pola orang sukses

Pelajaran Berharga – Pola Orang Sukses

Pola Orang Sukses- Banyak pelajaran berharga dalam kehidupan saya. Namun saya tidak bisa menyebutkan-nya satu persatu dalam lembar ini. Oleh karenanya, saya di sini akan menceritakan tentang pola orang sukses.

Dalam kehidupan dunia ini sangat banyak model gaya kehidupan dan banyak karakter serta berjenis-jenis ciptaan Allah ta’ala. Satu jenis ciptaan Allah, sebut saja manusia, sangat banyak karakternya. Ada yang pendiam, pemurah, pengasih dan lain-lainnya.

Kalau kita lihat dari sisi finansial, maka ada orang yang kaya sekali, kaya, sedang-sedang saja (kecukupan) dan kurang mampu. Itu semua disebut qodarulah (ketetapan Allah) karena sudah terjadi.

Ada poin yang penting, yaitu ketika kita dalam fase ikhtiar. Fase yang mana kita disuruh memilih dengan usaha kita. Inilah yang disebut dengan Takdir Muallaq. Orang menjadi kaya dan miskin itu disebut qodarullah setelah adanya usaha yang dipilih. Namun bukan tempatnya saya membahas di sini.

pola orang sukses

pixabay.com

Beberapa hari yang lalu, saya tertarik dan merasa tergelitik dengan perkataan mas Vatih yaitu “pola”. Perkataan yang mungkin biasa, namun jarang saya temui. Beliau berkata: saya itu  suka mengamati pola-pola hidup dan orang-orang kaya itu punya pola.

Berbeda dengan orang lain ketika mengatakan “pola”. Biasanya orang lain mengatakannya orang kaya itu begini dan begitu. Tidak membekas untuk ditiru dan paling tidak hanya jadi ilmu pengetahuan.

Dengan begitu, orang kaya itu memang punya pola dan bisa ditiru.

Pola Orang Kaya Harus Ditiru?

meniru pola orang sukses

pixabay.com

Tentunya, tergantung jawaban masing-masing. Jika ingin sukses bisa ikuti jalannya. Namun jika tidak juga bisa sukses, tapi itu jarang!

Ada beberapa hal yang saya sampaikan di sini yang pernah saya dengar dari beberapa orang yang cukup bagus untuk pengingat diri.

Sebagaimana norma masyarakat dan Islam, yang baik dilakukan dan yang buruk ditinggalkan.Bukan ambil sandal orang yang baik tapi sandal jelek yang kita punya kita tinggalkan, hehehe. So, pola yang baik saja yang baik diikuti.

Sempat saya mendengar dari mas Vatih,  bahwa orang itu bisa sukses juga jika dia beruntung. Dan orang yang semacam ini ada dua. Yang bisa untung cuman satu kali dan ada yang bisa untung berkelanjutan.

Yang untung tapi hanya sekali, yaitu Dia untung dengan tidak sengaja dan tidak  diamati sebab keberuntungannya  sehingga tidak  untung kembali di waktu berikutnya. Ada yang bisa untung kembali di waktu berikutnya, karena dia amati dan dia lakukan ulang, jadi beruntung lagi. Semua ada contohnya.

Jadi, bisa diamati dalam keseharian di sekitar kita.

Berawal dari Mindset

mindset pola orang sukses

pixabay.com

Kurang lebih pukul 09:00 WIB, saya dan teman-teman belajar materi. Sudah duduk di dalam kelas seorang guru. Tidak lama kemudian beliau mengucapkan salam dan memulai pelajaran.

Awal mulai pelajaran. Beliau memulai dengan kata  pola  orang kaya. Beliau juga mengatakan, kalau kita berbicara tentang pola orang kaya maka kita akan berbicara tentang mindset. Sangat penting membangun midset itu.

Tak lama kemudian, saya juga mencari di mbah google tentang pola orang kaya. Maka data yang keluar adalah data yang di dalamnya membahas tentang  mindset.

Maka dari situ saya lebih tertarik lagi untuk membaca-membacanya.

Yang intinya adalah  mindset  merupakan Cara berpikir seseorang yang akan membawa atau mengarahkan seseorang tersebut untuk meraih tujuan, impian dan target.

dan untuk membangun mindset tersebut dalam diri anda ada 3 :

  1. melihat kehidupan orang sukses
  2. mengambil pelajaran dari perjalanan mereka
  3. dan laksanakan kegiatan yang diistiqomahi

3 Pola Pikir Orang Sukses

pola orang sukses

pixabay.com

Mungkin diparagraf di atas, keterangan saya kurang mendalam atau kurang luas. Mudah-mudahan contoh dan sedikit keterangan dibawah dapat lebih memahamkan kita semua.

