Wisata Cibaduyut Bandung

Wisata Cibaduyut Bandung : Lokasi, Sejarah & Hasil Produksi

Wisata Cibaduyut BandungBandung merupakan salah satu Kota di Indonesia dengan aneka keanekaragamannya. Bandung juga turut menyumbang dalam peradaban yang ada di Indonesia. Di Bandung juga tersedia berbagai macam tempat yang pas untuk dikunjungi. Tempat tersebut bermacam-macam mulai dari tempat wisata, café yang unik, tempat belanja, hingga wisata kuliner.

Bandung juga sering dijuluki sebagai “Kota Kembang” atau juga “Paris Van Java”. Pasalnya, Bandung merupakan kota yang dikellilingi oleh pegunungan dan dataran tinggi. Kota kreatif juga disematkan pada Bandung. Sebagai kota kreatif, Bandung menghadirkan kwasan belanja yang sudah terkenal yakni Wisata Cibaduyut.

Lokasi Wisata Cibaduyut Bandung

Wisata Cibaduyut Bandung

Wisata Cibaduyut Bandung

Untuk menemukan lokasi Cibaduyut, Anda bisa kea rah Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Jika Anda menempuh dengan kendaraan bermotor, maka akan memakan waktu sekitar 10 menit dengan jarak 2 km dar arah Terminal Leuwipanjang. 

Selanjutnya jia dari tempat-tempat terkenal di Bandung seperti Masjid Raya Bandung, Alun-alun Kota Bandung, dan Trans Studio Bandung memiliki jarak kurang lebih 10 km. Jika dari tempat wisata Bandung Utara seperti Dago Drem Park Floating Market Lembang, The Lodge Mribaya, dan Orchid Forest Lembang memiliki jarak kurang lebih 20 km.

Atau jika Anda sedang berlibur ke lokasi terkenal sepertiSitu Patenggang, Glamping Lakeside, dan Kawah Putih, Anda akan menempuh karak kurang lebih 30 km dengan waktu 60 menit-an. Anda tinggal memilih jalan mana yang hendak Anda tempuh. Cibaduyut tidak buka 24 jam, hanya pada jam tertentu yakni mulai 08.00 pagi hingga 10.00 malam WIB

Sejarah Cibaduyut Bandung

Wisata Cibaduyut Bandung

Sejarah Wisata Cibaduyut Bandung

Sejarah dari Wisata Cibaduyut Bandung ini bermula pada tahun 1920. Sebagian warga sekitar pada waktu itu bekerja sebagai karyawan pabri sepatu yang ada di Badnung. Kemudian, satu persatu mulai berhentu menjadi karyawan di pabrik tersebut dan mencoba merintis usaha untuk memprduksi sendiri berbagai macam produk sepatu dan alas kaki.

Berbekal pengalam sebagai karyawan di pabrik sepatu, mereka merintis usaha bersama anggota keluarga masing-masing. Namun siapa sangka pemesanan dari produk tersebyt justru semakin banyak dan berkembang sampai menyebabkan produsen kewalahan untuk melayanai dan memenuhi pesanan dari masyarakat yang ingin membeli produk tersebut

Untuk menyiasatai permasalahan akibat kewalahan, maka mereka mulai merekrut karyawan guna untuk menambah tenaga kerja sehingga pemesanan dapat terpenuhi semua. Tidak lama berselang, keterampilan dalam membuat alas kaki dan sepatu mulai menyebar ke warga sekitar.

Awalnya pada tahun 1940, pengarajin Cibaduyut tidak lebih dari 90 orang. Karena semakin meningkatnya pemesanan sepatu dengan kualitas dan model sepatu yang bagus pada tahun 1950 pengrajin menjadi bertambah hingga 250 unit pengarajin sepatu. Hingga kemudian pada tahun 1978, Cibaduyut dikenal sebagai pusat produksi sepatu terbesar yang ada di Bandung.

