manfaat daun salam untuk kesehatan

5 Manfaat Daun Salam Lengkap Dengan Cara Mengolah dan Pengertiannya !

Tahukah Anda apa itu daun salam? Daun salam merupakan salah satu daun yang sering digunakan untuk penyedap rasa. Bisa dikatakan juga sebagai bumbu berbagai masakan. Ibu-ibu pasti tahu itu. Coba Anda tanyakan kepada Ibu Anda, daun salam digunakan untuk memasak apa saja?

Tak hanya untuk itu, ternyata banyak sekali khasiat atau manfaat daun salam. Ingin Tahu ? Baca terus ya . . .

Pengertian dan Nama Lain Daun Salam

Manfaat Daun Salam Kering

khasiat.co.id

Daun salam merupakan daun dari pohon melinjo. Namalatin daun salam Eugenia polyyantha. Wah, bagus juga ya namanya. Daun Salam juga dikenal dan disebut dengan berbagai sebutan sesuai dengan daerah yang ada di Indonesia. Di Jawa, daun salam sering disebut dengan sebutan manting atau katolam. Di Jawa Barat dikenal dengan sebutan gowok, sedangkan di daerah Sumatra daun salam disebut dengan mesalengan atau ubi serai. Kalau ditempat Anda daun salam dikenal dengan sebutan apa?

Berbagai Khasiat Daun Salam untuk Tubuh dan Lingkungan

manfaat daun salam untuk kesehatan

hellosehat.com

Nah pada bagian ini, mari kita membahas apa saja manfaat atau khasiat daun salam. Selain yang sudah disebutkan bahwa daun salam bermanfaat untuk masakan, ternyata Allah memberi banyak manfaat di dalam daun salam (walaupun masih banyak sayuran yang bermanfaat). Baik itu untuk penyembuhan atau pun menjaga kesehatan atau biasa dibilang bisa menjadi obat bagi manusia. Apa saja itu? Berikut ini yang disebutkan dalam Buku “Daun Penyedap yang berkhasiat” :

1. Untuk Mengobati Diare

Pertama yang disebutkan dalam buku itu adalah untuk mengobati diare. Terus bagaimana caranya? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda cuku ambil 10 helai daun salam, cuci daun tersebut hingga bersih, rendam dalam segelas air panas selama kurang lebih 15 menit, tambahkan sedikit garam, lalu saring dan minum.

Jadi, jangan sakit sedikit langsung minum obat kimia. Kalau bisa, cobalah terlebih dahulu obat-obatan tradisional yang mana lebih aman untuk pengobatan.

2. Untuk Mengobati Kencing Manis

Yang kedua adalah untuk mengobati kencing manis. Untuk mengobati kencing manis, anda cukup ambil 7 helai daun salam, cuci bersih, lalu rebuslah dengan  air bersih hingga tersisa satu gelas air. Setelah direbus, dinginkan terlebih dahulu dan bagilah menjadi dua bagian. Jadi air rebusan tadi bisa diminum 2x.

3. Untuk Obat sakit Maag

Yang ketiga, daun salam bermnfaat untuk sakit maag. Siapkan 15-20 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih, lalu rebuslah dengan 1/2 liter air hingga mendidih. Tambahkan gula merah/gula jawa secukupnya. Lalu minumlah serasa menikmati teh setiap hari sampai rasa sakit di lambung hilang.

4. Untuk Obat Darah Tinggi

Untuk mengobati darah tinggi dengan daun salam, anda hanya butuh menyiapkan 10 helai daun salam yang sudah dicuci bersih, lalu rebus dengan air kurang lebih 1/2 liter hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah sebagaimana anda minum teh setiap hari hingga rasa pusing dan pegal di leher hilang.

Bagi Orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, jangan lupa untuk rajin memeriksakan tekanan darahnya.

5. Untuk Obat Gatal atau Alergi

Ketika anda ingin mengobati gatal atau alergi dengan daun salam, Anda cukup mengambil beberapa helai daun salam, kulit batang, atau akar pohon salam dicuci bersih. Lalu gilinglah hingga menyerupai adonan bubur. Setelah itu usapkan pada bagian kulit yang sakit.

Itulah Lima manfaat/khasiat daun salam untuk kesehatan. terus bagaimana cara mendapatkan daun salam? dan dimana daun salam dapat tumbuh? berikut ini jawabannya.
Baca Juga :

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan Tubuh
Khasiat Daun Tin yang Ampuh dan Muajarab
Manfaat Daun Kelor Untuk Berbagai Penyakit

Tahukah Anda Bisa Mendapatkan Daun Salam? Dimana Daun Salam Bisa Tumbuh?

bibit daun salam

hargatoko19.web.id

Daun Salam banyak ditemukan di daerah pegunungan atau hutan. Namun sebenarnya, pohon salam mudah ditanam di pekarangan rumah atau kebun. Pohon Salam memiliki akar tunggang sehingga mudah dikembangbiakkan dengan cara mencakoknya. Pohon salama memiliki tinggi hingga 25 m. Satu pohon salam dapat menghasilkan lembaran daun yang sangat melimpah ruah.

Nah, setelah kamu mengetahui manfaat daun salam, coba kamu bicarakan dengan orang tuamu berbagai manfaat daun salam. cukup sekian terima kasih.

 

Leave a Reply