masakan khas jawa

29+ Makanan Khas Jawa (Lezatnya Bukan Main)

Makanan Khas Jawa – Siapa lagi yang tak kenal pulau jawa? jika anda kenal pulau jawa dan kebetulan sedang berada di pulau jawa, maka sangat ngenes rasanya jika anda tidak sempat mencicipi makanan khas Jawa yang lezat.

Sebelum masuk pada inti pembahasan, perlu diketahui bahwa jawa barat mempunyai panggilan sendiri, yaitu makanan khas sunda. Oleh karenanya, saya akan membahasnya pada artikel makanan khas sunda, bukan di sini.

Saya akan mulai dari kota yang mempunyai kekayaan budaya, keramahan dan kuliner yang khas, yaitu Jogjakarta. Selain itu jogja juga teletak di pulau jawa. Oleh karena itu, mari kita simak beberapa makanan khas Jogja yang perlu anda ketahui.

Makanan Khas Daerah Jogja

Disini akan saya sebutkan beberapa saja dari makanan khas jawa yang berasal dari daerah Jogja. Anda bisa menyebutnya makanan khas jogja. Jika ingin mengetahui lebih banyak, maka  akan dibahas pada tema tersendiri, makanan khas jogja. Untuk mempersingkat waktu langsung saja.

Gudeg Jogja

Nasi Gudeg, makanan khas jawa wikipedia

Gudeg merupakan makanan khas jawa yang enak dan merupakan ikon kuliner Jogja. Bahan dasar gudeg adalah nangka muda yang diberi bumbu yang memberi rasa manis. Citra rasa manis gudeg sangat nikmat bila dimakan dengan nasi pulen dan sambal krecek.

Ada dua macam gudeg, yaitu gudeg kering dan basah. Semuanya ada kuahnya namun yang membedakan keduanya adalah kekentalan santan gudeg tersebut. Gudeg kering lebih kental daripada gudeg basah.

Harga gudeg di jogja sangat terjangkau. Setiap porsinya berkisar pada 8000-25.000 rupiah.

Sambel Krecek

krecek jogja, makanan khas jawa youtube

Selain gudeg, Ada makanan khas jawa yang berasal dari jogja, yaitu sambel krecek. Jika anda sedang berada di Jogja dan anda tidak  suka makanan yang manis-manis, maka sambal krecek inilah solusinya. Sebab, sambal krecek mempunyai rasa pedas dan gurih.

Namun biasanya, sambel krecek disajikan dengan gudeg sehingga akan menghasilkan rasa yang mewah dan menggoda lidah. Manis, gurih dan pedas bergabung menjadi satu rasa. Banyak orang yang terlihat menikmati ketika makan nasi dengan gudeg dan sambel krecek, bahkan ada yang makan 2x.

Oseng-oseng Mercon

oseng-oseng mercon, makanan khas jawa negerikuindonesia.com

Ketika mendengar kata “oseng-oseng mercon”  saja sudah terbayang akan rasanya. Bahkan ada yang membayangkan rasanya seperti mercon meledak. Ya memang begitu, sebab oseng-oseng mercon ini mempunyai rasa yang bikin kepala meledak-ledak, maksudnya pedas sekali. Makanan ini sangat cocok sekali bagi para pecinta pedas.

Oseng-oseng mercon ini terbuat dari kikil, daging sapi dan cabe rawit yang cukup banyak. Salah satu oseng-oseng mercon yang recomended di Jogja adalah Oseng-oseng Mercon Bu Narti.

Bakpia Pathuk

bakpia, makanan khas jawa wordpress

Pada asalnya bakpia terbuat dari kacang hijau yang dibungkus tepung. Namun dengan bergulirnya waktu, bakpia tidak hanya berisi kacang hijau. Berbagai varian rasa digunakan untuk isi bakpia, mulai dari coklat, durian, capucino, keju.

Tekstur rasanya sangat oke. Kulitnya yang krispi dan isinya sangat lembut dapat memanjakan selera anda. Oleh karenanya, sangat cocok buat oleh-oleh keluarga anda.

