doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu

Doa Sebelum & Setelah Wudhu [Shahih & Mudah Dihafal]

Bismillah, pada kali ini saya akan membahas tentang doa apa yang hendaknya dibaca sebelum dan sesudah wudhu. Sebagaimana yang kita ketahui semuanya, wudhu merupakan hal yang harus kita lakukan sebelum sholat. Namun boleh juga berwudhu untuk yang lain, seperti untuk membaca al-qur`an, setiap kali setelah hadats kecil dan lain sebagainya.

Wudhu mempunyai banyak hal, yaitu hal yang harus dilakukan pada saat wudhu, sunnah wudhu, adab wudhu dan pembatal wudhu. Nah, pertanyaannya doa sebelum dan setelah wudhu itu termasuk pada bagian yang mana? atau, tidak ada dari nabi? atau bagaimana. . .

Untuk mengetahui lebih lanjut teruskan membacanya ya. . . .

Adakah Doa sebelum Wudhu? atau Bagaimana . . .

doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu

doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu

Selama ini saya belum pernah mendapati tentang doa khusus ketika hendak wudhu (sebelum wudhu). Jika teman-teman sudah mendapatkan doa sebelum wudhu, silahkan tulis di kolom komentar ya. Namun, saya mendapati ada hal yang dihasung untuk dibaca ketika hendak wudhu.

Dengan kata lain, bila ada seorang muslim yang membacanya maka sudah melakukan hal yang dicintai oleh agama Islam.  Apa itu? ya, jawabannya membaca basmallah. Berikut ini kutipan yang menunjukkan mustahab (dicintai) membaca basmalah sebelum wudhu. Kutipan berikut, saya ambilkan langsung dari kitab almuhadzdzab fil fiqhil Imamis Syafii yang berdasarkan riwayat shahih:

Kutipan Riwayat Shahih dari Kitab Al-Muhaddzab

فصل استحباب التسمية على الوضوء ويستحب أن يسمى الله تعالى على الوضوء لما روى أبو هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من توضأ وذكر سم الله تعالى عليه كان طهورا لجميع بدنه فإن نسي التسمية في أولها وذكرها في أثنائها أتى بها حتى لا يخلو الوضوء من سم الله عز وجل وإن تركها عمدا أجزأه لما روى أبو هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من توضأ ولم يذكر سم الله عليه كان طهورا لما مر عليه الماء

Tulisan Latin Kutipan Riwayat & Artinya

faslu istihbabit tasmiyati alal wudhui- wa yustahabbu an yusammiyallaha taala alal wudhui limaa rawa abu hurairata annan nabiyya shallallahu alaihi wa sallama qoola: man tawadhdhoa wa dzakaras mallahi taala alaihi jaan thahuran li jamii badanihi, fain nasiyat tasmiyatu fi awwaliha wa dzakaraha fi asna`iha ataa biha hatta laa yakhlu al-wudhu`u min sammillaha azza wa jalla, wa in tarakaha amda ajzaahu lima rawa abu hurairata radhiyallahu anhu annan nabiya shallallahu alaihi wa sallama qoola, “man tawadhoa wa lam yadzkurismallhi alai kaana thahuron lima marra alaihil ma`u.

Artinya:
Pasal disukainya membaca bismillah sebelum wudhu- dan disukainya seseorang untuk membaca basmalah ketika hendak wudhu, karena ada riwayat dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi (Muhammad) shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “barang siapa yang berwudhu dan menyebut nama Allah (maksudnya: bismillah), maka mensucikan seluruh badannya. Namun jika dia lupa membaca basmallah ketika hendak wudhu, maka hendaknya dia membaca di tengah-tengah wudhunya. Sehingga, wudhunya tidak kosong dari membaca basmallah. Namun bila dia meninggalkannya (tidak membaca basmallah) secara sengaja maka cukup (wudhu tetap sah). Karena, ada riwayat dari Abud Hurairah bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “barangsiapa yang berwudhu dan belum membaca basmallah, maka sucilah karena sudah teraliri oleh air.

So, sudah tahukan? apa yang hendak dibaca ketika hendak berwudhu. Membaca bismillah sebelum wudhu merupakan hal yang dicintai. Selain itu, tergolong adab berwudhu yang sesuai sunnah dan dalil yang benar.Dengan begitu anda tak perlu ragu-ragu lagu untuk mengamalkannya. Breikut ini ucapannya:

بسم الله/بسم الله الرحمن الرحيم

bismillah / bismillahirrahmanirrahim
Dengan menyebut nama Allah/ Dengan menyebut nama Allah yang Maha pengasih lagi Maha penyayang

Yang kedua, saya akan membahas tentang salah satu adab atau sunnah berwudhu yang lainnya, yaitu doa setelah wudhu. Karena hal ini juga perlu dibahas, walaupun juga ada pembahasan penting dalam wudhu yang lainya yaitu rukun wudhu, sunnah wudhu dan tata cara wudhu serta yang lainnya. Kali ini kita langsung membahas tentang doa setelah wudhu sesuai sunnah yang benar.

