permaian waktu kecil

5 Permainan Menakjubkan di Waktu Kecil

Table of Contents

5 Permainan Menakjubkan di Waktu Kecil

Permainan Waktu Kecil- Masa kecil merupakan masa-masa indah tanpa beban. Masa penuh kenangan dan penuh permainan. Namun, satu masa dengan masa yang lain tidak sama keindahan dan kenangannya.

Kalau dulu ada pepatah jawa mengatakan “mangan ra mangan seng penting kumpul” namun sekarang berubah menjadi “mangan ra mangan seng penting nyekel hape” .

Begini makna pepatah tersebut di dalam bahasa indonesia ” makan tidak makan, yang penting kumpul” , baik kumpul untuk bemain bersama atau ketawa bareng. Namun, pepatah yang ini sudah jarang berlaku. Sebab, pepatahnya sudah berberda, yaitu” makan tidak makan, yang penting pegang hape”

Untuk anak-anak yang lahir pada tahun sembilan puluhan, pasti mengalami keseruan yan berbeda dengan anak sekarang. Dulu mereka lebih banyak bersenang-senang di alam sedangkan anak zaman sekarang lebih banyak bersenang-senang dengan gagdet atau dunia maya.

Betul bukan?

permainan dengan gagdet

pixabay.com

Yah , itulah realita yang ada. tidak bisa dipungkiri lagi. Sebab, zaman dahulu teknologi tidak berkembang seperti di Indonesia seakrang. Dulu dipenuhi dengan kebudayaan taradisional Indonesia. Begitu pun dalam hal makanan.

Anak zaman dahulu (sebelum tahun 2000) makan dengan makanan alami seperti singkong, ubi, wi, gembili, entik dan lain-lain sedangkan anak zaman sekarang makan makanan yang kurang alami seperti taro, citatos, potato dam lain sebagainya.

Mari kita kembali lagi.

Anak yang lahir di tahun sembilan puluhan selalu dihiasi dengan permainan-permainan asyik dan alami.Permainan yang penuh dengan keringat, panas karena terik matahari dan penuh dengan suara. Jika anda lahir di tahun sembilan puluhan pasti anda tahu jenis permainan-permainannya.

Berikut ini permainan-permainan anak zaman sebelum ada smartphone, anak yang lahir di tahun sembilan puluhan dan pernah saya lakukan:

Layang-layang

layang-layang permainan waktu kecil

pulsk.com

Layang-layang juga dikenal oleh orang Solo dengan kata layangan. Layangan merupakan lembaran tipis yang mempunyai kerangka berbetuk layang-layang. Ia diterbangkan ke udara yang dihubungkan dengan tali kepada yang main atau pegendali.

Banyak orang sebaya dengan saya yang bermain layang-layang. Biasanya,  Anak laki-laki yang memainkan-nya . Permainan ini tidak setiap hari dimainkan tetapi ada musimnya dan hanya dilakukan di saat udara cerah.

Menurut saya bermain layang-layang sangat bermanfaat buat saya dan orang lain. Berikut sebabnya :

  1. Menjaga kesehatan. Sebab, menerbangkan layang-layang biasa diawali dengan berlari dan menarik benangnya. Jadi seperti olahraga bukan?
  2. Menjadi kreatif. Awalnya, saya menerbangkan layang-layang dengan umumnya orang. Setelah itu, saya berfikir agar layang-layang yang saya terbangkan berputar-putar.
  3.  Melatih kesabaran. Ketika layang-layang tidak terbang-terbang maka di situlah saya dilatih untuk bersabar dan tekun mengulang sehingga layang-layang terbang
  4. Menyenangkan diri dan adik.

Jadi, layangan itu merupakan mainan yang sangat bermanfaat. Bahkan untuk zaman sekarang, layangan juga digunakan oleh orang Palestina untuk berjihad dan menjatuhkan drone pengintai milik tentara Israel.

Kelereng

kelereng permainan waktu kecil

pixabay.com

Biasanya saya dan teman bermain kelereng di waktu Sore hari. Tepatnya setelah kita melakukan sholat ashar dan membantu orang tua. Ketika selesai dua hal tersebut , saya dan teman-teman bermain kelereng.

Setahu saya kelereng itu mempunyai nama lain, yaitu gundu dan neker. Kelereng itu merupakan bola kecil yang terbuat dari kaca dan marmer untuk alat permainan anak-anak. Ada yang mempunyai warna-warni atau pun satu warna. Adapun ukurannya berbeda-beda; ada yang sangat kecil, ada yang sedan dan juga yang besar .

