Jenis dam bibit jambu biji yang enak

Jenis dan Bibit Jambu Biji yang Enak, Paling Banyak Diminati serta Berkualitas

Jenis dan Bibit Jambu Biji – Jambu adalah salah satu buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Memiliki banyak khasiat serta harganya yang murah menjadikan buah jambu semakin banyak dicari. Tapi dari sekian banyak jambu terdapat beberapa jenis dan bibit jambu yang paling banyak diminati serta berkualitas yang anda harus tahu sekarang juga.

Secara umum buah jambu terdiri dari dua jenis yaitu jenis jambu batu atau yang biasa dikenal dengan nama jambu biji dan juga buah jambu air. Perbedaan keduanya cukup mudah terlihat dari penampilannya.

Buah jambu biji biasanya berbentuk bulat dengan banyak biji dibagian dalamnya. Sedangkan buah jambu air adalah jenis jambu yang memiliki banyak kandungan air yang sangat menyegarkan jika dinikmati pada saat musim kemarau.

Dan jika anda berminat untuk mulai budidaya tanaman jambu ini, berikut jenis dan bibit jambu yang paling banyak diminati serta berkualitas yang harus anda ketahui:

Jenis – jenis Jambu Biji yang Enak

Jenis dam bibit jambu biji yang enak

Jenis dam bibit jambu biji yang enak

Jenis dan bibit jambu yang paling banyak diminati serta berkualitas yang pertama adalah jambu biji. Jambu biji adalah salah satu jenis jambu yang banyak dicari karena mengandung banyak mineral dan vitamin juga memiliki banyak manfaat lagi yang akan dapatkan dari jambu biji ini.

Selain mengandung banyak mineral, banyak juga orang mencari jambu biji karena terbukti ampuh sebagai penambah daya tahan tubuh, anti tumor, anti inflamasi, serta mencegah kanker datang. Dan beberapa jenis jambu biji yang ada disekitar kita adalah:

  • Jambu Merah

Seperti namanya, jambu merah adalah jenis jambu yang berdaging warna merah dan merupakan jenis jambu yang paling umum ditemui.

Salah satu kelebihan dari jambu merah ini adalah banyaknya kandungan serat yang terkandung. Bahkan satu buah jambu merah bisa memenuhi 12% kebutuhan serat harian tubuh kita.

  • Jambu Kristal

Jambu kristal temasuk jenis jambu biji yang banyak dicari karena memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang renyah seperti buah apel atau pir. Itulah kenapa di beberapa daerah jambu kristal dikenal juga dengan nama jambu apel.

Selain tekstur dan rasa, keunikan lain jambu kristal adalah jumlah biji yang sangat sedikit sehingga anda bisa memakan jambu ini sampai habis karena hampir seluruh bagian jambu bisa dimakan.

  • Jambu Farang

Jambu farang atau yang biasa juga dikenal dengan nama jambu sukun termasuk jenis jambu yang memiliki harga jual yang cukup mahal karena sulitnya membudidaya jambu jenis ini.

Salah satu keunggulan jambu farang dibandingkan jenis jambu biji yang lain adalah ukurannya yang lebih besar dan memiliki rasa yang lebih manis, segar, memiliki kandungan air yang sedikit, dan renyah saat digigit. Keunikan lain yang dimiliki jambu farang ini adalah tidak memiliki biji sehingga anda bisa memakan semua bagian jambu manis ini.

  • Jambu Mutiara

Jambu mutiara biasa dikenal juga dengan nama jambu karawang karena merupakan jenis jambu yang dikembangkan pertama kali di daerah Karawang.

Keunggulan dari jambu mutiara ini adalah rasanya yang manis, renyah, serta memiliki cukup banyak kandungan air. Keunikan dari jambu mutiara ada pada bijinya. Biji jambu mutiara memiliki rasa yang manis, renyah, dan empuk sehingga bisa dimakan.

