manfaat daun kelor

13+ Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Anda [Terlengkap!]

Manfaat daun kelor- Di Indonesia, sangat banyak macam pepohonan dan dedaunan. Hampir semua pohonnya pun mengandung manfaat. Mulai dari pohon buah-buahan, pohon yang diambil batang, dan pohon yang diambil manfaat daunnya.

Sebagaimana yang diulas oleh banyak media bahwa salah satu daun yang mengandung banyak manfaat adalah daun kelor. Daun kelor digunakan untuk kesehatan dan kecantikan, seperti untuk penyembuhan asam urat, kanker, diabetes, masalah di rahim, masalah anak, sampai masalah ghaib. Tentunya bermanfaat jika benar cara mengolahnya.

Dengan begitu, baru jenis daun saja sudah mengandung banyak manfaat, subhanallah (masih banyak juga tentang buah, sayuran dan batang). Teman-teman, manfaat daun kelor di atas hanya sebagiannya saja. Tentu masih banyak lagi manfaat lainnya. Maka sudah seharusnya kita beriman kepada Allah yang telah memberi kenikmatan yang tak terhitung.

Langsung saja teman, kita masuk dalam pembahasan “apa saja manfaat daun kelor itu?’ Berikut ini manfaat-manfaatnya.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

manfaat daun kelor untuk kesehatan

youtube

Di dalam situs bulelengkab.go.id disebutkan bahwa daun kelor sangat banyak sekali manfaatnya, khsususnya untuk kesehatan dan pertumbuhan anak serta bayi, sebagaimana yang dianjurkan oleh pihak WHO. Adapun penjelasan rincinya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Berat dan Keseimbangan Badan

manfaat daun kelor untuk kesehatan

jurnalline.com

Setelah dilakukan penelitian, para ahli menemukan bahwa teh kelor berkhasiat dalam menangani masalah pencernaan. Sebab, teh daun kelor merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori. Selain itu teh daun kelor mengandung polyphenol tinggi yang berguna untuk antioksidan.

Sebagaimana yang kita ketahu bahwa manfaat antioksidan adalah untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Perawatan Wajah & Penghilang Flek Wajah

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Perfect Beauty

Jika di wajah kita ada flek hitam, maka jangan takut. Ternyatan daun kelor dapat menyelesaikan masalah anda yang satu ini. Cara mengolahnya pun cukup sederhana. Berikut ini cara mengolahnya untuk menghilangkan flek wajah.

Ambillah beberapa daun kelor muda, tumbuk hingga halus, lalu lulurkan atau tempelkan pada wajah Anda sebagaimana Anda bedakan atau menggunakan masker. Lakukan secara rutin sesuai dengan keinginan anda.

Jangan minder dan khawatir dengan menggunakan daun kelor seperti di atas. Sebab, beberapa negara mengekstrak daun kelor sudah yang kemudian menjadikannya sebgai bahan baku pembuatan kosmetik untuk kulit.

Kenapa Begitu?

Menurut penelitian, daun kelor mengandung kurang lebih 30 zat antioksidan, kaya dengan mineral dan asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, pelembab kulit alami, pengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Biar anda tambah yakin.

Ada beberapa merek kosmetik terkenal yang menggunakan minyak kelor sebagai bahan bakunya, seperti krim antiaging, krim antikerut, minyak aromaterapi, facialfoam, lotion, krim pencerah dan deodoran.

3. Berguna Untuk Mencukupi Gizi Ibu Menyusui

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Bio Strath

Beliau melihat bahwa ada potensi besat untuk mengembangkan pasar Indonesia dengan manfaat tanaman kelor dalam memperbaiki gizi ibu menyusui dan anak.

Kenapa Begitu ?

Daun kelor mengandung banyak nutrisi, seperti protein, zat besi, dan Vitamin C serta unsur flavonoid yang manfaatnya membantu ibu menyusui dalam menghasilkan ASI lebih banyak.Kandungan protein daun kelor membuat ASI berkualitas.

Kalau dibandingkan dengan bayam, maka daun kelor ini mengandung zat besi 25 kali lipat lebih tinggi. Maka oleh karena itu, juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh seorang ibu usai melahirkan dan wanita menstruasi umumnya yang mana mereka kehilangan banyak zat besi.

Baca juga : Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

4. Menyehatkan & Menjernihkan Pandangan Mata

manfaat daun kelor untuk kesehatan

kesehatandannutrisimata.blogspot.com

Daun kelor mengandung vitamin A dan kalsium yang cukup tinggi dan baik untuk mata. Dengan begitu mengkonsumsi daun kelor akan menunjang penyembuhan sakit mata dan menjaga kesehatan mata. Sesuai data yang ada, daun kelor dapat menjadi wasilah kesembuhan mata plus, minus, silinder dan katarak

Bagaimana cara mengkonsumsinya?

Ambil daun kelor, bersihkan dengan air, lalu anda bisa mengkonsumsinya secara langsung.

5. Sebagai Obat Anti-Inflamasi , Diabetes, Penyakit Kronis, Paru-Paru, Kanker Usus Besar, Hipertensi dll

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Kondisi Umum & Penyakit

Sebagaimana yang disebutkan oleh Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, bahwa daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi seperti obat anti-inflamasi.