Lanjut guru saya di atas dengan menganalogikan dan memberi contoh. Yang intinya begini:

  • Pertama, Ada seorang kaya raya di barat (orang-orang eropa), ibarat dia beli mobil termahal pun sangat kecil atau mudah sekali. Waktu itu, dia berangkat ke kantor miliknya dengan mobil yang sudah lama, bukan mobil antik.

Setelah itu, datang seorang kariyawan atau temannya mendekatinya serta bertanya, “kenapa anda memakai mobil yang seperti ini? padahal anda bisa beli mobil yang sangat keren.”

Dengan demikian, apa yang didahulukan orang kaya tersebut? Yup, benar. Yang didahulukan fungsi bukan gengsi. Cukup dengan mobil yang sudah lama, toh juga sama, dapat mengantarkannya pulang pergi ke kantor dengan baik.

  • Kedua, Orang yang akan saya ceritakan adalah orang kaya juga bertempat tinggal di barat. Orang kaya ini sedang membangun rumah, kurang lebihnya begitu. Namun rumahnya itu tidak dibangun kolam renang.  Padahal kalau saja dia mau membangun maka sangat mudah sekali.

Kemudian seseorang bertanya, “kenapa anda tidak membangun kolam di dalamnya?”

Beliau menjawab yang intinya begini, saya tidak membangun di dalamnya karena saya tidak renang setiap hari dan saya hanya renang kalau saya butuh. Dan setiap saya butuh renang, maka saya bisa pergi ke kolam renang. Dan itu semua membuat saya lebih hemat dan cukup.

Dengan demikian, apa yang dilakukan orang kaya tersebut? Yup, Benar. Beliau memprioritaskan  hemat dan kebutuhan. Beliau sangat menjauhi keborosan.

  • Akhirnya, guru saya tersebut memberi tambahan dengan kata “Miliki Kebiasaan Orang Kaya Tersebut.”

Tentunya kebiasaan yang harus dibangun dan dilazimi adalah kebiasaan positif dan  membangun. Selalu istiqomah kebiasaan positif dan membangun tersebut.

Begitulah yang saya dapatkan, dan masih banyak pola-pola lainnya yang harus kita biasakan. Sebagai contoh juga adalah hubungan kita dengan orang tua kita.

MHMMD

mhmmd- pola orang sukses

citranw.wordpress.com

Satu trik buat anda! semoga trik ini sangat membantu anda.

Ketika saya berada di rumah tahfidz “Hanif Ar-Rahman”, Bunda Nia -selaku pembina yayasan- memberi banyak masukan kepada tenaga gurunya, seperti MBTI agar tahu tentang diri-sendiri dan MHMMD agar bisa terbantu untuk teratur dalam mencapai tujuan.

Di sini saya akan menerangkan apa itu MHMMD. MHMMD adalah sebuah buku yang disusun oleh Bunda Marwah Dawud asal Indonesia. Kepanjangan MHMMD adalah Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan.

Banyak orang yang sukses dengan bantuan MHMMD tentunya dengan izin Allah.  Ada salah seorang yang berkeinginan haji di umur 30 tahun, kemudian menerapkan MHMMD, alhamdulillah dia bisa haji ketika tiba umurnya ke tiga puluh tahun, dan masih banyak misalnya.

Adapun cara mempraktikkannya  dan mmebuatnya tidak rumit. Oke, saya akan menerangkan secara ringkas dibawah ini :

  • Menuliskan segala cita-cita dan target pada satu kertas.
  • Setalah itu bikin spesifikasinya, misal; target hafal Al-Qur’an umur 25 tahun sedangkan umur sekarang 23, sehingga ada waktu selama dua tahun. Kemudian, hitung dan bagilah waktu yang agar kamu punya target perharinya. Begitu juga target-target yang lainnya.
  • Ambil satu kertas kosong putih yang lain, lalu garislah 6 garis vertikal dan 10 garis horisontal
  • Tulis pada kotak pertama = umur 1 tahun, kotak berikutnya = umur 2 tahun hingga selesai.
  • Masukkan target anda dalam kotak-kotak yang ada sesuai umur.
  • Lalu tempelkan ditembok, dan lakukan target-targetnya. Jika anda lupa, insyallah akan kembali melakukan pencapaian target setelah melihat MHMMD yang anda tempelkan

 

Cukup sekian cerita saya. Untuk mendalaminya bisa beli bukunya dan trainingnya.

 

Leave a Reply