dinding sel, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

25+ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan- Jika kita perhatikan alam dunia ini, kita akan mendapati banyak makhluk hidup yang Allah ciptakan. Tak hanya itu, Allah menciptakannya dengan berbagai macam bentuk yang berbeda. Baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Semuanya menunjukkan kebesaran Allah sang Maha pencipta.

Dalam pembahasan ini, saya akan coba menguraikan keterangan yang cukup bermanfaat, khususnya dalam perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Untuk lebih menyingkat waktu langsung saja kita masuk dalam pembahasan ini. perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

gambar sel, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

infollg

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Utama

Pada kesempatan kali ini, saya akan jelaskan perbedaan utama sel hewan dan sel tumbuhan  dalam bentuk tabel. Kemudian akan saya terangkan istilah penting yang ada pada tabel beserta fungsinya.

Perbedaan utama sel hewan dan sel tumbuhan ada 4 jika di lihat secara umum. Perbedaan ini berlandaskan pada ciri-ciri utama sel hewan dan sel tumbuhan.

Agar mudah membedakan antara sel hewan dan sel tumbuhan, maka saya akan menampilkan-nya dalam bentuk tabel.

Tabel Perbandingan antara Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Sel TumbuhanSel Hewan
Mempunyai dinding selTidak mempunyai dinding sel
Memiliki plastida (kromoplas, kloroplas dan leukoplas)Tidak memiliki plastida
Tidak mempunyai sentriolMempunyai sentriol
Mempunyai vakuola besarMempunyai vakuola kecil

Untuk mengetahui apa yang ada pada tabel, maka saya akan jelaskan istilah-istilah yang ada beserta fungsi-fungsinya di bawah ini.

Penjelasan Istilah dan Fungsinya

Ada beberapa istilah dalam tabel yang mungkin anda sudah tahu, tapi paling tidak memberi yang belum tahu dan mempertkuat pengetahuan yang ada. -perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan-

Dinding Sel

dinding sel, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

whanday.blogspot.com

Dinding sel juga disebut dengan tembok sel. Makna dinding sel sendiri adalah suatu struktur yang berada di luar membran plasma yang membatasi ruang bagi sel untuk membesar.perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Salah satu ciri khas yang dimiliki tumbuhan, bakateri, jamur dan alga adalah dinding sel ini, walaupun struktur penyusunan-nya berbeda.

Dinding sel ini yang menyebabkan sel tidak bisa bergerak dan juga berkembang bebas.perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Namun, hal ini tidak berdampak negatif dan pas pada porsi-nya, yaitu dinding sel memberi dukungan, penyaringan dan perlindungan untuk struktur dan fungsi sel itu sendiri serta mencegah berlebih-nya air yang masuk ke dalam sel.

Ada berbagai macam komponen yang membuat dinding sel dan itu semua tergantung dengan golongan organisme. Untuk dinding sel tumbuhan, sebagian besar terbentuk dari pektin, selulosa, hemiselulosa dan lignin,  sedangkan untuk bakteri yang menyusun dinding sel adalah peptidoglikan,  dan lain sebagainya. -perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan-

Dinding sel mempunyai beberapa fungsi, diantaranya:

  • Membuat bentuk sel tumbuhan
  • Melindungi bagian-bagian dalam sel dari pengaruh luar
  • Menjaga sel tumbuhan supaya tidak pecah akibat air masuk secara berlebihan.

Plastida

plastida, perbedaann sel hewan dan sel tumbuhan

cs.wikipedia.org

Plastida adalah salah satu organel yang ditemukan dalam sel tumbuhan dan sebagian alga. Ia mempunyai membran ganda (membran luar dan dalam). Hampir semua plastida dapat berfotosintesis, walaupun ada beberapa yang tidak bisa.

Dalam dunia biologi, ditemukan beberapa macam plastida. Berikut ini beberapa macam plastida dan fungsinya.

  • Plastida kloroplas mengandung pigmen klorofil yang bisa ditemukan di daun atau bagian yang berwarna hijau. Kloroplas sendiri terbentuk atas tilakoid. Ia menjadi tempat berlangsungnya fotosintesis.

Kloroplas berjumlah lebih dari satu. Pada sel tumbuhan angiosperma, ia berjumlah sekitar 75-125 dan hanya ada beberapa saja pada alga.

  • Plastida kromoplas mengandung pigmen karotena, biasa ditemukan pada bunga dan bagian lainnya yang berwarna jingga. Klorompolas sendiri hasil dari perubahan kloroplas. Salah satu fungsi kromopolas adalah untuk menarik serangga agar membentuk penyerbukan.

