persiapan sebelum menikah

11 Hal yang Wajib Anda Pertimbangkan Sebagai Persiapan Sebelum Menikah

Pernikahan adalah puncak keseriusan dalam hubungan asmara pria dan wanita dewasa. Dengan dilaksanakannya pernikahan, Anda dan pasangan harus siap menjalani kehidupan baru baik suka maupun duka. Mengingat pentingnya fase ini, maka terdapat beberapa persiapan sebelum menikah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa menikah memang membutuhkan banyak persiapan. Sebagai calon pasangan suami istri, Anda bersama pasangan tentu harus mempersiapkan segalanya agar lebih terencana. Tujuannya adalah pernikahan yang Anda jalani bisa langgeng dan bahagia.

Beberapa Aspek Pra Pernikahan yang Wajib Dipersiapkan

persiapan sebelum menikah

seruni.id

1. Visi Pernikahan

Menikah atau pernikahan merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup Anda sebagai manusia dewasa. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menjalaninya, Anda sebaiknya mempersiapkan visi ke depan dengan matang.

Ada beberapa rencana yang perlu Anda pikirkan sebelum melakukan pernikahan. Seperti ingin tinggal dimana, mempunyai anak berapa serta tujuan apa yang hendak dicapai pasca menikah. Melalui perencanaan visi yang jelas, maka kehidupan Anda setelah menikah akan lebih terarah.

2 Mempersiapkan Mental dan Fisik

Aspek yang juga tidak kalah penting untuk Anda persiapkan sebelum menikah adalah mental dan fisik. Kesiapan mental artinya adalah Anda telah siap mengarungi bahtera rumah tangga termasuk menghadapi berbagai risikonya.

Sementara itu, kesiapan fisik ditandai dengan kondisi lahir dan batin Anda dan pasangan yang sehat. Dengan demikian, Anda dirasa cukup tangguh untuk membina rumah tangga ke depannya. Tanpa mempersiapkan aspek ini, maka nantinya akan ada banyak kendala yang ditemui pasca menikah.  

Baca Juga: Pernikahan Menurut Islam yang Harus Diketahui

3 Biaya Acara Resepsi Pernikahan

persiapan sebelum menikah

Sebenarnya, menikah itu mudah dan juga murah karena Anda hanya tinggal pergi ke KUA untuk melakukannya. Namun, aspek yang sering dipersoalkan sehingga perlu dipersiapkan dengan baik adalah biaya resepsi pernikahan.

Ya, acara resepsi pernikahan Anda pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebelum memutuskan menikah sebaiknya Anda berdua merancang acaranya. Tujuannya adalah agar diketahui berapa besarnya perkiraan biaya yang harus dikeluarkan.

Beberapa aspek yang perlu direncanakan adalah konsep acara, tempat, jumlah tamu undangan, konsumsi hingga perlengkapan. Namun, bila Anda tidak ingin repot dan memiliki finansial yang mencukupi maka bisa memanfaatkan jasa wedding organizer.

4 Restu Orang Tua

Agama apapun pasti mewajibkan Anda untuk meminta restu orang tua sebagai salah satu persiapan sebelum menikah. Sebab dengan restu orang tua, pernikahan Anda akan menjadi lancar, langgeng, bahagia dan berkah. Dikarenakan aspek ini begitu penting, maka jangan sekali-kali mengabaikannya.

Selain itu, ingatlah bahwa menikah bukan hanya sekedar menyatukan diri Anda dan pasangan. Lebih dari itu, pernikahan juga akan mempersatukan dua keluarga sekaligus. Jadi, sebelum memutuskan membina rumah tangga pastikan Anda mendapat restu dari keluarga sendiri dan pasangan.   

5 Kesiapan Finansial

persiapan sebelum menikah

inovasee.com

Anda tidak salah apabila beranggapan bahwa cinta adalah modal utama dalam menikah. Tetapi, persoalan keuangan juga merupakan suatu hal penting yang tidak dapat Anda abaikan. Sebab aspek financial seringkali menjadi pemicu pertengkaran hingga perceraian diantara pasangan suami istri.

Masalah keuangan yang tidak stabil memang begitu riskan memicu keretakan rumah tangga. Oleh sebab itu, supaya kehidupan Anda dan pasangan langgeng pasca menikah, maka persiapkan dengan baik aspek keuangannya.

Pastikan bahwa Anda telah memilki sumber penghasilan tetap yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dengan demikian, Anda dan pasangan tidak akan membebani keluarga masing-masing. 