Sebagian bakpia yang lumayan terkenal di Jogja adalah Bakpia Pathuk, Bakpia 25 dan Bakpia 555. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Kue Yangko

yangko, makanan khas jogja, makanan khas jawa ukurbumi.blogspot.com

Ketika anda berkunjung di Kota Jogjakarta, anda akan mendapati banyak makanan khas Jogja. Salah satunya adalah Yangko. Yangko biasanya berbentuk kotak dengan berbagai warna sesuai dengan rasanya. Tekstur makanan ini manis, lembut dan kenyal.

Yangko banyak dijual di toko oleh-oleh jogja. Biasanya yangko selalu ditutup dengan kertas semi plastik yang kemudian dimasukkan dalam kerdus. lebih jelasnya bisa lihat gambar di atas.

Kue Geplak

geplak jogja, makanan khas jogja, makanan khas jawa klikoleholeh.com

Salah satu kue tradisional jogja adalah keu geplak ini. Para sesepuh biasanya membuat kue geplak dari parutan kelapa, tepung dan gula. Rasanya manis dan enak, bahkan bisa bikin ketagihan.

Kue geplak biasanya dicetak bulat-bulat dan mempunyai warna yang menarik perhatian. Warnanya dan rasanya tidak menipu, Enak. Banyak orang yang menggemari kue yang satu ini.

Makanan Khas Jawa Tengah

Disini akan saya sebutkan beberapa saja dari makanan daerah Jawa tengah. Jika ingin mengetahui lebih banyak, maka  akan dibahas pada tema tersendiri, makanan khas jawa tengah. Untuk mempersingkat waktu langsung kita lanjutkan.

Jalabia

jalabia, makanan khas jawa clotehanbloger

Jalabia merupakan makanan khas tegal yang diambang kepunahan. Sebab, pembuat dan penjualnya mulai merosot pada saat ini, namun masih ada beberapa pembuat dan penjual makanan ini yang berada di kota Tegal. Makanan ini berbentuk seperti donat dan terbuat dari beras ketan, parutan kelapa dan gula sehingga memberi ras gurih dan manis.

Tahu Pletok (Tahu Aci)

tahu pletok, makanan khas jawa cookpad

Tahu pletok juga biasa disebut dengan tahu aci. Sejarahnya, tahu ini merupakan hasil kreatif para pedagang-nya yang berada di kota Tegal. Mereka membuatnya dari tahu dan aci yang digoreng. Makanan khas kota tegal ini memberi cita rasa yang menggiurkan sehingga banyak orang yang memburunya. Biasanya, makanan sangat laris dibeli untuk acara perkumpulan sederhana.

Kacang Bogares

kacang bogares, makanan khas tegal bukalapak

Kacang Bogares mempunyai citra rasa yang khas dan menggiurkan. Buktinya, makanan yang satu ini pernah diliput oleh TV Trans 7 pada acara Si Gundul. Dinamakan Kacang bogares karena berasal dari daerah Bogares yang berada di Tegal, Jawa Tengah.

Penasaran bukan? Jika anda berkunjung ke Tegal, maka anda bisa membelinya untuk menghilangkan rasa penasaran anda. Mungkin bias ketagihan. Makanan khas tegal ini sangat layak untuk langsung dikonsumsi, menemani perjalanan anda, dan buat oleh-oleh keluarga anda.

Jintul

jintul, makanan khas jawa, makanan khas tegal tegalinfo.blogspot.com

Makanan yang juga terkenal di tegal adalah  Jintul. Jintul merupakan makanan khas Tegal yang bahannya terbuat dari singkong. Singkong yang sudah matang dipotong-potong atau dikepal bulat-bulat. Biasanya orang Tegal menyantapnya dengan sambel atau peyek ikan asin dan parutan kelapa.

Jintul sangat banyak mengandung karbohidrat, karena memang terbuat dari singkong. Oleh karenanya, jintul terkadang dijadikan makan pengganti nasi di waktu sarapan. Jika anda menikmati jintul di pagi hari bagaikan nasi, jintul pasti mengenyangkan anda.

