5 Wisata Kuliner Terbaik di Makassar yang Harus Kamu Cicipi

5 Wisata Kuliner Terbaik di Makassar yang Harus Kamu Cicipi

Wisata Kuliner Terbaik di Makassar- Makassar merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai banyak hal menarik. Anda bisa mendapatkan hal menarik mulai dari wisata alam hingga kulinernya. Tak hanya itu, Hal menarik Makassar berhasil menghipnotis jutaan wisatawan untuk berkunjung ke kota ini.

Sebagaimana yang sudah dikatakan di atas bahwa temasuk hal yang menarik dari makassar adalah wisata kulinernya. Di Makassar ini anda bisa menikmati wisata kuliner yang bisa dikatakan terbaik di makassar. Apa saja itu? anda bisa mengetahuinya di bawah ini. Berikut ini beberapa wisata kuliner terbaik di makassar yang perlu anda ketahui.

Contents

Coto Makasar

wisata kuliner terbaik di makassar
Primarasa

Jika kita dengar kata ini maka identik dengan nama makanan yang berkuah. Ya, benar sekali. Coto merupakan hidangan berkuah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Hampir di setiap jalan kota Makassar, terdapat warung-warung yang menyediakan Coto Makassar.

Setiap warung menghidangkan makanan ini dengan rasa yang hampir sama. Tapi, ada yang membuat beda rasa antar warung yaitu bumbu tambahan yang diberikan oleh tiap-tiap pedagangnya. inilah yang menjadi rahasia dapur masing-masing pedagang.

Bahan dasar Coto Makassar adalah daging sapi, jeroan sapi seperti paru, hati, usus, jantung, dan babat. Adapun bumbu kuahnya : perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Bumbu kuah makanan inilah yang menentukan enak atau tidaknya hidangan ini.

Coto Makassar biasa dihidangkan dengan ketupat / buras. Selain itu, ketika makanan ini dihidangkan maka akan disediakan juga sambal taoco. Bila anda menggunakan sambal taoco ini, maka anda akan merasa bahwa makanan ini dipengaruhi oleh makanan Cina yang sudah dikenal pada abad ke-16.

Setiap porsi wisata kuliner ini biasa dibandrol dengan harga yang beragam, berkisar antara Rp 3.500 hingga Rp 7.000 per porsi.

Baca Juga: Minuman Asal Makassar yang Harus Kamu Ketahui

Sop Konro

wisata kuliner terbaik di makassar
wikipedia

Selain Coto, wisata kuliner terbaik makassar adalah Sop Konro. Makanan tiada lain adalah masakan sup iga sapi. Salah satu bahan dasar sop ini adalah iga sapi atau daging sapi.

Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” akibat digunakannya ketumbar.

Pada asalnya, Konro dimasak dalam bentuk sup atau bisa dikatakan berkuah, akan tetapi kini terdapat variasi lain yaitu variasi kering. Variasi kering ini biasa disebut “Konro bakar” yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Makassar yang diminati Banyak Orang

Pallu Basa Serigala

wisata kuliner terbaik di makassar
Deskgram

Bila anda sedang berlibur di makassar maka ada salah satu kuliner yang bisa kamu cicipi. Apa itu ? Pallu Basa. Makanan ini sangat diburu loh oleh wisatawan kota makassar.

Belum lama ini, ada bapak Sandiaga Uno yang rela antri untuk mendapatkan satu mangkuk pallubasa. Bahkan beliau menambah, jadi habis dua mangkok.

Kuliner makanan yang berkuah ini mirip dengan Coto Makassar. Hanya saja bedanya Pallubasa menggunakan tambahan taburan kelapa parut yang disangrai.

Jika kita bicara soal rasa makanan ini, Pallubasa Serigala juaranya. Setiap hari Pallubasa Serigala ini selalu ramai pengunjung. Walaupun tempatnya yang sederhana namun Pallubasa Serigala punya kuah super strong yang jadi idola wisatawan.

Kok, namanya ngeri ya? Nama serigala bukan berarti pakai daging serigala, namin karena leta Pallubasa ini berada di jalan Serigala.

Kunjungi dan Pesan Menu Makanan Makanan Di Catering Makassar yang Lezat

Kapurung

wisata kuliner terbaik di makassar
Archipelagos.ID

Setelah kita membahas beberapa makanan khas sulawesi, bukan berarti cukup segitu aja. Nah kali ini kita akan membahas lagi yang namanya Kapurung. Kapurung merupakan sebuah makanan berkuah dengan rasa sedikit asam namun tetap terasa sangat menyegarkan. Makanan kuliner ini berasal dari Palopo, khususnya masyarakat Desa Luwu.

Makanan ini sudah banyak disediakan oleh warung makan. Biasanya kapurung disajikan dengan berbagai macam menu. Misalnya: Kapurung Ikan, Kapurung Udang, Kapurung Ayam, dan Kapurung Campur.

Bila anda kebetulan berada di Makassar, anda bisa mengunjungi lima rumah makan yang terkenal dengan sajian Kapurungnya , yaitu:

  1. RM. Aroma Luwu di Jalan Rajawali 2
  2. RM. Aroma Palopo yang terletak Jalan Kasuari
  3. Warung Kapurung Bopal yang berada di Jalan Peritis Kemerdekaan
  4. Warung Kapurung Marasa berada di sampung Warung Kapurung Bopal di Jalan Perintis Kemerdekaan
  5. Rumah Kapurung berada di Jalan Pandang Raya Makassar.

Baca Juga: Macam-macam Menu Catering Makanan Makassar

Gogos

wisata kuliner terbaik di makassar
Smarty Pans Blog

Gogoso juga merupakan salah satu makanan khas makassar. Makanan ini sangat digemari untuk disajikan saat lebarang oleh orang Sulawesi Selatan. Gogos juga bisa disebut dnegan gogoso. Bentuk makanan khas Makassar ini mirip dengan lemper dari jawa. Hanya saja bentuk makanan khas ini lebih panjang dan agak langsing jika dibandingkan dengan lemper. Isi gogos biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu.

Makanan ini (Gogoso) banyak ditemukan di pantai losari atau dipinggir-pinggir jalan kota makassar. Tukang asongan biasa menjual makanan ini bersamaan dengan kacang rebus, minuman dan lain sebagainya.

Nah untuk kali ini saya cukupkan artikel saya tentang wisata kuliner terbaik di makassar. Jangan lupa ya, bila anda kebetulan berada di Makassar hendaknya mencicipinya dulu, biar ketagihan, hahaha.

Tinggalkan komentar