Tidak berhenti disitu saja, kemudian pada tahun 1989, Pemerintah Indonesia meresmikan Cibaduyut sebagai destinasi wisata serta pasar produksi sepatu terpanjang di dunia. Namun, bukan berati cibaduyut tanpa hambatan. Saat Indonesia mengalami krisis moneter pda 1998, produksi sepatu sempat menurun bahkan anjlok.

Kemudia adanya era perdagangan bebasa pda tahun 2000 menyebabkan semakin banyak roduk impor yang masuk ke dalam negeri. Hal tersebut tentu mempengaruhi nama Cibaduyut. Penjualan semakin menurun dan kurang dikenal.

Namun, kini keadaan Cibaduyut sudah mulai bersinar kembali. Beberapa produk lokal digunakan dalam upacara resmi kenegaraan. Tentu saja hal itu sangat membanggakan. Kini, ketika liburan atau weekend, Cibaduyut ramai dikunjungi leh wisatawan. Bahkan menadi salah satu destinasi wsata Bandung yang wajib untuk dikunjungi.

Cek juga : Wisata Bandung Farmhouse Jawa Barat yang Terpendam !!!

Hasil Produksi Kerajinan Wisata Cibaduyut

Wisata Cibaduyut Bandung Jawa Barat

Hasil Produksi Kerajinan Wisata Cibaduyut Bandung Jawa Barat

Wisata Cibaduyut Bandung memiliki keunikan tersendiri, salah satunya ialah beragam jenis kerajinan yang dihasilkan. Jika dahulu, Cibaduyut hanya menjual berbagai macam alas kaki atau sepatu dengan kualtas yang tentu sangat bagus. Kini kawasan tersebut sudah menjajakan berbagai jenis barang lain seperti jaket, dompet, tas, cendera mata, souvenir dan aneka aksesoris unik lainnya.

Bahan untuk pembuatan barang tersebut umumnya berasal dari aneka macam kulit binatang seerti kulit domba, kulit sapi, kulit buaya hingga kulit ular. Namun, ada juga beberapa barang dengan bahan imitasi atau kulit sintetis. Hal tersebut tentu akan membuat Anda lebih bebas dala menentukan pilihan dan menyesuaikan dengan kantong masing-masing. Berikut beberapa hasil produksi Cibaduyut

  • Sepatu Cibaduyut

Wisata Cibaduyut Bandung Jawa Barat

Hasil Produksi Kerajinan Wisata Cibaduyut Bandung Jawa Barat

Sdah tidak diragukan lagi akan kualitas serta model sepatu Cibaduyut. Pembuatan secara hand made ini mampu malakukan ekspor ke balahan dunia yakni hampir 27 negara dengan pasar ekspor utama yakni Amerika sekitar 46,16%. Dukungan dari pemerintah daerah serta pemerintah pusat membuat Cibaduyut semakin terkenal.

Jika Anda sedang berada di toko sepatu cibaduyut, Anda akan enemukan sepatu dengan harga yang realtif murah tapi kualitas bagus. Harga yang dipatok untuk setiap sepatu bergantung jenis bahan dan model tetapirata-rata sepatu tersebut memiliki harga Rp 249.000,-  

  • Tas Cibaduyut

Wisata Cibaduyut Bandung

Tas Hasil Produksi Wisata Cibaduyut Bandung

Selain sepatu, aneka tas juga dengan mudah dapat Anda temukan di Cibaduyut. Tas berbahan kulit yang diproduk secara hand made dapat menjadi salah satu tas koleksi kesayangan Anda. Beragam tas tersedia mulai dari tas wanita, tas ransel, tas sekolah hingga berbagai macam model lainnya. Harga yang dibandrol rata-arata Rp 100.000,- 

Kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih berbagai macam produk lokal seperti sepatu, tas, dompet dan aksesoris lainnya. Anda bisa mendapatkannya di Cibaduyut dengan harga terjangkau. Jangan lupa untuk mengajak serta keluarga Anda maupun pasangan Anda untuk pergi ke Wisata Cibaduyut Bandung. 

Leave a Reply