Menurut Camara B bahwa krompolas merupakan turunan atau evolusi prokariot. Kromoplas juga bisa ditemukan pada buah-buahan dan pada daun yang mengalami tekanan (stress) atau penuaan. DNA yang terdapat dalam kloroplas dan kromoplas itu sangat identik, kecuali hanya pada bagian yang  terjadi peningkatan metilasi sitosin. -perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan-

  • Sebuah plastida yang tidak mempunyai pigmen. Plastida ini bisa ditemukan pada bagian tumbuhan yang tidak bisa berfotosintesis. Biasanya ada di akar. Fungsi utama plastida leukoplas adalah menyimpan amilum, lemak dan protein. Selain itu, ia juga berfungsi dalam sintesis asam lemak dan asam amino.
  • Plastida yang mengandung butir-butir tepung. Biasanya plastida ini ditemukan pada bagian tumbuhan yang menyimpan cadangan energi, seperti akar, biji dan batang umbi.

Sentriol

sentriol, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

twitter.com

Sentriol merupakan salah satu bagian sel yang berbentuk tabung dengan lubang tengah yang terdapat banyak pada sel eukariota. Ia terlibat dalam pembelahan sel dan pembentukan flagela dan silia. Ia tidak terdapat fungi, tumbuhan yang berpembuluh dan berbunga.

Sentriol itu sebuah organel sel hewan yang jarang ditemukan pada sel tumbuhan. Namun, ia bisa ditemukan pada beberapa tumbuhan seperti tumbuhan tanpa biji yang berpembuluh. Ia tersusun dari mikrotubulus.

Sentriol mempunyai beberapa fungsi, diantaranya:

  • Dalam Pembelahan Sel. Diperlukan untuk proses pembentukan mitosis pada hewan dan dalam pembentukan kutub-kutub untuk pembelahan sel.
  • Dalam Organisme Seluler. Sentriol mejadi salah satu bagian terpenting dalam pengorganisiran mikrotubulus di dalam sitoplasma.

Vokuola

vokuola, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

jendelasarjana.com

Vokuola merupakan bagian organel yang terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan. Ia merupakan rongga sel yang berisikan cairan dan diselaputi oleh membran. Di dalam cairan tersebut terlarut beberapa zat seperti enzim, garam mineral dan asam.

Vokuola mempunyai dua jenis. Yang pertama: vokuola kontraktil. Yang kedua:  vokuola nonkontraktil. Pada sel hewan, vokuola biasanya hanya terdapat pada hewan bersel satu dan ukurannya relative kecil.

Vokuola mempunyai beberapa fungsi, di antaranya:

  • Tempat menyimpan zat cadangan, pigmen, dan minyak atsirik
  • Sebagai gudang air dan zat terlarut yang lainnya.
  • Untuk memasukka air dari tonoplas

Ciri-Ciri  Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

gambar sel, perbedaan sel tumbuhan dan hewanSebagaimana umumnya, semua makhluq hidup mempunyai ciri-ciri khas yang tersendiri. Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa ciri-ciri karakteristik Sel, baik sel hewan atau pun sel tumbuhan.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Sel Hewan

Paling tidak ada tujuh ciri karakterisitk bagi sel hewan yang membedakannya dengan sel tumbuhan.

  1. Sel hewan berukuran lebih kecil daripada sel tumbuhan
  2. Tidak mempunyai plastida atau kloroplas
  3. Tidak mempunyai dinding sel
  4. Bentuknya bisa berubah-ubah
  5. Tidak mempunyai vakuola, walaupun kadang ada vakuola namun ukurannya relative kecil
  6. Mempunyai lisosom
  7. Mempunyai sentrosom

Ciri-Ciri dan Karakteristik Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan paling tidak juga mempunyai tujuh ciri karakteristik yang membedakannya dengan sel hewan. Berikut ini beberapa ciri-ciranya:

  1. Sel Tumbuhan ukurannya lebih besar daripada sel hewan
  2. Kebanyakan mempunyai plastida atau kloroplas
  3. Mempunyai dinding dan membran sel
  4. Mempunyai vakuola berukuran dan berjumlah besar
  5. Memiliki bentuk yang tetap
  6. Tidak mempunyai lisosom
  7. Tidak mempunyai sentrosom

Pengertian dan Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Pada pembahasan struktur ini saya akan membaginya menjadi dua, yaitu strukur sel hewan dan struktur sel tumbuhan.

Struktur Sel Hewan

struktur sel hewan, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan balubu.com

Gambar dan Penjelasan Singkat

Pada umumnya struktur sel hewan itu bisa diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu membran sel, inti sel dan sitoplasma. Tiap-tiap organel sel hewan mempunyai fungsi yang tidak sama. Adapun secara singkatnya, anda bisa melihatnya pada gambar di atas. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai organel sel, istilah dan fungsinya ada di bawah ini.

Pengertian Istilah dan Fungsinya

Nukleolus
Nukleolus, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

wikipedia.comIa

Nukleolus merupakan organel yang ada pada nukelus (inti sel). Pembentukan protein RNA atau ribonucleat itu sebuah tanggung jawab organel ini. Selain itu, ia juga bertanggung jawab dalam pembentukan protein.