Olos

olos makanan khas jawa, makanan khas tegal Deskgram

Salah satu makan favorit orang Tegal yang wajib anda ketahui adalah Olos. Olos merupakan gorengan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu yang dicampur, di dalamnya berisi sayuran kol.

dengan berkembangnya waktu, makanan ini mempunyai varian yang beragam, dari yang berisi sosis, ayam dan keju. Ada yang lebih mengejutkan lagi, makanan ini juga berisi cabe sehingga rasanya menggiurkan, peedaaas. Buat anda yang penasaran, anda bisa langsung cus berangkat ke Tegal dan sekitarnya. Jangan lupa nyobain ya.

Sawut

sawut, makanan khas jawa harianmu.com

Makanan ini merupakan makanan yang tidak asing lagi bagi orang jawa, yaitu sawut. Sawut termasuk jajanan pasar yang mulai langka. Ia dibuat dari singkong parut dan dicampuri dengan gula jawa yang kemudian dikukus.

Walaupun makanan kha jawa ini sederhana, namun rasanya tak kalah dengan makanan lain. Rasa singkong dan manis gula jawanya sangat terasa. Terkadang sawut juga dipadukan rasanya dengan parutan kelapa.

Timlo Solo

timlo, makanan khas jawa diahdidi

Berbagai cita rasa disajikan oleh wong Solo. Jika anda mampir kota Solo, alangkah nikmatnya jika anda makan makan satu ini, yaitu Timlo Solo. Hidangan yang segar dan populer.

Timlo Solo mulai populer ketika tahun 1960 an. Pada prinsipnya, timlo itu sup. Sup ini berisikan irisan ayam, irisan sosis, irisan kentang, irisan dadar gulung, dan mihun yang dikasih kuah berbumbu. Kuahnya segar dan rasanya mantap.

Salah satu tempat yang recomended untuk mampir makan timlo solo adalah di Timlo Solo & Timlo Sastro.

Baca Juga : Pakaian Adat Jawa Untuk Pria dan Wanita

Tiwul

tiwul, masakan khas jawa indoblog

Tiwul merupakan makanan pokok orang zaman perjuangan sebagai gantinya nasi. Ia terbuat dari singkong yang ditumbuk. Makanan ini dikonsumsi oleh penduduk Wonogiri, Gunung Kidul, Pacitan untuk menyangga hidup tiap harinya.

Lambat tahun, makanan ini jarang dikonsumsi untuk makanan keseharian. Walaupun begitu, makanan ini menjadi makanan khas yang perlu dicicipi anak zaman digital, apalagi ketika laper, hehehe.

Nasi Liwet

nasi liwet, makanan khas jawa detik

Jika anda berkunjung ke kota Solo, maka kota solo akan menghadirkan makanan favoritnya, yaitu Nasi liwet. Nasi liwet mempunyai arti nasi yang dimasak. Walaupun ia mempunyai arti nasi yang dimasak, namun ia mempunyai ciri khas rasa tersendiri.

Nasi liwet dibuat dari nasi yang dimasak dengan dicampuri santan, sehingga rasanya gurih. Biasanya nasi liwet disajikan dalam sebuah pincuk daun pisang dan diiringi dengan sayur labu siam, telur dan suwiran ayam. Mayoritas pedagang menjualnya di pagi hari.

Kalau anda berkunjung ke kota Solo jangan lupa dengan makanan khas yang satu ini. Sebab, selain lezat dan menggoda, makanan ini dibandrol dengan harga yang cukup murah, sekitar 10rb-20rb.

Bakmi Jawa

bakmi jawa, makanan khas jawa nibble

Bakmi jawa juga biasa disebut dengan mi jawa. Bakmi rebus yang diberi bumbu masakan khas jawa itu disebut bakmi jawa. Jika kita berkunjung ke Malaysia dan Singapura, kita akan mendapati bakmi jawa disebut dengan sebutan mie rebus. Akan tetapi bakmi jawa juga ada versi bakmi gorengnya.

Di pulau jawa, bakmi jawa banyak disajikan di kota Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Magelan dan Semarang. Kebanyakan pedagang bakmi jawa yang berjualan di berbagai kota di Indonesia berasal dari daerah Gunungkidul, Wonosari dll.  Pedagang bakmi jawa biasa berangkat mendorong gerobaknya mulai sore hari dan berjualan sampai tengah malam.

Bandeng Presto

bandeng presto, makanan khas jawa asrifrozenfood

Makanan khas jawa kali ini berasal dari Semarang, yaitu Bandeng presto. Wikipedia menjelaskan : makanan khas jawa ini dibuat dari ikan bandeng (Chanoschanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Kemudian dipresto, yaitu dimasakan dengan uap air yang sangat panas dan bertekanan tinggi.

Bandeng presto agak berbeda dengan bandeng yang dimasak secara umumnya. Kalau bandeng yang dimasak secara umum tulangnya tidak lunak sedangkan bandeng presto tulangnya lunak, sehingga langsung bisa dimakan.

Garang Asem

garang asem, makanan khas jawa Tribun

Tak lupa juga bahwa garang asem merupakan makanan khas jawa yang sangat enak. Garang asem merupakan ayam yang dimasak dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini berasal dari Grobogan. Walaupun begitu, garang asem sudah beredar pada beberapa kota di jawa tengah, seperti Semarang, Solo, Demak dan Pati.

Makanan ini sangat redcomended untuk anda. Terlebih lagi, jika anda memakannya dengan nasi yang hangat. Salah satu garang asem di kota solo yang recomended adalah di Rumah Makan Ayem Tentrem.

Sego Kucing

nasi kucing, makanan khas jawa delishtube

Sego kucing merupakan istilah yang tidak asing lagi buat penduduk jawa. Makna sego kucing adalah nasi kucing, sebuah istilah  makanan yang porsinya seperti porsi kucing. Makanan ini terdiri dari 3 puluk nasi, secuil bandeng atau teri dan sedikit nasi.

Nasi kucing ini terlihat sedikit. Jika orang biasa makan banyak, maka kemungkinan besar bisa menghabiskan berbungkus-bungkus. Sebab, selain porsinya sedikit tapi rasanya sangat mantap. biasanya dijual di angkringan pada waktu malam hari.

Makanan ini terdapat di beberapa kota, seperti Yogyakarta, Solo, Sragen, dan Klaten. Di Jakarta anda juga bisa mendapatinya namun harganya jauh berbeda.

Janganlombok

jangan lombok makanan khas jawa wonogirikab

Jangan lombok sebuah sayur yang memang dicampuri banyak lombok (cabe). Bahan utamanya adalah tempe yang dimasak seperti lodeh. Jangan lombok yang menurut saya nikmat sekali adalah jangan lombok khas Wonogiri. Rasanya sangat mantap, sebab rasa pedas dan gurih serta bumbu yang lainnya sangat terasa. Jika makan dengan sayur ini dimungkinkan ingin nambah nasi.

Wonogiri memang mempunyai beberapa kuliner selain jangan lombok, yaitu bakso wonogiri dan mie ayam.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Tengah, anda juga bisa membaca disini tentang Alat Musik Tradisional Khas Jawa Tengah.

Makanan Khas Jawa Timur

Disini akan saya sebutkan beberapa saja dari makanan daerah jawa timur. Jika ingin mengetahui lebih banyak, maka  akan dibahas pada tema tersendiri, makanan khas jawa timur. Untuk mempersingkat waktu langsung saja.

Rawon

rawon makanan khas jawa matanaga

Rawon merupakan makanan yang cukup terkenal. Makanan ini berupa sup daging sapi yang dipotong-potong dan  kuahnya hitam. Kuahnya ini dicampuri beberapa bumbu, yaitu: bawang merah, bawang putih, kluwek dan lain-lain. Inilah khasnya oran jawa timur.

