kue khas semarang

Kue Khas Semarang yang Tidak Ada Duanya Hanya Disini

Halo sobat, kita berjumpa lagi disini. Kali ini saya akan membahas tentang kue khas semarang yang bisa dibawa pulang kampung. Jika pulang kampung itu sifatnya tahunan maka lebih tepatnya untuk oleh ke kampung halaman atau ke rumah sanak saudara.

Pada asalnya, oleh-oleh itu tidak harus berupa roti, dengan kata lain sesuatu yang bermanfaat pun itu bisa jadi oleh-oleh, misalnya: sarung, baju koko, gamis, dan kenang-kenangan lainnya. Namun, karena memang seringnya orang membawakan oleh-oleh itu berupa makanan, maka saya akan membahas tentang makanan.

Lebih sempitnya lagi, saya akan fokus membahas tentang makanan yang berupa kue. Lebih fokus dan tepatnya, membahas tentang kue khas semarang. Jika anda kebetulan berkunjung di kota semarang maka anda menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

8 Roti dan Kue Khas Semarang yang Layak untuk Oleh-oleh

travellingyuk.com

Sebagaimana saya sudah sebutkan tadi bahwa oleh-oleh itu bisa berupa apa saja, yang penting bermanfaat dan menggembirakan. Namun di sini saya akan sebutkan tentang kue khas semarang yang sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh.

Sudah Ingin tahu ?

Sebelum masuk dalam pembahasan, jangan lupa untuk diingat-ingat ya. Jika terasa cocok dan bagus, maka jangan lupa kasih tahu ke teman-teman ya. Agar mereka juga tahu tentang kue khas semarang apa saja yang dapat dibawa untuk dijadikan oleh-oleh.

Roti Ganjel Rel


idntimes.com

Jika anda orang Jawa, dengan mengetahui nama ini, mungkin anda akan merasa penasaran. Seperti apa bentuk roti ini ? dan bagaimana rasa roti ? Sebab, kata Ganjel dalam bahasa jawa berarti pengganjal. Apa lagi ada kata “rel” nya segala. Unik sekali namanya.

Roti ganjel sekilasa mempunyai kemiripan dengan onde-onde. Karena keduanya bertabur biji wijen. Namun jika dilihat dari bentuk dan rasa tentunya bedanya bagaikan sapi dan ayam, alias beda banget.

Roti ganjel rel mempunyai bentuk dan cita rasa sebagai berikut: kotak panjang, lembut dan citarasa legit dan manis dengan aroma khas. Sebab salah satu bahannya adalah coklat dan gula jawa. Selain menggunakan coklat dan gula jawa, roti ini mempunyai aroma unik. Hal ini diperoleh dari kombinasi beragam rempah seperti cengkeh, kayu manis dan kembang lawang.

Ukuran roti ganjel ini berbeda-beda. Untuk ukuran 10×30 cm dijual dengan harga Rp 24.000. Untuk ukuran 24×24 cm dijual dengan harga Rp 37.000.

Baca Juga Artikel Kami : Makanan Khas Semarang

Brownies Opium


Omiyago

Jika dilihat dari namanya, agak gimana rasanya gitu? Seperti naman ganja ya. Tapi tidak begitu juga kali. Brownies ini bukan makanan rasa ganja (opium). Tapi, Opium Premium Brownies & Chocolate merupakan nama toko kue brownies premium yang terkenal di kota Semarang.

Kue ini memang bikin orang ketagihan dan kecanduan. Karena kue ini memiliki rasa yang lezat dan nyoklat bangeeet. Sesuai dengan namanya premium. Anda bisa menemukan roti ini di Jalan Jati Raya No. F-12 C, Banyumanik atau di Jalan Erlangga Barat 7 No. 6 Semarang.

Harga kue ini cukup bervariasi sesuai dengan rasanya. Tapi kurang lebih harganya berkisar Rp. 25.000,- sampai Rp. 40.000,-.

