Pakaian adat Aceh

Macam macam Pakaian Adat Aceh Untuk Pria & Wanita

Pakaian adat Aceh- Di aceh banyak sekali adatnya. Mulai dari tradisi hingga pakaian. Nah, bagi kamu warga Indonesia tidak boleh ketinggalan tentang daerah yang satu ini, aceh. Karena satu warganegaraan dan satu bangsa. Yang mana kita masih satu darah, yaitu darah Indonesia.

Selain itu, kita dijadikan Allah bersuku-suku supaya kita mengetahui. Dengan demikian ketika kita mengetahui banyak adat orang lain itu sangaat bermanfaat buat kita semua. Ingin tahu? Silahkan coba. Belum bisa pergi kesana/ Baca Artikel ini.

Pakaian adat Aceh Meukasah

pakaian adat aceh

nopomawon

Meukasah merupakan salah satu pakaian adat Aceh untuk pria berupa baju yang di tenun dengan menggunakan bahan benang sutra yang berkualitas. Baju Meukasah yang dimiliki masyarakat aceh biasa nya berwarna hitam dimana ada tujuan tersendiri atau maksut yang tersembunyi yaitu masyarakat Aceh mempercayai bahwa makna dari warna hitam untuk baju adat lambang kebesaran.

Pakaian adat aceh meukasah memiliki model pakaian yang tertutup pada bagian kerah dan selain itu juga terdapat sulaman yang di jahit menggunakan benang emas. Hal ini terjadi karena perpaduan antara budaya Aceh dan China yang asal mula nya di bawa oleh para pedagang yang melintas pada jaman dahulu dimana kerajaan – kerajaan di indonesia masih ada dan perdagangan dimana – mana.

Pakaian adat Aceh Sileuweu

Pakaian adat Aceh

ekspektasi

pakaian adat Aceh Sileuweu atau yang disebut juga dengan Cekak Musang dimana celana panjang berwarna hitam yang digunakan khusus untuk laki-laki Aceh. Celana ini terbuat dari bahan kain katun yang di tenun dan memiliki model dimana melebar pada bagian bawah nya. Pada bagian yang melebar di beri hiasan sulaman yang terbuat dari benang emas dengan pola yang indah dan khas.

Dalam pemakaian pakaian adat Aceh sileuweu ini yaitu celana yang dilengkapi dengan kain sarung songket yang terbuat dari kain sutra halus dan lembut dimana alan di ikatkan pada bagian pinggang. Kain sarung yang di pakai pria untuk pakaian adat aceh sileuweu ini biasa di kenal dengan sebutan Ija Lamgugap, Ija krong dan juga Ija Sangket dimana celana ini memiliki model panjang di atas lutut.

Kopyah Meukeutop Khas Aceh

Pakaian adat Aceh

busy.org

Pakaian adat Aceh Meukeutop memilki model pakaian yang dimana penutup kepala untuk melengkapi pakaian adat Aceh. Penutup kepala yang digunakan untuk pakaian adat Aceh pria berupa kopiah yang memiliki bentuk lonjong ke atas. Meukeutop dihiasi dengan aksesoris berupa lilitan yang disebut dengan tengkulok dimana untuk memperindah model atau gaya kopiah laki – laki.

Selain itu, Meukotop yang juga merupakan mahkota laki-laki adat aceh dimana memiliki sejarah yang kuat serta asal usul yang masih lekat dengan nenek moyang jaman dahulu kala. Meukotop ini merupakan sebagai bukti kuatnya pengaruh islam yang berasimilasi dalam kebudayaan masyarakat di Aceh dimana kopiah merupakan pakaian agama yang juga sudah menjadi pakaian adat di aceh.

Rencong Selalu Menjadi Salah Satu Teman Baju Aceh

pakaian adat aceh

kamerabudaya

Pakaian adat Aceh selanjut nya yaitu rencong dimana pakaian ini merupakan senjata tradisional yang sangat khas dari penduduk Aceh. Senjata tradisional yang bernama Rencong atau Siwah ini digunakan sebagai penghias pakaian adat aceh yang diselipkan di bagian pinggang. Senjatarencong memiliki kepala yang terbuat dari emas atau perak dihiasi dengan permata sehingga lebih indah.

Rencong merupakan sebuah belati yang berbentuk seperti huruf L. Selain itu, pakaian adat ini memiliki sejarah tersendiri. Pada jaman dahulu rencong yang memiliki hiasan di pakai oleh para sultan dan pembesar. Berbeda dengan  pakaian rencong yang di pakai untuk rakyat, bagian kepala rencong biasa nya terbuat dari tanduk hewan. Mata belatinya sendiri terbuat dari besi berwarna putih.

