macam-macam dekorasi pernikahan

9 Ulasan Lengkap Dari Macam-macam Dekorasi Pernikahan Berkonsep Modern

Dalam melaksanakan resepsi pernikahan, sebenarnya Anda bisa memilih menggunakan konsep adat tradisional atau pun modern. Tetapi, macam-macam dekorasi pernikahan berkonsep modern kini telah menjadi favorit di kalangan pengantin.

Alasannya adalah karena dekorasi pernikahan ini sifatnya lebih simple dan juga universal. Konsep modern ini sangat cocok untuk digunakan oleh Anda yang tidak ingin direpotkan dengan berbagai upacara adat pernikahan tradisional.

Terdapat banyak variasi dekorasi pernikahan modern yang dapat Anda pilih untuk membuat tamu undangan terkesan dengan acara resepsi. Kemudian, melalui penggunaan konsep modern ini, Anda juga lebih leluasa untuk menyalurkan kreativitas guna membuat acara semakin menarik.

Opsi Dekorasi Pernikahan Berkonsep Modern yang Bisa Anda Pilih

macam-macam dekorasi pernikahan

the-rustic-ranch.ca

1. Rustic

Salah satu dekorasi pernikahan yang populer di kalangan para pengantin adala Rustic. Alasan tema ini banyak digunakan adalah karena dianggap mampu memunculkan kesan hangat di kalangan tamu undangan saat pesta berlangsung.

Agar kesan Rustic di resepsi pernikahan semakin kuat, Anda bisa mengkombinasikan warna dan elemen dekorasi dari gaya Shabby Chic. Ciri khas utama dari style ini adalah dominasi warna pink serta pastel, motif bunga dan suasana romantis.

Penggunaan gaya Shabby Chic memang sudah cukup untuk menciptakan dekorasi pernikahan yang terkesan Rustic. Namun, sebagai pilihan alternatif, Anda bisa menambahkan nuansa Country dengan perpaduan atribut kayu dan konsep Vintage.

2. Healthy Wedding

Rasanya tidaklah terlalu berlebihan apabila mengatakan bahwa Healthy Wedding merupakan tema dekorasi pernikahan yang inspiratif. Sebab dengan menggunakan tema ini, pesta pernikahan Anda tidak akan menghidangkan makanan manis dan berkolesterol tinggi.

Sebagai gantinya, tamu undangan akan disuguhkan dengan berbagai macam menu sehat seperti jus buah dan sayur mayur. Lebih uniknya lagi, dalam resepsi pernikahan ini Anda bisa menyisipkan aktivitas Yoga pada susunan acara.

Tema ini rasanya cocok bagi Anda yang sudah terbiasa menerapkan pola hidup sehat dan ingin berbagi kepada para tamu. Lalu, agar kesan alami di acara resepsi Anda semakin kuat sebaiknya gunakan setting berupa taman terbuka.

3. Classic Romance

Resepsi pernikahan merupakan acara seremonial yang akan Anda berdua lakukan sekali dalam seumur hidup. Oleh karena itu, dari macam-macam dekorasi pernikahan, Anda harus memilih satu yang terbaik untuk digunakan.

Jenis dekorasi pernikahan yang direkomendasikan untuk Anda adalah Classic Romance. Tema ini menitik beratkan pada pemenuhan ruangan dengan beragam benda-benda bergaya klasik. Selain itu, Anda juga bisa memberikan sentuhan romatis melalui penambahan warna pink dan atribut bunga.

Beberapa orang beranggapan bahwa Classic Romance merupakan dekorasi pernikahan yang formal. Meskipun formal, tema ini tetap sesuai dengan selera tamu undangan yang berasal dari beragam usia. Jadi, ketika Anda memilih dekorasi pernikahan ini, orang tua dan keluarga besar pasti setuju.

Baca Juga: Seserahan Pernikahan yang Layak untuk Diberikan

4. Garden

macam-macam dekorasi pernikahan

donorbox.com

Jika Anda tertarik untuk mengadakan resepsi dengan konsep outdoor, maka dekorasi pernikahan Garden adalah pilihan tepat. Sesuai namanya, setting tempat yang digunakan untuk menggelar acara ini adalah berupa taman.

Namun, kini Anda bisa membawa taman bernuansakan hijau sekaligus romantis yang kental ke dalam lokasi resepsi di ruang tertutup. Dengan demikian, tampilan dan suasana ballroom tempat Anda mengadakan acara ini pun semakin mengagumkan.

5. Vintage

macam-macam dekorasi pernikahan

s9739.pcdn.co

Dekorasi pernikahan yang mengusung tema Vintage umumnya mempunyai cakupan ide cukup luas. Anda bisa leluasa untuk memilih apakah akan menggunakan tema gemerlap tahun 2000-an atau funky gaya khas 80-an.