Di dalam daun kelor terdapat beberapa senyawa anti-penuaan yang dapat menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Selain itu juga di dalamany adasenyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat sehingga hasil semakin optimal.

Senyawa-senyawa di atas sangat terkait dengan penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Tranjika

Mengkonsumsi makanan sehat otomatis akan membantu ginjal bekerja dengan optimal, sebaliknya mengkonsumsi makanan yang tak sehat seperti makanan tinggi lemak, akan menumpuk di ginjal sehingga akan timbul masalah kesehatan.

Nah, dengan mengkonsumsi daun kelor, otomatis akan mengembalikan kesehatan ginjal tak baik. Inilah ujar Tati Winarto.

7. Mengobati Rematik

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Health and Hope

Salah satu manfaat daun kelor adalah untuk mengobati rematik. Dalam pengobatan rematik, daun kelor berfungsi mengurangi sakit sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi. Dengan begitu daun kelor sangat penting dalam mengobati asam urat dan rematik. Selain itu daun kelor bisa mengobati pegal linu dan nyeri.

Baca Juga :

Manfaat Daun Salam Untuk Kesetahan Tubuh 
Khasiat Daun Salam Yang Dipercaya Ampuh

8. Mencegah Penyakit Jantung

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Hanakko.com

Daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan, sebagaimana disebutkan oleh Journal of Medicinal Food.

Setelah melakukan penelitian dengan memberikan 200 ml untuk setiap kg berat bada selama 30 hari, para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung.

9. Menurunkan Tekanan Darah & Kolesterol

manfaat daun kelor untuk kesehatan

youtube

Seorang pakar herbal yang bernama Tati Winarto menjelaskan bawha salah satu manfaat yang tak terduga dari daun kelor adalah menjaga kadar darah dan mencegah kolesterol tinggi. Penelitan beliau juga sama dengan pemaparan Journal Phytotherapy Research.

Kenapa bisa begitu?
Sebab daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

10. Memperlambat Efek Penuaan

manfaat daun kelor untuk kesehatan

cegahpenuaanwajah.blogspot.com

Setelah dilakukan studi manfaat kelor pada tahun 2014, ditemukan bahwa daun kelor mengandung kadar enzim antioksidan yang berharga. Setelah itu, para peneliti menyelidiki apakah daun kelor bisa membantu memperlambat efek penuaan atau tudak dengan memanfaatkan antioksidan herbal alami yang mampu menyeimbangkan hormon secara alami.

Dengan melibatkan sembilan puluh wanita menopause dengan usia 45-60 tahun dan dibagi menjadi tiga kelompok, yang mana mereka diberikan berbagai tingkat suplemen. Hasilnya, suplementasi dengan kelor dan bayam menghasilkan peningkatan yang signifikan senyawa antioksidan, yang berperan penting dalam memperlambat efek penuaan.

11. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

manfaat daun kelor untuk kesehatan

idntimes

Salah satu sifat yang dimiliki oleh daun kelor adalah anti-inflamasi. Oleh karena itu, daun kelor dapat mencegah atau mengobati sakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan infeksi.

Sebagaimana yang sudah diketahui oleh umum bahwa minyak kelor membantu meningkatkan fungsi hati. Karena, manfaat minyak kelor untuk detoksifikasi racun dan zat berbahaya di dalam tubuh. 

Bahkan ada kemungkinan yang lain bahwa minyak kelor bisa mengatasi penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, sembelit, retensi cairan dan diare. (draxe.com)

12. Sebagai Bantuan Arthrithis

manfaat daun kelor untuk kesehatan

kondisiumum.com

Salah satu manfaat lain daun kelor adalah dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis. Hal ini dicantumkan dan dipublikasikan oleh Journal of Chinese Integrative Medicine pada edisi Februari 2011.

Setelah dilakukan studi hewan di laboratorium, Ekstrak daun kelor dapat mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi yang terkena rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa pengkombinasian antara akar dan ekstrak daun memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit.

13. Melindungi Tubuh dari Bakteri

manfaat daun kelor untuk kesehatan

hargaprodukwalatra.com

Ekstrak daun kelor mengandung senyawa antibakteri. Journal of Pure and Applied Sciences menyatakan bahwa ekstrak daun kelor dapat menghalangi perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

14. Menstabilkan Mood dan Menjaga Kesehatan

manfaat daun kelor untuk kesehatan

WebMD

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, bahwa daun kelor  merupakan makanan protein tinggi dan kaya asam amino triptofan. Daun kelor juga bermanfaat sebagai neurotransmitter yang mana zat ini dapat membantu tubuh dan mood akan “merasa baik”.

Sedangkan antioksidan dan senyawa tiroid yang dikandung oleh daun kelor bermanfaat untuk menjaga energi tubuh agar terhindar dari kelelahan, depresi, dan suasan hati yang buruk serta insomnia.

Itulah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan baik pria maupun wanita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. cukup sekian. terimakasih.

 

Leave a Reply