  • Jambu Mawar

Jambu mawar dikenal dengan nama lain jambu keraton. Dan seperti namanya, jambu mawar memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis jambu lain. Yaitu aromanya yang wangi seperti bunga mawar.

Jambu mawar termasuk jenis jambu yang hampir seluruh bagian buah dan pohonnya dapat digunakan. Buah jambu mawar bisa di konsumsi langsung, daunnya bisa dijadikan minyak atsiri untuk bahan parfum, sedangkan kulit kayu serta biji bisa dimanfaat untuk menjadi obat diare dan demam.

Cek juga Artikel Kami tentang : Jenis Jenis Mangga yang Enak dan Berkualitas

Tips Memilih Bibit Jambu Berkualitas

Jenis dam bibit jambu biji yang enak

Jenis dam bibit jambu biji yang enak

Walaupun terdapat beberapa jenis dan bibit jambu yang paling banyak diminati serta berkualitas namun tetap saja untuk mendapatkan hasil yang baik harus memperhatikan keadaan bibitnya. Bibit yang berkualitas akan menumbuhkan tanaman dan buah yang berkualitas pula. Dan berikut beberapa cara yang bisa dijadikan acuan untuk memilih bibit jambu yang berkualitas tersebut:

  • Warna Bibit Daun Cerah

Cara pertama untuk menentukan bibit yang anda pilih adalah bibit yang berkualitas dan unggulan adalah dengan memperhatikan bagian daunnya.

Pastikan bagian daun tidak ada yang tergigit ulat atau kering bahkan keriting.  Daun dari bibit yang berkualitas harus berwarna hijau cerah karena itu menandakan bibit yang anda pilih adalah bibit yang sehat.

  • Kondisi Batang Lurus dan Tegak

Setelah melakukan pengecekan pada bagian daun, pengecekan selanjutnya beralih kepada batang dari bibit. Pastikan batang dari bibit pohon jambu yang anda pilih tegak lurus keatas atau kebawah tanpa adanya lengkungan.

Pastikan juga pada batang jambu yang anda pilih tidak ada bekas sambungan ataupun tidak memiliki bekas jamur. Tanaman yang memiliki bekas sambungan bisa saja merupakan bibit uji coba yang baru saja melewati tahap vegetatif buatan dengan cara menempel agar menghasilkan tanaman yang berkualitas baik. Artinya, bibit ini awalnya bukanlah bibit unggulan.

Bekas jamur mengindikasikan bahwa bibit tanaman yang anda pilih sangat rentan terkena penyakit sehingga harus anda keluarkan dari list karena itu bukanlah bibit yang berkualitas.

Kondisi batang dari bibit tanaman yang berkualitas adalah tumbuh secara proporsional dengan ciri-ciri memiliki batang utama yang tegak lurus serta tidak melengkung. Perhatikan pula bagian ujung ranting yang seharusnya menguncup karena itu mengindikasikan adanya pertumbuhan dari bibit tersebut.

  • Ujung Akar Berwarna Putih

Akar adalah bagian yang sering terlewatkan pada saat memilih bibit tanaman termasuk bibit jambu. Padahal akar adalah bagian terpenting dari setiap tanaman karena jika akarnya sehat maka seluruh bagian tanaman akan sehat pula.

Salah satu cara untuk melihat pertumbuhan akar adalah dengan memperhatikan polybag tempat bibit ditanam. Jika akar bibit sudah mencuat keluar dari polybag dan berwarna putih itu tandanya akar sehat dan tumbuh dengan baik.

Tapi bagaimana jika akar berada didalam polybag? Mungkin ada baiknya anda membongkar tanah yang ada di polybag untuk memastikan bahwa akar bibit tumbuh dengan baik dan berwarna putih.

Akar yang berwarna putih menandakan akar tersebut sehat dengan petumbuhan yang baik berbeda dengan akar yang berwarna hitam.

Leave a Reply