oleh oleh khas bandung

Oleh-oleh Khas Bandung Jawa Barat yang Harus Kamu Koleksi

Oleh-oleh Khas Bandung – Berkunjung ke Bandung bisa jadi pilihan yang tepat untuk anda. Selain tempat wisata yang mempesona dan berankea ragam, Bandung juga identik dengan berbagai macam makanan yang menggugah selera. Kota Kembang memang dikenal sebagai salah satu surga destinasi belanja di Indonesia. Beragam barang yang unik, lucu, dan tentu saja ramah dengan kantong anda.

Banyak jenis oleh-oleh yang tersedia di kota Kembang ini dan tentu sangat disayangkan jika anda lewatkan. Mulai dari peyeum, tahu sumedang, hingga cinderamata unik lainnya wajib untuk anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Maka tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bandung tanpa membawa oleh-oleh khas dari kota kembang tersebut. Simak ulasan tentang oleh-oleh khas Bandung berikut ini.

Oleh-oleh khas Bandung yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

oleh oleh khas bandung

oleh oleh khas bandung

  • Peyeum Bandung 

Peyeum merupakan salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Kota Kembang. Tentu saja Anda sudah sering mendengarnya kan? Tekstur makanan ini sangat mirip dengan tape namun cenderung lebih kering dan gurih. Proses pembuatan peyeum juga terbilang mudah. 

Langkah pertama dalam membuat peyeum yaitu dengan menyediakan beberapa singkong, selanjutnya dikupas dan dicuci bersih. Singkong yang telah bersih kemudian dikukus hingga matang. Setelah singkong matang, kemudian didinginkan hingga benar-benar dingin, selanjutnya ditaburi ragi dan didiamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih dua sampai tiga hari lamanya.

  • Seblak Bandung

Bukan rahasia lagi jika seblak Bandung merupakan makanan yang banyak digemari oleh kebanyakan orang. Makanan yang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan ini memiliki rasa yang unik, gurih, dan juga pedas. 

Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus (kerupuk basah) dan dibumbui dengan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Seringkali seblak juga ditambahkan sayur-sayuran, telur, daging ayam, sampai olahan daging sapi. Terdapat varian dari Seblak Bandung yaitu seblak basah dan seblak kering yang tentu saja sangat menggugah selera.

  • Sepatu Kulit Cibaduyut

Oleh-oleh khas Bandung bukan hanya soal makanan, sepatu kulit khas Cibaduyut juga bisa anda jadikan pilihan. Bagi anda yang sangat tertarik dengan sepatu kulit, maka dengan berkunjung ke Cibaduyut adalah pilihan yang tepat bagi anda. Hampir semua produk fashion dan aksesoris, mulai dari jaket, sepatu, dompet, bahkan ikat pinggang berbahan dasar kulit.

Bukan hanya itu, anda juga dapat menemukan wayang kulit yang bisa anda dapatkan di sentra kerajinan kulit di wilayah Cibaduyut. Perlu Anda tau bahwa produk-produk tersebut diproduksi oleh warga lokal di sekitar Cibaduyut. Cek juga: Wisata di Cibaduyut Bandung Jawa Barat

  • Denim Khas Gang Tamim

Tertarik untuk mencari oleh-oleh berbahan tekstil? Berkunjung ke Gang Tamim, Bandung bisa jadi pilihan yang tepat. Tak perlu khawatir dengan harga karena hampir semua bahan kain yang dijual kiloan disana dipatok dengan harga relative.

Kawasan ini telah dikenal lama sebagai sentra kain berkualitas di Bandung, terutama untuk bahan denim. Kualitas dari produk denim di daerah ini tidak perlu dipertanyakan lagi, hapir sebagian besar pelaku usaha mengambil kain dengan harga grosir di wilayah ini. 

  • Berbelanja Buku di pasar buku Palasari

Apakah anda pecinta buku dan sedang bingung untuk mencari oleh-oleh yang berbeda ketika mengunjungi Bandung? Berkunjung ke pasar buku Palasari mungkin patut anda coba. Selain koleksinya yang cukup lengkap dan harga yang miring, sentra buku ini juga menawarkan berbagai buku yang cukup langka.

Koleksi bukunya juga cukup banyak, mulai dari novel, komik hingga buku filsafat hingga agama. Lokasi pasar buku Palasari yang cukup teduh juga bisa membuat anda betah berlama-lama disini. Sentra penjualan buku Palasari telah berdiri sejak 30 tahun silam, maka tak ayal jika kawasan ini sangat terkenal khususnya di kalangan penggila buku.

Cek juga : Tempat Dinner Romantis di Bandung yang Bagus dan Instagramable

  • Bolu Bakar Tunggal

Bolu bakar Tunggal dapat dikatakan sebagai oleh-oleh yang saat ini sedang viral khususnya di kota Bandung. Seperti namanya, makanan ini berbeda dari roti bakar, karena jenis roti yang digunakan adalah jenis bolu. Terdapat dua pilihan rasa yang disedikan oleh pihak penjual, yaitu bolu bakar manis dan asin yang dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp20.000 – Rp35.000 per porsi.

Beberapa pilihan bolu bakar manis diantaranya adalah, cokelat, keju, kopi, wijen, kacang, nanas, roombutter, kopi wijen, strawberry, dan kelapa susu. Sedangkan untuk varian yang asin, terdapat rasa tuna pedas, tuna original, dan keju spesial tuna pedas. Bagi anda yang tertarik untuk menjadikan makanan unik ini sebagai oleh-oleh, anda dapat datang ke kawasan Sudirman, 

Bandung. Terdapat hal unik yang bakal anda temukan disini, yaitu anda diwajibkan untuk memilih terlebih dahulu varian bolu mana yang anda inginkan sebelum dilakukan proses pembakaran. Namun sebelum dibakar, bolu akan dipotong melintang kemudian dioles menggunakan mentega agar tidak gosong. Setelah dioles, bolu akan diberikan isian yang anda inginkan. 

  • Gepuk Daging Sapi

Makanan yang satu ini umumnya terbuat dari daging sapi yang digeprek, kemudian ditusuk dengan lidi. Selain berbahan dasar daging sapi, ada juga yang berbahan dasar ayam. Pilihan rasanya juga bervarian. Ada yang less sugar, salty, super pedas, original, chicken spicy, atau chicken original. Tentukan rasa yang sesuai dengan selera anda.

Banyak jenis oleh-oleh khas Bandung yang tersedia. Namun bagi anda yang membutuhkan varian oleh-oleh yang unik dan berbeda, anda dapat menjadikan ulasan diatas sebagai refrensi. Jadi selamat memilih oleh-oleh khas Bandung yang anda suka!

Leave a Reply