dodol garut, makanan khas jawa barat

21+ Makanan Khas Jawa Barat Yang Harus Kamu Ketahui

Makanan Khas Jawa Barat- Negara Indonesia terdiri dari banyak daerah. Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas. Baik dari Pulau Sumatra, Jawa dan lain sebagainya.  Pada kali ini saya akan membahas tentang makanan khas Jawa Barat. Untuk mengikutinya silahkan baca tulisan di bawah ini.

Makanan Khas Jawa Barat yang Lezat 

Beberapa hari lalu sudah dibahas tentang makanan khas jawa, maka di sini saya akan membahas kurang lebih 20 makanan khas Jawa Barat dari berbagai daerah yang ada disitu. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung menyimak artikel di bawa ini. Selamat membaca. . .  .

Mie Ayam Pelangi

mie ayam pelangi, makanan khas Jawa Barat

kurio.co

Salah satu makanan khas jawa barat yang unik adalah Mie Ayam Pelangi. Namun, makanan khas Jawa Barat ini tidak tersedia di semua daerah Jawa Barat. Makanan khas ini berada di Tasikmalaya. Tepatnya di Jalan HZ Mustofa nomor 362. Keunikannya adalah mie ayam yang mempunyai warna wanri, berbeda dengan mie ayam pada umumnya.

Mie ayam ini sesuai dengan namanya. Mie ayam yang berwarna-warni seperti pelangi. Walaupun berwarna-warni, namun insyaallah makanan ini tetap menyehatkan. Sebab pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan alami yang dibuat dari sayuran. Makanan khas Jawa Barat ini dijual dengan harga normal, berkisar 12-15 ribuan. Sangat lezat bila anda memkananya bersamaan dengan minuman khas jawa barat, mak nyus rasana.

Lotek

lotek, makanan khas Jawa Barat Bandung

ayobandung.com

Makanan khas Jawa Barat ini bisa ditemukan diseluruh daerah Jawa Barat. Jika anda kebetulan berada di Jawa Barat, maka ngenes jika tidak menikmatinya.

Sebelumnya, jika anda pernah tahu tentang gado-gado, maka ketahuilah makanan ini sangat mirip sekali. Sebab, Isi makanan ini adalah berbagai sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambal kacang. Hanya saja, ada perbedaan antara gado-gado dan lotek.  Terkadang lotek ditambahi dengan bakwan, ketupat, dan krupuk.

Selain itu, tingkat kepedasan lotek bisa diatur sesuai dengan pesanannya.

Nasi Lengko

nasi-lengko, makanan khas Jawa Barat

IniBaru.ID

Nasi Lengko dikenal oleh masyarakat dengan sego lengko. Ia merupakan makanan khas Jawa Barat, khususnya daerah yang berada di dekat pantai utara. Misalnya, Cirebon, Brebes, dan Indramayu. Makanan ini sangat sederhana sekali, ia terdiri dari nasi putih, tempe & tahu goreng, mentimun, tauge, daun kucai, bawang goren dan bumbu kacang serta kecap manis.

Selain itu, makanan ini juga biasa disajikan dengan lima atau sepuluh tusuk sate kambing secara terpisah, sehingga sangat menggoda selera anda.

Sega Jamblang

sego jamblang, makanan khas Jawa Barat cirebon

apasih.web.id

Makanan khas Jawa Barat ini bisa anda temukan di Cirebon, khsusnya di daerah Jamblang. Yangpaling mngesangkan pada makanan ini adalah pembungkusnya. Makanan ini dibungkus dengan daun jati. Sehingga, aroma alaminya menempel pada nasi tersebut.

Selain itu, makanan khas Jawa Barat ini bisa dimakan dengan berbagai lauk. Biasanya makanan ini dinikmati dengan sate kentang, telur dadar, bergedel, sambal goreng dan lain sebagainya. Walhasil, makanan ini mempunyai penuh rasa yang bisa membuat anda ketagihan, lho.

Karedok

karedok, makanan khas Jawa Barat

primarasa.co.id

Karedok juga bisa disebut dengan keredok. Makanan ini lebih terkenal dengan makanan khas Sunda daripada makanan khas Jawa Barat. Makanan ini berisi mentimun, tauge, kacang panjang, kol, terong dan kemangi. Sedangkan bumbu perasanya dengan bumbu kacang.

Empal Gentong

empal gentong, makanan khas jawa barat

youtube.com

Empal gentong merupakan makanan khas Jawa Barat, khususnya di Cirebon. Jika anda sedang berada Cirebon maka rasanya kurang sempurna jika belum mencicipi makanan ini. Selama saya di Cirebon, warung empal gentong yang sangat laris dan banyak pengunjungnya adalah empal gentong haji Apud.

Jika anda melihat empal gentong, maka anda mengiranya sepeti gulai. Emapal sendiri berarti daging sedangkan gentong adalah wadah yang digunakan untuk memasak. Jadi, makanan ini berisikan daging dan aneka jeroan sapi yang bumbui dan dimasak dalam gentong.

