Islamic Center Bekasi : Sejarah, Biaya, Lokasi, Gedung dan Alamat

Islamic Center Bekasi – Sebagaimana kita ketahui bahwa pengertian islamic center adalah pusat keislaman. Yang mana di dalam bahasa arab dikenal dengan sebuatan Al-Markaz Al Islami. Sebutah Islam center pertama kali muncul di Amerika karena mulai banyaknya orang orang islam di amerika, baik pendatang atau pun penduduk yang memeluk Islam.

Di Islamic center biasanya diisi kegiatan syiar agama Islam. Seperti misalnya kajian, ceramah dan lain sebagainya. Nah Islamic center di Indonesia sudah ada di berbagai kota kota Besar, seperti Kota Bekasi dan Jakarta.

Sejarah Islamic Center Bekasi

islamic center bekasi

Jika kita menilik bagaimana sejarah islamic center bekasi , maka tentu akan berkaitan dengan Pahlawan Nasional Asal Bekasi , yaitu KH Nur Ali. Waktu itu islamic centre bekasi dibangun ketika lokasi tersebut masih dari bagian daerah kabupaten Bekasi. Namun saat ini lokasi islamic centre bekasi menjadi bagian Kota Bekasi.

Awal mulanya yang menggagas berdirinya islamic centre bekasi adalah KH. Nur Ali. Ketika itu beliau menyampaikan kepada H. Suko Martono, Bupati Bekasi saat itu. Kurang lebihnya begini perkataanya :

Saudara bupati, kita belum punya sesuati seperti islamic centre. Mumpung saudara menjadi bupati, maka coba fikirkan bagaimana cara mewujudkannya.

Nah perkataan KH. Nur Ali ini disambut dengan sangat baik oleh para Ulama dan juga tokoh Masyarakat, Anggota DPR hingga MUI Bekasi.

Pada tanggal 10 Julin 1990, keluarlah surat keputusan bupati untuk didirakan islamic centre secara resmi. Maka dibentuklah tim kepanitiaan mulai dari penasehat, pengurus, pelindung dan lain sebagainya, sebagaimana berikut:

  • Ketua Umum Harian, H. Roesmin (Ketua DPRD),
  • Ketua I  Drs. H. Dede Satibi (Sekwilda),
  • Ketua II H. Saady Muchsin (tokoh masyarakat),
  • Ketua III dr. H. SubkiAbdul Kadir (Cendekiawan/Ulama) 
  • Ketua IV H. Abdul Manan (Ketua DPD Golkar). 

Rekomendasi Layanan : Jasa Renovasi Rumah Murah di Bekasi yang Terpercaya. Dapatkan harga renovasi terjangkau degan hasil yang bergaransi.

Biaya Pembangunan Islamic Centre Kota Bekasi

Adapun biaya pembangunan islamic center kota Bekasi dibebankan kepada APBD Bekasi Tingkat II. Sebagaimana yang tercantum dalam SK Bupati Bekasi Pada tanggal 10 Juli 1990 berikut:

“Segala biaya yang diakibatkan oleh penetapan surat keputusan ini dibebankan kepada usaha swadaya panitia dan bantuan dari APBD Tingkat II Bekasi.”

Selain itu, juga terdapat beberapa dana yang diberikan oleh masyarakat seperti sumbangan yang diberikan oleh masyarakat jamaah haji tahun 1990 dan 1991 dengan nilai Rp. 450.000.000,- dan lain sebagainya. Bahkan tercatat bahwa islamic centre berhasil mengumpulkan dana kurang lebih 8.3 milyar rupiah.

Adapun Luas Lahan  islamic centre bekasi adalah 3,6 hektar . Yang kini menjadi bangunan megah dulunya adalah rawa rawa dengan kedalaman 4 meter.

Rekomendasi Untuk Dibaca : Taman Buaya Indonesia Jaya Bekasi . Karena merupakan termasuk 10 besar taman buaya di asia.

Fasilitas Bangunan di Islamic Center Bekasi

Islamic centre bekasi ini mempunyai banyak bangunan dengan berbagai macam fungsinya.  Bangunan bangunan tersebut dapat dimanfaatkan secara gratis dan juga berbayar. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Masjid Nurul Islam dengan Luas 860 m2. Luas Masjid tersebut dapat menampung 900 jamaah.
  2. Gedung Aula KH. Nur Ali dengan luas 1330 m2 dibangun 2 lantai. Tempat ini dapat menampung 1.100 orang.
  3. Gedung Asrama. Terdiri dari dua, yaitu asrama A (Arafah) dan B (Mina). Luas asrama arafah kurang lebih 19.71 m2, sedangkan asrama Mina 954 m2.
  4. Gedung Perpustakaan Darul Ulum. Dibangun 2 lantai dengan luas 620 m2. Tentunya sudah dilengkapi lemari buku, ruang baca dan lain sebagainya.
  5. Ruang Makan. Ruangan ini mempunyai luas 1.675 m2 yang sudah dilengkapi meja dan kursi.
  6. Kantor Departemen Agama kota Bekasi.
  7. Gedung Muka yang mempunyai luas 1.548 m2 dibangun 2 lantai. Lantai atas digunakan kantor sekertariat, ruang pertemuan multazam, MUI, Baznas dll.

Alamat Islamic Center di Bekasi

Alamat : Jl. Jend. Achmad Yani No.22, RT.005/RW.002, Marga Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141

Begitulah ulasan tentang profil islamic center bekasi dari mulai sejarah hingga bangunan gedung dan alamatnya, semoga bermanfaat terimakasih.

Tinggalkan komentar