Adakah Doa Setelah Wudhu yang Shahih?

Kita sering melaksanakan wudhu. Karena, sebelum shalat kita diperintahkan untuk dalam keadaan suci. Sedangkan hal yang mensucikan dari hadats kecil adalah wudhu, adapun hadasts besar disucikan dengan mandi junud atau lebih dikenal dengan sebutan mandi besar.

Nah, ketika sudah berwudhu apa yang harus kita lakukan menurut sunnah? jawabnya berdo`a. Berdoa sesudah atau setelah wudhu merupakan hal yang dicintai dalam Islam. Oleh karenanya, mengetahui do`a setelah wudhu penting untuk diketahui (seperti anda yang sedang mencari doa setelah wudhu, hehehe).

Untuk kali ini saya akan cantumkan tentang hadits dan fadhilah doa setelah wudhu. Baik yang pajang atau pendek lafalnya. Namun lebih pentingnya yang benar dan mudah dihafal. Karena menghafal dan melaksanakannya berpahala. Beikut ini hadits tentang doa setelah wudhu.

Kutipan Hadits Doa Setelah Wudhu beserta Keutamaannya

فصل في الذكر عقب الوضوء والمستحب لمن فرغ من الوضوء أن يقول أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله لما روى عمر رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من توضأ فأحسن وضوءه ثم قال أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله صادقا من قلبه فتح الله له ثمانية أبواب من الجنة يدخلها من أي باب شاء ويستحب أن يقول أيضا سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك لما روى أبو سعيد الخدري أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من توضأ وقال سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك كتب في رق ثم طبع بطابع فلم يفتح إلى يوم القيامة

Tulisan Latin Kutipan di Atas

faslun fidz dzikri uqbal wudhu, wal mustahab liman farogho minal wudhu an yaqula asyhadu anlaa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah wa anna Muhammadan avduhu warasuluh, limaa rawa Umar radhiyallahu anhu annan nabiyya shallallahu alaihi wa sallam qoola, ” man tawadhdhoa fa ahsana wudhuahu, tsumma qoola asyhadu anlaa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah wa anna Muhammadan avduhu warasuluh shodiqon min qolbihi fatahallahu lahu tsamaniyata abawabin minal jannah yadhuluha min ayyi babin sya`a. wa yustahabbu an yaquula aidhon subhankallahumma wa bihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik, kutiba fi raqqin tsumma tubi’a bi thobiin falam  yuftah ila yaumil qiyamah.

Terjemah Kutipan di atas

pasal dzikir setelah wudhu, dan disukainya orang yang setelah wudhu membaca  asyhadu anlaa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah wa anna Muhammadan avduhu warasuluh, karena telah diriwayatkan oleh Umar ra. bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam barang siapa yang berwudhul dan membaguskan wudhunya kemudian membaca asyhadu anlaa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah wa anna Muhammadan avduhu warasuluh  dengan penuh kesungguhan dari hati, maka Allah bukakan baginya 8 pintu surga yang bisa ia masuk sesuai pintu yang diinginkannya. dan disukai juga untuk membaca subhankallahumma wa bihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik maka ditulis dalam lebarang kemudian disegel dan tidak dibuka hingga hari kiamat.

Dari kutipan di atas maka sangat jelas bahwa ada sunnahnya doa setelah wudhu, bahkan ada fadhilah bagi para pembacanya.  Terus, mana lafal doanya? Berikut ini akan saya kutipkan doa yang hendak dibaca setelah wudhu:

Ringkasan Lafal Doa Setelah Wudhu

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله

asyhadu anlaa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah wa anna Muhammadan avduhu warasuluh

Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu baginya dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Itulah doa setelah wudhu yang pendek namun mempunyai fadhilah dan keutamaan yang sangat besar. Selain itu anda bisa membaca doa berikut:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك

subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu anla ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika

Maha suci engkau ya Allah, dan dengan memujimu aku berskasi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Jika mau lebih panjang maka boleh untuk menggabung dua doa diatas. Dan masih banyak doa setelah wudhu yang lain seperti:

doa setelah wudhu

doa setelah wudhu

Kesimpulan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Kesimpulannya adalah sebelum wudhu hanya mengucapkan bismillah, sedangkan doa setelah wudhu bisa memilih doa yang pendek. Dengan kata lain, hanya membaca salah satu doa di atas. Namun jika ingin membaca doa setelah wudhu yang panjang, maka hendaknya menggabungkan kedua doa di atas yaitu :asyhadu anlaa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah wa anna Muhammadan avduhu warasuluh, subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu anla ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

Membaca basmallah sebelum wudhu dan doa setelah wudhu bikin kamu dapat pahala yang besar! Maka lakukanlah. Cukup sekian pembahasan tentang doa sebelum dan sesudah wudhu untuk kali ini, jika ada masukkan silahkan komentar. Jika bermnfaat share ke teman anda.

Leave a Reply