Selain itu, makanan ini biasanya dihidangkan dengan nasi putih atau lontong.

Batagor

batagor, makanan khas jawa barat

Tribunnews.com

Untuk makanan ini, mungkin sebagian anda tahu tentang makanan ini. Apalagi yang ada di daerah kota. Batagor sendiri merupakan perpaduan antara bakso goreng yang dibuat dari tapioka dan iakn tengiri. Biasanya, batagor juga disajikan dengan kubis, tahu, kentang dan telor.

Selaint itu, sebagai penambah selera makanan ini diberi bumbu kacang sebagai penggugah selera, mantaap.

Baca Juga: 11 Pakaian Adat Jawa yang Sangat Dikagumi dan Jadi Trend Sekarang 

Penyem

Tape-Singkong, peunyeum, makanan khas jawa barat

khasiat.co.id

Penyem merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari singkong. Menurut saya, makanan ini sangat lezat. Ia merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasikan sehingga menghasilkan rasa yang lezat.

 

Bubur Sop

bubur shop, makanan khas Jawa Barat

wisatacirebon.blogspot.com

Jika berwisata di kota Cirebon, maka anda wajib mencicipi makanan khas Jawa Barat ini, yaitu Bubur Sop. Sebenarnya bubur sop ini hampir sama dengan bubur ayam. Makanan ini sangat lezat jika anda menikmatinya ketika masih hangat.

Yang pernah saya coba adalah bubur sop yang berada di samping lampu merah Plumbon, Cirebon pada sore hari. KompasTravel juga pernah mencicipi bubur sop ayam yang ada di kawasan alun-alun Kota Cirebon. Mereka menyatakan perbedaannya ada pada kuahnya, bumbunya lebih kaya kuah bakso tapi dengan kaldu ayam.

 

Mie Koclok

mie-koclok-makanan khas jawa barat

kompasiana.com

Mie koclok merupakan makanan khas Jawa Barat. Makanan kuliner khas ini, tepatnya dari wilayah Cirebon, Jawa Barat. Ternyata, Mie koclok kepanjangan dari “Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay”. Makanan ini diciptakan oleh Pak Edy pada tahun 1945. Sebagai gambaran, mie koclok merupakan mie basah yang dibumbui dengan kuah kaldu ayam yang kental dan olahan bumbu lain. Didalamnya juga terdapat irisan daun bawang, kembang kol, tauge, telur rebus, suwiran ayam dan taburan bawang goreng.

Lapet Kuningan

LAPPET BERAS & LAPPET PULUT, makanan khas jawa barat

bukalapak.com

Lepet Kuningan merupakan sejenis makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampuri dengan kacang, dimasak dengan santan dan dibungkus dengan janur. Dalam bahasa sunda, lepet disebut dengan Leupeut. Masakan ini bisa anda temukan di Jawa maupun Sunda. Makanan khas Jawa Barat ini berbentuk atau mirip dengan lemper dan lontong. Walaupun ada perbedaan di antara mereka.  Perbedaannya adalah dalam hal teksturnya. Teksturnya lebih lengket dan cita rasanya lebih gurih karena dicampur dengan santan dan kacang.

Selain itu, makanan khas Jawa Barat ini juga dikenal dengan nama lepat untuk daerah Sumatera dan Semenanjung Malaya.

Serabi Cirebon

serabi makanan khas jawa barat

aryanirahmadita.blogspot.com

Serabi Cirebon termasuk makanan khas Jawa Barat. Sebagaimana umumnya, serabi Cirebon juga terbuat dari tepung dan bahan lainnya. Namun ada perbedaan yang saya rasakan sendiri, bahwa Serabi Cirebon itu lebih keras daripada serabi Solo.

Selain itu, serabi Cirebon lebiih tebal jika dibandingkan dengan serabi Solo. Rasanya pun juga berbeda. Pada umumnya serabi ini ada dua rasa, yaitu manis dan asin. Berbeda lagi dengan serabi bandung yang mempunyai banyak rasa.

Dodol garut

dodol garut, makanan khas jawa barat

resepdanmasakan.com

Sebuah cemilan yang cukup terkenal dari Garut adalah dodol garut. Dodol garut sangat mirip dengan jenang kudus . Cemilan satu ini mempunyai banyak varian, diantaranya: dodol kacang, dodol buah, dodol nangka dan lain sebagainya.

Di sepanjang jalan kota Garut, banyak orang yang menjual dodol Garut. Apalagi di daerah jalan pintu gerbang yang menuju ke daerah lain.

Banyak orang yang menyukai dodol Garut ini karena rasanya yang khas yang membedakannya dengan dodol-dodol sejenis dari daerah lainnya di Indonesia.

Docang

Docang, makanan khas jawa barat

pegipegi.com

Makananan khas Jawa Barat ini banyak terdapat di Kota Cirebon. Docan merupakan makanan khas kota cirebo yang di dalamanya terdapat touuge, daun singkong, kerupuk dan lontong yang kemudian dikasih bumbu. Makanan ini rasanya gurih dan nikmat, apalagi jika disajikan dlaam keadaan hangat.

