makanan khas semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat

Makanan Khas Semarang- Salah satu kota yang banyak kulinernya adalah kota Semarang. Kota semarang menghidangkan berbagai macam kuliner yang berupa makan khas kota semarang itu sendiri, misalnya bandeng presto, nasi ayam Semarang, garam asem, lumpia.

Kota Semarang mempunyai nama julukan unik yaitu Kota Lumpia. Munculnya julukan kota ini dengan kota lumpia, sebab lumpia merupakan salah makanan khas semarang yang sangat terkenal.

Jika Anda ingin traveling ke semarang, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khas semarang ya.  Nah, kalo gitu apa saja makanan khas Semarang? Berikut ini beberapa makanan khas Semarang.

Bandeng Presto Khas Semarang

Bandeng Presto merupakan salah satu makanan Khas Kota Semarang, Jawa Tengah. Bandeng presto biasanya dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng presto awal ditemukan oleh Hanna Budimulya yang kemudian menjadi ikon besar Kota Semarang.

Para Ibu Tangga, Restoran, & Catering Kota Semarang memasak ikan bandeng dengan cara dipresto. Apa itu presto? Memasaknya dengan uap air dengan tekanan yang cukup tinggi. Nah, uniknya duri ikan bandeng akan menjadi lunak dan bisa dimakan.

Jangan tanya tentang rasanya, pastinya enak. Apalagi jika dimakan dengan sambal, rasa enake poll.

Baca Juga : Kue Khas Semarang yang Tiada Duanya

Nasi Ayam Khas Semarang

makanan khas semarang
Ayo Ke Semarang – WordPress.com

Nasi Ayam khas Semarang ini mirip dengan salah satu makanan khas solo, yaitu Nasi Liwet. Nasi ayam terdiri dari nasi putih yang disantap dengan suwiran daging ayam matang, sambal goreng krecek, tahu putih, dan telur pindang lalu di kasih dengan kuah santan. Rasa nasinya gurih dicampur dengan lauk yang enak hasilnya mantap.

Nasi Ayam ini sangat pantas menemani menu makanan harian & berbagai acara anda, baik pernikahan, acara ulang tahun dan lain sebagainya. Jika anda kerepotan dalam acara anda atau tidak sempat membuatnya maka pesan saja di catering semarang. Sebab, catering semarang biasanya menyediakan menu ini.

Tahu Gimbal Khas Semarang

makanan khas semarang
RESEP MASAKAN TERLENGKAP

Tahu Gimbal adalah makanan khas Semarang yang terdiri dari tahu goreng, tempe, gimbal, dan irisan kol yang dikasih bumbu dengan sambal kacang. Arti gimbal sendiri adalah ikan udang yang digoreng dengan tepung.

Tahu Gimbal memberi tiga rasa, yaitu manis, pedas dan juga gurih. Pokoke enak dan harus dicobain lho ya. Jangan khawatir dengan harga! Satu porsi tahu gimbal dibandrol dengan harga sekitar Rp.10.000,-

Soto Bangkong

makanan khas semarang
id.openrice.com

Soto bangkok terdapat di Rumah Makan Jalan Brigjen Katamso Semarang. Soto bangkong ini sudah ada sejak tahun 1950 di Perempatan Bangkok. Yang disajikan oleh soto ini adalah berupa suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun dan taburan bawah merah dan bawang putih.

Bila anda berada di Semarang, saatnya untuk mampir ke sini untuk mencicipi selera rasa yang satu ini.

Mie Kopyok Khas Semarang

makanan khas semarang
Diah Didi

Mie kopyok merupakan salah satu makanan khas Semarang yang bahan dasarnya berupa mie dan tetelan daging. Selain itu, mie kopyok juga  dibarengi dengan lauk tahu dan kerupuk gendar diatasnya.

Mie kopyok cukup susah untuk di temukan di tempat lain. Sangat banyak ditemukan di Semarang, biasanya mie kopyok dijual dengan grobak yang didorong.

Babat Gongso Khas Semarang

makanan khas semarang
Travelingyuk.com

Salah satu makanan khas semarang yang wajib dicicipi oleh pecinta rasa adalah Nasi Babat Gongso. Jika anda sedang berada di Semarang, Anda bisa mampir di Nasi Goreng Pak Karmin. Alamatnya berada di Jln Pemuda (Samping Jembatan Mberok), Semarang.

Babat gongso Pak Karmin ini sudah terkenal dengan rasanya yang enak dan khas. Trus apa itu babat gongso? Sekerat potongan babat dan jeroan, seperti, limpa, ati, paru, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental, manis, dan pedasnya sangat terasa.

Selain itu, babat yang ada disni juga empuk, tidak keras. Harga per porsi kurang lebih Rp.20.000,- sampai Rp.25.000,-.

Tahu Petis

makanan khas semarang
https://cookpad.com

Selain di Surabaya, Tahu petis juga terkenal sebagai makanan khas Semarang. Rasanya pedas. Biasanya petis dimasukkan di dalam tahu yang sudah dibelah.

Petis sendiri adalah olahan dari perebusan ikan atau udang.

Gudangan

makanan khas semarang
travelingyuk.com

Gudangan merupakan makanan tradisional. Makanan ini terbuat dari urapan sayur yang sudah direbus dan dibumbui dengan sambal gundangan yang berupa parutan kelapa yang dibumbui dengan bawang putih dan bawang merah.

Paling nikmat gundangan di makan bersamaan dengan nasi yang hangat, rasa bisa ditambahkan telur rebus, rempeyek. Nah, oleh karena itu makanan ini sangat cocok untuk acara yang dimakan secara prasmanan.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau pesanan dari catering terdekat anda.

Wingko Babat

makanan khas semarang
perpusda jawa tengah

Salah satu jajanan khas semarang adalah Wingko babat. Wingko babat merupakan  jajanan tradisional yang dibuat dari beras ketan dan kelapa yang di bakar. Rasanya juga bervariasi seperti, coklat, kelapa muda dan lain-lain. Wingko babat pembuatannya dengan bahan alami semua, jadi enak di lidah.

Itulah beberapa makanan khas semarang yang bisa kami ulas untuk kali ini, untuk lebih lanjut kapan-kapan aja ya. Terimakasih. by admin

Leave a Reply