oleh oleh makassar

Oleh oleh Khas Makassar

Oleh-oleh khas Makassar- Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas. Baik itu daerah yang berada di pulau jawa atau pun yang berada di pulai lain. Misalnya di daerah padang, aceh, jogja, solo dan lain sebagainya. Nah, terus apa hubungan antara makanan khas dan oleh-oleh? Bukan adek dan bukan pacar. Namun punya hubungan erat.

Hal ini bagaikan langit dan bumi. Atau bisa ada gula ada semut. Walaupun pernyataan ini menunjukkan bila ada rejeki maka di situlah ada orang. Lebih tepatnya adalah karena oleh-oleh

Kain Tenun Sutra Sengkang dan Sarung Khas Bugis

oleh oleh khas makassar
tokopedia

Kain sutra Bugis ditenun dari benang yang dihasilkan dari ulat sutra atau kokon, yaitu kepompong ulat sutra. Kain ini pada umumnya diproduksi oleh masyarakat yang tinggal di Sengkang, sehingga disebut kain sutra Sengkang.

Sengkang merupakan salah satu kota kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu kabupaten Wajo. Dilansir https://portalbugis.wordpress.com bahwa di daerah inilah terdapat sekitar 4.982 orang perajin kain tenun sutra dengan jumlah produksi sekitar 99.640 sarung per tahun. Jumlah perajin alat tenun bukan mesin sekitar 227 orang dengan produksi sekitar 1.589.000 meter kain sutra pertahun.

Berdasarkan data tersebut, maka dapat dikatakan bahwa Sengkang memang pantas disebut sebagai daerah perajin dan penghasil kain tenun sutra.

Bentuk kain tenun sutra Sengkang pada umumnya terdiri atas tiga macam, yaitu kain setengah jadi, kain gulungan, dan kain siap pakai. Kain setengah jadi biasanya berbentuk sarung dan selendang, sehingga masih perlu dijahit sesuai kebutuhan. Kain gulungan berupa kain yang dibeli permeter sesuai kebutuhan. Sedangkan kain yang sudah siap pakai adalah  tersedia dalam berbagai macam bentuknya, seperti baju, kerudung, kipas, dompet, tas, dan sebagainya.

Baca Juga: Kue Khas Makassar yang Wajib Kamu Cicipi dan Dibawa Pulang

Minyak Tawon

oleh oleh makassar
tokopedia

Minyak Tawon diberi nama “Tawon” bukan karena berasal dari Tawon atau Lebah. Minyak Tawon merupakan sebuah merk minyak gosok yang berasal dari Makassar. Minyak Gosok cap Tawon didirikan oleh Lia A Liet pada 6 Desember 1912 di Makassar. Lia A Liet dengan kepawaiannya meracik minyak gosok dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis yang ia beri nama Too Boo Loeng yang sekarang dikenal dengan nama Minyak Gosok cap Tawon.

Lia A Liet mengepakkan sayapnya hingga ke Batavia dan Surabaya hingga Too Boo Loeng tersebar hingga ke luar nusantara. Sepeninggal Lia A Liet usahanya diteruskan salah seorang putranya yaitu Frans Bany Muttualy. Pada generasi kedua, Too Boo Loengmenjadi lebih terkenal. Tahun 1984 nama Too Boo Loeng diganti menjadi minyak gosok cap tawon dengan nama perusahaan PT. Tawon Jaya Makassar. Usaha dilanjutkan oleh putra Frans Bany Muttualy setelah meninggal, yaitu Eddy Muttualy

Baca Juga: MInuman Khas Makassar yang Bikin Kamu Ketagihan

Kacang Disco Makassar

oleh oleh makassar
bukalapak

Kacang disko telah menjadi oleh-oleh khas negeri yang terkenal dengan kepahlawanan Sultan Hassanudin ini. Ada beberapa varian rasa yang bisa dipilih dari kacang disko seperti, rasa rempah serta rasa original.

Rasanya yang gurih, sedikit manis dan renyah menjadikan kacang yang banyak digemari masyarakat di Makassar ini begitu enak untuk dinikmati. Tidak mengherankan, kacang ini menjadi teman yang pas disaat santai maupun teman perjalanan. Masyarakat di Makassar juga menjadikan kacang disko sebagai cemilan saat hari-hari besar seperti saat hari raya Idul Fitri.

Selain itu, kacang disko juga sering ditambahkan pada sajian minuman seperti pada es teler sehingga menjadikan nuansa rasa minuman menjadi sedikit unik.

Jika Anda kebetulan sedang berada di Makassar, jangan lupa untuk membeli kacang khas Makassar ini sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah. Harga kacang disko di sini juga relatif terjangkau yakni Rp20.000 per bungkusnya

Kacang Sembunyi

oleh oleh makassar
youtube

Kacang Sembunyi (Kacang Umpet) merupakan salah satu cemilan atau kue kering yang sangat pas untuk disajikan saat lebaran tiba. Kacang sembunyi ini kita simpan dalam toples kedap udara agar tahan lama dan tidak melempen dan tetap renyah. kue ini berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia.

Sedang Cari Catering Daerah Makassar? Telah Hadir Catering Makassar Bunda Azka, rasanya Top

Bannang-Bannang

oleh oleh makassar
bukalapak

kue bannang-bannang adalah salah satu kue tradisional Makassar yang sudah terbukti disukai banyak orang. Kue ini sangat cocok dijadikan camilan dalam kondisi apapun. Bahkan dalam acara hajatan sekalipun, kue bannang-bannang ini selalu dapat dijumpai. Namun, jika Emak hendak membawanya dalam perjalanan, kue ini harus ditempatkan dalam toples yang tertutup rapat agar tidak remuk dan hancur.

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang warga Makassar yang terbiasa membuat kue ini, ternyata kue bannang-bannang tidak perlu menggunakan alat dan cetakan modern untuk membuatnya. Emak penasaran bagaimana cara membuatnya? Pertama, Emak siapkan bahan-bahannya yaitu: gula aren atau gula merah, tepung beras putih, dan minyak goreng.

Kedua, semua bahan dicampur dengan air, lalu diaduk hingga setengah encer dan merata. Ketiga, Masukkan adonan ke dalam wadah khusus lalu digantung di atas wajan yang berisi minyak panas. Wadah tempat adonan digoyang sehingga keluarlah adonan dan langsung masuk wajan sampai menyerupai benang. Setelah menguning, angkat kue yang matang lalu gulung perlahan selagi masih panas. Selanjutnya kue siap dihidangkan.

Kue bannang-bannang terasa lebih nikmat jika Emak menyantapnya dengan ditemani segelas teh panas atau kopi susu. Kue ini memang gurih dan unik, tapi tidak semua orang terampil membuatnya. Bahkan ada yang cenderung mengatakan susah, sehingga mereka lebih memilih membeli untuk menikmatinya.

Kerupuk Jintan

oleh oleh makasssar
tokped

Jenis camilan ini tak jarang juga disebut kue kering karena bentuknya yang tidak seperti kerupuk namun jika dimakan sangat renyah. Nah, kerupuk Jintan khas Makassar ini terbuat dari tepung terigu, soda kue, vanili, telur dan jintan hitam yang beraroma khas.

Konon, jenis camilan ini cocok disantap bersama secangkir teh hangat di sore hari. Jangan khawatir, karena kerupuk Jintan sudah tersebar di pusat oleh-oleh Makassar.

Sirup Markisa

oleh oleh khas makassar
Vibizmedia.com

Itulah beberapa oleh oleh makassar yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah atau pun rekan kerja anda yang berada di kantor.

Leave a Reply