Nukleoplasma
Nukleoplasma, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

ilmudasar.com

Nukloplasma juga merupakan organel yang bertekstur padat dan berada di dalam inti sel. Yang terkandung dalam organel ini antara lain serat kromatin yang padat dan membentuk kromoson. Ia bertugas membawa informasi genetika.

Ribosom
ribosom, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

fredikurniawan.com

Ribososm merupakan organel sel yang bertekstur padat dan berukuran kecil (diameter 20 nm). 65% RNA ribosom dan 35% protein ribosom yang membentuknya. Ribosom bekerja sebagai penerjemah RNA agar dapat membentuk rantai protein dengan adanya asam amino saat proses translasi.

Lisosom
Lisosom, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

simplenews05.blogspot.com

Organel ini berupa kantong yang terikat pada membran yang mengandung enzim hidrolitik. Gunanya adalah untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada semua keadaan. Lisosom ada pada sel eukariotik.

Ada beberapa lisosom, diantaranya:

  • Mencerna materi
  • Penhancur organel sel yang sudah rusak
  • Pengontrol pencernaan intraseluler.
Membran Inti

Membran inti adalah pembungkus keseluruhan organel dan pemisah antara sitoplasma dengan daerah inti. Organel ini mempunyai sifat permeable. Oleh karena itu, Sebagian besar pembuat nucleus butuh dengan pori inti.perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Membran Sel

Membran sel merupakan pembungkus sel yang tersusun dari protein (selaput plasma), lemak dan kolesterol. Perananya sangat penting untuk mengatur mineral dan nutrisi di dalam atau di luar sel.perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Ada beberapa fungsi membran sel, diantaranya:

  • Sebagia pelindung sel
  • Menjadi penerima rangsangan dari luar
  • Untuk menjadi pengatur keluar masuknya mineral dan nutrisi
Sitoplasma
sitoplasma, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

hendrisasrawan.blogspot.com

Sitoplasma merupakan bagian sel yang berbentuk gel dan berupa cairan. Cairan ini berada di dalam nucleus. Biasanya disebut dengan nukeoplasma. Sifatnya disebut dengan koloid komplek, sebab ia tidak cair dan tidak padat.

Jika konsentrasi airnya tinggi maka ia akan berubah menjadi encer, sedangkan ketika rendah, maka akan menjadi padat lembek.

Fungsi organel sitoplasma ini adalah sebagai berikut.

  • Menjadi sumber zat kimia sel
  • Menjadi tempat proses metabolisme sel.
Mitokondria
Lisosom, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

simplenews05.blogspot.com

Mitokondria merupakan organel terbesar. Ia menjadi mesin dalam sel. Ada dua lapisan yang terdapat pada organel ini. Mitokondria yang mempunyai bentuk tunggal disebut dengan mitrokondrion. perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Organel mitokondrion ini dapat mengubah energi kimia menjadi energi yang lain. Pada organel ini terdapat dua fungsi, yaitu untuk repirasi seluler dan penghasil energi dalam bentuk ATP.

Mikrotobulus

Mikrotobulus merupakan organel yang ada di dalam sitoplasma, lebih tepatnya pada sel eukariot. Bentuk organel ini silinder Panjang yang berongga. Organel ini terdapat pada sel hewan dan tumbuhan. perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Mikrotobulus tersusun dari tubulin. Ia memiliki elastis dan sifat kaku. Ada beberapa fungsi yang dimilikinya:

  • Sebagai pelindung sel
  • Memberi suatu bentuk bagi sel.
  • Mempunyai peran untuk membentuk flagella, sentriol dan silia.

Struktur Sel Tumbuhan

Gambar dan Penjelasan Singkat

gambar sel, perbedaan sel tumbuhan dan hewan

infollg

Sebagaimana umumnya, struktur sel tumbuhan itu bisa diklasifikasikan menjadi 3 kelompok besar, yaitu membran sel, inti sel dan sitoplasma.

Tiap-tiap organel nya mempunyai fungsi yang tidak sama. Adapun secara singkatnya, anda bisa melihatnya pada gambar di atas. Organel-organel itulah yang menyusun jaringan pada tumbuhan.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai istilah organel, istilah sel tumbuhan dan fungsinya ada di bawah ini.

Pengertian Istilah dan Fungsinya

Ada beberapa organ yang kurang lebih intinya sama dengan istilah di atas, maka saya  tidak jelaskan di sini, misalnya :  membran sel (selaput plasma), dinding sel, mitokondria dan sitoplasma.

sitoplasma, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan                       hendrisasrawan.blogspot.com

Nukleus

Ia juga dikenal dengan sebutan inti sel. Organ yang berada pada paling dalamnya susunan sel (di dalam sel eukariotik). Fungsinya mengontrol segala aktivitas sel berdasarkan informasi yang disampaikan oleh DNA tersebut. perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Inti sel tumbuhan ini mempunyai beberapa bagian di dalamnya, diantaranya: Membram nucleus atau selaput inti yang biasa dikenal dengan sebutan Karioteka.