Selain itu, makanan ini dijual dengan harga cukup murah, apalagi jika membelinya dari orang yang jualan keliling. Hampir di daerah kota wali ini dapat ditemui. Dengan begitu anda jangan lupa mencicipi makanan ini, karena enak dan mudah didapatkan.

Touge Goreng

tauge-goreng makanan khas jawa barat

id.tastemade.com

Makanan khas Jawa Barat ini berasal dari Bogor, sehingga bisa disebut juga dengan makanan khas Bogor. Makanan ini terbuat dari tauge dan mempunyai citra rasa gurih. Cara membuatnya adalah dengan menumisnya. Selain itu, ditambahi pada penyajiannya: irisan tahu, ketupat, lontong dan mie kuning.

Setelah itu, diberi bumbu yang berupa kuah kental atau saus yang terbuat dari oncom. Anda bisa menemui makanan ini di pinggir jalan di daerah Jabodetabek.

Tahu Gejrot

Makanan ini merupakan makanan khas Jawa Barat, tepatnya berasal dari Kota Cirebon. Sesuai dengan namanya, tahu gejrot bahan utamanya tahu khusus (bisa dengan tahu sumedang) yang digoreng. Lalu dipotong kecil-kecil yang kemudian ditaruh di wadah atau layah kecil atau mangkok.

Setelah itu, tahu gejrot diberi bumbu kuah yang bumbunya : bawang putih, bawah merah, cabe, dan gula jawa. Hanya begitu saja, maka makanan ini siap saji dan biasa dimakan dengan tusuk.

Cilok Bandung

Makanan ini merupakan jajanan khas Kota Bandung. Sekarang ini, anda bisa menemuinya diberbagai daerah di pulau Jawa khsusunya. Pada asalnya, cilok Bandung sama dengan bakso kojek yang ada di daerah Jawa Tengah. Yang membedakannya adalah rasanya yang pedas agak manis dan teksturnya yang kenyal.

Tahu Sumedang

Tahu sumedang merupakan tahu yang berasal dari daerah Sumedang. Pada asalnya, sama dengan tahu yang lain. Namun ada ciri khas di dalam tahu sumedang. Saya pernah pergi ke pembuat tahu dan beliau bercerita bahwa tidak semua orang bisa membuat tahu sumedang yang mempunyai rasa enak.

Biasanya, tahu Sumedang berwarna cokelat karena memang sudah digoreng.

Cireng

Cireng mempunayi kepanajangan, yaitu Aci Goreng. Namun pada realitanya aci yang digoreng tidak sekedar aci. Namun, di dalamnya banyak campuran, misalnya abon, ayam, sosis atau yang lainnya.

Katanya, makanan ini merupakan makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Cirebon.

Kue Apem Cirebon

Kue apem Cirebon berbeda dengan kue apem Solo dan sekitarnya. Mereka biasanya membuat kue apaem sesuai dengan musimnya. Jika datang musim membuat kue apem maka hampir semua rumah membuat dan saling memberi kue tersebut. Unik bukan? Biasanya mereka membuatnya pada bulan Shafar. Jika selain bulan itu maka anda jarang menemukan apem di Kota Cirebon.

Kue apem ini sangat enak sekali, bisa dimakan tanpa bumbu dan dengan bumbu yang berupa gula Jawa yang di cairkan.

Sate Kalong

Makanan khas ini berasal dari Kota Cirebon. Sate ini terbuat bukan dari kalong yang berarti Kalelawar, tapi dari daging kerbau yang dihaluskan dengan ditumbuk. Rasanya manis mirip sama dengan dendeng. Dinamakan sate kalong karena sate ini hanya dijual sepanjang malam.

Nasi Cikur

Makanan ini berasal dari daerah Tasikmalaya.  Nasi cikur berupa nasi goreng yang ditambahi kencur muda yang renyah wangi serta berkhasiat hangatkan badan. Cikur sendiri berarti kencur. Sehingga, terasa dari makanan ini ras kencur dan bumbu lain. Dengan begitu nasi cikur merupakan salah satu makanan yang bisa menghangatkan badan.

Walhasil, Jawa Barat mempunyai banyak makanan khas yang bisa anda cicipi jika kebetulan anda berada di sana. lebih tepatnya, lebih dari 20 jenis makanan khas yang dimilikinya. Mungkin cukup sekian yang bisa saya tuliskan semoga bermanfaat bagi semua, terimakasih.

Informasi :
Sebagian orang mencari makanan khas jawa barat ini dengn kata: makanan khas jawa barat dan daerah asalnya, makanan khas jawa barat dari singkong, makanan khas jawa barat wikipedia, makanan khas jawa barat dan keunikannya, minuman khas jawa barat, makanan berat khas jawa barat0, daftar makanan tradisional jawa, makanan khas jawa tengah.

 

Leave a Reply