Pakaian adat Aceh baju Kurung

pakaian adat aceh

bukalapak

Pakaian adat Aceh selanjut nya yaitu baju kurung dimana pakaian ini khusus untuk wanita yang asal nya gabungan dari kebudayaan Melayu, Arab dan China. Pakaian adat Aceh baju kurung ini memiliki bentuk yang longgar dengan lengan panjang yang menutupi lekuk tubuh wanita. Baju ini juga menutupi bagian pinggul yang merupakan aurat wanita sehingga baju adat aceh ini sangat sopan.

Di bagian pinggang di lilitkan kain songket khas Aceh atau yang biasa disebut juga dengan Ija Krong Sungket. Kain ini menutupi pinggul dan baju bagian bawah yang diikat menggunakan tali pinggang dimana tali ini terbuat dari emas maupun perak. Tali pinggang tersebut di kenal dengan nama taloe ki ieng patah sikureueng memiliki makna bagi masyarakat aceh yaitu tali pinggang patah sembilan.

Celana Cekak Musang asli dari Serambi Mekkah (Aceh)

Pakaian adat Aceh yaitu berupa celana musang dimana hanya di pakai untuk laki-laki. Cekak Musang juga memiliki bentuk melebar pada bagian bawah, namun memiliki warna yang cerah sesuai dengan baju yang dipakai. Celana ini juga dilapisi dengan sarung tenun yang menjuntai sampai ke lutut. Model celana cekak musang yang digunakan sebagai Pakaian adat Aceh ini merupakan yang unik.

Selain itu, di lengkapi dengan aksesoris layak nya wanita yaitu berupa hoasan sulaman benang emas pada pergelangan kaki celana ini yang dimana bertujuan untuk mempercantik tampilan nya. Celana adat ini juga sering digunakan wanita Aceh dalam persembahan tarian tradisional karena model dan pemakaian yang fleksible membuat wanita memilih baju adat ini digunakan untuk tarian tradisional.

Perhiasan

Pakaian adat Aceh selanjut nya yaitu perhiasan yang digunakan untuk melengkapi pakaian adat Aceh bagi wanita beraneka ragam seperti Patam Dhoe yang berbentuk mahkota dimana pada bagian tengah nya di ukir menggunakan motif daun sulur. Mahkota ini terbuat dari emas dengan bagian kanan dan kiri nya memiliki hiasan dengan motif natural seperti pepohonan, daun dan juga bunga.

MotifPerhiasan tersebut biasa disebut juga dengan bungong kalimah yang dikelilingi oleh bunga-bunga dan bulatan – bulatan dimana memiliki makna yang tersimpan di dalam motif tersebut yaitu bermakna kan bahwa wanita tersebut telah menikah dan menjadi tanggung jawab sang suami. Selain itu, terdapat anting – anting yang disebut dengan subang terbuat dari emas dengan motif bulatan.

Pakaian Aceh Gayo

Pakaian adat Aceh selanjut nya yaitu Gayo dimana pakaian khas suku Aceh Gayo memiliki ke khasan tersendiri dengan ke unikan lokal asal aceh, tepat nya pada suku aceh yang mendiami kabupaten Aceh Tengah. Berbeda dengan Linto Baro dan Daro Baro dari aceh barat dimana pakaian adat untuk laki laki disebut Aman Mayok, sedangkan untuk perempuan disebut Ineun Mayok.

Aman Mayok Khas Aceh

Di daerah aceh barat terdapat pakaian adat yang dapat disebut dengan aman mayok , dimana pakaian ini dikhususkan untuk pengantin pria menggunakan Bulang Pengkah yang berguna sebagai tempat untuk menancapkan sunting. Selain itu, menggunakan baju putih, celana, beberapa gelang pada lengan, cincin, tanggang, genit rante, kain sarung, dan Ponok.

Ineun Mayak khas Aceh

Selanjut nya yaitu pakaian adat aceh Ineun Mayok dimana pakaian ini digunakan sebagai pengantin wanita nya yaitu baju, ikat pinggang ketawak dan juga di pasang sarung pawak. Pengantin wanita juga memakai berbagai macam aksesoris untuk menghiasi pakaian adat nya seperti mahkota sunting, cemara, sanggul sempol gampang, lelayang, subang ilang dan anting-anting subang gener.

 

Leave a Reply