Pikirkan lagi mengenai style yang cocok dengan selera Anda dan cari sebanyak mungkin hal-hal yang berkaitan. Tujuannya adalah agar tema Vintage di resepsi pernikahan benar-benar membawa Anda dan pasangan bernostalgia ke masa tersebut.

Umumnya, beberapa pengantin banyak mengadaptasi novel atau pun film populer di zamannya guna memperkuat kesan Vintage di resepsinya. Apabila Anda tidak memiliki banyak ide, maka tema ini bisa diterapkan saat pesta pernikahan nanti.

Baca Juga : Persiapan Menikah yang Harus Anda Pertimbangkan

6. Picnic Wedding

Seiring dengan perkembangan zaman, penciptaan tema dekorasi pernikahan pun semakin menarik dan unik. Apabila Anda adalah tipikal individu yang anti mainstream maka pemilihan tema resepsi pernikahan Picnic Wedding tentu sangat direkomendasikan.

Sekilas, tema Picnic Wedding ini terkesan mirip dengan dekorasi pernikahan Garden. Dikarenakan keduanya menggunakan setting tempat berupa taman bernuansa hijau. Tetapi, perbedaan keduanya terletak pada atribut dan ornamen yang melengkapinya.

Atribut dan ornamen utama tema Picnic Wedding adalah bentangan tikar disertai bantal di atasnya. Selain itu, masih ada juga tambahan balon-balon, kembang setaman dan bunting flag berwarna-warni. Kombinasi ini tentu saja akan menciptakan suasana pesta yang terkesan hangat dan santai.

7. Elegant

macam-macam dekorasi pernikahan

3.bp.blogspot.com

Satu dari macam-macam dekorasi pernikahan yang sangat disarankan untuk Anda gunakan saat resepsi adalah Elegant. Karakteristik utama dari tema yang satu ini adalah menciptakan kesan cantik, elegan dan mewah.

Perpaduan ketiga aspek ini tentu akan membuat pesta pernikahan makin terlihat spesial. Supaya kesan Elegant benar-benar terealisasikan dengan sempurna, Anda bisa mengkombinasikan warna-warna halus pada setiap sudut ruangan.

Adapun jenis-jenis warna halus yang bisa Anda gunakan adalah putih, ivory, pastel dan juga nude. Penggunaan warna tersebut merupakan kunci utama ketika Anda memutuskan untuk menggunakan tema Elegant di pesta pernikahan.

Baca Juga: Bagaimana Pernikahan yang Sesuai dengan Tuntunan Islam? Klik Disini

8. Ethnic Or Multicultural

Menciptakan resepsi pernikahan dengan konsep modern bukan berarti Anda harus meninggalkan sepenuhnya tradisi dan budaya. Sebab Anda juga bisa menyisipkan beberapa aspek tersebut dalam pesta pernikahan modern.

Apabila Anda ingin menyertakan tradisi dan budaya ke dalam dekorasi pernikahan modern Anda maka tema Ethnic Or Multicultural tentu sangat cocok. Fokus utama tema ini adalah menggabungkan dua budaya, tradisi dan keluarga dengan konsep modern.

Perpaduan unsur-unsur tersebut tentu saja akan menciptakan suatu kesatuan yang indah. Dekorasi Ethnic Or Multicultural akan semakin berkesan jika pemilihan warnanya adalah emas, merah atau pun hijau.

Kemudian, jangan lupa juga untuk menonjolkan budaya daerah Anda pada tema resepsi ini. Caranya Anda bisa menambahkan dekorasi khas etnik dan mengundang beberapa penari atau entertainer untuk membawakan kesenian daerah.

9. Fun Wedding

macam-macam dekorasi pernikahan

Adelia Salon Muslimah

Dekorasi pernikahan yang satu ini memang tidak mengedepankan kesan romantis pada pesta pernikahan Anda berdua. Ya, tidak ada ratusan bunga yang menghiasi tiap sudut ballroom maupun area terbuka tempat resepsi dilangsungkan.

Sebaliknya, penggunaan tema Fun Wedding akan membuat acara pernikahan Anda jadi terkesan lebih hangat dan kasual. Timbulnya kesan ini dipengaruhi oleh kombinasi warna-warna cerah serta beragam ornamen unik seperti bunga kertas dan kincir angin yang melengkapinya.

Mengadakan pernikahan memang membutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Salah satu aspek yang perlu dipersiapkan adalah mengenai konsep acara dan dekorasi pernikahan. Jika masih belum ada bayangan, macam-macam dekorasi pernikahan di atas mungkin bisa menginspirasi.

Leave a Reply