sel, sel hewan dan fungsinya

PENGERTIAN SEL HEWAN DAN FUNGSINYA SECARA GAMBLANG

ILMUWAN PENEMU SEL 

Sel hewan dan fungsinya- Sel sudah diciptakan oleh Allah beberapa ribu tahun silam. Dengan penelitian para ilmuan  yang cukup lama, baru lah sel ditemukan. Yang beredar, penemu sel pertama kali adalah Robert Hooke.

Siapa Robert Hooke itu ?

Robert Hooke adalah ilmuan yang lahir pada tanggal 18 juli 1635 di Freshwater, Isle of Wight, Inggris. Ia salah satu ahli matematika, kimia, filsuf dan arsitek.

Robert Hooke menemukan sel dengan menggunakan mikroskop. Awal kalinya, dia mengamati sayatan gabus batang Quercussuber dengan mikroskop, yaitu tepat pada tahun 1965. dia menemukan di dalamnya ada rongga kosong yang dibatasi dinding tebal.

Kemudian, Hooke menyebut rongga kosong tersebut dengan istilah cellulae. Cellulae artinya sel. Sel tersebut merupakan sel-sel gabus yang sudah mati. Dia mengadakan istilah sel  untuk menggambarkan organisme biologis.

PENGERTIAN SEL HEWAN

sel, sel hewan dan fungsinya

pandaibelajar.com

Sel Hewan merupakan suatu bagian organel terkecil yang terdiri dari satu inti atau lebih, protoplasma dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel yang terdapat pada setiap hewan atau kingdom animalia.

Di dalamnya terdapat larutan koloid yang mengandung kimia. ia berkembang biak dengan membelah diri.

Sel Hewan juga dapat di jelaskan seperti berikut: sel eukariotik yang tidak mempunyai dinding sel serta krolopas.

Sel hewan memiliki variasi bentukdan sifat elastis. Dengan kata lain, sel hewan memiliki sifat yang tidak dimiliki tumbuhan. Sebab, sel yang menyusun jaringan tumbuhan bersifat kaku dan keras (tidak elastis).

Sel hewan memiliki sifat elastis seperti yang terdapat pada kulit rusa, kambing dan sapi.

Di dalam sel – sel makhluk hidup, terdapat banyak zat kimia dan dibagi menjadi dua;

Unsur Makro Elemen 

Unsur makro elemen merupakan unsur yang banyak terdapat di dalam sel tubuh makhluk hidup. Diantaranya adalah kalsium (Ca), Kalium (K), Fosfor (P), Magnesium (Mg), Klor (Cl), Belerang (S), flour (F) dan yodium (I)

Unsur Mikro Elemen 

Unsur mikro elemen merupakan unsur yang sedikit terdapat di dalam sel tubuh makhluk hidup. Diantaranya adalah Mangan (Mn), Kromium (Cr), Kolalt (Co), Moblidenum (Mo), seng (Zn) dan tembaga (Cu)

STRUKTUR ORGANEL SEL HEWAN DAN FUNGSINYA

struktur sel hewan, gambar sel hewan

kalimantanpers.co.id

Bentuk, ukuran, dan fungsi semua sel hewan itu berbeda-beda. Ada beberapa sel yang ditutupi oleh dinding dan  ada juga yang tidak.

Ada beberapa sel yang memiliki mantel berlendir. Akan tetapi, ada beberapa mekanisme yang sama yaitu  mekanisme selular utama yang membantu fungsi tubuh.

Walaupun bentuk, ukuran, dan fungsi sel itu berbeda-beda, namun semuanya mempunyai struktur.

Para ilmuan membagi sel menjadi beberapa bagian. Ada beberapa organel yang ada diluar dan juga ada yang di bagian tengah dan di bagian luar. Dengan begitu, ada sebuah gambaran bahwa sel mempunyai beberapa kamar atau lapisan.

Dalam ilmu biologi, memang benar bahwa pada setiap ruang sel itu mempunyai bagian-bagian atau organel-organel.

Contohnya, ada inti sel, ada selaputnya dan lain sebagainya. Dengan begitu bisa dibayangkan, bahwa di dalam kamar tersebut ada beberapa organel.

Sebagaimana diketahui bahwa setiap bagian makhluq hidup itu mempunyai fungsi-fungsi tertentu.

Misalnya tubuh manusia mempunyai tangan. Ia berfungsi untuk mengambil dan aktifitas lain dan juga mempunyai kaki yang berfungsi untuk jalan. Hal ini juga berlaku untuk organ-organ yang ada pada sel.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang organ-organ sel hewan dan fungsinya, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

GAMBAR ORGAN-ORGAN SEL HEWAN DAN FUNGSINYA

Pada pembahasan kali, akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama tentang gambar dan penyebutan istilahnya. Sedangkan bagian kedua tentang organel sel hewan dan fungsinya.

