Tanaman Bonsai Beringin : Cara Membuat Bonsai Beringin & Macam Macam Beringin

Tanaman Bonsai Beringin – Tanaman yang satu banyak sekali ditemui di banyak tempat. Seringkali beringin dikaitkan dengan pohon serta tempat yang angker. Hal itu disebabkan bentuknya yang unik, bergerumbul, berukuran besar, hingga mempunyai usia yang tua. Dari ciri fisik khasnya tersebut, justru sangat tepat dibuat untuk bonsai beringin

Pohon beringin yang sudah dibonsai tentu akan mengubah pemikiran banyak orang mengenai mitos keangkerannya. Sebab, ia berubah ukurannya menjadi sangat kecil dan antik dengan berbagai bentuk atau desain. Tentu saja akhirnya bonsai pohon beringin menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dicari. 

Macam-Macam Beringin yang Bagus Bisa Dibonsai 

tanaman bonsai beringin
tanaman bonsai beringin

Di Indonesia ada banyak sekali jenis beringin, namun hanya beberapa yang cocok dibuat untuk bonsai karena bentuk fisiknya yang unik secara alami. Diantara beringin tersebut adalah beringin dolar, beringin karet korea, beringin putih, dan masih banyak lagi. Masing-masing mempunyai ciri fisik khususnya daun dan bentuk dahan yang berbeda. 

Karena itulah ada banyak sekali varian serta pilihan bonsai pohon beringin di pasaran mulai dari bonsai beringin afrika hingga bonsai beringin korea. Berikut adalah rinciannya:

  1. Beringin afrika merupakan jenis beringin yang banyak sekali ditemukan di wilayah Indonesia salah satu cirinya adalah memiliki dahan dan ranting yang lentur, berdaun lancip, dan berakar gantung. 
  2. Beringin korea mempunyai bentuk dan nilai artistik tersendiri mulai dari daun hingga rantingnya. Bentuk daunnya sedikit meruncing dan lebih lunak. 
  3. Beringin putih mempunyai ciri khas berupa daun, batang, serta rantingnya yang dapat mengeluarkan getah dan dipercaya membantu menyembuhkan penyakit tertentu. Selain itu daunnya juga berwarna keputihan. 
  4. Beringin dolar adalah tanaman dengan harga yang sangat tinggi namun mempunyai bentuk yang khas serta unik dengan batang menjulur panjang ke atas namun ukurannya kecil. 
  5. Beringin kimeng mempunyai batang berbintik dan berwarna agak putih untuk yang sudah tua dan cokelat yang masih muda. Selain itu juga mempunyai daunnya agak tipis dengan batang lebih lentur. 

Cek: Bonsai Anting Putri : Pengertian, Jenis, Cara Budidaya Bonsai Anting Putri dan Cara Merawatnya

Cara Membuat Bonsai Beringin Terbaru

bonsai beringin
tanaman bonsai beringin
  • Pemilihan bibit 

Bibit beringin untuk bonsai berasal dari bonggolnya. Pilihlah bonggol yang berukuran besar dengan bentuk yang unik agar menghasilkan bentuk bonsai yang menarik pula. Jadi, bonggol tersebut merupakan bakalan yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan serta perkembangan beringin nantinya. 

Karena itu, ukuran yang besar saja belum cukup tanpa memilih kualitas kayu yang kokoh. Sebaiknya pilih bonggol beringin yang tidak mempunyai cacat sama sekali. Anda bisa membuat bibitnya sendiri dari pohon yang sudah ada maupun membeli di toko tanaman hias atau pertanian. 

  • Pembuatan media tanam 

Siapkan media tanam berupa tanah, sebaiknya gunakan tanah humus dan campurkan dengan sedikit pupuk. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian terdekat. Jangan lupa untuk menyiapkan pot sebagai tempat menaruh media tanam. Jika media sudah siap, masukkan dalam pot secukupnya. 

Baca Artikel Tentang : Cara Membuat Bonsai Serut dan Cara Merawatnya

  • Proses penanaman 

Segera tanam calon beringin ke media yang sudah siap tersebut. Caranya cukup mudah yaitu masukkan akar secara perlahan dalam tanah. Namun, sebelumnya buatlah sedikit lubangan pada tanah sebagai tempat memasukkan akarnya. Selain itu, Anda juga bisa merapikan akar yang terlalu panjang atau berlebihan supaya tidak tumbuh terlalu besar. 