Baca Juga: Beberapa Pilihan Seserahan Pernikahan yang Layak Untuk Diberikan

6 Hubungan Seksual

Walau bukan prioritas, aspek hubungan seksual perlu Anda pikirkan sebelum menikah. Tanyakan lagi pada diri sendiri, apakah Anda sudah siap untuk memenuhi kebutuhan batin dari pasangan. Sebab menikah adalah satu-satunya sarana guna menghalalkan hubungan intim pria dan wanita dewasa.

Berhubungan seks pasca menikah tentu akan menjadi kenikmatan tersendiri. Disamping mendapat pahala karena merupakan ibadah, Anda juga bisa menyalurkan rasa cinta dan kasih dengan penuh ketulusan terhadap pasangan.

7 Siap Untuk Dibatasi

Konsekuensi setelah menikah yang wajib Anda terima adalah siap untuk dibatasi. Bagi wanita, kini Anda tidak bisa lagi pergi ke mall atau menginap di rumah teman tanpa se-pengetahuan dan izin suami. Peraturan ini juga berlaku jika Anda berperan sebagai seorang suami.

Jadi, kemana pun Anda pergi baik itu urusan pekerjaan atau pun sekedar berkumpul dengan teman sebaiknya mintalah izin kepada istri. Walaupun terkesan diatur, sebenarnya hal ini merupakan aspek positif yang bertujuan agar Anda menghargai keberadaan pasangan.

8 Kemantapan Hati

Satu lagi persiapan sebelum menikah yang juga perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjalaninya adalah soal kemantapan hati. Lakukan instropeksi diri sendiri dan pikirkan kembali apakah Anda sudah benar-benar mantap dengan pasangan?

Pikirkan juga apakah Anda sudah merasa sanggup untuk menerima kelebihan maupun kekurangan pasanganmu? Begitu pun sebaliknya, tanyakan juga kesiapan dari pasangan untuk menikah denganmu. Pernikahan merupakan komitmen seumur hidup, jadi jangan sampai ada keraguan.

Baca Juga: Macam-macam Dekorasi Pernikahan yang Baik

9 Bersedia Menanggung Berbagai Risiko

Percayalah bahwa kehidupan rumah tangga Anda tidak akan seindah adegan sinetron yang penuh dengan kebahagiaan. Sebab ada kalanya berbagai cobaan atau tantangan akan menerpa Anda dan pasangan.

Misalnya, soal perbedaan pendapat hingga masalah keuangan yang tidak stabil. Dalam menyikapi berbagai cobaan ini sebaiknya Anda tidak menggunakan emosi untuk menyelesaikannya. Kali ini, Anda dituntut untuk lebih dewasa sehingga solusi yang diambil pun harus lebih bijaksana.

10 Siap Menghadapi Masa Depan Baru

persiapan sebelum menikah

gogobi

Poin ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan visi misi yang jelas sebelum Anda memutuskan untuk menikah. Ini dikarenakan ketika Anda dan pasangan mempunyai visi yang terencana jelas itu artinya Kalian siap menghadapi masa depan baru.

Ada baiknya, Anda berdua membuat daftar target-target yang ingin dicapai setelah menikah. Jadi, kehidupan pasca pernikahan pun menjadi lebih bermakna karena Anda dan pasangan berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai target tersebut.

11 Siap Menjalani Kehidupan Berbeda

Ketika memutuskan menikah, maka Anda bersama pasangan akan menjalani fase kehidupan yang baru. Perlu diingat bahwa fase ini biasanya dipenuhi dengan berbagai hal tidak terduga baik berupa suka maupun duka.

Kunci utama untuk menjalani kehidupan berbeda ini adalah kesediaan saling berbagi antara Anda berdua. Sebab perlu disadari bahwa ketika menikah prioritas utama adalah kepentingan bersama. Jadi, sebisa mungkin jangan menonjolkan ego pribadi bahkan bertindak seenaknya.

Misalnya, Anda ingin pergi hang out bersama teman-teman lama sewaktu masa kuliah. Hal ini sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar karena ajang Anda untuk melakukan temu kangen. Tetapi, karena Anda sudah menikah maka mintalah izin terlebih dulu pada suami atau istri.

Persiapan sebelum menikah memang sangat kompleks dan krusial. Beberapa poin di atas tentu harus Anda rencanakan dengan matang. Melalui persiapan matang, kehidupan pernikahan Anda pun menjadi lebih terarah. Ketika kondisi ini tercipta, pintu kebahagiaan pun akan semakin terbuka lebar.

Leave a Reply