Gambar dan Istilah

 

 

sel hewan dan fungsinya

kathleenhalme.com

Dari gambar di atas, kita banyak ketahui bahwa sel mempunyai 14 organ. Berikut ini istilah-istilah untuk gambar di atas, sesuai dengan nomornya.
  1. Nukleolus
  2. Nukleus (Inti sel)
  3. Ribosom
  4. Vesikel
  5. Retikulum Endoplasma Kasar
  6. Golgi
  7. Sitokleton
  8. Retikulum Endoplasma Halus
  9. Mitokondria
  10. Vakuola
  11. Sitolos
  12. Lisosom
  13. Sentriol
  14. Membran Sel

Istilah Organel Sel Hewan dan Fungsinya

Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Nukleolus

Nukleolus merupakan salah satu organel yang padat, berbenang di dalam sel dan paling penting dari sel eukariotik. Dengan kata lain, Nukleolus merupakan daerah yang ada pada dalam inti sel.

Fungsi-fungsinya:

  • Fungsi utama nukleolus: untuk memproduksi dan menysusun unit yang membentuk ribosom.
  • Bertanggung jawab dalam pembentukan protein dengan menggunakan RNA
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Nukleus (Inti sel)

Nukleus merupakan inti sel yang ditemukan pada sel eukariotik dan mengandung materi ginetik (DNA) yang membentuk kromosom bersama protein. Ia terdiri dari beberapa bagian, yaitu Membran inti, Nukleoplasma, Kromosom, dan Nukleolus.

Fungsi-fungsinya :
  • Menjaga integritas gen
  • Mengontrol aktivitas sel
  • Mengandung dan menyimpan informasi genetik (DNA)
  • Tempat terjadinya replikasi
  • Mengendalikan proses metabolisme sel
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Ribosom
Ribosom merupakan organel sel padat dan kecil. Ia mempunyai ukuran kecil dengan diameter 20 nm dan tersusun atas 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom (Ribonukleoprotein atau RNP ).
Fungsi-fungsinya:
  • Menerjemahkan mRNA untuk membentuk protein.
  • Tempat pembuatan protein
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Vesikel

Dalam ilmu biologi, vesikel merupakan organel kecil yang terdapat di dalam sel. Ia terdiri dari cairan yang tertutup oleh membran lipid bilayer. Vesikel bisa membentuk secara alami. Misalnya, ketika proses sekresi (eksositosis) terjadi, ketiak serapan (fagositosis dan endositosis) dan transportasi bahan dalam sitoplasma terjadi.

Fungsi-fungsinya:

  • Terlibat dalam metabolisme
  • Terlibat dalam transportasi
  • Mencerna produk seluler dan limbah selular
  • Tempat penyimpanan
  • Mengontrol daya
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Retikulum Endoplasma Kasar
Retikulum endoplasma merupakan bagian sel yang berbentuk benang-benang dan terdapat pada inti sel. Ada dua jenis Retikulum endoplasma, yakni retikulum endoplasma halus (REh) dan retikulum endoplasma kasar (REk). Retikulum endoplasma kasar (REk) ini melekat pada ribosom.
Pada permukaan RE kasar, terdapat bintik-bintik (ribosom) . Ribosom ini berperan dalam sintesis protein.
Fungsi- fungsi Retikulum Endoplasma REk:
  • Alat transportasi zat dalam sel sendiri
  • Sebagai tempat sintesis protein (REk)
 Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Golgi
Badan golgi juga biasa disebut dengan aparatus golgi dan  kompleks golgi. Ia merupakan organel yang terkait dengan fungsi ekskresi sel.
Organ sel ini bisa ditemukan pada semua sel eukariotik dan pada fungsi ekskresi. Contohnya adalah ginjal.
Bentuk badan golgi mirip dengan kantong pipih. Ukurannya ada yang kecil dan ada yang besar, keduanya terikat oleh membran. Pada setiap sel hewan memiliki 10-20 badan golgi.
Fungsi-fungsi badan golgi:
  • Membentuk vesikula (kantung) untuk ekskresi
  • Membentuk lisosom
  • Memproses protein
  • membentuk membran plasma
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Sitokleton

Sitoskeleton (kerangka sel) merupakan  jaring berkas-berkas protein yang menyusun sitoplasma dalam sel. Organel ini terdapat pada sel eukariota dan sel prokariota. Ia terdiri dari tiga macam, yaitu  mikrotubul, mikrofilamen, dan filamen intermediet.

Fungsi-fungsi sitokleton:

  • Karena sitokleton, sel mempunyai bentuk yang kokoh, berubah bentuk, mampu mengatur posisi organel, berenang, serta merayap di permukaan.
  • Membantu gerakan material sel seperti mRNA.  Supaya sel tersebut dapat sampai ke tempat tujuannya, misalnya menuju ribosom
  • Membentuk silia dan flagela menjadi alat pergerakan sel.
  • Memberikan kekuatan mekanik pada sel
  • Sebagai Komponen penting dalam pembelahan sel.
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Retikulum Endoplasma Halus

Retikulum endoplasma merupakan bagian sel yang berbentuk benang-benang dan terdapat pada inti sel. Ada dua jenis Retikulum endoplasma, yakni retikulum endoplasma halus (REh) dan retikulum endoplasma kasar (REk). Organel Retikulum endoplasma halus (REh) posisinya tidak melekat dengan ribosom.