Ribosom

Ribosom merupakan salah satu organel yang mengandung banyak zat, yaitu : 40% protein dan 60% asam ribonukleat (RNA)

.Selain itu, ribosom sendiri mempunyai 2 jenis, yaitu ribosom terikat dan bebas. Ciri-cir ribosom terikat adalah bergabung dengan retikum endoplasma. Fungsinya sebagai tempat proses sintesis protein.

Retikum Endoplasma (RE)

Ia adalah organel sel yang berbentuk mirip dengan labirin. Bagian membrannya terlihat berliku-liku.  RE mempunyai 2 jenis, yaitu RE halus dan kasar.Permukaan RE kasar dipenuhi dengan butiran ribosom sedangkan yang halus tidak ada ribosom yang menempel.

Fungsi RE adalah menjadi sebagai jalur penghubung antara nucleus dan sitoplasma. perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Badan Golgi

Badan golgi juga disebut dengan apparatus golgi, kompleks golgi (diktiosom). Organel ini hamper semunya terdapat pada sel eukariotik atau pada organ tubuh yang berfungsi sebagai ekskresi, seperti ginjal.

Pada tiap sel hewan memiliki 10-20 badan golgi, sedangkan sel tumbuhan memiliki sampai ratusan badan golgi. Badan golgi pada sel tumbuhan disebut dengan diktiosom. perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Beberapa fungsi badan golgi, yaitu:

  • Membentuk vesikula (kantong) untuk sekresi
  • Membentuk membran plasma
  • Tempat pengubah protein
  • Membentuk lisosom, dan lain sebagainya.
Kloroplas atau Plastisida

Organel ini hanya terdapat pada tumbuhan saja. Bentuk kloroplas : bulat lonjong dan berwarna hijau atau bisa dibayangkan seperti kacang hijau. Kloroplas juga ada yang berbentuk pipih seperti telur. Kloroplas juga mempunyai 2 membran seperti mitokondria, yaitu membrane luar dan dalam.perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

TABEL PERBEDAAN SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN LENGKAP

Untuk melengkapi keterangan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan serta fungsinya, maka saya akan menambah beberapa catatan yang berada di tabel. Berikut ini beberapa catatan yang saya cantumkan di tabel.

Tabel

NoPerbedaanSel TumbuhanSel Hewan
1Dinding Sel Mempunyai Dinding SelTidak Mempunyai Dinding Sel
2PlastidaMempunyai Plastida (kromoplas, kloroplas dan leukoplas)Tidak Mempunyai
3SentriolTidak Mempunyai SentriolMempunyai Sentriol
4VakuolaUkurannya BesarUkurannya Kecil
5Sambungan antar selPlasmodesmataDesmosome
6Mendapat makananBisa menghasilkan makanan sendiri dari fotosintesisMendapatkan makanan dari lingkungan atau organisme lain
7Tingkat totipotensiSangat tinggiRendah
8Ketahanan TekananKuatLemah
9Sitokinesis selMembentuk lempeng mitosisMembentuk furrowing
10Pembentukan spindlePembentukannya secara anastralPembentukannya secara amphiastral
11FlagelaJarang ditemukan, hanya pada sperma tumbuhan tertentuBanyak ditemukan
12SiliaJarang ditemukanBanyak ditemukan
13Ukuran selBesarKecil
14Organel respirasiKloroplas dan mitokondriaMitokondria
15SentrosomJarang ditemukanAda dan banyak ditemukan
16Letak inti selAda pada pheriperal sitoplasmaAda pada tengah sel
17Elastisitas jaringanRendahTinggi
18SentriolTidak adaAda
19Bentuk selBentuk sel tumbuhan tetapDapat berubah-ubah
20GlioksisomAdaTidak ada atau jarang ditemukan
21LisosomJarang ditemukanBanyak terdapat  di dalam sel hewan
22Matriks ekstraselularTidak adaAda
23NucleusUkurannya lebih kecil dari vakuolaUkurannya lebih besar dari vakuola
24Menyimpan tenagaMenyimpan tenaga dalam bentuk patiMenyimpan tenaga dalam bentuk glikogen
25Badan GolgiHingga ratusan10-20 saja
26Perbandingan ukuran selUkurannya lebih besar dari sel hewanUkurannya lebih kecil dari sel tumbuhan

Hanya ini yang bisa saya tuliskan tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, saya berharap ini bermanfaat bagi teman-teman pembaca seluruhnya. Terimakasih.

Leave a Reply