Menurut pengalaman saya,  ada tiga cara bermain kelereng:

  1. Beberapa kelereng dimasukkan dalam satu gambar di tanah, baik bentuknya bundar atau pun seperti perisai. Dan bagi orang yang bisa mengeluarkan kelereng terbanyak maka dia lah yang menjadi pemenang.
  2. Kita menaruh sebagian kelereng yang di tata  pada garis yang berbentuk huruf “T”. Jika ada orang yang  bisa mengenai kelereng yang berada di ujung huruf “T” atau mendapatkan kelereng yang terbanyak, maka dia pemenangnya
  3. Sebagian kita membuat lubang. Setelah itu, kita masukkan kelereng kita untuk mendapatkan nilai angka. Yang terbanyak mendapat nilai, dia lah pemenangnya.

Setelah membaca artikel dan mengingat masa lalu ketika bermain kelereng, ternyata bermain kelereng tidak hanya untuk permainan. Namun ternyata juga memberikan manfaat bagi pemainnya. Paling tidak ada empat manfaat, yaitu:

  1. Emosi.  Bermain kelereng itu menuntut saya akan melatih kesabaran. Selain itu, ia membuat saya senang, sehingga melenturkan fikiran saya yang sebelumnya tegang atau penat.
  2. Mengasah Kemampuan Motorik. Di saat bersama-sama main kelereng, di situlah saya berlatih konsentrasi agar tembakan kelereng saya mengenai kelereng teman.
  3. Ketelitian dan Kecermatan. Ketika orang ingin  mengenai kelereng teman namun meleset, maka dia akan mencoba ulang dan mencermati cara aga bisa mengenai kelereng teman tersebut.
  4. Kemampuan berfikir. Ketika ingin menang ketika bermain kelereng,  orang akan mencari cara agar menang dengan mengatur strategi. Oleh karena itu, bermain kelereng mengembangkan berfikir orang .

Betengan

betengan permainan waktu kecil

youtube.com

Setahu saya, game ini dilakukan dengan membagi orang yang ada menjadi dua kelompok. Misalkan ada sepuluh orang, maka dibagi menjadi dua. Sehingga tiap kelompok lima orang. Permainan ini dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

Tugas tiap kelompok adalah menjaga sesuatu yang dijadikan betengnya (baik itu tiang, tembok, dll.) agar tidak disentuh lawan. Ketika lawan kelompok tersebut dapat menyentuhnya, maka kelompok tersebut dianggap kalah.

Namun, jika lawan kelompok tersebut belum menyentuh beteng lawannya dan sudah ditepuk bagian tubuh atau tangannya maka di dianggap mati atau menjadi tawanan yang bisa diselamatkan ketika kawannya menyentuhnya.

Permainan seperti ini juga mengasah seseorang agar bisa mencari strategi agar bisa menyentuh benteng lawan dan dapat membebaskan temannya yang sedang ditawan.

Petakumpet

petakumpet permainan waktu kecil

marneskliker.com

Termasuk permainan yang menurut saya sangat seru adalah petak umpet. Kalau ada permainan ini, teman-teman saya pada ngumpul semua. Jadi, orang yang ikut bermain sangat banyak.

Sebelum bermain, kita akan melakukan hompipa hingga tersisa satu yang terakhir. Yang terakhir itulah yang akan menutup matanya di hadapan dinding sambil menghitung dari angka 1 hingga jumlah yang sudah disepakati. Sedangkan yang lain, ngumpet semuanya.

Setelah orang yang menutup mata selesai menghitung, dia dapat tugas untuk mencari teman-temannya yang bersembunyi. Jika semua sudah muncul atau sudah ditemukan, maka orang yang pertama kali ditemukan oleh-nya, dia lah yang bertugas menutup mata, menghitung dan mencari teman-temannya.

Permainan ini akan mengembangkan berfikir anak. Sebab, mereka dilatih agar bisa mencari tempat persembunyian yang aman.

Lompatan

lompat tali permainan waktu kecil

permainantradisionaltermasakini.blogspot.com

Lompatan, sebuah sapaan orang Solo terhadap permainan Lompat Tali. Permainan lomat tali biasa dilakukan oleh anak perempuan, namun juga ada teman laki-laki saya yang ikut permainan ini.

Menurut saya,  permainan ini sangat jadul. Namun, kata orang-orang permainan ini ngangenin.

Cara bermainnya adalah ada satu atau dua orang yang memegang ujung tali. Lalu ada yang bermain di tengah-tengah tali tersebut dengan kode-kode yang ada.

Saya sendiri kurang tahu manfaatnya, tapi paling tidak mereka senang sehingga menghilangkan rasa penat.

Demikianlah cerita saya tentang permainan zaman 90 an, walaupun  masih banyak permainan yang lain di zaman itu.

Leave a Reply