Jika Anda Ingin Pesan Lewat Catering, Gunakan Jasa Catering Semarang Kami

Wingko Babat

cookpad.com

Wingko babat merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Wingko babat terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Biasanya, wingko babat bundar dan disajikan dalam keadaan hangat.

Wingko babat lebih identik menjadi makanan khas semarang. Hal ini karena banyak orang yang mengira seperti itu. Namun pada asalnya, wingko babat berasa dari daerah babat. Babat merupakan daerah kecil yang berada di Lamongan Jawa Timur. Lebih tepatnya, babat merupakan titik persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya.

Untuk saat ini, wingko merupakan makanan yang terkenal di Babat dan Semarang. Anda bisa menemukan wingko di stasiun kereta, terminal bus dan pusat oleh-oleh.

Lontong Spekkoek Waiki


twitter.com

Para traveller sangat suka dengan kue khas semarang ini. Namanya kue Lontong Spekkoek Waiki. Selain rasanya yang manis dan lezat, kue jajanan ini dijual dengan harga terjangkau, yaitu sekitar 18.000. Salah satu yang menjual kue khas semarang ini berada di Jl Senjoyo 2 No. 1.

Mochi / Moaci Gemini


BLANJA.com

Setelah Anda berkeliling tempat wisata di Semarang, sekarang saatnya anda mencari oleh-oleh Semarang sebelum meninggalkan kota ini. Kota Semarang menyajikan banyak kue untuk dibawa pulang ke rumah, salah satunya Kue Moaci Gemini.

Bentuk kue khas semarang yang satu ini bulat kecil, lembut di luar dan ada kejutan gurih, renyah dan legit dari dalam. Lapisan luar kue khas semarang ini terbuat dari tepung ketan, sedangkan bagian dalamnya terdapat filling yang terbuat dari kacang dan gula karamel.

Jika anda ingin membeli kue ini, anda bisa membeli di toko yang berlokasi di Jl. Kentangan Barat No. 101, Semarang.

Baca Juga artikel tentang Sejarah Lumpia Semarang

Roti Brillian


Omiyago

Roti brilian kini menjadi kue khas semarang yang digemari masyarakat untuk dijadikan oleh-oleh. Kue atau roti ini tahan hingga 60 hari padahal tanpa bahan pengawet. Rahasianya, adalah karena roti ini divakum.

Roti brilian dengan lapisan cokelat dan tekstur yang cukup padat membikin rasanya makin menggiurkan. Ada beberapa rasa pilihan dari roti brilian, yaitu coklat, keju, kismis, almond, dan cappuccino. Semua roti ini dilapisi dengan cokelat.

Kue Sarang Madu

Dari namanya saja, kita sudah berpikiran bentuk kue ini seperti sarang. Iya betul sekali. Memang kue khas semarang ini mirip sekali dengan sarang.

Kue khas semarang ini terbuat  dari tepung beras dan santan yang dibentuk mirip dengan sarang burung, lalu digoreng. Setelah itu, bagian dalam kue ini diberi lelehan gula, sehingga seperti madu didalam sarang burung. Karena itulah kue ini dinamakan dengan kue sarang madu.

Tumpi

youtube

Kue Tumpi Silung merupakan kue khas semarang yang mirip sekali dengan martabak manis, hanya saja kulit kue ini lebih tipis dan bentuknya lebih kecil. Sebagaimana gambar yang diambil dari youtube. Rasa kue khas semarang yang satu gurih manis. Sebab dipadukan antara gula dengan kuah santan yang gurih.

Warna Kue Tumpi Silung  adalah hijau alami, sebab dikasih daun suji yang telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Nah, itulah beberapa kue khas semarang yang bisa saya jelaskan di sini, mudah-mudah artikel ini bisa bermanfaat, sampai jumpa kembali. terimakasih.

Leave a Reply