penyebab kelinci mati

10+ Perhatian Tentang Penyebab Kelinci Mati

Mungkin beberapa orang disini sering kali mengalami masalah yang serupa, dimana penyebab kelinci mati sering kali menjadi pertanyaan umum yang dilayangkan. Memang saat ini banyak orang yang mengeluh ketika tiba-tiba, kelinci yang dipeliharanya mati mendadak

Padahal hal ini memang wajar terjadi, jika anda kurang paham cara mengatasi atau cara merawat kelinci yang baik dan benar. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, agar anda mampu untuk mengantisipasi perkara hal ini. 

Beberapa Hal Penyebab Kelinci Mati yang Wajib Diperhatikan

penyebab kelinci mati

mediaindonesia.com

1. Pembelian Usia dari Bibit Kelinci

Ketika anda ingin memelihara kelinci, pastinya anda sudah yakin jika anda memang benar-benar paham tentang usia dari bibit kelinci, yang sudah cocok untuk anda beli. Sering kali orang salah untuk memastikan hal ini, yang lebih memilih untuk membeli kelinci dengan usia yang masih sangat kecil, juga sangat rentan.

Untuk saat ini bahkan pada kelinci yang berjenis bagus seperti anggora, bisa saja gampang mati jika anda salah untuk memilih usia pada bibitnya. Sebenarnya usia yang cocok bagi anda yang ingin memeliharanya, adalah pada usia 4 bulan yang sudah menjadi usia ideal untuk anda memelihara berbagai jenis kelinci

2. Kandang yang Kurang Diperhatikan

Memutuskan untuk memelihara kelinci, bukanlah sebuah perkara yang mudah ada beberapa hal yang memang harus anda perhatikan, agar anda mampu untuk memastikan pertumbuhannya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kandang kelinci, yang akan menjadi tempat tinggal bagi hewan lucu ini. 

Sebenarnya, penyebab kematian mendadak memang sering terjadi, terutama ketika kelinci anda tiba-tiba tubuhnya kaku dan sudah tidak bernyawa lagi. Saat ini anda harus tahu, kandang yang tidak memadai bisa saja menjadi penyebab hal ini untuk terjadi, karena memang sudah mulai banyak ditemukan. 

3. Pemberian Makanan Mengandung Bahan Kimia Berlebihan

Perlu untuk anda ketahui bahwa, ketika kelinci anda memang mulai dipelihara, anda harus memilih jenis makanan kelinci yang sekiranya cocok untuk kelinci anda. Disini anda bisa memutuskan untuk memberikan makanan berjenis apa, sehingga bisa cocok untuk diterima oleh usus atau pencernaan kelinci anda. 

Sampai saat ini masalah pencernaan pada kelinci, seperti mencret yang menyebabkan kejang-kejang karena masuknya makanan berbahan dasar kimia. Memang menjadi masalah yang sering terjadi hingga saat ini, maka dari itu sangatlah wajar jika memang merasa khawatir untuk memberi makan yang salah.

4. Masa Transisi Pemberian Makanan

Untuk penyebab kelinci mati selanjutnya, adalah dengan masa transisi pemberian makanan kelinci, yang biasanya terjadi pada usia saat masih muda. Kelinci memang memiliki masalah yang sangat rentan akan hal ini, sehingga ketika usianya masih kecil masalah pemberian makanan bisa membuatnya mati kembung.

5. Keracunan Makanan atau Obat

Sebenarnya ketika kelinci anda diberikan makanan, anda harus memastikan terlebih dahulu, bila makanan yang anda berikan ini terbebas dari penggunaan bahan kimia atau dari pestisida pada tumbuhan. jika anda tidak waspada mengenai hal ini, kelinci anda bisa saja mengalami keracunan yang ditandai dengan lemas

6. Datangnya Predator Pemakan Kelinci

Suatu hal yang harus anda waspadai ketika memiliki kelinci, bahwa sebenarnya kelinci anda juga bukan tipe hewan yang mungkin saja melawan, ketika nantinya didatangi oleh predator. Sering kali orang mengalami masalah yang serupa, dengan apa yang terjadi ini dimana predator datang tanpa diketahui.

7. Masalah Stress Salah Satu Penyebab Kelinci Mati

Masalah yang memang menjadi faktor utama kematian kelinci atau suatu hewan, adalah dengan terjadinya masalah stress, dengan dasar dari penyebab kelinci mati. Dengan demikian anda disarankan untuk tidak mengurung kelinci anda, agar kelinci anda tidak mengalami stress semasa berada di dalam kandangnya. 

Sebenarnya cara termudah untuk mengatasi hal ini, adalah dengan memastikan jika kelinci anda memang sering diajak berinteraksi. Dengan demikian anda bisa menjamin, jika anda akan selalu memiliki kelinci yang ceria, sehingga terbebas dari masalah stress yang memang sering terjadi pada kelinci lainnya. 

8. Kelinci Kurang Hiperaktif

Suatu tanda yang memang sering terjadi, ketika kelinci anda memang sudah memasuki usia yang sangat pendek, adalah kelinci yang kurang hiperaktif. Disanalah anda harus peka, bahwa ketika hal ini terjadi kepada anda maka anda harus langsung membawa ke dokter, agar kelinci mendapat penanganan lanjut. 

9. Terjangkit Bakteri Penyakit Pada Tubuh Kelinci

Pada musim hujan khususnya, memang sering kali ada beberapa bakteri yang muncul, juga membahayakan kelinci anda. Disinilah beberapa orang sering kewalahan, untuk memberikan solusi terbaik ketika kelincinya terjangkit oleh penyakit, yang memang biasanya penyakit pada kelinci karena bakteri.

Beberapa penyebab hal ini terjadi, salah satunya adalah dengan terjangkitnya kelinci karena bakteri, yang disebabkan oleh udara yang lembab. Kembali lagi hal ini akan berhubungan dengan kebersihan dari lingkungan sekitar, atau mungkin bisa dikatakan jika kandang kelinci anda kurang bersih atau memadai. 

10. Kesalahan Penjadwalan Makanan

Selain memberi makanan kelinci yang menyehatkan, perlu diperhatikan penjadwalan makannya. Pemberian jadwal makan kelinci, merupakan salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Pasalnya penjadwalan , makanan ini, bukanlah berbicara mengenai waktu yang tepat dalam memberikan makanannya. Dimana anda harus tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang harus diberikan.

Misalnya pada pemberian makanan ubi jalar, yang memang sering diberikan pada kelinci yang wajib dan rutin. Dengan demikian anda harus tahu, bahwa kelinci anda memang penting untuk diberikan ubi jalar, dengan pemberian minimal 1 sampai 2 kali dalam seminggu, demi kelancaran pencernaannya. 

Saat ini anda tidak perlu lagi merasa khawatir, karena anda sudah tahu bahwa penyebab kelinci mati, memang terjadi karena hal yang sepele. Hal ini juga menjadi faktor penting untuk dipelajari, agar setidaknya anda bisa mencegahnya dengan baik. Terlebih lagi kami juga sudah memberi tips atau cara beternak kelinci dan cara merawat kelinci.

 

Leave a Reply