-mushaf, yang dinukil sampai kepada kita secara mutawatir. membacanya sebagai ibadah, yang dimulai dari surat Al-Fatihah yang ditutup dengan surah An-Nas.

Ahli Tafsir Sepakat Ada 4 Unsur dalam Al-Quran

Perlu Diperhatikan!!! Bahwa para ulama ahli tafsir sepakat ada 4 unsur yang ada dalam al-quran.

  1. Al-Qur`an adalah kalam Allah subhanahu wa taala. Hal ini diperkuat dengan definisi para ulama tafsir yang memulai definisi tentang al-quran dengan istilah ini.
  2. Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Hal ini menunjukkan bahwa kalam Allah atau wahyu Allah yang diturunka kepada para Nabi dan Rasul Allah yang lain bukanlah Al-quran.
  3. Al-Quran disampaikan melalui perantara malaikat Jibril alaihissalam.
  4. Al-Quran diturunkan dalam bentuk lafaz arab. Hal ini yang membedakan dengan hadits qudsi, karena hadits qudsi maknanya dari Allah sedangkan lafaznya dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Fungsi Fungsi Al-Quran

Leave a Reply