makanan khas bekasi sayur gabus pucung

5 Makanan Khas Bekasi yang Bikin Kamu Ketagihan

Kota bekasi tidak jauh dari kota jakarta. Keduanya terkenal sebagai kota besar yang dipenuhi dengan gedung tinggi. Selain itu kemiripan kedua daerah ini sangat kental, walaupun pasti ada perbedaanya. Boleh dibilang 70:90, sehingga perbedaan keduanya tidak terlalu jauh. Walaupun Kota Bekasi sudah mulai banyak gedung tinggi, namun ada cerita tentang asal-usul dan makanan khas kota Bekasi.

Untuk kali ini, saya akan membahas tentang makanan khas Bekasi yang harus kamu ketahui. Semoga dengan tulisan berikut ini saya bisa menebar manfaat dan membantu anda yang sedang mencari tahu tentang makanan khas Belasi.  Berikut ini ulasannya:

1. Sayur Asem ala Kota Bekasi

Nah, salah satu kuliner masakan khas kota bekasi adalah sayur asem. Mungkin anda merasa ini mah sayur ada dimana-mana. Nah, biar berpikir kemana-mana berikt ini sebabnya. Sayur khas Bekasi ini mempunyai rasa yang tersendiri walaupun sama-sama ada di kota lain. 

Trus, Apa perbedaan sayur asam khas bekasi dengan sayur asem kota lain?

Sayur bekasi ini berkuah agak kekuningan dan dicampuri asem. Asem yang ada di sayur asem khas bekasi yang satu ini sangat banyak, jadi rasa asemnya pool (asem banget)  dan seger. Biasanya kuahnya dipadukan dengan sambal pedas super lezat, sehingga rasanya bikin nagih. Wah, bikin nagih!

Cara membuat sayur asem umumnya mirip sama. Anda pasti bisa membuatnya. Untuk mengetahui tentang resep makanan sayur asem yang enak, anda bisa melihat di notepam.com pada pembahasan resep sayur asem. 

2. Bandeng Rorod, Oleh-oleh Wajib dari Bekasi

makanan khas bekasi bandeng rorod
youtube.com

Kota Bekasi juga mempunyai makanan khas seperti makanan khas Semarang. Dengan adanya makanan khas yang satu ini, sepertinya Kota Bekasi boleh bangga. Sebab, Kota Bekasi kini memiliki satu ikon oleh-oleh khas sendiri. Masih kita ingat kalau Jogja mempunyai makakanan khas Bakpia, Semarang mempunyai makanan khas lumpia, Sedangkan Kota Bekasi mempunyai makanan khas bandeng rorod.

Apa itu Bandeng Rorod? Apakah Sama dengan Bandeng Presto?

Bandeng rorod tidak sama dengan bandeng presto. Kalau bandeng presto adalah bandeng yang mempunyai tulang lunak, maka bandeng rorod adalah bandeng yang tanpa duri. Selain itu, Bandeng Rorod dengan olahan yang cermat dan racikan bumbu khusus, semakin makanan khas Bekasi ini menjadi terasa lebih menggiurkan. Mantap bukan?

Nah, bandeng rorod ini sangat layak untuk oleh-oleh kamu ketika pulang kampung, kunjung ke rumah teman dan sanak saudara.Jangan khawatir harganya gak terlalu mahal kok, tapi rasanya bikin kamu ketagihan

Baca Juga: Makanan khas Semarang yang Terlezat

3. Sayur Gabus Pucung

makanan khas bekasi sayur gabus pucung
dentistvschef.wordpress.com

Selain dua makanan khas di atas, kota Bekasi mempunyai makanan khas lainnya. Bahkan makanan khas yang satu ini menjadi kuliner utama Kota Bekasi. Apa itu ? Sayur Gabus Pucung. Hanya orang Bekasi saja bisa membuat sayur ini nikmatnya bukan main.

Sayur ini berisikan ikan gabus yang dimasak dalam kuah bersama dengan kluwek yang super mantap sedapnya. Kalau suruh menceritakan rasanya gak bisa, saking enaknya kali. Mendingan kamu langsung cicipi sendiri ya, bikin kamu ketagihan.

4. Kue Akar Kelapa

Nah, kota Bekasi juga mempunyai kue khas yang bisa kamu bawang pulang. Selain itu, makanan kue ini bisa kamu gunakan sebagai teman perjalanan, oleh-oleh rumah, ataupun cemilan sehari-hari.

Kue akan terasa lebih nikmat jika masih baru dan terasa renyah. Begitu juga roti akar kelapa ini. Dengan rasa gurih dan renyahnya  bisa membuat kamu ketagihan. Sangat tepat sekali jika anda menjadikannya sebagai camilan ataupun teman perjalanan. 

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat yang  Lezat & Harus Kamu Cicipi

5. Kue Rangi, Jajanan Masa Kecil yang Terlupakan

makanan khas bekasi kue rangi
id.tastemade.com

Masyarakat Asli Bekasi sangat kenal sekali dengan kue yang satu ini, yaitu Kue Rangi. Kue kelapa nan lezat khas Betawi yang satu ini sudah semakin sulit ditemukan, bahkan di Bekasi sendiri.

Kue rangi merupakan kue yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji. Setelah diadon antara keduanya, dicetak di dalam cetakan khusus (seperti cetakan kue pukis). Kemudian dibakar sampai matang. Lalu ditaburi gula merah yang dicairkan. Rasanya lembut di mulut. Suwer enak banget.

Nah itulah beberapa makanan khas Bekasi yang harus kamu cicipi. Jika kamu mencicipi makanan tersebut, bisa jadi kamu akan ketagihan. Mantap dech. Cukup sekian ya. semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply