pakaian adat Jawa, pangsi

√ 11+ Pakaian Adat Jawa Untuk Pria dan Wanita (Gambar & Keterangan)

Pada saat ini, saya akan membahas tentang pakaian adat Jawa. Di era modern ini, dunia fashion sangat berkembang sekali. Tidak hanya soal busana yang ditemukan pada era modern ini, namun juga baju-baju tradisional yang dimoderenkan dengan banyak variasi bentuk dan rupa. Tidak hanya itu, pada sebagian tempat baju tradisional selalu digadang-gadang. Setiap ada acara, maka pakaian adatlah yang dipakai.

Selain itu, pakaian adat hanya dikenakan secara khusus dan istimewa pada waktu lampau. Maksudnya, yang hanya bisa memakai pakaian adat hanya orang bangsawan. Dengan begitu, memakai pakaian adat terikat.
Namun, pada era sekarang cukup leluasa. Hal itu berarti, bahwa semua kalangan diperbolehkan dan diberi hak untuk bisa memakai pakaian adat. Setiap orang baik dari bangsawan atau rakyat biasa dapat menggunakan. Dengan begitu, lebih lues dan fleksibel.
Misalnya, jika anda berkunjung ke kota Yogyakarta maka banyak kusir yang mengenakan pakaian adat. Jika anda berkunjung ke pernikahan saudara anda yang berasal dari jawa, maka mereka biasanya mengenakan pakaian adat jawa. Yaitu, mereka memakai blangkon sebagai penutup kepala dan lain sebagainya. Dengan begitu, mereka masih melestarikan pakaian adat Jawa dan bebas buat rakyat Jawa.

13) Baju Cak dan Baju Ning

Baju Cak dan Baju Ning, pakaian adat Jawa

azizahfirrizqi21.student.umm.ac.id

Baju Cak dan Baju Ning merupakan pakaian adat Jawa Timur. Di Kota Surabaya, setiap tahun ada kontes yang mana para peserta kontes (perempuan) memakai pakaian adat ini. Pakaian ini dulu sangat tenar, namun pada zaman sekarang pakaian ini sering digunakan untuk acara besar di kantor atau walikota.

Tak hanya pakaian dan alat musik jawa yang populer, tapi makanan khas jawa pun menjadi makan yang recomended.

Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply