pakaian adat sunda

9+Pakaian Adat Sunda Untuk Pria & Wanita

Pakaian Adat Sunda- Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan nya masing – masing hingga pakaian adat yang di miliki setiap daerah juga khas dan bervariasi. Di provinsi Jawa Barat terdapat pakaian adat sunda, dengan ciri khas yang dimiliki nya. Masyarakat sunda juga lekat dengan budaya nya serta adat nya yang tidak akan pudar, melestarikan budaya dan adat merupakan keharusan bagi masyarakat sunda.

Kebudayaan Sunda memiliki aturan tersendiri dalam memakai pakaian adat yang masih di teruskan dari jaman nenek moyang hingga sekarang. Aturan pemakaian pakaian adat sunda di kategorikan berdasarkan pada strata sosial  atau kasta masyarakat seperti rakyat jelata, menengah dan  bangsawan. Selain itu, pakaian adat yang khusus di pakai untuk pernikahan dan acara resmi.

Pakaian Adat Sunda untuk Rakyat Jelata wanita

pakaian adat sunda

sapawarga

Pakaian adat sunda yang pertama yaitu pakaian untuk rakyat biasa, setiap gender memiliki pakaian adat tersendiri sehingga anda perlu memerhatikan beberapa hal. Pakaian adat sunda untuk rakyat biasa wanita dengan memakai pakaian adat sunda dengan memiliki adat tersendiri dari setiap kasta. Hal ini dikarenakan agar dapat lebih mudah membedakan dengan ciri khas pakaian adat tersendiri.

Pakaian adat sunda untuk wanita dengan model kain batik panjang dengan ikat pinggang dan juga di lengkapi dengan kamisol, baju kebaya dan selendang batik. Selain itu, di pakaian adat wanita juga terdapat hiasan nya berupa gelang akar bahar, suweng pelenis, cincin polos dari perak yang di tutupi warna emas dan alas kaki berupa sandal keteplek atau sadal jepit yang menandakan ke arifan lokal.

Pakaian Adat Sunda untuk Rakyat Jelata Laki – laki

pakaian adat sunda

romadecade.org

Pakaian adat sunda rakyat biasa untuk laki – laki memiliki ke khasan tersendiri, dilengkapi dengan  mengenakan celana komprang atau nama lain nya yaitu pangsi yang dilengkapi dengan beubeur atau sabuk, baju kurung, iket atau bendo dan biasa nya menggunakan kain sarung yang diselempangkan dari bahu kanan ke arah pinggang sebelah kiri atau dari bahu kiri ke arah pinggang sebelah kanan.

Penggunaan kain sarung yang diselempangkan yang di gunakan masyarakat sunda laki – laki merupakan salah satu ke khasan yang dimiliki budaya jawa juga. Selain itu, juga di lengkapi dengan alas kaki berupa sandal tarumpah. Melestarikan budaya sunda sendiri merupakan keharusan masyarakat sunda serta memegang erat adat yang sudah ada sejak jaman nenek moyang.

Nama – Nama Pakaian Rakyat Menengah Adat Sunda

pakaian adat sunda

bajuadatjawabarat

  • Rakyat menengah wanita

Pakaian adat sunda untuk rakyat menengah wanita menggunakan kain kebat batik hingga mencapai mata kaki dan juga menggunakan beubeur atau nama lain nya yaitu ikat pinggang, kebaya berwarna, selendang berwarna dan  juga menggunakan alas kaki berupa selop atau yang disebut juga dengan kelom geulis. Pelengkap pakaian untuk yang di pakai wanita yaitu berupa berbagai macam aksesoris.

Aksesoris yang di pakai wanita untuk memperindah pakaian adat sunda seperti perhiasan sebagai pelengkap berupa kalung, giwang atau juga disebut juga dengan anting – anting , gelang, dan cincin yang terbuat dari emas maupun perak. Aksesoris yang di pakai wanita ini bertujuan mempercantik diri, biasa nya di pakai pada saat mendatangi acara – acara besar seperti pernikahan atau pesta.

  • Kaum Menengah Laki – laki

Pakaian adat sunda untuk menengah laki – laki dengan menggunakan baju bedahan putih dengan kain kebat batik sabuk dan juga iket atau yang disebut juga dengan bendo, ber alas kaki dengan menggunakan sandal tarumpah serta arloji berantai emas yang di gantung di sekitar saku pakaian adat sunda sebagai hiasan atau aksesoris laki – laki dimana biasa nya di pakai saat akan ke pesta.

