sejarah dan cara masak lumpia semarang

Hanya Di Sini Kamu Tahu tentang Lumpia Semarang yang Terkenal Secara Lengkap

Sebagaimana kita ketahui bahwa lumpia semarang sangat terkenal. Mungkin bisa dibilang seperti anak sendiri bagi orang semarang, dan untuk wilayah sekitarnya mengenal lumpia merupakan anak tetangganya. Masyarakat kenal sekali.

Terkadang pengetahuan kita tentang sesuatu itu tidak terlalu lengkap, walaupun sudah banyak tahunya. Nah, apakah nasib kamu kepada lumpia semarang seperti itu? Saya kira anda sudah cukup tahu tentang lumpia, oleh karena itu izinkan saya untuk mengulasnya sedikit untuk menambah wawasan saya secara khusus, dan untuk orang lain secara umum.

Sejarah Asal Usul Lumpia

lumpia semarang
Fimela.com

Lumpia identik sekali dengan kota semarang, namun ada yang bilang lumpia asalnya bukan dari Indoneisa, apakah betul ? Berikut ini jawabannya.

Lumpia hadir pertama kalinya pada abad ke 19. Kedatanganny a di Semarang semua berawal dari Tjoa Thay Joe yang lahir di Fujian. Dia merupakan orang tionghoa yang memutuskan untuk datang dan menetap di Semarang.

Ketika datang di Semarang, dia bertujuan untuk membuka bisnis makanan khas Tiong Hoa yang berupa makanan pelengkap yang diisi dengan daging dan rebug. Namun karena dia tinggal di Jawa, maka dia memadukan antara budaya asli dengan budaya jawa. Dengan begitu menghasilkan makanan yang mempunyai ciri khas tersendiri yang terdapat didalam cita rasa lumpia semarang sekarang ini.

Setelah tiba dan menetap di Semarang, Tjoa Thay Joe bertemu dengan Mbak Wasih asli orang jawa yang kebetulan juga berjualan makanan yang hampir sama dengan beliau. Namun, sesuai dengan adat jawa, lumpia mbak wasih isinya berbeda dengan Tjoa Thay Joe, Mbak Wasih memberi isi lumpianya dengan udang dan kentang.

Seiring berjalannya waktu,mereka saling menemukan cinta di tengah-tengah bisnis menjual lumpia. Keduanya pun memutuskan untuk menikah. Waahh so sweet banget yaa :-). Kemudian, bisnis keduanya pun akhirnya menjadi satu dengan sentuhan yang berbeda. Keduanya mencoba melengkapi kesempurnaan rasa makanan yang dipadu antara budaya Tiong Hoa – Jawa.

Mereka pun menemukannya. Isi lumpia dirubah oleh mereka menjadi ayam atau udang yang dicampur dengan rebung, lalu dibalut dan dibungkus dengan kulit lumpia. Lumpia ini mempunyai keunggulan yang berupa udang dan telurnya yang tidak amis serta rebungnya yang manis. Apalagi kerenyahan kulit lumpia ketika pertama kali digigit. Kreess….

Akhirnya, Keduanya memutuskan untuk melebarkan sayap bisnis jualan lumpianya. Keduanya pun berjualan di Olympia Park dan pasar malam Belanda. Dan dari sana lah kita mengenalnya hingga kini dengan sebutan lumpia. Inilah sejarah lumpia semarang yang saya ambilkan dari “jagoan resep”.

Baca Juga : Makanan Khas Semarang yang Lezat dan Mantap

Ada Berapa Jenis Lumpia Semarang Itu?

sejarah dan cara masak lumpia semarang
SlideGossip

Lumpia merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat khususnya masyarakat Semarang. Makanan ini biasanya digunakan untuk hidangan berbagai acara juga loh. Jajanan ini bisa kamu dapatkan di pinggir jalan kota semarang atau dengan pesan di catering Semarang.

Oh, ya kira-kira ada berapa jenis lumpia sekarang ya? Ternyata pada masa sekarang ini lumpia semarang ini tidak hanya satu atau dua jenis saja loh. Ada lima atau enam jenis lumpia semarang untuk saat ini, sebagaimana yang disebutkan oleh wikipedia.

Apa saja itu ?

Yang pertama adalah aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem) dan Kedua, aliran Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie). Adapun ketiga, aliran Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Tiga aliran ini berasal dari keluarga Siem Gwan Sing & Tjoa Po Nio. Dia adalah menantu dan putri tunggal penemu lumpia semarang, yaitu Tjoa Thay Yoe & Wasih.

Aliran keempat barawal dari sejumlah bekas pegawai lumpia Jalan Pemuda, dan yang kelima berasal dari orang-orang yang mempunyai hobi kuliner membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia yang sudah beredar. (lumpia semarang)

Baca juga : Kue-kue Khas Semarang yang wajib kamu cicipi

Resep Lumpia Semarang

resep Lumpia Semarang
resepmasakan101.blogspot.com

Tentunya dengan rasa yang enak dan harga tak terlalu mahal, itu pastinya mempunyai resepnya, baik dari bahan-bahannya atau cara membuat atau mengolahnya. berikut ini penjelasan singkatnya.

Bahan Bahan untuk Pembuatan Lumpia

  • Bahan Kulit dan Isi :
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir putih telur
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 500 ml air dingin / air es
  • 500 gram rebung (potong korek api)
  • 250 gram ayam (cincang & buang tulang)
  • secukupnya jamur kuping
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 lembar daun bawang
  • 1 sendok makan lada bubuk
  • 1 sachet royco ayam
  • 1 sendok teh garam
  • Bahan Saos cocolan :
  • 2 siung bawang putih
  • Cabe rawit merah kecil
  • 1 bungkul gula merah
  • secukupnya Garam
  • 2 sendok makanmaizena

Langkah-langkah Cara Mengolahnya

  1. Pertama-tama kita membuat kulitnya dulu. Campurkan semua bahan kulit yang sudah saya sebutkan di atas & aduk ratas. Usahakan tekstur adonan jangan terlalu kental atau terlalu encer agar kulit menjadi renyah ketika sudah masak.
  2. Siapkan media, yaitu dengan memanaskan teflon lalu oleskan adonan ke teflon hingga rata. Anda bisa menggunakan kuas sedang agar lebih mudah. Lakukan hingga adonan habis, lalu sisihkan
  3. Kemudian, tumis bawang merah & bawang putih hingga mengeluarkan bau harum, lalu masukkan ayam, rebung & jamur kuping. Masak isis ini hingga setengah matang, lalu tambahkan irisan daun bawang,masak hingga matang,dan biarkan dingin.  
  4. Lalu ambil selembar kulit lumpia dan isilah dengan bahan isian tadi, lalu gulung dengan bentuk amplop. Jangan lupa setelah itu olesi pinggiran kulit dengan putih telur /sisa adonan. Lalu gorenglah dengan minyak panas,usahakan gunakan api sedang supaya hasilnya cantik.Tiriskan..  
  5. Lalu buatlah saos cocolan, caranya begini. Haluskan bawang putih & cabe rawit. Setelah itu, tumis sebentar hingga harum. Jika sudah berbau harum tambahkan air lalu gula merah, aduk hingga mendidih. Masukkan penyedap & garam. Lalu cicipin untuk mengkoreksi rasa, jika sudah sesuai,masukkan larutan maizena aduk lagi hingga kental & meletup letup. saos cocol siap di gunakan.  

Inilah salah satu resep yang tercantum di cookpad.

Itulah beberapa ulasan tentang lumpia semarang yang bisa Anda tiru jika ingin membuatnya sendiri di rumah. Jika anda tidak ada waktu dan kebetulan ada acara hajatan anda bisa memesan paket makan dan lumpia semarang di : catering semarang. Cukup sekian, terimakasih. By: Admin Genjo.

Leave a Reply