Apabila sudah Anda tanam, tidak ada salahnya untuk diberi sedikit batu atau kerikil di atas media tanam, tapi jangan sampai menutupi bonggolnya. Kemudian taruh bonsai di dalam ruangan yang tetap terkena sinar matahari secara tidak langsung. Tunggu hingga bonsai pohon beringin tumbuh cukup besar. 

  • Membentuk pola 

Penting pula untuk membuat pola atau mempersiapkan bentuk bonsai pohon beringin. Hal itu bisa Anda lakukan setelah ia tumbuh dengan baik dan segar. Siapkan kawat stainles untuk membantu membuat polanya. Pilih kawat dengan ukuran diameter sekitar 3 milimeter agar tetap kuat dan bisa menahan dahan pohon. 

Caranya cukup mudah yaitu lilitkan kawat tersebut secara melingkar pada batang maupun ranting beringin secara hati-hati agar tidak membuatnya patah. Namun, pastikan lilitan tersebut cukup kuat supaya tidak mudah lepas. Kemudian biarkan beringin tumbuh kembali sambil merawatnya dengan baik. 

Tips dan Cara Merawat Bonsai Beringin Terbaik

bonsai beringin
cara membuat bonsai beringin

Berikut adalah beberapa cara merawat bonsai pohon beringin:

  • Pemotongan dahan dan daun 

Sebaiknya potong dahan maupun daun beringin yang terlalu menjulur ke atas menggunakan gunting atau pisau khusus. Hal itu bertujuan supaya ukuran bonsai lebih kecil serta mini, sehingga tampak indah. Lakukan pemotongan dahan ataupun ranting secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak bagian lain yang penting. 

Begitu pula dengan daun, dimana Anda bisa menggunting daun lalu mendesainnya sesuai dengan selera agar tampak sangat cantik. Namun, pemotongan dahan maupun ranting ini tidak cocok diterapkan pada bonsai beringin akar gantung. Jadi, lebih baik biarkan dahan yang ada akar gantungnya agar bentuknya tetap tampak alami. 

  • Penyiraman

Sebagaimana tanaman pada umumnya, beringin bonsai juga tetap membutuhkan nutrisi. Anda bisa memenuhinya dengan menyiram secara teratur yaitu minimal sekali dalam sehari dan jangan sampai terlalu banyak air yang masuk pada media tanam agar tidak mudah mati. 

Selain itu letakkan bonsai beringin di area terbuka seperti luar rumah maupun taman agar supaya tetap memperoleh cahaya matahari langsung yang baik untuk pertumbuhan serta fotosintesis. Namun, Anda juga bisa menaruhnya di dalam ruangan seperti ruang tamu sebagai tanaman hias. 

  • Pemupukan

Agar bonsai tetap tumbuh subur jangan lupa untuk memupuknya setidaknya 15 hari sekali. Anda bisa memberi pupuk alami maupun buatan yang bisa didapat di toko obat ataupun pertanian. Sebagai catatan, pemberian pupuk tidak boleh secara berlebihan dan tetap hati-hati. 

Tidak ada salahnya untuk memberi obat anti-hama maupun anti-gulma supaya terhindar dari serangan serangga maupun rumput liar. Namun, jika memang tidak ada hama itu tidak perlu Anda hanya cukup untuk mencabut setiap rumput yang tumbuh di sekitarnya. 

Tips perawatan tersebut juga berlaku untuk berbagai jenis beringin termasuk bonsai beringin lokal. Tentu saja diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam proses penanaman hingga perawatan supaya mendapat hasil yang maksimal. Jika Anda ingin mendapatkan bonsai beringin yang bagus, sebaiknya Anda membentuk atau mendesainnya sendiri sebaik serta sesimpel mungkin. 

Harga Bonsai Tanaman Beringin 

Bagi Anda pencinta tanaman hias, khususnya bonsai pohon beringin bisa membelinya langsung di toko baik online maupun offline. Anda bahkan bisa memilih jenis pohon dan ukuran sesuai dengan keinginan atau selera. Jadi, Anda tidak perlu repot membonsai sendiri dan menunggu cukup lama untuk mendapatkan satu buah bonsai. 

Harganya cukup bervariasi tergantung jenis, ukuran maupun bentuk dari yang biasa maupun unik. Harga bonsai beringin elegan, beringin korea, dan dolar mini umumnya lebih mahal dari jenis lainnya dan dibanderol hingga jutaan rupiah. Untuk harga yang relatif murah Anda bisa memilih bonsai beringin putih dan beringin kimeng. 

Leave a Comment