Macam-macam Kue Khas Makassar Beserta Gambarnya

Macam-macam Kue Khas Makassar Beserta Gambarnya

Hi, Teman-teman sekarang kita bertemu lagi di web ini. Kali Ini saya akan membahas kue khas Makassar yang bisa teman nikmati ketika berkunjung ke kota Makassar untuk berlibur atau pun acara kantor. Dengan menikmatinya kamu akan tahu bagaimana kue makassar ini. Saat ini, kue khas makassar ini sudah mengembangkan sayap di jakarta dan lain sebagainya. Cukup banyak artis yang suka dengan roti dari kota ini.

Kue kota makassar bisa dibilang cukup tahan lama atau bisa dikatakan tidak cepat basi. Nah, jika anda kebetulan berkunjung atau mau memesan lewat online, maka sangat memungkinkan untuk membelinya dan menjadikannya oleh-oleh untuk sanak kerabat yang berada di rumah.

Banyak orang yang sangat suka dengan roti atau kue makassar. Bagi para pebisnis, hal dipandang sebagai peluang besar untuk dijadikan lahan atau sumber pemasukan. Sekarang pun sudah sangat banyak yang membisniskan kue makassar ini, salah satunya adalah artis yang bernama irfan hakim. Sebagaimana yang disebutkan oleh tribun bahwa Makassar Baklave milik aktor Irfan Hakim. Oke Kalau gitu apa kue khas makassar itu? Berikut ini jawabannya:

5 Macam Kue Khas Makassar Enak dan Lezat

Kue Barongko

kue khas makassar
Input Rakyat

Kue Burongko merupakan makanan khas suku Bugis, tepatnya Makassar Sulawesi Selatan. Bahan pokok kue barongko dari pisang kepok dan juga pisang raja yang dihaluskan. Selain itu, ada bahan yang lainnya yaitu telur ayam kampung, santan kepala, gula pasir, dan garam.

Cara membuatnya, dicampur semuanya dan dibungkus oleh daun pisang muda. Setelah itu, adonan yang dibungkus di kukus atau dimasak hingga sampai matang. Simple.

Kue barongko khas makassar ini serupa dengan kue nagasari yang berasal dari jawa. Hanya saja, kue ini mempunyai warna lebih putih dan beraroma lebih harum. Tekstur kue ini bisa dibilang lebih lembut bila dibandingkan dengan kue nagasari. Kue ini diakui bisa menambah stamina dan sangat baik untuk sistem penceranaan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Makassar yang Enak dan Tahan Lama

Kue Sikaporo

kue khas makassar
travelingyuk.com

Kue sikaporo adalah salah satu kue yang berasal dari bugis. Banyak minat dengan kue ini, walaupun tidak terlalu populer. Selain bentuknya yang menawan, kue ini memiliki rasa yang enak. Jika anda mengenal kue ini rasanya anda akan segera mencicipinya.

Cara membuat kue khas makassar ini sangat mudah dan sederhana. Membuat kue ini kurang lebih sama dengan jenis kue-kue pada umumnya. Bentuk kue ini unik, mirip sekali dengan puding. Dengan begitu sangat cocok sekali jika kue yang satu ini membersamai acara anda.

Kue Biji Nangka

kue khas makassar
Sajian Sedap – Grid.ID

Kue biji nangka merupakan kue khas Nusantara, daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Kenapa kue ini bernama kue biji nangka? Karena bentuknya seperti biji nangka. Bahan dasar kue ini adalah kentang rebus. Rasanya : manis dan gurih.

Teman akan mendapati kue ini dalam acara adat Bugis, seperti pernikahan. Orang Bugis sangat suka bila kue atau makanan ini disajikan dalam keadaan dingin. Tak perlu susah bila anda memerlukan makanan ini, karena bisa memesannya di salah satu catering makassar.

Bannang Bannang

kue khas makassar
travellingyuk.com

Bannang-bannang adalah salah satu makanan yang berasal dari Sulawesi Selatan. Teman bisa menyebutnya makanan atatu kue khas Makassar. Makanan ini disebut oleh orang Makassar dengan sebutan bannang-bannang, Adapun orang Bugis dalam bahasanya menjuluki dengan sebutan nennu’-nennu’.

Bahan dasar kue ini adalah dari tepung beras dan gula merah . Bentuk kue ini seperti benang kusut. Bannang-bannang merupakan kue yang digemari dan selalu menjadi salah satu menu yang harus ada di dalam lamaran hingga pernikahan.

Baca juga: Minuman Khas Makassar yang Harus Kamu Ketahui

kue khas makassar dari pisang

 Pisang Epe

kue khas makassar
123RF.com

Pisang epe merupakan camilan khas makassar. Camilan dibuat dengan cara pisang dipipihkan dan dibakar. Setelah itu, pisang yang sudah dibakar disajikan dengan saus gula merah cair. Manis dan legit! Camilan ini sangat lezat bila dimakan di pantai dengan melihat pemandangan.

Pisang Peppe

kue khas makassar
Dapoer Yuyu

Pisang peppe merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari pisang yang belum matang. Proses penyajiannya membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus menempuh beberapa tahap. Walaupun begitu rasanya enak lho, coba ya.

Itulah beberapa makanan dan kue khas makassar yang harus anda cicipi. Walaupun sederhana, namuan memiliki rasa yang mantap. Cukup sekian semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan komentar