Rawon biasanya disajikan dengan nasi dan dilengkapi dengan toge, daging sapi goreng dan sambal. Pokonya rasanya mantap.

Nasi Pecel

nasi pecel makanan khas jawa vidio

Makanan khas jawa timur selanjutnya adalah pecel yang terkenal dari Madiun. Pecel merupakan makanan tradisional Madiun. Makanan ini terbuat dari beberapa macam sayuran yang sudah direbus, seeperti kacang panjang, toge, mentimun, dan bayam. Kemudian di atasnya dilumuri dengan sambal kacang.

Didaerah Madiun dan sekitarnya, pecel bisa disajikan dengan piring dan dipincuk dengan daun pisang.

Sate Kerang

sate kerang makanan khas jawa noenkcahyana

Jika anda mendengar kata sate, maka yang dipikiran anda adalah daging yang dimatangkan dengan dibakar. Berbeda dengan yang satu ini, Sate Kerang khas Jawa Timur. Sate kerang ini dimatangkan dengan direbus dan kemudian ditumis dengan bumbu yang sudah disiapkan.

Sate kerang memang biasanya dihidangkan bersama lontong balap khas Jawa Timur. Bagaimana rasanya ya?

Lontong Balap

lontong balap makanan khas jawa umisholikhah

Makanan khas jawa ini (lontong balap) merupakan makanan yang biasa dibersamai dengan sate kerang. Lontong balap merupakan makanan yang terbuat dari kupang putih, hewan laut seperti kerang. Di pesisir Jawa Timur, lontong balap atau lontong kupang dikenal juga dengan nama kupang keraton.

Sate Madura

sate madura, makanan khas jawa qupas

Sate yang sangat terkenal di Indonesia adalah sate Madura. Biasanya, sate Madura terbuat dari ayam. Makanan ini sudah menyebar di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Solo. Kata teman saya yang dari Madura, di Madura sate jarang dan susah dicari.

Sate Madura biasanya disajikan dengan lontong yang kemudian diberi bumbu satenya. Sedangkan irisan bawang merang dan cabe biasanya ditaruh di daun atau ditaruh di tempat khsusus.

Soto Lamongan

soto lamongan makanan khas jawa craftlog

Makanan khas Jawa Timur yang satu ini adalah makanan andalan lamongan, yaitu Soto Lamongan. Soto lamongan pada asalnya seperti soto daerah lain, namun soto lamongan mempunyai ciri khas tersendiri. Ciri khasnya adalah kuahnya yang berwarna kuning berminyak dan rasanya yang sangat gurih.

Isi soto lamongan adalah suwiran daging ayam, bihun, kol, tomat, daun bawang dan telur ayam yang diiris. Terkadang, juga ada tambahannya yang berupa ceker ayam, dan sayap ayam. Dalam penyajiannya soto lamongan ditaburi dengan bawang goreng, dan dikasi koya.

Rujak Cingur

rujak cingur makanan khas jawa menjualkerupuk

Jika anda berkunjung ke jawa timur, maka anda akan mendapati makanan khas yang terkenal ini. Makanan khas jawa timur ini bernama rujak cingur yang selalu membuat penasaran para treveler karena rasanya yang jos. Mungkin ada dari anda yang belum tahu apa itu rujak dan ingin tahu apa itu rujak cingur?

Rujak cingur merupakan makanan yang terbuat dari beberapa bahan, yaitu potongan buah-buahan, sayur-sayuran, dan tahu yang dicampuri dengan cingur atau mulut sapi.

Kemudian, bahan-bahan rujak cingur tersebut diberi bumbu rujak yang sudah di ulek. Bumbu rujak cingur tersebut terdiri dari  cabe, gula merah, bawang putih, petis dan kacang goreng.

Semua yang di atas, hanya beberapa makanan khas jawa tengah, jogja, dan Jawa Timur. Untuk mengetahui tentang makanan khas jawa Barat,  anda bisa klik : 21 Makanan Khas Jawa Barat yang Bikin Kamu Ketagihan .Cukup sekian terimakasih.

Leave a Reply