seserahan pernikahan

10 Seserahan Pernikahan & Makna di Dalamnya

Seserahan pernikahan- Pernikahan merupakan salah satu momen penting di kehidupan Anda sebagai manusia dewasa. Mengingat begitu pentingnya momen ini, maka segalanya harus Anda persiapkan secara matang. Termasuk memikirkan seserahan pernikahan apa yang akan diberikan kepada calon pengantin.

Sejatinya, hantaran atau seserahan untuk pernikahan bukan hanya sekedar souvenir yang Anda berikan kepada pasangan sebagai wujud formalitas. Lebih dari itu, benda hantaran pernikahan ini adalah wujud ungkapan cinta yang tulus dan keseriusan Anda terhadap pasangan.

Disamping makna umum tersebut, masih banyak makna tersirat lainnya yang terkandung di dalam seserahan untuk pernikahan. Berbicara soal hantaran pernikahan, ada banyak sekali jenis barang menarik dan penuh makna yang bisa Anda pilih.

Rekomendasi Barang Untuk Seserahan Saat Pernikahan

seserahan pernikahan

idntimes.com

Sebagaimana yang ada, bahwa banyak sekali barang yang berada di sekitar kita, namun tidak semuanya itu cocok atupun layak untuk dijadikan sebagai seserahan dalam acara yang krusial yaitu pernikahan. Karena, jika seserahan pernikahan dengan barang yang tidak sesuai, pastinya akan menimbulkan hal yang tak sesuai. Dengan begitu, cukup penting bagi kita untuk mengetahui tentang barang seserahan pernikahan yang layak dan recommended. Berikut ulasannya:

1. Seperangkat Alat Sholat

seserahan pernikahan

maharpernikahan.co.id

Bagi Anda yang beragama Islam, seperangkat alat sholat merupakan seserahan yang wajib diberikan kepada mempelai wanita pada waktu pernikahan. Biasanya, isi dari seserahan seperangkat alat sholat ini adalah berupa mukena, sajadah, tasbih dan Al-Qur’an.

Berdasarkan fungsi dari benda-benda di atas, makna dari pemberian seperangkat alat sholat adalah menganjurkan pasangan untuk menegakkan sholat. Selain itu, dengan diberikannya hantaran ini, calon mempelai diharapkan senantiasa mengingat keberadaan Sang Pencipta.

2. Kuliner Tradisional

seserahan pernikahan

popbela.com

Salah satu jenis seserahan yang direkomendasikan untuk Anda berikan kepada pasangan adalah kuliner tradisional. Tetapi, usahakan agar jenis kuliner tradisional yang diberikan memiliki tekstur basah dan juga lengket. Misalnya kue lapis, jenang, lemper dan sebagainya.

Tujuan pemberian kuliner dengan kriteria tersebut memiliki makna yang mendalam, yaitu agar Anda dan pasangan senantiasa lengket hingga akhir hayat. Tidak hanya itu, dengan diberikannya hantaran kuliner tradisional harapannya adalah silaturahmi kedua keluarga berlangsung baik selamanya.

3. Satu Set Busana Wanita

Pemberian seserahan berupa satu set busana wanita umumnya banyak dilakukan oleh masyarakat Jawa. Adapun jenis busana wanita yang dimaksud disini adalah berupa pakaian adat Jawa. Misalnya bahan kebaya dan kain jarik dengan beragam corak batik.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, jenis busana wanita yang diberikan kepada calon pengantin pun semakin beragam. Kini, Anda bisa memfariasikan busana wanita lainnya selain kebaya maupun jarik.

Beberapa busana wanita alternatif yang bisa Anda jadikan hantaran pernikahan diantaranya adalah baju untuk kerja, pesta, tidur hingga pakaian dalam. Makna dari pemberian seserahan pernikahan dalam bentuk busana wanita ini cukup mendalam yaitu agar rahasia rumah tangga tetap terjaga.

4. Pernak-Pernik Perhiasan

seserahan pernikahan

bridestory.com

Satu lagi barang seserahan yang nyaris tidak pernah absen dalam setiap acara pernikahan adalah pernak-pernik perhiasan. Sebenarnya, tujuan utama dari pemberian barang ini kepada calon istri bukan untuk gengsi atau menjaga image.   

Adapun maksud tersirat dari pemberian hantaran pernikahan berupa perhiasan adalah agar calon mempelai wanita selalu bersinar di sepanjang kehidupannya. Kemudian, untuk jenis perhiasannya, Anda bisa memberikan cincin, kalung, liontin, anting atau pun gelang.

Supaya makna yang tersirat terwujud, usahakan untuk memberi pujaan hati perhiasan yang terbuat dari emas bahkan berlian. Namun, bila Anda merasa tak mampu untuk memberikannya maka tidak perlu dipaksakan. Sebagai gantinya, berikanlah seserahan perhiasan yang sesuai kemampuan Anda.