Fungsi-fungsinya:

  • Alat transportasi zat dalam sel sendiri
  • Mensintesis lipid dalam sel (REh)
  • Membantu dalam detoksifikasi se-sel berbahaya pada sel (REh)
  • Berperang pada beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat,konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan,
  • Tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Mitokondria
Mitokondria merupakan organel terbesar yang menjadi mesin dalam sel. Bentuk mitokondria mirip dengan cerutu yang mempunyai dua lapis membran yang berlekuk-lekuk (kritas). Organ sel yang satu ini dinamakan dengan the power house, sebab ia mengahsilkan energi. Ia juga dinamakan dengan mitokondrion yang bisa mengubah energi kimia menjadi energi lain.
Fungsi-fungsi Mitokondria :
  • Menghasilkan energi dalam bentuk ATP
  • Respirasi seluler
  • Mengatur aktivitas metabolisme sel.
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Vakuola

Vokuola adalah sebuah ruangan yang ada di dalam sel. Isinya: cairan yang diselaputi membran atau tonoplas. Di dalam cairan ini terlarut zat seperti enzim, lipid, alkaloid, garam mineral, asam, dan basa.

Selain itu, di dalam vakuola  terdapat asam organik, asam amino, glukosa, dan gas. Anda bisa menemukan vakuola pada semua sel tumbuhan, namun tidak ditemukan pada sel hewan dan bakteri, kecuali hanya pada hewan uni seluler tingkat rendah.

Ada dua jenis vakuola , yaitu vakuola kontraktil dan vakuola nonkontraktil (vakuola makanan).

Fungsi-fungsi Vokuola:

  • Sebagai osmoregulator atau  pengatur nilai osmotik sel atau ekskresi. 
  • Untuk mencerna makanan dan mengedarkan hasil makanan.
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Sitolos

Sitolos merupakan komponen sel yang berwujud cairan.  Organel ini terdapat pada sitoplasma.

Fungsi-fungsi sitosol :

  • Sebagai tempat terjadinya proses metabolisme, seperti sintesis protein, sitensis asam lemak, dan glikosis.
  • Menjadi sumber bahan kimia penting untuk sel. Sebab,  di dalamnya ada asam lemak, senyawa-senyawa organik terlarut, asam amino, molekul kecil seperti garam, gas, ion-ion, nukleotida, dan molekul besar seperti protein ARN yang membentuk koloid.
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Lisosom
Lisosom merupakan organel yang berbentuk kantong, terikat pada membran yang berisi cairan yang mengandung enzim hidrolitik .
Biasanya, digunakan untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada keadaan apapun. Organel sel ini terdapat pada sel eukariotik.
Fungsi-fungsi Lisosom
  • Berperan dalam Autofagi
  • Mempunyai peran dalam Endositosis dan Fagositosis
  • Berperan  dalam Apoptosis
  • Peran dalam Pembuahan
  • Perbaikan Membran Sel
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Sentriol

Sentriol adalah suatu bagian sel yang memiliki bentuk seperti silinder. Ia tersusun dari tubulin. Sebagian besar sentriol ditemukan pada sel eukariotik.  Organ sel ini ada pada gamet jantan charophytes, bryophytes, tumbuhan berpembuluh tanpa biji, sikas, dan ginko. Ia tidak terdapat pada tumbuhan berpembuluh, berbunga dan jamur.

Fungsi-fungsi sentriol:

  • Untuk membentuk kutub-kutub untuk pembelahan sel.
  • Terlibat dalam proses mitosis dan penyelesaian sitokinesis.
  •  Salah satu bagian terpenting dari sentrosom yang terlibat dalam pengorganisiran mikrotubulus didalam sitoplasma.
  • Membentuk sebuah “mata” sebagai penunjuk arah, yang mempunyai sifat sensitif terhadap panjangnya gelombang tertentu pada spektrum inframerah.
Organel Sel Hewan dan Fungsinya # Membran Sel

Membran sel biasa disebut dengan membran plasma (plasma membrane, cell membrane, plasmalemma).  Pengertian membran sel adalah : salah satu bagian terluar yang dimiliki oleh setiap sel hidup, baik  tumbuhan, hewan, bakteri dan organisme lainnya.

Fungsi-fungsinya membran sel:

  • Membatasi semua organel isi sel dengan lingkungan luar sel.
  • Sebagai pengatur keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel
  • Berfungsi sebagai pengokoh bentuk sel, pencegah agar sel tidak pecah, penjaga komponen sel dari lingkungan luar, menjadi reseptor dari rangsangan luar, dan lain sebagainya

Itulah penjelasan singkat tentang sel hewan dan fungsinya. Perlu diketahui bahwa sel tidak hanya terdapat pada sel hewan, namun pada semua makhluq hidup seperti tumbuhan.

Jika kita telaah lebih lanjut tentang sel, maka kita akan mendapati persamaan dan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Itu semua sudah saya jelaskan pada artikel saya yang lain.

Nah untuk kali ini, saya rasa cukup. semoga apa yang saya tuliskan bermanfaat bagi semua. terimakasih.

Leave a Reply