Pakaian Adat Sunda Untuk Bangsawan

Pakaian Adat Sunda Untuk Bangsawan

kenalibudaya

Pakaian Bangsawan wanita

Selanjut nya yaitu pakaian adat sunda untuk bangsawan wanita yaitu berupa kebaya Bludru yang dihiasi dengan selaman benang emas dimana kebaya jenis ini merupakan kebaya yang cukup mahal pada jaman nenek moyang hingga sekarang serta tampilan kebaya yang mewah dengan model yang kebaya yang berkilau. Pakaian yang di pakai oleh bangsawan wanita berbahan dasar kain kebat.

Kebaya yang dihiasi dengan motif rereng, serta alas kaki berupa sepatu selop beludru yang dihiasi manik – manik atau nama lain nya yaitu sulaman emas. Pakaian adat wanita selalu memiliki aksesoris pelengkap  seperti menggunakan perhiasan dari emas yang bertahtakan berlian sehingga terlihat lebih mewah dapat berupa giwang, gelang, cincin, kalung, tusuk konde, dan lain – lain.

Pakaian Bangsawan Laki – laki

Pakaian yang dikenakan oleh kaum bangsawan laki – laki menggunakan jas berbahan beludru dan celana panjang bahan beludru berwarna hitam yang dihiasi dengan sulaman benang emas. Bahan kain dodot motif rereng parang dengan rusak sabuk, iket atau dapat menggunakan motif yang sama dengan dodot sebagai penutup kepala. Selain itu, memakai alas kaki berupa sepatu selop hitam.

Pakaian adat Sunda untuk Acara Resmi dan Pernikahan

Pakaian adat Sunda untuk Acara Resmi dan Pernikahan

Pakaian adat Sunda untuk Acara Resmi dan Pernikahan

Pakaian Pernikahan Khas dan Menarik

Pakaian adat sundah untuk pernikahan dengan setiap pengantin memiliki busana yang berbeda untuk wanita dan pria. Pakaian adat sunda pernikahan untuk wanita di kenal dengan Sunda Siger dimana busana ini terinspirasi dari busana para putri – putri dari Kerajaan Sunda pada jaman dahulu. Selain itu pengantin perempuan memiliki tata rias khusus tersendiri yang disebut Sunda Danadibrata.

Pakaian Acara Resmi tampil Elegan

Selanjut nya juga terdapat pakaian adat sunda untuk acara resmi yang mana busana ini digunakan hampir sama dengan pakaian adat sunda untuk kaum bangsawan. Sebab pakaian ini digunakan untuk mendatangi acara resmi. Warna yang digunakan untuk pakaian pria adalah warna yang cenderung gelap dengan bawahan celana panjang yang sewarna dengan baju atasan serta di lengkapi dengan aksesoris yang ada.

Aksesoris yang akan digunakan seperti kain samping di pinggang, bendo sebagai penutup kepala, dan selop. Jam rantai berwarna emas. Selain itu juga terdapat pakaian adat acara resmi untuk wanita dengan baju kebaya berwarna polos yang dihiasi dengan sulaman serta kain bebat sebagai bawahan. Aksesoris lain nya seperti beubeur, kamisol, karembong atau selendang, dan selop.

Pakaian Adat Sunda Saudagar dan Mojang

Pakaian adat Sunda

Pakaian adat Sunda

Pakaian untuk saudagar khas Sunda

Pakaian adat Sunda untuk saudagar termasuk ke dalam kaum menengah pada jaman dahulu. Setiap kasta memiliki ciri khas pakaian tersendiri. Ketika anda memperhatikan dengan benar antara pakaian adat sunda untuk rakyat biasa, menengah hingga bangsawan maka anda dapat membedakan nya dengan jelas dari model, aksesoris hingga sandal yang di pakai cukup berbeda.

Kebaya Mojang

Mojang atau yang disebut juga dengan pakaian adat sunda gadis merupakan pakaian yang berupa kebaya polos yang dihiasi sulaman atau manik – manik, kain kebat dilepe dengan menggunakan kamisol. Beubeur atau ikat pinggang seperti yang dipakai para wanita biasa nya, alas kaki memakai selop yang sewarna dengan kebaya, selendang sebagai pemanis. Cukup sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, thanks.

 

Leave a Reply