“Baca Juga: Pernikahan menurut Islam yang Harus Kamu Ketahui

5. Alas Kaki

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis seserahan untuk pernikahan yang bisa Anda persembahkan untuk pasangan tercinta. Salah satunya adalah Anda bisa memberikan bingkisan berupa alas kaki. Entah itu berupa sepatu, sandal, selop dan sebagainya.

Pada umumnya, calon pengantin pria akan memberikan seserahan alas kaki yang juga dilengkapi dengan tas kepada pasangannya. Seserahan ini memiliki makna agar nantinya Anda dan pasangan bisa menjalani kehidupan bersama dengan langkah mantap dan di jalan yang benar.

6. Tas

seserahan pernikahan

popbela.com

Meskipun sering disertakan sebagai seserahan bersama alas kaki, makna yang terkandung di dalam kedua benda ini tidaklah sama. Beberapa orang percaya bahwa pemberian tas untuk hantaran pernikahan menunjukkan bahwa Anda mampu untuk menafkahi calon istri.

Jadi, selain dibarengi dengan alas kaki, Anda juga bisa memberikan seserahan berupa tas secara terpisah. Agar terkesan lebih romantis dan bermakna, Anda dapat mewadahi benda ini dalam sebuah nampan.

7. Peralatan Make Up

Bagi wanita, penampilan merupakan aspek utama yang harus selalu diperhatikan. Oleh karena itu, Mereka selalu telaten dalam merawat tubuh dan merias diri agar tetap tampil cantik. Berdasarkan sifat wanita yang unik ini, maka pemberian seserahan peralatan make up sangat cocok di hari pernikahan nanti.  

Disamping peralatan make up, Anda juga bisa melengkapi seserahan pernikahan dengan beberapa barang untuk perawatan tubuh calon mempelai. Diantaranya adalah berupa sabun, shampoo, body scrub, lotion hingga masker.

Usahakan untuk memberinya peralatan make up dan perawatan tubuh yang sering digunakan. Tindakan ini bertujuan untuk membuktikan kepadanya bahwa Anda adalah sosok yang perhatian. Melalui pemberian seserahan ini, harapannya calon istri akan selalu menjaga penampilannya.

“Baca Juga: Macam-macam Dekorasi Pernikahan yang Unik

8. Cincin Nikah

seserahan pernikahan

thepotomoto

Wujud komitmen kesetian Anda untuk menjalani hidup bersama pasangan bisa diwujudkan dalam bentuk pemberian cincin nikah. Cincin nikah untuk hantaran pernikahan biasanya berjumlah dua pasang.

Satu pasang untuk Anda selaku pengantin pria dengan bahan non emas. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih bahan berupa monel atau pun kuningan. Kemudian, satu lagi diperuntukkan bagi calon mempelai wanita dengan menggunakan bahan emas.

9. Buah-Buahan

Wujud seserahan yang Anda berikan kepada calon mempelai tidak hanya berupa barang saja. Sebab Anda juga bisa memberinya bingkisan berupa buah-buahan bergizi tinggi. Adapun beberapa jenis buah yang kerap dijadikan hantaran pernikahan yaitu anggur, apel, jeruk dan pisang.

Walaupun terkesan sederhana, pemberian seserahan berupa bingkisan buah saat pernikahan sebenarnya mengandung makna yang dalam. Ya, dengan diberikannya makanan alami dan bergizi ini harapannya adalah calon istri Anda dapat menghadirkan berkah bagi orang-orang sekitarnya.

“Baca Juga : Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah? Baca Disini

10. Daun Sirih

Sebagian besar masyarakat Jawa percaya bahwa daun sirih atau suruh ayu dapat mendatangkan kebahagian dan keselamatan bagi kedua mempelai. Berdasarkan kepercayaan ini, maka tidaklah mengherankan apabila pernikahan adat Jawa selalu menyertakan daun sirih dalam seserahan.

Jika Anda dan pasangan berniat untuk mengadakan resepsi pernikahan dengan adat Jawa, maka keberadaan daun sirih ini tidak boleh diabaikan.Sebab percaya atau tidak, jenis daun ini sudah dianggap sakral oleh masyarakat Jawa sehingga dijadikan simbol keselamatan berumah tangga.

Sebagai acara seremonial pembuktian komitmen cinta terhadap pasangan, pernikahan perlu Anda persiapkan dengan baik. Tidak hanya aspek tempat resepsi, konsep acara, jumlah tamu undangan hingga logistik, Anda juga harus memikirkan seserahan pernikahan terbaik.

Ada banyak sekali jenis barang yang dapat Anda pilih sebagai seserahan atau hantaran pernikahan untuk pasangan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pemberian seserahan ini bukanlah sebagai wujud formalitas apalagi gengsi. Lebih dari itu, tujuan pemberian-nya penuh beragam makna tersirat.  

Leave a Reply